Waktu Terbaik Posting Instagram (Prime Time) yang Wajib Dicoba

Waktu Terbaik Posting Instagram

Setiap brand memiliki masing-masing prime time tersendiri saat membuat postingan di Instagram. Algoritma Instagram memprioritaskan postingan terbaru. Meskipun demikian, beberapa platform manajemen sosial media melakukan pengumpulan data statistik. Data tersebut menunjukkan bahwa terdapat rata-rata waktu terbaik posting Instagram. Kira-kira kapan saja kah itu?

Kapan Waktu Terbaik Posting di Instagram? (Prime Time Indonesia)

Prime time atau jam tayang utama adalah rentang waktu yang mana penggunanya sedang aktif menggunakan Instagram tersebut. Dengan mempertimbangkan prime time, kamu bisa menarik perhatian pengguna dalam jumlah yang cukup besar. 

Berangkat dari hal tersebut, maka posting Instagram pada waktu tersebut bisa meningkatkan engagement hingga konversi.

Perlu kamu pahami bahwa waktu terbaik ini sangat bergantung pada tempat kamu berada. Oleh karena itu, rekomendasi waktu terbaik posting Instagram ini adalah bentuk rekomendasi yang sifatnya umum. Berikut adalah prime time berdasarkan beberapa penelitian.

  • Sprout Social merekomendasikan hari Rabu jam 11.00 AM dan Jumat pada jam 10.00 – 11.00 AM.
  • Hootsuite menganjurkan hari Rabu pada jam 11.00 AM.
  • Expert Voice merekomendasikan hari Rabu pada jam 9.00 AM hingga 6.00 PM.
  • HubSpot merekomendasikan hari Selasa pada jam 11.00 AM – 2.00 PM.

Dapat kita lihat bahwa setiap analytic tools atau alat yang melihat analitik atau statistik pada Instagram memiliki perhitungan yang berbeda-beda. Tetapi kita tetap dapat menemukan benang merah dari hasil perhitungan tersebut. Hari terbaik adalah hari Rabu dan waktu yang terbaik adalah jam 11 siang, waktu makan siang atau istirahat.

Waktu Terbaik untuk Post di Instagram setiap hari (Based Indonesia)

Bila sebelumnya membahas waktu paling terbaik, kali ini kita akan membahas jam terbaik posting Instagram setiap harinya. Data berikut merupakan rekomendasi dari Expert Voice, Hubspot, dan Sprout Social.

  • Senin: 11.00 AM – 12.00 PM
  • Selasa: 11.00 AM – 2.00 PM
  • Rabu: 11.00 AM – 12.00 PM
  • Kamis: 11.00 AM 
  • Jumat: 11.00 AM – 12.00 PM
  • Sabtu: 11.00 AM
  • Minggu: 10.00 AM – 2.00 PM
Baca Juga:   Cara Jitu Meningkatkan View Story Instagram, Mudah dan Cepat!

Dari data tersebut, dapat kita lihat bahwa weekday atau hari kerja memiliki waktu terbaik yang cukup seragam yaitu jam 11 siang. Dari penelitian tersebut juga ditemukan bahwa posting Instagram dari hari Senin hingga Jumat memiliki tingkat engagement yang cukup menjanjikan.

Singkatnya, waktu istirahat siang memiliki banyak pengguna aktif yang sedang membuka Instagram. Dari data penelitian tersebut juga dapat kita temukan bahwa jam istirahat malam juga memiliki banyak pengguna aktif di Instagram. Namun, jumlahnya lebih banyak pada siang hari daripada malam hari.

Waktu Terburuk untuk Post di Instagram Setiap Hari (Based Indonesia)

Selain waktu terbaik, dari data statistik yang ditemukan oleh ketiga hasil penelitian tersebut rupanya terdapat waktu terburuk posting Instagram. 

  • Senin: 12.00 AM – 4.00 AM
  • Selasa: 12.00 AM – 3.00 AM
  • Rabu: 12.00 AM – 2.00 AM
  • Kamis: 12.00 AM – 3.00 AM
  • Jumat: 12.00 AM – 4.00 AM
  • Sabtu: 11.00 PM – 5.00 AM
  • Minggu: 10.00 PM – 6.00 AM

Bila waktu terbaik posting Instagram adalah hari kerja, waktu terburuknya adalah hari libur atau weekend. Hari Sabtu dan Minggu memiliki jumlah pengguna aktif yang lebih sedikit dari hari Senin sampai Jumat. Kemudian untuk waktunya adalah jam tidur malam sekitar jam 1 hingga 2 malam.

Waktu Terbaik untuk Post di Instagram Berdasarkan Bidang Industri

Hubspot dan Sprout Social melakukan penelitian waktu terbaik tidak hanya secara umum saja, tetapi juga berdasarkan bidang industri. Rupanya setiap bidang memiliki waktu terbaik yang sedikit berbeda-beda. Berikut adalah daftarnya:

  • Teknologi: Senin dan Rabu pada Jam 10.00 AM
  • Makanan dan Minuman: Senin 9.00 AM – 1.00 PM dan Jumat 12.00 PM
  • Pendidikan: Selasa 8.00 AM – 12.00 PM dan 5.00 PM – 8.00 PM
  • Ritel: Selasa, Kamis, dan Jumat pada jam 12.00 PM
  • Kesehatan: Jumat dan Kamis pada jam 1.00 PM.
  • Media dan Hiburan: Selasa dan Kamis pada jam 12.00 – 3.00 PM
  • Nonprofit: Setiap hari jam 10.00 AM – 6.00 PM
  • Pariwisata: Jumat jam 9.00 AM – 1.00 PM
  • B2C: Sabtu jam 11.00 AM – 1.00 PM
Baca Juga:   7 Cara Menambah dan Mendapatkan Followers Instagram (IG)

Pengguna Instagram mengalami pertumbuhan yang cukup pesat sejak awal pandemi. Sehingga, banyak yang menghabiskan waktunya untuk menggunakan sosial media. Meskipun di atas berupa rekomendasi waktu terbaik, kamu tidak harus membatasi jadwal posting untuk menaikkan engagement merekmu.

