WordPress VS Blogspot, Manakah yang Lebih Baik untuk Kamu?

Wordpress vs blogspot

Jika kamu memiliki hobi menulis, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah blogging atau blogger. Di dunia blogging saat ini, ada dua platform yang sudah cukup terkenal, yaitu WordPress dan blogspot. WordPress vs blogspot, manakah yang lebih baik?

Kedua platform ini, WordPress dan blog, sama-sama menghadirkan fitur yang akan sangat berguna bagi kamu yang mempunyai hobi menulis. Namun kedua platform ini tentunya memiliki kelebihannya masing-masing.

Lalu tentunya mungkin timbul pertanyaan di benak kamu, mana yg lebih baik untuk kamu, antara WordPress vs blogspot. Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita kenali terlebih dahulu keduanya.


Apa Itu WordPress ?

WordPress adalah sebuah CMS atau Content Management System yang memungkinan kamu membuat blog sendiri. Selain blog, dengan menggunakan WordPress, kamu juga bisa membuat sebuah website yang nantinya dapat kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan seperti untuk berjualan online.

WordPress pertama kali diciptakan oleh dua orang developer pada tahun 2003 yang bernama Matt Mullenweg dan Mike Little. Mereka berdua terinspirasi dari sebuah cafe blog yang mereka anggap mereka dapat membuat yang lebih baik.

Saat ini sudah banyak orang yang menggunakan WordPress karena platform ini gratis dan selalu ada fitur-fitur baru yang selalu update. Saat ini terdapat dua jenis WordPress yang dapat kamu gunakan, kedua WordPress tersebut adalah WordPress.com dan WordPress.org.

WordPress.com

WordPress.com adalah situs yang dapat kamu gunakan untuk blogging. Platform ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah gratis, dimana kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk hosting. 

Namun platform ini juga memiliki kekurangan diantaranya adalah hanya bisa menggunakan hosting miliki WordPress, tidak bisa membuat custom domain secara keseluruhan, dimana kamu harus tetap menggunakan nama domain .wordpress.com, dan kamu tidak bisa mengontrol website sepenuhnya.

WordPress.org

WordPress.org adalah platform WordPress yang bisa kamu gunakan untuk blogging dan juga membuat website. Untuk menggunakan WordPress.org kamu perlu mengeluarkan biaya untuk hosting dan domain.

WordPress.org memiliki beberapa kelebihan, antara lain adalah kamu bisa menggunakan hosting sendiri dan tidak harus menggunakan hosting dari WordPress, kamu juga bisa bebas menggunakan nama domain seperti apapun sesuai keinginan kamu, dan kamu lebih leluasa untuk mengontrol website kamu.

Baca Juga:   10 Beauty Influencer Indonesia yang Populer dan Menginspirasi

Apa itu Blogspot ?

Blogspot adalah layanan blogging yang disediakan oleh Google untuk kamu yang memiliki hobi untuk menulis sesuatu atau membuat karya ilmiah dalam bentuk tulisan. 

Blogspot sendiri adalah nama dari sebuah domain yang nantinya akan kamu dapatkan jika kamu membuat sebuah blog, nama domain tersebut adalah blogspot.com.

Blogger pertama kali dirilis pada tahun 1999 oleh Pyra Labs yang kemudian pada tahun 2003 platform ini diakuisisi oleh Google. Dengan diakuisisi oleh Google, maka penggunanya akan lebih mudah untuk mengintegrasikan dengan beberapa platform Google lainnya seperti Google Analytics dan Google Drive.


Perbedaan WordPress dan Blogspot

Baik WordPress atau blogspot, keduanya sama-sama bisa kamu gunakan sebagai media menulis sesuatu atau membuat website. Lalu dari kedua platform ini mana yang lebih baik? Mari kita bahas perbedaan keduanya dari beberapa sisi seperti biaya, kemudahan, sampai dari sisi keamanannya.

