Perhatikan, Ini Waktu Terbaik Post TikTok Agar Kontenmu FYP!

waktu terbaik post tiktok

Kamu perlu mengetahui kapan waktu terbaik post TikTok agar konten-konten milikmu masuk ke For You Page (FYP) di TikTok. Selain itu, sebagai media sosial dengan jumlah pengguna yang semakin banyak, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan selain waktu post tiktok terbaik.

For You Page (FYP) adalah fitur di TikTok berupa halaman yang berisi berbagai rekomendasi video berdasarkan algoritma TikTok. Algoritma ini bekerja dengan melihat riwayat video yang meraih keterlibatan pengguna, seperti berkomentar atau likes.

Rekomendasi Waktu Terbaik Post TikTok

Kamu perlu menjadwalkan kontenmu pada jam-jam tertentu, agar kontenmu masuk FYP.

Nah, berikut ini merupakan jam aktif audiens menggunakan TikTok beserta hari-harinya.

1. Senin: Pukul 12.00–13.00

Setelah menikmati akhir pekan, audiens pada umumnya memiliki aktivitas yang padat di hari Senin. Oleh karena itu, jadwalkanlah postingan pada jam istirahat. Nah, jam 12 hingga 1 siang merupakan waktu yang tepat, karena audiens akan beristirahat setelah menjalani jadwal yang padat.

Selain itu, konten yang berisi informasi menghibur dan cocok untuk dinikmati pada waktu istirahat, akan sangat membantu audiens dalam mengisi waktu istirahatnya. Oleh karena itu, kontenmu akan meraih impresi yang bagus dari audiens, karena dapat menjawab kebutuhannya.

2. Selasa: Pukul 15.00–16.00 dan 19.00–21.00

Pada hari Selasa, penonton TikTok umumnya memiliki jadwal yang sama padatnya dengan hari Senin. Selain itu, mungkin saja terdapat tugas-tugas pada hari sebelumnya yang masih belum selesai. Oleh karena itu, kamu dapat memilih jadwal memposting konten pada saat audiens telah sepenuhnya beristirahat atau pulang bekerja.

Nah, jadwal posting konten yang dapat kamu pilih di hari Selasa, berada di kisaran jam 3–4 sore dan 7–9 malam. Dengan memilih jam-jam tersebut, kamu dapat memaksimalkan peluang kontenmu mendapat lebih banyak penonton dan masuk halaman FYP.

Baca Juga:   Cara Menambahkan Link di Instagram Story Menggunakan Sticker Link

3. Rabu: Pukul 11.00–12.00 dan 20.00–21.00

Setelah menjalani dua hari dengan aktivitas padat, umumnya penontonmu akan mulai mencari hiburan, salah satunya lewat TikTok. Dengan demikian, jadwal memposting konten yang tepat berada sebelum istirahat siang dan setelah pulang bekerja.

Oleh karena itu, jadwal yang tepat di hari Rabu berada pada kisaran jam 11–12 siang. Selain itu, jadwalkan kontenmu pada waktu audiens beristirahat selepas bekerja, yaitu pada kisaran jam 8–9 malam.

4. Kamis: Pukul 12.00, 16.00, 19.00, dan 21.00

Di hari Kamis, audiens mempunyai jadwal yang cenderung mulai longgar, karena akan mendekati akhir pekan. Oleh karena itu, penonton TikTok akan mencari hiburan di sela-sela kesibukannya.

Nah, kamu dapat memilih jadwal post video TikTok pada jam 12 siang, 4 sore, serta di malam hari, yaitu jam 7 dan 9. Dengan demikian, empat waktu tersebut dapat menjadi pilihan untuk memposting konten pada hari Kamis.

5. Jumat: Pukul 11.00–12.00 dan 19.00–22.00

Mendekati akhir pekan, audiens TikTok memiliki waktu lebih luang dibanding hari-hari kerja sebelumnya. Selain itu, jam istirahat kerja juga masih menjadi pilihan untuk mencari hiburan di TikTok.

Oleh karena itu, rekomendasi posting TikTok di hari Jumat, berada pada jam istirahat, yaitu jam 11–12 siang. Nah, malam hari setelah pulang bekerja, dapat menjadi rekomendasi selanjutnya, yaitu jam 7–10 malam.

6. Sabtu: Pukul 09.00–11.00 dan 19.00–21.00

Di hari Sabtu, umumnya seseorang akan menghabiskan waktunya untuk beristirahat panjang dari rutinitas di tempat kerja. Namun, TikTok tetap menjadi salah satu pilihan hiburan untuk penonton.

Nah, kamu dapat memposting video pada pagi hari, yaitu jam 9–11 pagi. Selain itu, malam hari masih menjadi waktu yang tepat untuk menjadwalkan konten, yaitu jam 7–9 malam.

