Ini Ukuran Postingan di Facebook yang Perlu Kamu Perhatikan

Sebagai salah satu platform media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak, maka tidak heran jika Facebook terus melakukan pembenahan. Salah satunya dalam masalah postingan. Sekarang ini, ada banyak jenis postingan di Facebook. Lalu, berapakah ukuran postingan di Facebook yang pas?

Beberapa jenis postingan yang saat ini bisa kamu unggah di Facebook, antara lain Feed, Story, sampai Ads. Masing-masing postingan ini tentunya memiliki cara penggunaan tersendiri dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing dengan aturan tersendiri.

Berapa Ukuran Postingan di Facebook?

Bagi kamu yang ingin mendapatkan keuntungan maksimal ketika melakukan promosi di Facebook, maka kamu perlu mengikuti ukuran postingan di Facebook yang sesuai standar. Berikut penjelasan singkat mengenai ukuran untuk setiap jenis konten di Facebook:

1. Ukuran Gambar untuk Facebook Feed Ads

Ukuran Gambar untuk Facebook Feed Ads

RevoU

Jika berbicara konten iklan di Facebook, bisa dibilang ini merupakan salah satu spot premium yang diinginkan banyak orang. Ketika memposting di Feed, maka konten promosi yang kamu buat akan bertahan sangat lama, bahkan bisa selamanya,

Itu artinya, konten ini memungkinkan untuk dilihat oleh banyak orang. Selama gambar tersebut masih relevan, maka kamu bisa melihat gambar  tersebut. Adapun ukuran postingan di Facebook untuk jenis konten ini beserta aturannya adalah sebagai berikut:

  • Disarankan memiliki resolusi 1080 pixel.
  • Ukuran lebar dan tinggi minimum adalah 600 pixel.
  • Rasio aspek dari tiap gambar yang disarankan adalah 9:16 sampai 16:9.
  • Format gambar yang disarankan adalah JPG atau PNG.
  • Sebaiknya tidak memuat gambar dengan komposisi teks melebihi 20 persen.
  • Memberikan deskripsi untuk gambar, dengan jumlah karakter tidak lebih dari 125.
  • Memberikan judul dengan panjang yang tidak melebihi 25 karakter.
  • Jika ingin menggunakan deskripsi tautan, maka panjangnya tidak melebihi 30 karakter.
Baca Juga:   Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok untuk Pemula! Gampang Banget!

2. Ukuran Video untuk Facebook For Ads

Ukuran Video untuk Facebook For Ads

Creatopy

Selain menggunakan gambar, postingan untuk Facebook for Ads juga memungkinkan kamu untuk mengupload video. Keuntungan yang akan kamu dapatkan kurang lebih sama dengan media gambar.

Hanya saja, penggunaan video memungkinkan kamu untuk memberikan penjelasan dengan lebih detail. Namun penggunaan video juga tidak lepas dari aturan mengenai ukuran. Adapun ukuran jenis postingan ini di Facebook, antara lain:

  • Video memiliki resolusi tinggi mungkin dan kualitas yang jernih.
  • Resolusi yang disarankan adalah 1080 pixel.
  • Video horizontal sebaiknya menggunakan rasio 16:9, persegi 1:1, video vertikal 4:5 atau 2:3, dan video full portrait dengan rasio 9:16. 
  • Durasi maksimal untuk satu video yang  bisa kamu upload adalah 240 menit.
  • Format video yang direkomendasikan adalah MP4 dan MOV.
  • Ukuran file video maksimum yang bisa kamu upload adalah 4 GB.
  • Jika ingin menggunakan teks deskripsi, maka panjang yang disarankan tidak lebih dari 125 karakter.
  • Apabila kamu ingin menambahkan link tautan, maka panjang maksimal yang disarankan adalah 30 karakter.
  • Penggunaan judul tidak lebih dari 40 karakter.

3. Ukuran Gambar untuk Facebook Carousel Ads

Ukuran Gambar untuk Facebook Carousel Ads

Glints

Salah satu metode terbaru di Facebook untuk menampilkan iklan adalah dengan menggunakan metode carousel. Keunggulan dari format postingan ini adalah kamu bisa memberikan banyak foto atau video dalam satu penempatan iklan.

Nantinya, pengguna hanya perlu untuk menggeser tiap konten yang ada agar dapat melihat iklan ataupun gambar yang lainnya. Cara ini cukup efektif karena memiliki beberapa keunggulan.

Mulai dari bisa menampilkan banyak produk sekaligus dalam satu konten, menampilkan banyak fitur layanan dalam satu konten, dan memberikan penjelasan dengan lebih rinci dalam satu konten.

