Rekomendasi Ukuran Gambar Instagram Terbaik di Tahun 2022

ukuran gambar instagram

Ada ukuran gambar Instagram yang disarankan dan harus kamu ikuti.

Tujuannya agar meningkatkan estetika halaman Instagram kamu.

Untuk tahu seperti apa, ikuti penjelasannya lewat ulasan di bawah ini!

Rasio dan Ukuran Gambar Instagram yang Ideal

Rasio aspek dan ukuran adalah dua pertimbangan utama saat memposting gambar dan video ke Instagram. Berikut ukuran idealnya:

1. Rasio Aspek di Instagram (Dimensi)

Rasio aspek (aspect ratio) merupakan lebar gambar dalam kaitannya dengan tinggi gambar tersebut. Ini ditulis sebagai rasio dengan lebar diwakili oleh digit pertama dan tinggi oleh digit yang kedua, seperti 4:3 atau 6:8.

Sangat penting untuk memeriksa apakah gambar dan video kamu mematuhi aturan Instagram. Jika tidak, gambar akan terpotong, agar sesuai dengan ketentuan rasio, yang dapat menyebabkan sebagian gambar kamu hilang.

2. Ukuran Gambar Instagram (Resolusi)

Ukuran gambar atau resolusi merupakan jumlah piksel yang membentuk lebar dan tinggi gambar atau video kamu. Mirip dengan rasio aspek, ukuran tertulis dengan dua angka, yang pertama menunjukkan lebar dan yang kedua tinggi. 

Contohnya, gambar berukuran 720 piksel x 720 piksel dan 50 piksel x 50 piksel yang memiliki ukuran lebih kecil.

Ragam Ukuran Gambar Instagram Feed

Instagram Feed (Instagram Home) merupakan jenis konten yang paling sering dilihat dan dibagikan oleh pengguna saat ini.

Saat pertama kali membuka Instagram, konten jenis ini biasanya muncul di halaman awal (Home), halaman explore untuk pencarian, dan halaman profil setiap pengguna.

Berikut ukuran feed Instagram yang direkomendasikan.

1. Persegi atau Square Post

square post

Geckoandfly

Ukuran gambar postingan Instagram pertama berbentuk persegi atau yang dikenal dengan “Square Post”, yaitu ukuran dengan rasio 1:1. Artinya, panjang dan lebar konten yang dirancang memiliki ukuran yang sama. Ukuran ini tidak memakan banyak ruang di feed Instagram.

2. Vertikal Post

vertical post

influencermarketinghub

Ukuran gambar postingan Instagram kedua adalah vertikal post. Untuk feed Instagram vertikal, rasio aspeknya adalah 9:16. Selain itu, Instagram akan secara otomatis memotong bagian tambahan jika lebih besar dari itu, seperti 4:7 atau 4:8.

Sebelum memilih ukuran ini, pastikan ukuran gambar konten sudah pas dan akurat. Sebab, sebelum kamu mengklik foto tersebut, Instagram tetap hanya akan menampilkannya dalam format square (1:1). Ukuran gambar Instagram vertikal ini paling cocok dengan resolusi 1080×1350 px.

3. Portrait Post

portrait post

fstoppers

Ukuran postingan portrait Instagram (Portrait Post) yang sekilas menyerupai postingan persegi, menjadi ukuran gambar Instagram berikutnya yang perlu dipertimbangkan. Bagian atas Portrait Post sedikit lebih panjang dan memiliki rasio ukuran 4:5.

Meski tidak menempati seluruh area tampilan media sosial Instagram, postingan portrait dapat memberikan kesan yang luas kepada audiens.

4. Horizontal Post

horizontal post

mikemurphyco

Horizontal post merupakan ukuran gambar postingan Instagram dengan bentuk persegi panjang yang memanjang ke samping. Umumnya, ukuran ini identik dengan foto selfie atau gambar pemandangan.

Pada kualitas konten yang baik dan jelas di ukuran ini, kamu dapat menggunakan rasio aspek 16:9 dan resolusi 1080×608 piksel.

Ukuran Gambar Instagram Stories

Ukuran Gambar Instagram Stories

nymag

Selain konten feed Instagram. kamu  dapat mengunggah konten Instagram Stories. Kamu dapat menyertakan gif, stiker, teks, atau tautan di Instagram Stories yang dapat diketuk followers untuk mengakses halaman web tertentu. Dalam 24 jam, konten ini akan dihapus secara otomatis, tetapi kamu masih dapat melihatnya di arsip cerita.