Tips Cara Menemukan Waktu yang Tepat Untuk Posting Instagram

Sebelum membicarakan waktu yang tepat, perlu kamu ingat bahwa tidak ada waktu yang absolut terbaik saat posting di Instagram. Sebab itulah kamu perlu mengenali terlebih dahulu bagaimana perilaku calon konsumen dan audiens dalam Instagram. Statistik tersebut dapat kamu lihat dari halaman insights

Membaca Halaman Insight Instagram

Memiliki akun Instagram Bisnis akan memberikan kamu keuntungan yaitu melihat statistik akun Instagram melalui halaman insight. Lalu, apa saja kah yang bisa kamu lihat dari halaman tersebut?

  • Profil analitik, melihat dan mengukur kinerja akun Instagram.
  • Jangkauan atau wawasan audiens, mengumpulkan data audiens.
  • Postingan Instagram, melihat performa setiap postingan.
  • Instagram Story, melihat performa setiap story.

Dari semua fitur tersebut, kamu bisa menyimpulkan performa akun Instagram dan melihat karakteristik audiens. Terutama karakteristik audiens, mulai dari gender, umur, lokasi, hingga rata-rata waktu dan hari follower aktif di Instagram. Melalui fitur tersebut, kamu bisa menentukan kapan waktu terbaik posting Instagram.

Pahami Perilaku dan Kebiasaan Target Konsumen 

Setelah melihat halaman insight, kamu akan menemukan rangkuman mengenai karakteristik konsumen. Kamu bisa menyesuaikan waktu posting dengan perilakunya. Misalnya target konsumen aktif pada jam 11 siang maka akan sangat efektif posting Instagram pada jam 11 siang.

Buat Uji atau Tes A/B

Tes A/B adalah sebuah eksperimen yang menguji rate konversi. Maksudnya, kamu tidak harus berpacu pada waktu terbaik saja. Kamu bisa bereksperimen untuk posting pada waktu lainnya karena algoritma Instagram selalu berkembang dan berubah. Misalnya ubah jam posting setiap minggunya dan datanya kamu kumpulkan pada spreadsheet untuk memantau mana waktu yang memiliki rate konversi terbesar.

Baca Juga:   Ide Konten 17 Agustus, Menarik untuk Hari Kemerdekaan!

Membuat Jadwal dan Mengukur Kemajuan

Setelah melakukan tips di atas, kamu juga bisa mulai menjadwalkan postingan di Instagram. Dengan cara ini maka postingan akan lebih terorganisir dengan menyesuaikan waktu terbaik. Tak lupa untuk selalu mengoptimalkan konten yang akan kamu posting.

Bagaimana Memanfaatkan Waktu Terbaik saat Posting Instagram?

Setelah membaca tips menentukan waktu terbaik posting Instagram, kamu harus memaksimalkan postinganmu untuk mendapatkan konversi. Meskipun kamu sudah menemukan waktu yang terbaik tetapi konten yang terposting tidak menarik tentu tidak akan mendapatkan konversi yang besar.

Kunci memanfaatkan waktu terbaik adalah dengan konsisten dan memberikan konten berkualitas juga menarik. Tak hanya di situ saja, kekuatan sosial media untuk mendapatkan konversi juga cukup kompleks karena Instagram mendahulukan postingan yang paling terbaru pada timeline. Oleh karena itu, pastikan posting pada saat follower aktif menggunakan Instagram.

Baca Juga: Cara Mudah Menambah Followers Instagram dengan Natural

Bagaimana Membuat Jadwal untuk Waktu Post Instagram?

Kamu bisa mulai memanfaatkan spreadsheet dalam menentukan konten dan pertimbangan waktu posting. Buatlah tabel yang berisi mulai dari konten, waktu, hari, pertimbangan performa, dan variabel pendukung lainnya saat kamu akan mulai membuat jadwal posting di Instagram.

Mestinya untuk beberapa pemilik akun bisnis yang sudah cukup besar, membuat jadwal postingan sudah menjadi hal yang lumrah. Namun, bila kamu pengguna akun yang baru, cobalah untuk konsisten dan selalu memperhatikan kapan konten akan diposting. Manfaatkan data prime time sebagai acuan jadwal posting Instagram.

Kesimpulan

Waktu terbaik posting Instagram secara absolut tidak ada. Namun, bila waktu tersebut bersifat umum berdasarkan penelitian ditemukan bahwasanya waktu terbaik adalah hari Rabu pada jam 11.00 AM di siang hari. Waktu tersebut sesuai dengan jadwal di mana orang-orang sedang istirahat makan siang. 

Meskipun data yang tersedia dalam artikel ini merupakan rangkuman dari keseluruhan penelitian, kamu tetap bisa mempertimbangkannya sebagai acuan saat membuat jadwal posting. Pastikan untuk memahami audiens terlebih dahulu dan juga membuat konten yang menarik bagi audiens-mu.

Dapatkan insight seperti tips maupun informasi seputar influencer, marketing influencer, maupun social media influencer hanya di influencer.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password