Ukuran Video YouTube Beserta Formatnya yang Ideal

Ada banyak pilihan media hiburan yang bisa kamu pilih saat ini. Salah satunya adalah YouTube. Ini merupakan salah platform yang bisa kamu gunakan untuk berbagi video. Salah satu hal yang menarik dari platform ini adalah ukuran video YouTube yang beragam. Selain itu, hal lain yang menarik dari platform ada banyak pilihan konten dan jenis video yang ada di dalamnya.

Aturan Teknis Ukuran Video YouTube

Jika kamu ingin memulai membuat akun YouTube, selain memperhatikan masalah konten kamu juga perlu memperhatikan masalah teknis. Salah satu hal teknis yang perlu kamu perhatikan adalah masalah format. Youtube sendiri memiliki aturan yang ketat tentang masalah teknis.

Format video ini salah satunya adalah masalah ukuran video YouTube. Nantinya, setiap video yang akan diupload akan mengikuti aturan yang Youtube tetapkan. Sebagai salah satu platform terbesar, salah satu alasan masalah aturan ini adalah agar video yang diupload ke YouTube bisa diputar di semua perangkat yang ada di seluruh dunia.

Beberapa aturan teknis tentang ukuran video YouTube tersebut antara lain:

1. Resolusi Video YouTube

Salah satu hal yang diatur untuk masalah ukuran video Youtube adalah resolusi. Aturan YouTube tentang hal ini cukup beragam.  Dalam hal ini, YouTube memang memiliki aturan resolusi beragam. 

Aturan ini sendiri berguna untuk memberikan pengguna pengalaman menonton video yang nyaman. Adapun aturan ukuran video YouTube tentang resolusi ini adalah sebagai berikut:

ukuran video youtube yang ideal

Source : invideo.io

  • 426 x 240 pixels (240p)
  • 640 x 360 pixels (360p)
  • 854 x 480 pixels (480p)
  • 1280 x 720 pixels (720p)
  • 1920 x 1080 pixels (1080p)
  • 2560 x 1440 pixels (1440p)
  • 3840 x 2160 pixels (2160p)

Dalam aturan mengenai resolusi tersebut terlihat jika YouTube memiliki ukuran minimum yaitu 426 x 240 pixels dan ukuran maksimum nya adalah 2840 x 2160 pixels. Namun, meskipun memiliki aturan beragam tentang resolusi video, YouTube menetapkan jika semua video harus memiliki rasio 16:9 atau 4:3.

Baca Juga:   Jenis-Jenis Konten YouTube Menarik yang Sering Orang Tonton 

Meski demikian, YouTube juga memiliki kelonggaran pada beberapa video yang memiliki rasio berbeda, asalkan rasionya tidak terlalu jauh. Hal ini untuk mengakomodir perkembangan teknologi saat ini. 

Yang mana beberapa smartphone hadir dengan ukuran layar berbeda dari umumnya. Beberapa rasio yang masih diterima Youtube misalnya adalah 20:9 atau 18,5:9.

2. Format Video YouTube

Selain masalah ukuran video YouTube, hal lain yang juga diatur adalah format video yang bisa diupload ke YouTube. Yang perlu kamu ketahui adalah semua file digital pasti memiliki format tertentu, termasuk video. Secara umum, format video yang banyak digunakan pada perangkat mobile adalah MP4.

Dalam hal ini, YouTube juga memiliki aturan mengenai masalah format video. Beberapa format video yang bisa diupload ke Youtube antara lain:

  • MOV
  • MPEG4
  • MP4
  • AVI
  • WMV
  • MPEG PS
  • FLV
  • 3GPP
  • WebM

Lalu pertanyaanya, bagaimana dengan video yang formatnya tidak didukung oleh Youtube? Maka satu-satunya cara adalah mengkonversi video tersebut ke format yang didukung oleh YouTube.

3. Durasi dan Ukuran Video YouTube

Setelah berbicara masalah format dan resolusi. Hal penting lain yang juga termasuk regulasi di YouTube adalah masalah durasi dan ukuran video. 

Jika berbicara masalah durasi, maka durasi minimal video yang bisa diupload ke Youtube adalah 1 detik dan durasi maksimalnya adalah 12 Jam atau 720 menit. Aturan durasi ini sebenarnya aturan baru, sehingga mungkin saja kamu menemukan video lama yang memiliki durasi lebih dari 12 jam.

Namun, sebenarnya aturan terpenting dari masalah durasi ini adalah masalah regulasi adsense. Jika kamu membuat video YouTube dengan tujuan monetisasi, maka video tersebut setidaknya memiliki durasi 10 menit. Ini merupakan waktu minimal yang bisa diterima jika kamu mengajukan permohonan adsense.

Selan masalah durasi, hal lain yang juga perlu kamu perhatikan adalah masalah ukuran atau size. Sebenarnya, dalam beberapa kasus, masalah ukuran ini akan berkaitan dengan durasi dan juga resolusi dari video tersebut. Semakin panjang durasi dan semakin tinggi resolusinya, maka otomatis video tersebut akan memiliki ukuran yang besar.

Sebenarnya, video dengan resolusi yang baik dengan durasi sekitar 1 sampai 2 jam, hanya akan memiliki ukuran berapa GB saja. Namun, untuk masalah kelancaran dan kenyamanan, maka ukuran video Youtube terbesar yang bisa diupload adalah 256 GB. Lebih dari itu maka YouTube akan menolaknya. Masalah pembatasan ini juga akan berkaitan dengan ketersediaan server yang terbatas.

