Ketahui Waktu Terbaik Posting TikTok, Tingkatkan Eksistensi Konten

Waktu Terbaik Posting TikTok untuk Meningkatkan Engagement

Taktik marketing menjadi hal penting yang membutuhkan perhatian lebih bagi seorang pebisnis. Saat ini strategi marketing dapat terealisasikan melalui konten media sosial yang menjadi trending topik di kalangan masyarakat. Salah satunya adalah TikTok sebagai aplikasi yang banyak digunakan. Namun, terdapat waktu terbaik posting TikTok yang perlu Anda perhatikan untuk memperoleh viewers yang banyak.

Penentuan waktu tersebut berdasarkan banyaknya pengakses TikTok karena adanya waktu luang di sela-sela kesibukan sehari-hari. Lalu, kapan sebaiknya Ada memposting konten TikTok untuk menyebarluaskan produk usaha? Berikut uraian mengenai manajemen waktu posting konten pada aplikasi tersebut.

Waktu Terbaik Posting TikTok buat Orang Indonesia

Adanya waktu tertentu dalam mengupload konten bertujuan untuk memperoleh viewers yang lebih banyak tanpa adanya penimbunan konten dari pengguna media sosial lainnya. Oleh karena itu, Anda bisa menyimak waktu yang terbaik untuk memposting konten TikTok berikut.

1. Posting Hari Senin

Hari senin menjadi hari aktif pertama bagi para pekerja dan pelajar untuk memulai aktivitas mingguan. Oleh karena itu, tidak heran jika pengguna sosial media di hari aktif akan menurun pada jam tertentu. Namun, hal ini bukan berarti tidak ada waktu yang tepat untuk memposting sebuah konten di media sosial terutama TikTok.

Anda bisa mengunggah konten pada jam 12.00 hingga 13.00 WIB karena pada jam tersebut merupakan waktu istirahat bagi para pekerja. Sedangkan untuk para pelajar umumnya juga terdapat waktu istirahat pada jam tersebut. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkannya untuk mulai mengunggah postingan untuk memperoleh jumlah viewers yang lebih tinggi.

Selain itu, Anda juga bisa mengunggah postingan TikTok pada jam 22.00 hingga 00.00 WIB karena pada jam tersebut merupakan waktu bagi seseorang untuk bersantai. Tentunya saat waktu santai terdapat banyak peluang bagi pengguna media sosial untuk memainkan smartphone. Dan Anda bisa memanfaatkannya untuk melakukan promosi produk melalui konten TikTok.

Baca Juga:   Tiktok Ads: Kelebihan dan Cara Beriklan di Tiktok

2. Posting Hari Selasa

Hari Selasa menjadi hari aktif kedua dalam satu minggu yang artinya pada hari tersebut terdapat tugas yang harus dikerjakan. Tentunya dengan tugas yang ada frekuensi seseorang untuk menggunakan smartphone hingga memainkan media sosial semakin rendah.

Namun, Anda masih memiliki peluang untuk mengunggah konten pada waktu terbaik posting TikTok yakni Hari Selasa pada jam 15.00 hingga 17.00 WIB dan 20.00 hingga 22.00 WIB. Hal ini karena pada jam tersebut merupakan waktu yang tepat untuk membuka smartphone karena pekerjaan yang hampir selesai.

Selain itu, jadwal unggah pada malam hari juga tidak terlalu larut seperti pada Hari Senin. Karena tentunya pada saat malam hari seseorang akan memilih tidur lebih awal untuk mengistirahatkan tubuhnya dari kepadatan aktivitas harian. Dalam hal ini, Anda perlu memperhatikan waktu posting saat malam hari supaya tidak mengalami keterlambatan.

3. Posting Hari Rabu

Pada Hari Rabu umumnya, pekerjaan pada Hari Senin telah terselesaikan pada Hari Selasa. Oleh karena itu, untuk para pekerja biasanya akan memiliki waktu luang lebih banyak untuk membuka smartphone dan memainkan media sosial. Anda bisa segera mengunggah konten TikTok pada jam 11.00 hingga 13.00 WIB dan jam 21.00 hingga 22.00 WIB.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan hastag untuk menampilkan postingan pada laman utama TikTok. Dan memudahkan viewers untuk menemukan postingan yang Anda unggah. Dengan ini, Anda memiliki peluang yang besar untuk meningkatkan eksistensi konten. Hal itu tentunya akan berpengaruh terhadap proses marketing yang Anda lakukan.

4. Posting TikTok Hari Kamis

Tidak hanya Hari Rabu, tetapi Hari Kamis juga menjadi hari aktif yang memberikan peluang bagi pengguna media sosial untuk lebih banyak dalam memainkannya. Karena pada hari tersebut, umumnya para pekerja memiliki kesibukan yang lebih ringan daripada hari sebelumnya.

Anda bisa memposting konten pada jam 12.00 hingga 13.00 WIB, 15.00 WIB, dan 19.00 WIB. Pada jam tersebut umumnya para pekerja dan pengguna media sosial lainnya memiliki waktu istirahat baik itu dari tempat kerja, sekolah, maupun para ibu rumah tangga. Sehingga Anda perlu menuliskan waktu terbaik posting TikTok secara terjadwal untuk menghindari adanya kesalahan waktu posting.