Biaya WordPress VS Blogspot

Antara WordPress VS blogspot sama-sama bisa kamu gunakan secara gratis tanpa menggunakan biaya. Namun tentunya kedua platform ini memiliki perbedaannya masing-masing.

Biaya WordPress

WordPress menyediakan platform gratis dan juga berbayar. Untuk platform gratis WordPress yang bernama WordPress.com, kamu memang tidak perlu mengeluarkan biaya, namun untuk nama domain akan mengikuti ketentuan dari WordPress dan juga ada beberapa akses yang tidak bisa kamu gunakan dengan fitur gratis ini.

Sementara untuk fitur berbayar, kamu bisa menggunakan WordPress.org. Meskipun berbayar, namun biaya yang akan keluarkan tidaklah terlalu besar. Dan tentunya dengan fitur berbayar ini, kamu akan mendapatkan akses lebih seperti pemilihan nama domain yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan kamu.

Serta banyaknya fitur-fitur yang bisa kamu gunakan seperti pilihan berbagai tema yang tersedia lebih banyak dan bisa langsung kamu gunakan, plugins atau alat bantu seperti widget untuk website kamu, serta beberapa fitur lainnya.

Biaya Blogspot

Jika kamu ingin membuat sebuah blog tanpa menggunakan biaya, maka kamu bisa menggunakan blogspot. Blogspot akan memberikan kamu hosting, domain, dan juga tema secara gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya.

Setelah kamu melakukan registrasi pada platform blogger Google, maka kamu akan mendapatkan nama domain secara gratis dan juga penyimpanan data hosting sampai dengan 15GB. Blogspot yang telah kamu buat juga bisa kamu gunakan untuk selamanya tanpa perlu mengeluarkan biaya.

Baca Juga:   Cara Mendapatkan Uang dari Blog Pribadi dengan Mudah

Kepemilikan dan Kebebasan WordPress VS Blogspot

Dari segi kepemilikan dan kebebasan baik WordPress atau blogspot tentulah berbeda. Apa saja perbedaannya? Berikut ini adalah ulasannya.

Kepemilikan dan Kebebasan WordPress

Kepemilikan dan kebebasan WordPress jauh lebih unggul dari pada blogspot. Hal ini karena jika kamu menggunakan WordPress yang berbayar, maka isi dari website atau blog kamu sepenuhnya menjadi milik kamu. 

Jika kamu menggunakan WordPress berbayar, maka kamu bebas untuk menggunakan nama domain seperti apapun, membuat subdomain, mengontrol fitur-fitur dalam website atau blog kamu, mengubah desain dan masih banyak hal lainnya.

Kepemilikan dan Kebebasan Blogspot

Untuk kepemilikan dan kebebasan blogspot memang bukanlah sepenuhnya milik kamu. Hal ini karena kamu menggunakan hosting dan juga domain yang telah tersedia sebelumnya sesuai dengan ketentuan.

Kamu masih tetap bisa bebas untuk menggunakan dan membuat blog atau website seperti apapun, namun tetap perlu memperhatikan isi dari blog atau website kamu agar sesuai dengan apa yang menjadi peraturan dari Google sebagai penyedia jasa hosting dan domain kamu.


Kemudahan Penggunaan WordPress VS Blogspot

Hal berikutnya yang tidak kalah penting adalah kemudahan penggunaan dari kedua platform ini, karena tentunya akan percuma jika kamu memiliki WordPress atau blogspot namun tidak bisa menggunakannya.

Kemudahan Penggunaan WordPress

Jika membandingkan jumlah menu pada blogspot atau WordPress, WordPress memiliki menu yang lebih banyak. Namun meskipun terdapat banyak pilihan menu, kamu bisa dengan cepat memahaminya.

Untuk membuat halaman atau postingan tulisan terbaru juga sangat mudah jika menggunakan WordPress. Hal ini karena terdapat banyak sekali page builder seperti Elementor, Beaver Builder dan masih banyak lagi yang bisa kamu gunakan untuk membuat suatu halaman baru atau postingan baru dalam WordPress

Kemudahan Penggunaan Blogspot

Pada dasarnya blogspot adalah platform yang sering orang gunakan untuk blogging. Karena hal inilah menu-menu yang terdapat pada blogspot sangatlah sederhana dan juga memiliki navigasi yang mudah kamu gunakan.

