New Honda PCX 160 dan Yamaha NMAX Turbo adalah dua skutik premium yang mendominasi pasar otomotif roda dua di Indonesia. Keduanya hadir dengan teknologi canggih dan mesin bertenaga, membuat para pecinta motor sulit memilih di antara keduanya.
Namun, jika berbicara tentang performa mesin, keduanya memiliki karakteristik yang sangat berbeda. Artikel ini akan membahas secara rinci perbedaan mesin New Honda PCX 160 dan Yamaha NMAX Turbo sehingga Anda dapat memilih skutik yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya berkendara Anda.
Spesifikasi Mesin New Honda PCX 160
Honda PCX 160 terbaru hadir dengan mesin yang mengalami peningkatan signifikan dibandingkan versi sebelumnya. Berikut adalah rincian spesifikasinya:
Teknologi eSP+
New Honda PCX 160 menggunakan teknologi enhanced Smart Power Plus (eSP+) yang meningkatkan efisiensi bahan bakar dan performa mesin. Teknologi ini mengurangi gesekan di dalam mesin, sehingga kinerjanya lebih halus dan responsif.
Kapasitas Mesin
PCX 160 dibekali dengan mesin berkapasitas 156,9 cc, 4 katup, SOHC, berpendingin cairan. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 15,8 PS pada 8.500 rpm dan torsi puncak 14,7 Nm pada 6.500 rpm.
Sistem PGM-FI
Teknologi Programmed Fuel Injection (PGM-FI) pada Honda PCX 160 memastikan pembakaran bahan bakar lebih efisien, sehingga performa tetap maksimal tanpa boros bahan bakar.
Fokus pada Kenyamanan
Mesin PCX 160 dirancang untuk memberikan akselerasi halus dan tenaga yang cukup untuk perjalanan harian maupun jarak jauh. Pengendara akan merasakan getaran minim berkat teknologi peredam yang canggih.
Spesifikasi Mesin Yamaha NMAX Turbo
Sementara itu, Yamaha NMAX Turbo adalah varian yang menarik perhatian dengan tambahan teknologi turbo. Berikut spesifikasinya:
Teknologi Turbocharged
Keunggulan utama Yamaha NMAX Turbo adalah mesin berteknologi turbocharged yang meningkatkan performa secara signifikan. Turbo ini membantu meningkatkan tekanan udara ke ruang bakar, menghasilkan tenaga lebih besar tanpa meningkatkan konsumsi bahan bakar secara drastis.
Kapasitas Mesin
NMAX Turbo dibekali mesin berkapasitas 155 cc, 4 katup, SOHC, berpendingin cairan, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 20 PS pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 18 Nm pada 7.000 rpm. Ini jelas memberikan akselerasi yang lebih agresif dibandingkan PCX 160.
Teknologi VVA
Yamaha NMAX Turbo dilengkapi teknologi Variable Valve Actuation (VVA), yang memastikan tenaga optimal di berbagai rentang putaran mesin.
Performa Sporty
Mesin NMAX Turbo dirancang untuk pengendara yang mencari pengalaman berkendara sporty. Akselerasi responsif dan tenaga besar membuatnya cocok untuk pecinta kecepatan.
Perbedaan Utama Mesin New Honda PCX 160 dan Yamaha NMAX Turbo
Kapasitas dan Tenaga
- Honda PCX 160: Mengusung mesin 156,9 cc dengan tenaga 15,8 PS dan torsi 14,7 Nm. Fokusnya pada kenyamanan berkendara dengan akselerasi halus.
- Yamaha NMAX Turbo: Meski memiliki kapasitas mesin lebih kecil, yaitu 155 cc, tenaga yang dihasilkan mencapai 20 PS dan torsi 18 Nm berkat teknologi turbo.
Kesimpulan: Jika Anda mencari tenaga lebih besar dan performa sporty, NMAX Turbo adalah pilihan yang tepat. Namun, untuk kenyamanan dan efisiensi, PCX 160 lebih unggul.
Teknologi Pendukung
- Honda PCX 160: Dilengkapi eSP+ dan PGM-FI, teknologi ini memastikan mesin lebih hemat bahan bakar dengan respons halus.
- Yamaha NMAX Turbo: Turbocharged dan VVA memberikan pengalaman berkendara yang lebih agresif dan menyenangkan.
Kesimpulan: Teknologi turbo pada NMAX Turbo membuatnya lebih unggul dalam hal performa, sementara eSP+ pada PCX 160 menawarkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.
Karakter Mesin
- Honda PCX 160: Karakter mesin halus dengan getaran minim, ideal untuk perjalanan santai atau harian.
- Yamaha NMAX Turbo: Karakter mesin agresif dengan akselerasi cepat, cocok untuk pengendara yang menyukai sensasi kecepatan.
Kesimpulan: Pilih PCX 160 jika Anda mengutamakan kenyamanan, dan NMAX Turbo untuk pengalaman berkendara sporty.
Kelebihan dan Kekurangan
Honda PCX 160
Kelebihan:
- Mesin halus dengan konsumsi bahan bakar hemat.
- Teknologi eSP+ membuat perjalanan lebih nyaman.
- Ideal untuk pengendara harian yang mencari kenyamanan.
Kekurangan:
- Tenaga dan akselerasi kurang agresif dibandingkan NMAX Turbo.
Yamaha NMAX Turbo
Kelebihan:
- Mesin turbocharged memberikan tenaga besar dan akselerasi cepat.
- Cocok untuk pengendara yang menyukai performa sporty.
- Teknologi VVA membuat tenaga optimal di semua putaran mesin.
Kekurangan:
- Konsumsi bahan bakar sedikit lebih boros dibandingkan PCX 160.
- Getaran mesin lebih terasa pada kecepatan tinggi.
Mana yang Cocok untuk Anda?
Untuk Pengendara Harian
Jika Anda menggunakan motor untuk perjalanan harian, Honda PCX 160 adalah pilihan terbaik. Akselerasi halus, efisiensi bahan bakar, dan kenyamanan menjadi keunggulan utama motor ini.
Untuk Pecinta Kecepatan
Jika Anda mencari pengalaman berkendara yang sporty dengan tenaga besar, Yamaha NMAX Turbo adalah jawabannya. Teknologi turbo dan VVA memberikan akselerasi yang responsif, cocok untuk pengendara yang suka tantangan.
Pilihan Terbaik Ada di Tangan Anda
New Honda PCX160 dan Yamaha NMAX Turbo adalah dua skutik premium dengan karakter yang berbeda. Honda PCX 160 lebih unggul dalam kenyamanan, efisiensi bahan bakar, dan teknologi pendukung perjalanan harian. Sementara itu, Yamaha NMAX Turbo menawarkan performa sporty dengan tenaga besar yang cocok untuk pecinta kecepatan.
Pilihlah motor yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya berkendara Anda. Apakah Anda lebih mengutamakan kenyamanan atau sensasi berkendara sporty? Jawabannya ada pada preferensi Anda sendiri.