7. Minggu: Pukul 07.00–11.00 dan 16.00–21.00

Kamu dapat memposting video lebih awal pada hari Minggu, yaitu pada kisaran jam 7–11. Tidak hanya itu, sore hari hingga malam juga merupakan jadwal yang tepat, yakni jam 4 sore hingga 9 malam.

Baca Juga:   Cara Menjadwalkan Live Streaming YouTube dengan Mudah

Namun, karena berada di hari libur, umumnya kamu dapat memposting video di TikTok pada jam berapa pun, karena audiens memiliki waktu istirahat lebih panjang ketika akhir pekan.

Pentingnya Mengetahui Waktu Terbaik Post TikTok

Kepopuleran TikTok sebagai media sosial, tentunya sudah tidak dapat diragukan lagi. Dilansir dari Forbes.com, TikTok mengalahkan Google dan Facebook sebagai laman web terpopuler di tahun 2021. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika media sosial ini memiliki jumlah pengguna dan tingkat kepopuleran yang semakin meningkat.

Namun, jika kamu tertarik menjadi konten kreator di TikTok dan memanfaatkan media sosial ini untuk memasarkan produk, tentunya kamu perlu memperhatikan banyak faktor agar kontenmu masuk dalam FYP dan ramai pengunjung.

Menurut Dexerto.com, dengan memperhatikan waktu terbaik post TikTok, maka akan memicu algoritma dan mendapatkan lebih banyak jumlah penonton. Nah, algoritma TikTok akan cenderung mempromosikan video dengan jumlah waktu tonton tertentu, serta keterlibatan penonton di dalam konten, seperti komentar dan likes

Dengan demikian, penting untuk memperhatikan waktu terbaik post tiktok agar FYP, sehingga postingan kamu bisa berada pada jam pengguna cenderung akan menonton.

Tentunya, memposting konten pada saat tidak banyak orang yang menggunakan TikTok, akan menghasilkan lebih sedikit keterlibatan pengguna TikTok. Nah, hindarilah hal ini agar konten menjangkau banyak penonton.

Jika kontenmu mendapatkan promosi TikTok lewat FYP, maka video akan semakin meraih keterlibatan pengunjung dan jumlah penonton yang banyak. 

Apa yang Membuat Konten Masuk FYP TikTok?

Berikut ini adalah berbagai faktor yang menyebabkan algoritma TikTok memutuskan untuk mempromosikan suatu konten dalam halaman FYP. 

1. Informasi pada Konten

Setidaknya, terdapat tiga informasi dalam konten TikTok yang berpengaruh pada masuk atau tidaknya kontenmu di halaman FYP, yaitu penggunaan hashtag, caption, dan sound.

Nah, kamu harus menggunakan tiga informasi tersebut dengan maksimal, seperti menulis caption dan menggunakan hashtag yang berkaitan dengan isi konten video. Selain itu, gunakanlah sound yang sedang trend atau dapat mewakili konten, sehingga algoritma merekomendasikan kontenmu pada penonton yang relevan.

Baca Juga:   8 Cara Kreatif Posting Carousel Instagram, Mana yang Ingin Kamu Coba?

2. Interaksi Penonton

Jika kamu banyak memberikan komentar, likes, dan share pada konten yang bertema kecantikan, maka algoritma TikTok akan cenderung memberikan konten dengan tema kecantikan dalam halaman FYP milikmu.

Oleh karena itu, kamu perlu menentukan tema dari kontenmu dan sebisa mungkin mengajak penonton untuk melakukan interaksi, seperti berkomentar, memberikan like, dan membagikan ke penonton lainnya.

Nah, jika kontenmu fokus pada pembahasan dan tema tertentu, maka algoritma dapat dengan mudah mengidentifikasi dan merekomendasikan konten tersebut di halaman FYP.

3. Pengaturan Akun

Terakhir, maksimalkan peluangmu untuk masuk FYP dengan melakukan pengaturan pada akun, seperti target lokasi atau negara, pemilihan bahasa, serta jenis perangkat yang digunakan. Nah, tiga hal ini akan mempengaruhi algoritma TikTok untuk melakukan penyaringan terhadap konten-konten yang layak masuk FYP.

Sudah Tahu Kapan Waktu Terbaik Post TikTok?

Demikianlah pembahasan tentang FYP TikTok.

Nah, kamu dapat segera menerapkan berbagai ulasan di atas, terutama tentang waktu terbaik post TikTok agar kontenmu semakin berpeluang masuk halaman FYP.

Namun, jangan lupa untuk memperhatikan tiga faktor lainnya untuk memaksimalkan peluang tersebut.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, TikTok influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password