Dengan tampilan menu-menu yang sederhana inilah kamu akan bisa dengan mudah untuk membuat sebuah postingan dalam blog kamu. Namun untuk tampilan setelah postingan kamu di publish, kamu tidak dapat merubahnya karena untuk hal ini sudah menjadi pengaturan dasar dari blogspot


Tema WordPress VS Blogspot

Tampilan menjadi salah satu hal penting yang perlu kamu perhatikan untuk membuat sebuah website atau blog. Karena hal inilah tema menjadi salah satu hal penting yang perlu kamu perhatikan. Manakah yang lebih baik antara tema WordPress atau blogspot? Mari kita bahas

Baca Juga:   Cara Menulis Artikel yang Benar dan Menarik

Tema WordPress

Untuk tema WordPress memiliki berbagai pilihan yang dapat kamu gunakan. Tema-tema tersebut bisa kamu gunakan untuk WordPress dengan fitur gratis maupun berbayar. 

Selain itu, setelah kamu memilih tema yang akan kamu gunakan, kamu juga dapat mengedit kembali tampilan website kamu mulai dari bagian header sampai dengan footer website. Dan juga tema-tema yang tersedia di WordPress juga banyak yang memiliki sifat SEO friendly sehingga tampilan website kamu menjadi lebih cepat.

Tema Blogspot

Untuk tema, blogspot memiliki beberapa tema yang secara default bisa langsung kamu pilih sesuai dengan selera kamu dan juga niche blog yang sedang kamu bangun. Tema-tema tersebut juga memiliki tampilan yang cukup menarik

Namun berbeda dengan WordPress, kamu tidak dapat mengubah tampilan layout tema blogspot. Kamu hanya bisa mengubah tampilan teks, seperti font, warna teks, dan juga gambar. Dengan pilihan edit yang terbatas, maka besar kemungkinan bahwa blog kamu akan memiliki tampilan yang serupa dengan blog-blog milik orang lain.


Keamanan WordPress VS Blogspot

Terakhir adalah dari segi yang tidak kalah penting yaitu keamanan. Manakah yang lebih aman antara WordPress atau blogspot? Mari kita cari tahu.

Keamanan WordPress

Untuk keamanan WordPress memiliki tingkat keamanan yang lebih baik jika dibandingkan dengan blogspot. Hal ini karena saat ini sudah banyak penyedia hosting dan domain yang akan memberikan keamanan yang lebih baik untuk website atau blog kamu. 

Selain itu kamu juga bisa menggunakan beberapa tools atau plugin tambahan yang tersedia di dalam WordPress dan bisa kamu download untuk meningkatkan keamanan website atau blog kamu.

Keamanan Blogspot

Blogspot adalah platform gratis yang Google berikan kepada penggunanya. Karena platform ini bersifat gratis, keamanan blog kamu sangatlah bergantung kepada Google. 

Karena merupakan platform gratis, kamu tidak dapat menambahkan beberapa fitur keamanan tambahan bagi blog kamu.


Mana yang Lebih baik? WordPress VS Blogspot?

Itulah beberapa perbedaan antara WordPress dan blogspot. Setelah mengetahui perbedaannya, manakah yang menjadi pilihan kamu, WordPress atau blogspot?

Untuk kamu yang masih pemula dalam blogging kamu bisa menggunakan blogspot untuk melatih kemampuan kamu. Setelahnya kamu bisa mulai menggunakan WordPress untuk meningkatkan kualitas dari website atau blog kamu. Selamat mencoba!

Dapatkan berbagai macam tips menarik seputar influencer marketing, strategi influencer, blogger influencer, social media influencer dan berita influencer lainnya hanya di influencer101.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password