5 Web Builder Terbaik dan Gratis untuk Membuat Website

web builder terbaik dan gratis

Memiliki website sudah menjadi kebutuhan saat ini. Website memang memegang peranan penting dalam banyak hal. Saat ini sendiri, untuk membuat website sudah sangat mudah. Tidak perlu jago coding, tapi kamu bisa menggunakan web builder terbaik untuk bisa membuat website.

Dengan menggunakan website builder maka nantinya kamu bisa membuat website dengan mudah. Dengan bantuan software ini, maka semua proses yang nantinya akan berkaitan dengan pembuatan website juga akan menjadi jauh lebih mudah.


Pilihan Web Builder Terbaik

Mungkin banyak orang yang bertanya tentang apa itu website builder? Secara mudah, software atau program ini merupakan sebuah cara yang bisa membantu kamu membangun website. Termasuk untuk urusan publikasi dari website itu sendiri.

Penggunaan web builder terbaik akan membantu pengguna dengan menyediakan berbagai template dari website. Nantinya user hanya tinggal memilih dan mengedit template yang akan mereka gunakan sesuai kebutuhan. Lalu setelah itu, template tadi bisa mereka posting.

Saat ini sebenarnya ada dua jenis web builder terbaik yang bisa digunakan. Yang pertama adalah versi offline. Nantinya user akan menginstall software ke komputer dan laptop lalu bisa langsung membuat website.

Yang kedua adalah versi online. Ini merupakan versi yang paling banyak dan paling nyaman digunakan. Pada versi ini, maka user tidak perlu menginstalll, nantinya user bisa mengakses platform ini lewat internet kapanpun dibutuhkan. Pada versi ini juga kamu bisa langsung memposting hasil dari website yang kamu buat.

Berikut adalah beberapa contoh web builder terbaik yang bisa kamu gunakan”

1. Wix

Jika kamu adalah seorang pemula, maka salah satu web builder terbaik yang bisa kamu gunakan adalah Wix. Platform ini tersedia dalam versi gratis dan juga berbayar. Pada versi gratis, tentu saja akan ada beberapa batasan dan ketentuan lainnya.

Platform ini sendiri memiliki banyak sekali fitur menarik, seperti drag and drop builder, terdapat lebih dari 500 template website, desain tampilan yang sangat ramah bagi penggunaan mobile, dan tentunya layanan support centre yang tersedia 24 jam yang siap membantu kamu jika mengalami masalah ketika membuat website.

Baca Juga:   Cara Menulis Artikel yang Benar dan Menarik

Pada versi gratis, maka kamu akan mendapatkan munculnya beberapa iklan Wix pada website yang kamu buat. Selain itu, nama domain yang nantinya akan kamu gunakan juga akan ditambah dengan ekstensi .wixsite.

Sementara itu, pada versi berbayar maka semua hal tadi tidak akan kamu dapatkan. Pada paket berbayar juga kamu akan mendapatkan lebih banyak kapasitas storage yang bisa kamu gunakan. Kamu juga bisa menggunakan fitur tambahan seperti Site booster dan Visitors Analytics.

Beberapa fitur unggulan yang ada di Wix antara lain

  • Wix Editor, Ini merupakan fitur yang bisa membantu kamu untuk mempercantik website dengan berbagai desain menarik
  • Wix ADI. Ini merupakan fitur yang nantinya bisa membantu untuk membangun website dengan cepat dan singkat. Fitur ini akan memberikan kamu beberapa pertanyaan, nantinya fitur ini akan menentukan website yang cocok untuk kamu berdasarkan jawaban dari pertanyaan tadi.
  • Corvid by Wix. Ini merupakan fitur yang cocok untuk para web development. Nantinya, kamu bisa membnagung aplikasi web dengan menggunakan fitur ini.

2. WordPress.org

Berbicara masalah web builder terbaik maka tidak mungkin jika tidak menyebut platform yang satu ini. Bisa dibilang ini merupakan website builder dengan jumlah pengguna paling banyak saat ini.

Popularitas WordPress sebagai cara untuk membuat website memang sudah sangat terkenal sejak lama. Dari mulai template yang sangat banyak, ribuan plugin yang memudahkan, sampai penggunaan yang sangat mudah menjadi alasan banyak orang menggunakan platform ini.

Bagi pemula, penggunaan WordPress juga sangatlah mudah. Bahkan untuk WordPress cukup fleksibel untuk kebutuhan kustomisasi. Kamu bisa membuat website sesuai dengan apa yang kamu butuhkan dan sesuai keinginan.

Fitur unggulan yang ada pada WordPress.org antara lain adalah:

  • Tersedia ribuan tema. Untuk memudahkan user, maka platform ini menyediakan banyak sekali tema yang nantinya bisa user gunakan. Tema ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kamu.
  • Social Sharing. Yang menarik dari penggunaan WordPress adalah kamu juga bisa langsung membagikan apa yang kamu buat ke sosial media. Hal ini karena WordPress memiliki fitur built in social sharing.
  • Mobile Apps. Untuk memudahkan pengguna lainnya. WordPress juga memiliki aplikasi yang memudahkan kamu untuk melakukan proses pengeditan dari manapun nantinya.
Baca Juga:   Apa Itu CMS Website: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

3. Weebly

Salah satu web builder terbaik lainnya yang juga memiliki banyak pengguna adalah Weebly. Platform ini juga tersedia dalam versi gratis dan juga berbayar. Dengan menggunakan Weebly maka kamu sudah bisa membuat website dan juga mengelola konten yang ada di dalamnya dengan mudah.