Baca Juga:   Mengenal Apa Itu Social Media Specialist, Tugas, dan Gajinya

Agar bisa mendapatkan manfaat tersebut, pengguna juga bisa memilih beberapa jenis iklan carousel yang ada. Misalnya, Facebook Feed dengan format gambar dan video, Facebook Right Column, Facebook Instant Articles, Facebook Marketplace, Facebook Stories, dan Messenger Inbox.

Selain masalah jenisnya, ukuran postingan ini di Facebook juga perlu kamu perhatikan. Berikut beberapa ketentuan yang perlu kamu perhatikan sebelum mengunggah jenis postingan ini:

  • Ukuran gambar yang disarankan adalah 1080×1080 pixel.
  • Lebar dan tinggi minimum 600 pixel. Khusus untuk messenger maka ukuran minimumnya adalah 254×133 pixel.
  • Minimal menggunakan 2 gambar dan maksimal 10 gambar.
  • Rasio yang direkomendasikan adalah 1:1.
  • Ukuran maksimal tiap gambar adalah 30 MB.
  • Format gambar yang direkomendasikan adalah JPG atau PNG.

4. Ukuran Video untuk Facebook Carousel Ads

Ukuran Video untuk Facebook Carousel Ads

Sumut – VOI

Selain menggunakan gambar, maka metode carousel ini juga memungkinkan untuk menggunakan format video. Baik gambar maupun video memiliki  keuntungan dan jenis yang sama. Berikut ini ukuran postingan video Facebook Carousel Ads di Facebook yang harus kamu perhatikan beserta ketentuannya, yaitu:

  • Resolusi yang disarankan adalah 1080 pixel.
  • Memiliki rasio 1:1.
  • Ukuran maksimal untuk satu video adalah 4 GB dengan durasi maksimal untuk tiap video adalah 240 menit.
  • Sebaiknya menggunakan format  video .MP4 dan .MOV.
  • Frame maksimal untuk tiap video adalah 30fps.
  • Penggunaan teks dalam deskripsi video setidaknya tidak melebihi 125 karakter.
  • Judul postingan tidak melebihi 40 karakter.

5. Facebook Story

Facebook Story

ULTIMAGZ ONLINE

Jenis postingan lainnya yang juga bisa kamu unggah pada platform media sosial ini adalah Facebook story. Jenis postingan ini tidak berbeda jauh dengan penggunaan IG Story. Salah satu keunggulan dari jenis postingan ini adalah jangkauan yang sangat luas, karena berada di bagian atas beranda Facebook.

Baca Juga:   Ide Konten Fashion Menarik untuk Online Shop di Instagram

Sehingga, lebih mudah untuk pengguna lainnya melihat postingan yang kamu unggah di Facebook story. Adapun ukuran postingan FB Story di Facebook yang perlu kamu perhatikan, antara lain:

  • Format gambar atau video adalah vertikal full screen dengan rasio 9:16 dengan ukuran yang disarankan adalah 1080×1920 pixel. Khusus untuk video, jika resolusinya tidak mencapai 9:16 maka bilah gradien akan ditampilkan.
  • Resolusi minimum 600 x 1067.
  • Khusus postingan gambar, maka format yang disarankan adalah JPG atau PNG.
  • Ukuran maksimal gambar yang bisa kamu post adalah 30 MB. 
  • Durasi video maksimal yang dapat kamu unggah adalah 60 detik, minimal 3 detik, yang disarankan adalah 15 detik.
  • Rasio aspek yang digunakan untuk postingan jenis video adalah 1,9:1 dalam bentuk lanskap.

Sudah Paham Ketentuan Ukuran Postingan di Facebook?

Setelah mengetahui tentang berbagi postingan yang bisa kamu unggah pada platform Facebook, maka jenis postingan manakah kira-kira yang paling efektif untuk bisnis kamu? Kamu bisa menyesuaikan dengan tujuan promosi dan target market bisnis milikmu.

Asalkan, kamu mengunggah postingan sesuai dengan ketentuan ukuran postingan di Facebook. Agar, postingan kamu tampak menarik, profesional, berkualitas baik, dan tidak terpotong. Karena, kualitas unggahan pada akun media sosial kamu pastinya akan mempengaruhi penilaian calon customer atau klien bisnis kamu.

Oleh sebab itu, semakin baik kualitas postingan yang kamu unggah, maka customer atau klien akan semakin percaya bahwa kamu adalah pebisnis yang profesional. Sehingga, mereka tidak segan untuk menggunakan produk atau bekerjasama denganmu.


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer dan yang lainnya hanya di influencer101.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password