Baca Juga:   Ide Konten 17 Agustus, Menarik untuk Hari Kemerdekaan!

5. Posting TikTok Hari Jumat

Meskipun Hari Jumat juga termasuk hari aktif dalam hitungan mingguan. Namun, terdapat beberapa orang yang memiliki jadwal tidak sepadat untuk setiap harinya. Oleh karena itu, pada Hari Jumat Anda bisa menjadwalkan postingan pada jam 05.00 WIB, 11.00 hingga 13.00 WIB, dan 19.00 hingga 22.00 WIB. Tentunya untuk lebih memudahkan viewers dalam menemukan postingan yang Anda unggah.

Maka Anda bisa menggunakan teknik search engine optimization (SEO) dengan tujuan menampilkan postingan pada pencarian pertama atau halaman pertama TikTok. Sehingga peluang Anda dalam memperoleh viewers yang lebih banyak semakin tinggi. Dan mampu membantu Anda dalam mencapai target marketing.

6. Posting TikTok Hari Sabtu

Sabtu menjadi hari libur pertama dalam satu minggu sehingga memberikan peluang yang lebih banyak bagi para pengguna media sosial untuk memainkannya. Terdapat banyak hal yang umumnya dilakukan seperti bersantai di rumah sambil bermain bersama keluarga atau sekedar rebahan untuk menikmati weekend.

Oleh karena itu, hal ini dapat Anda manfaatkan untuk melancarkan proses marketing berupa pemasaran produk yang Anda miliki. Tentunya terdapat jam tertentu yang bisa Anda gunakan sebagai waktu terbaik posting TikTok. Anda bisa mulai mengunggah konten pada jam 09.00 WIB, 12.00 WIB, dan 19.00 hingga 01.00 WIB. Daftar waktu posting ini telah disesuaikan dengan berbagai aktivitas yang biasanya dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Namun, tentunya hal lain yang perlu Anda perhatikan untuk menarik perhatian pengguna TikTok adalah konten yang berkualitas dan menarik. Artinya Anda perlu menjaga kualitas konten mulai dari isi hingga kualitas video.

7. Posting TikTok hari minggu

Umumnya terdapat banyak orang yang memanfaatkan akhir pekan untuk waktu liburan dan bersenang-senang bersama keluarga sebelum menyambut hari aktif. Dengan ini, Anda bisa melakukan pengunggahan konten TikTok pada jam 08.00 WIB dan 11.00 WIB supaya konten tersebut lebih cepat untuk viral.

Baca Juga:   Cara Menggunakan Filter IG Untuk Konten, Gampang Banget!

Apa Saja Tips untuk Mengetahui Waktu Terbaik Posting TikTok?

Anda juga bisa menentukan waktu atau jam yang tepat untuk menyebarluaskan konten TikTok. Bagaimana caranya? Untuk hal ini Anda perlu melakukan riset secara mandiri terkait dengan waktu masyarakat Indonesia sedang sibuk atau memiliki waktu luang. Anda bisa melakukan riset melalui orang-orang terdekat dan mulai menjadwalkan posting konten TikTok secara tertulis.

Hal ini tentunya untuk menyukseskan proses marketing yang sedang Anda lakukan. Setelah itu, lakukan analisis secara mandiri terkait dengan viewers dari konten yang telah Anda upload pada jam tersebut. Selain itu, untuk memperoleh kepercayaan dari viewers atau audiens Anda bisa membuat akun yang secara resmi merupakan milik perusahaan atau usaha yang Anda miliki.

Tidak lupa juga pemberian hashtag untuk memudahkan viewers dalam menemukan konten yang Anda posting. Selain itu, Anda juga perlu menampilkan caption yang cocok dengan isi konten TikTok. Anda juga perlu melakukan pengunggahan secara rutin dan terjadwal agar viewers bisa terus memantau waktu posting dari akun TikTok yang Anda miliki.

Dengan ini, Anda bisa memulai riset waktu sebelum mengunggah konten TikTok. Bahkan hal ini seharusnya ada pada tahapan rencana marketing yang Anda miliki untuk menyokong suksesnya pemasaran produk. Apalagi tidak hanya satu atau dua konten yang nantinya akan beredar di TikTok. Pastinya konten yang Anda miliki akan bersaing dengan konten lainnya untuk menduduki halaman utama pencarian pada media sosial tersebut.

Sudahkah Anda Menerapkan Waktu Terbaik Posting TikTok Tersebut?

Waktu posting konten TikTok yang tidak tepat dapat menjadi faktor sedikitnya jumlah viewers yang mengakses postingan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut sehingga tidak memperburuk eksistensi konten yang telah Anda unggah.

Salah satunya dengan cara mengetahui waktu terbaik posting TikTok yang berpengaruh besar terhadap jumlah viewers dari sebuah konten. Hal lain yang tidak kalah penting adalah kualitas konten dan fitur tambahan seperti hashtag dan caption juga memiliki pengaruh yang besar terhadap eksistensi konten.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password