Kamu bisa membuat konten Instagram Stories dengan aspek rasio 9:16 dan resolusi 1080×1920 px. Kamu juga dapat membuat cerita kamu di fitur highlight, sehingga orang dapat membacanya lagi, ketika mereka mengunjungi profil kamu.

Ukuran Postingan Instagram Live

Ukuran Gambar Instagram Stories

infodigimarket

Instagram live adalah fitur lain yang membutuhkan feed yang cukup besar. Meskipun fitur ini tidak terlalu baru, belakangan ini IG Live semakin banyak daya tariknya. Ukuran minimum tertentu juga digunakan oleh live atau siaran langsung Instagram untuk menciptakan hasil yang sesuai dan estetis.

Saat menggunakan Instagram untuk melakukan siaran langsung, atur kualitas dan ukuran gambar Instagram kamu ke 1080×1920 px dengan rasio aspek 9:16. Oleh karena itu, mereka yang menonton di laptop atau smartphone dapat melihat lebih jelas.

Ukuran Instagram TV

ukuran ig tv

socialmediatoday

Selain memposting gambar dan video ke feed Instagram, kamu dapat memanfaatkan fitur Instagram lainnya, yaitu IGTV atau Instagram TV.

Kamu dapat menggunakan fitur ini untuk mengunggah atau menonton video lebih lama dari standar video Instagram berdurasi satu menit. Seperti halnya video, postingan Instagram TV dapat dibuat dalam format potret atau lanskap, tetapi ukurannya berbeda dengan video.

Model lanskap biasanya dipilih untuk konten IGTV. Sebab, model ini lebih nyaman untuk dilihat dan gambar yang dimuat akan terlihat lebih sempurna. Sebab, jika resolusi model potret lebih rendah dari perangkat tampilan, terkadang masih terpotong.

Fitur ini sering digunakan dalam video pemasaran untuk meningkatkan penayangan dan faktor lainnya. Berikut ini resolusi dan dimensi ideal untuk ukuran gambar Instagram TV:

  • Square: Rasio 1:1 dengan resolusi 1080×1080 px.
  • Vertical: Rasio 9:16 dengan resolusi 1080×1920 px.
  • Landscape (horizontal): Rasio 16:9 dengan resolusi 1920×1080 px.
  • Portrait Post: Rasio 4:5 dengan resolusi 1080×1350 px.

Saat membuat video IGTV, ada sejumlah persyaratan tambahan yang harus kamu penuhi selain resolusi. Poin-poinnya adalah sebagai berikut:

  • Ukuran gambar cover IGTV: Rasio 1:1.55 dengan resolusi 420×654 piksel.
  • Frame rate Instagram TV: Minimal 30 fps dengan resolusi minimal 720 piksel.
  • Durasi Instagram TV: Maksimal 60 menit, jika kamu unggah dari Instagram web dan 15 menit jika dari aplikasi Instagram.
  • Ukuran file Instagram TV: Kurang dari 650MB.

Ukuran Gambar Instagram Reels

ukuran gambar instagram reels

nerdschalk

Instagram Reels merupakan fitur yang memungkinkan pengguna dapat membuat video singkat di profil kamu. Kamu dapat menambahkan filter dan musik di dalamnya. Instagram Reels dapat kamu lihat di tab Reels atau di feed Instagram kamu. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan covernya, agar feed terlihat rapi dan menarik.

Reels dirancang untuk memungkinkan pengguna melihat video singkat di perangkat seluler dalam mode layar penuh. Kamu dapat merekam video di smartphone kamu dengan ukuran yang ideal dan jelas.

Untuk membuat Reels dengan kualitas bagus dan tanpa crop, kamu dapat menggunakan aspek rasio 9:16 dan resolusi 1080×1920 px.

Baca juga: Ukuran Foto Profil Instagram Ideal yang Perlu Kamu Perhatikan

Sudah Tahu Tentang Ukuran Gambar Instagram yang Ideal?

Demikian penjelasan mengenai ukuran gambar Instagram yang paling ideal di tahun 2022 sebagai rekomendasi untuk kamu.

Dari beberapa poin di atas, setidaknya terdapat 4 ukuran konten, yakni persegi, vertikal, horizontal, dan potrait.

Kamu tentu dapat menggunakannya sesuai dengan ukuran yang sudah direkomendasikan.

Selamat mencoba!

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password