Baca Juga:   Cara Membuat Akun TikTok dengan Mudah dan Cepat

Algoritma Youtube

Selain masalah aturan tentang ukuran video YouTube, hal lain yang juga perlu kamu perhatikan adalah masalah algoritma. Dalam banyak hal, algoritma akan menjadi faktor yang banyak menentukan tentang performa video, seperti viewers ataupun subscribers.

Algoritma YouTube adalah sebuah cara untuk menyajikan video dengan menyesuaikan minat penonton. Dari semua video yang ada di YouTube, algoritma inilah yang akan membantu user untuk menemukan video yang tepat atau sesuai dengan minat user. Di lain sisi, algoritma ini bisa berfungsi sebagai filter untuk menyortir video atau konten yang tepat.

Secara umum, algoritma Youtube ini terdiri dari bagian, yaitu berdasarkan hasil pencarian da juga berdasarkan rekomendasi.

1. Berdasarkan Hasil Pencarian

Algoritma ini bekerja dengan menampilkan hasil pencarian yang dipersonalisasi sesuai minat pengguna. Biasanya, algoritma ini akan menampilkan video yang relate dengan kata kunci yang kamu gunakan. 

Kata kunci tersebut nantinya akan digabungkan dengan personalisasi yang kita punya.Jika kalian bingung, bagaimana YouTube menentukan personalisasi tiap akun, maka jawabannya adalah data.

Semua data tentang aktivitas di YouTube akan terekam sistem. Data ini mulai dari history pencarian, history video yang pernah ditonton, like, komentar, dan lainnya. 

Semua data inilah yang nantinya akan menjadi dasar dari personalisasi sebuah akun. Hal ini juga yang menjadi penyebab ketika ada dua akun yang mencari dengan kata kunci sama namun hasil yang muncul di kedua akun tersebut berbeda.

2. Berdasarkan Rekomendasi

Dalam hal ini, YouTube akan memberikan kita rekomendasi video, yang menurut sistem cocok dengan kita. Ada dua hal yang digunakan dalam sistem algoritma ini. Yang pertama adalah berdasarkan peringkat, yang kedua adalah berdasarkan kecocokan.

Jika berdasarkan peringkat, maka YouTube akan menilai performa sebuah video berdasarkan hal-hal seperti ini:

  • Jumlah penayangan, hal ini juga termasuk durasi total penayangan dan juga bounce rate
  • Engagement video tersebut
  • Jumlah penonton
  • Laju pertumbuhan penonton, hal ini akan berkaitan dengan kapan video tersebut diupload dan berapa lama video tersebut mendapatkan banyak penonton.
  • Waktu upload
Baca Juga:   Cara Download Gambar di Instagram PC, Gampang Banget!

Sementara jika berdasarkan kecocokan, maka algoritma ini akan bekerja dengan cara seperti ini:

  • Topik atau channel yang sebelumnya user tonton
  • Interaksi terakhir yang user lakukan. Melakukan like, komentar, atau share pada video tertentu
  • Durasi menonton sebuah video.
  • Apa yang belum ditonton
  • Faktor demografis dan lokasi user

Nantinya, semua faktor yang berkaitan dengan algoritma rekomendasi tadi, videonya akan muncul dalam fitur seperti

  • YouTube Mixes
  • Viewers Also Watch
  • Recently Uploaded
  • Trending
  • Up Next Videos

Ukuran Video YouTube dan Algoritma?

Dari semua penjelasan diatas, terlihat juga selain masalah ukuran video Youtube, algoritma juga memiliki peranan penting. Dalam banyak kasus, algoritma ini juga ditentukan oleh kualitas dari video. 

Artinya, jika ada 2 atau lebih video dengan algoritma sama, maka video dengan kualitas terbaik yang akan muncul paling atas. Dalam hal ini maka Youtube akan memberikan faktor kenyamanan bagi penonton.

Selain masalah ukuran video YouTube, ada beberapa hal lain juga yang bisa mempengaruhi algoritma dan bisa membantu video kamu untuk mendapatkan banyak penonton. Beberapa hal tersebut seperti

1. Mengoptimasi SEO

SEO juga merupakan hal penting dalam YouTube. Hal ini berguna untuk menemukan kecocokan kata kunci yang kamu gunakan dengan kata kunci yang penonton cari.

2. Niche Konten

Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah niche. Coba Lah untuk konsisten dengan satu niche saja. Cara ini lebih efektif untuk membangun YouTube kamu daripada mengupload banyak jenis konten sekaligus.

3. Durasi Video

Dalam hal ini, buatlah durasi video yang sesuai dengan keinginan penonton. Perlu riset yang cukup untuk menentukan durasi yang pas ini memang. Tujuannya adalah agar video kamu tidak terlalu panjang atau[un terlalu pendek.

Itulah beberapa hal yang bisa membantu kamu untuk mengoptimasi video YouTube yang kamu buat. kualitas dan ukuran video Youtube memang memiliki peranan penting. Namun mengoptimasi dan menyesuaikan dengan algoritma juga cukup penting untuk kamu perhatikan. Tetap semangat dan jangan takut untuk mencoba!

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, marketing influencer, youtube influencer, berita influencer, dan lainnya hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password