Ukuran Video Tiktok Ideal dan Cara Agar Video Banyak Penonton

Ukuran Video Tiktok Ideal dan Cara Agar Video Banyak Penonton

Saat ini TIkTok menjelma menjadi salah satu media sosial populer yang memiliki banyak pengguna. Konten utamanya yang berupa video pendek berhasil menggaet banyak orang untuk menggunakannya. Ukuran video TikTok dianggap pas dengan kebiasaan pengguna smartphone menjadi salah satu alasan mengapa TikTok memiliki banyak pengguna. Lalu seperti apa sebenarnya ukuran video yang pas di TikTok ini?

Ukuran Video TikTok

Sama seperti media sosial lain yang konten utamanya membagikan video, TIkTok juga memiliki standar tersendiri tentang videonya. Salah satu contoh standar tersebut adalah masalah durasi. 

Saat ini kamu bisa mengupload video berdurasi 60 detik ke TikTok. Dengan catatan, video tersebut dibagi menjadi 4 segmen, dengan tiap segmen berdurasi 15 detik.

Namun aturan durasi tersebut hanya berlaku ketika kamu merekam video langsung dengan menggunakan aplikasi TikTok. Jika kamu mengupload video yang kamu rekam di tempat lain, lalu mengupload ke TikTok maka durasinya bisa lebih dari 60 detik. Selain masalah durasi, ada beberapa hal lain yang juga menjadi standar video untuk TikTok, seperti :

  • Ukuran file video maksimal. Untuk Android ukuran maksimalnya 72 MB sementara untuk iOS, maksima berukuran 287,6 MB. Jika video yang kamu buat berukuran lebih dari itu,maka sebaiknya kamu compress terlebih dahulu.
  • Video di TikTok bisa kamu buat dengan orientasi vertikal ataupun horizontal. Namun format yang terbaik adalah vertikal video.
  • Berbicara masalah ukuran video TikTok, maka dimensi video terbaik adalah 1080 x 1920
  • Aspek rasio terbaik ketika kamu membuat video untuk TikTok adalah 9:6. Ratio ini mengikuti ukuran layar dari smartphone.
  • Jenis file yang didukung oleh TikTok adalah .mp4, .mov, .avi dan juga .gif

Masalah standar dan ukuran video TikTok ini tentunya perlu benar-benar kamu perhatikan. Jangan sampai video yang sudah kamu buat menjadi tidak maksimal karena layar terpotong, durasi kepanjangan, video pecah, atau hal yang lainnya.

Cara Mengupload Konten TikTok dengan Video Full HD

Popularitas TikTok yang makin terkenal ini tidak lepas dari banyaknya fitur yang dihadirkan oleh aplikasi ini. Salah satu dari sekian banyak fitur tersebut, satu yang terbaru adalah video full HD yang kini bisa kamu upload ke TikTok.

Ukuran video TikTok dengan resolusi 1080 ini membuat semua creator bisa membuat video dengan kualitas yang lebih baik. Ha ini juga akan berpengaruh terhadap jumlah penonton. Semakin bagus kualitasnya tentu akan semakin enak ketika ditonton.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara mengupload video full HD tersebut? Setidaknya ada 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan hal ini.

1. Jangan Gunakan Data Saver

Ini hal penting yang perlu kamu perhatikan. Ketika kamu akan mengupload video, dengan ukuran video TikTok beresolusi full HD, maka pastikan data saver di smartphone kamu dalam kondisi mati.

Penggunaan data saver memang akan membuat kuota internet kamu awet. Namun ketika mengupload video dengan data saver menyala, maka biasanya kualitas video tidak maksimal. 

Hal ini karena ketika upload, maka perangkat akan memilih kualitas yang membuat kuota internet kamu tetap hemat. Karena seperti kita tahu, kualitas full HD tentunya akan memakan lebih banyak kuota.

Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini adalah masuk pengaturan smartphone kamu. Selanjutnya cari fitur data saver, lalu matikan fitur tersebut.

2. Memastikan Resolusi Kamera Sesuai

Cara ini akan berlaku ketika kamu akan merekam video langsung melalui aplikasi TikTok. Ketika akan melakukan hal tersebut, maka pastikan settingan resolusi kamera dari perangkat yang digunakan sudah support untuk full HD.

Pengaturannya sendiri bisa kamu lakukan di settingan aplikasi ataupun settingan perangkat yang kamu gunakan. Akan lebih baik jika kamu mensetting perangkat tersebut di atas full HD atau diatas resolusi 1080. Setidaknya, hal ini akan memastikan jika gambar tidak pecah dan kualitasnya terjaga.