Platform ini juga memiliki beberapa fitur yang membuat kamu bisa menambahkan dan mengedit berbagai macam elemen yang akan kamu gunakan nantinya. Mulai dari teks yang akan kamu gunakan, multimedia yang akan kamu gunakan sampai custom headers.

Beberapa fitur unggulan yang ada pada Weebly antara lain:

  • Powerfull Editor. Salah satu fitur menarik yang ada pada Weebly adalah fitur editor yang sangat lengkap. Nantinya, kamu bisa memasukan banyak elemen ke dalam konten website yang kamu buat.
  • FItur eCommerce. Untuk kamu yang ingin membuat website dengan tujuan untuk toko online, maka Weebly juga menawarkan banyak fitur yang sangat memudahkan. Dari mulai shopping cart, halaman checkout, sampai inventory tracking semua hal tersebut bisa kamu buat dengan mudah pada website kamu.
  • Responsive design. Fitur unggulan lain dari Weebly adalah banyak template design yang bisa kamu gunakan, dan semua template tersebut sudah teroptimasi untuk bisa diakses pada perangkat mobile.

4. Shopify

Jika kamu membutuhkan website untuk kebutuhan toko online, maka web builder terbaik yang bisa kamu gunakan adalah Shopify. Nantinya, hampir semua fitur yang kamu perlukan untuk kebutuhan toko online sudah tersedia pada platform ini.

Bahkan platform ini juga bisa membantu kamu dari mulai membangun brand, melakukan pemasaran, menerima transaksi pembayaran, sampai dengan melakukan proses pengiriman.

Website builder ini hanya tersedia versi berbayar. Namun kamu masih bisa mencoba versi gratisnya terlebih dahulu selama 14 hari. Keunggulan lain yang bisa kamu dapatkan adalah bisa menggunakan generator untuk pembuat nama bisnis dan juga logo.

Beberapa fitur unggulan yang ada di Shopify antara lain adalah:

  • Intuitive Dashboard. Dengan menggunakan fitur ini maka kamu bisa mengelola semua order, pengiriman, dan juga pembayaran dalam satu dashboard saja.
  • Builder Online Shop. Shopify juga menyediakan fitur yang memungkikan kamu untuk mencari produk, tema toko, bahkan menjual produk dengan lebih mudah.
  • Branding. Shopify juga memungkinkan kamu untuk melakukan branding dengan lebih baik. Platform ini memiliki business name generator yang bisa membantu kamu untuk menciptakan nama bisnis yang baik dan juga logo maker untuk membantu kamu membuat logo.
Baca Juga:   6 Platform Terbaik untuk Membuat Blog dengan Mudah 

5. Squarespace

Untuk berbagai kebutuhan website, maka kamu bisa menggunakan squarespace sebagai web builder terbaik pilihan kamu. Dengan menggunakan platform ini maka kamu bisa membuat website untuk kebutuhan blog, CV, toko, ataupun kebutuhan lainnya.

Platform ini hanya tersedia pada versi berbayar. Namun kamu bisa mencoba trial selama 21 hari sebelum membeli paketnya. Pada versi berbayarnya, maka kamu akan mendapatkan unlimited bandwidth, unlimited storage, SSL, free custom domain, layanan support centre, dan berbagai layanan menarik lainnya.

Beberapa fitur unggulan yang ada di Squarespace antara lain:

  • Blogging tools. Untuk kamu yang membuat website untuk kebutuhan blogging, maka fitur ini kana membantu untuk mengelolanya menjadi mudah. dari mulai kategorisasi konten sampai membuat jadwal publikasi.
  • Analytics. Fitur lainnya yang juga menarik dari squarespace adalah kamu bisa melihat perkembangan dari jumlah pengunjung, kerja konten, dan lainnya lewat fitur analytics.
  • Sosial Media Tools. Fitur lainnya yang juga cukup menarik adalah kamu bisa menghubungkan apa yang kamu buat dengan media sosial dengan lebih mudah. Nantinya,semua konten yang kamu buat bisa langsung kamu bagikan ke media sosial lainnya.
  • Mobile Editing. Hal lain yang juga menjadi fitur tambahan dari platform ini adalah kamu bisa melakukan proses edit dari manapun dengan adanya fitur mobile editing.

Mana Web Builder Terbaik untuk Kamu?

Dari sekian banyak website builder, tentu kamu bisa memilih mana yang paling cocok dengan apa yang kamu butuhkan. Kamu bisa melihat dari fitur yang ditawarkan atau juga harga yang mereka berikan. Untuk mendapatkan web builder terbaik, maka sebaiknya kamu juga bisa membandingkan hal-hal tersebut dengan lebih detail.

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, blogger influencer, marketing influencer, social media influencer, dan masih banyak lagi hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password