3. Peralatan yang Memadai

Cara ini berlaku jika kamu akan merekam video di tempat lain lalu diupload ke TikTok. Ketika kamu akan melakukan hal ini maka pastika jika kualitas video yang kamu buat sudah full HD. Pastikan juga jika ketika kamu mengupload ke TikTok, maka perangkat kamu tidak dalam mode data saver.

Bagaimana Membuat Video TikTok Banyak Views?

Salah satu tujuan ukuran video TikTok menjadi full HD adalah agar semakin banyak orang yang menonton. Dengan kualitas gambar yang jauh lebih baik, maka hal ini juga akan membuat nyaman.para penonton. 

Bagi para kreator, hal ini juga bisa menjadi salah satu cara agar video yang mereka buat bisa mendapatkan banyak views.

Meski demikian, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan agar video yang kamu buat mendapatkan banyak views, hal tersebut antara lain:

1. Upload di Jam Prime Time

Masalah waktu upload itu mungkin sudah sering kamu lihat. Masalah waktu ini akan berkaitan dengan banyaknya pengguna yang sedang menggunakan aplikasi saat itu. Harapannya adalah ketika kamu mengupload di jam tersebut, maka video kamu akan langsung mendapat respon.

Secara umum, jam prime time di TikTok ini tersebar dalam tiga waktu. Yang pertama adalah siang hari, sekitar jam 12 sampai 1 siang. Lalu waktu sore, sekitar jam 4 sampai 5 sore. Selanjutnya malam hari sekitar jam 7 sampai 11 malam. Data pasti tentang jam prime time ini perlu kamu riset lebih lanjut untuk mendapatkan waktu yang pasti.

2. Menggunakan Caption Menarik

Selain masalah ukuran video TikTok, hal lain yang juga bisa menarik viewers adalah masalah caption. Penggunaan caption ini selayaknya judul dalam sebuah artikel. Dalam penggunaanya, kamu bisa membuat caption yang menarik, memberi informasi, membuat penasaran,atau yang lainnya.

Penggunaan caption ini selain bisa meningkatkan jumlah viewers, bisa juga untuk meningkatkan jumlah interaksi. Secara tidak langsung, ini juga bisa kamu gunakan untuk meningkatkan engagement.

3. Konten yang Menarik

Selain caption, konten yang kamu buat juga tentunya haruslah menarik. Bisa dibilang ini merupakan hal terpenting jika ingin membuat video yang memiliki banyak penonton. gabungan antara ukuran video TikTok yang pas, kualitas video yang mumpuni, dan juga konten yang menarik tentu bisa mendatangkan banyak penonton.

4. Jangan Lupa Gunakan Hashtag

Penggunaan hashtag adalah supaya konten yang kamu buat menjadi mudah ditemukan. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk masalah hashtag ini. Yang pertama adalah gunakan hashtag yang populer saat itu. Cara ini akan membuat video kamu muncul ketika orang melakukan pencarian dengan hashtag tersebut.

Atau, kamu bisa menggunakan hashtag yang sesuai dengan konten yang kamu buat. Jika kamu menggunakan cara yang kedua, maka pastikan hashtag yang kamu gunakan adalah hashtag dengan jumlah search paling banyak.

4. Perhatikan Masalah Durasi

Selain masalah ukuran video TikTok, masalah durasi ini juga akan langsung berkaitan dengan kualitas. Masalah durasi ini memang sedikit membingungkan. Jika terlalu pendek kadang banyak orang yang bingung dengan video yang dibuat. Jika terlalu panjang, orang akan cepat bosan.

Masalah durasi ini sebenarnya akan berkaitan dengan masalah konsep video. Kamu bisa membuat video durasi pendek, namun dengan konsep yang jelas maka informasi bisa tersampaikan dengan baik. Atau jika kamu ingin membuat video durasi sedikit panjang, maka pastikan tiap detiknya menarik agar orang tidak bosan.

5. Buatlah Interaksi

Meningkatkan interaksi juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan jumlah penonton video kamu. Interaksi yang meningkat juga bisa menunjukan jika vide kamu tersebut terus bertumbuh. Semakin meningkatnya interaksi juga semakin menunjukkan jika video yang kamu buat semakin dikenal.

Jadi, Seberapa Penting Memperhatikan Ukuran Video TikTok

Memang ada banyak hal yang mempengaruhi apakan satu video bisa memiliki banyak penonton atau tidak. Dan masalah ukuran video TikTok ini merupakan salah satunya. Ukuran video yang pas, akan berpengaruh ke kenyamanan penonton. 

Terutama seperti sekarang ketika TikTok sudah mendukung video dengan format full HD. Hal ini tentunya akan membuat kualitas video semakin bagus dan menarik. Jadi, sudah siap membuat video TikTok yang menarik sekarang juga?

Dapatkan berbagai informasi terkait influencer, marketing influencer, tiktok influencer, berita influencer, dan lain-lain hanya di influencer101.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password