Ukuran Foto Profil TikTok Tidak Pas? Inilah Cara Supaya Ideal!

ukuran foto profil tiktok

Ukuran foto profil TikTok yang ideal tentu didambakan para content creator. Pasalnya, foto yang unik dan terlihat jelas mampu menarik perhatian. Kamu pasti menginginkannya dan meraih popularitas di salah satu platform social media yang terkenal ini. Namun, bagaimanakah caranya?

Seperti platform social media lainnya, TikTok mempunyai ketentuan ukuran untuk dapat mengunggah foto dan video yang terlihat jelas. Kamu tidak perlu cemas. Ikuti terus artikel ini untuk menemukan jawabannya!


Ukuran Foto Profil TikTok yang Ideal dan Menarik 

Apakah kamu pernah tertarik akan foto bagus yang kamu ambil, tapi setelah itu kamu terkejut? Gambar itu terlihat bagus sebelumnya, tapi mengapa buram saat diunggah? Hal ini terjadi karena foto tidak dipersiapkan terlebih dahulu sebelum diunggah. 

Apapun yang kamu lakukan tidak membuahkan hasil. Tentu lama kelamaan kamu pasti akan menjadi jengkel. TikTok tidak serumit matematika. Kamu bisa mempelajarinya setelah kamu mengetahui rahasia dan ketentuan mengunggah foto profil TikTok ideal. 

Kamu hanya perlu memperhatikan rasio, piksel, dan sentimeter dari foto kamu terlebih dahulu. Inilah ukuran yang ideal untuk foto profil TikTok.

1. Rasio untuk Ukuran Foto Profil TikTok 

Kamu mungkin merasa asing dengan istilah dalam bidang foto ini. Rasio digunakan untuk menjelaskan perbandingan antara panjang dan lebar dari sebuah foto. Angka yang di depan akan mendeskripsikan lebar, sedangkan angka di belakang akan menjelaskan tinggi foto.

Mari kita ambil contoh sebuah foto dengan rasio 3:2. Rasio ini cukup umum dalam pengambilan kamera digital. Ini menunjukkan bahwa foto terkait memiliki bentuk persegi panjang. Kenapa? Ini karena lebar dalam rasio lebih besar satu daripada tingginya.

Baca Juga:   Apa itu Instagram Influencer dan Manfaatnya untuk Bisnis?

Lalu, bagaimana dengan rasio foto profil TikTok? Rasionya adalah 200:200 TikTok menginginkan sebuah foto yang memiliki lebar dan tinggi yang seimbang. Jadi, foto kamu yang lebih dari rasio itu akan dipaksa untuk masuk ke ukuran yang sudah ditentukan. 

Usahakan kamu mengubah rasio dengan ketentuan daripada membiarkan TikTok untuk menyesuaikannya untukmu. 

2. Piksel untuk Ukuran Foto Profil TikTok 

Apa kamu pernah mendengar istilah piksel? Istilah ini mungkin tidak membingungkan bagi kamu yang sering meng edit foto. Namun, piksel berbeda dengan ukuran maupun rasio. Piksel sendiri adalah unsur terkecil dari sebuah gambar yang berbentuk titik-titik kecil. Kumpulan titik ini memiliki warna tertentu dan mendefinisikan resolusi. 

Semakin banyak kumpulan piksel, semakin jelas resolusi gambar. Dengan kata lain, gambar akan terlihat lebih jelas dan tinggi dalam kualitas. Namun, ukuran gambar akan menjadi besar jika memiliki piksel yang besar. Hal ini terkadang yang menghalangi kamu untuk mengecilkan gambar, tapi tetap ingin dengan kualitas yang sama. 

Lalu, berapa ukuran piksel untuk foto profil TikTok? Umumnya TikTok membutuhkan foto dengan minimal 20 x 20 piksel. Usahakan untuk menyesuaikan foto yang akan diunggah dengan ukuran ini. Tentu kamu tidak mau membiarkan TikTok memaksa foto kamu disesuaikan dan berakhir dengan kualitas gambar yang kurang memuaskan. 

3. Centimeter untuk Ukuran Foto Profil TikTok 

Kamu pasti berpikir kalau foto terlalu kecil untuk diukur dalam sentimeter. Apakah foto bisa diukur dalam sentimeter? Tentu! Semua benda bisa diukur. Satu piksel adalah  0.0264583333 atau 0,3 sentimeter. TikTok membutuhkan 20 x 20 piksel untuk dapat mengunggah foto profil.

Maka, 20 dikalikan 0,3 yang kira-kira hasilnya adalah 6. Jadi, foto profil TikTok membutuhkan gambar dengan ukuran lebar 6 sentimeter dan tinggi yang sama.

Baca Juga:   8 Peranan Desain Grafis yang Menarik untuk Konten Instagram

Ukuran Foto Profil TikTok Benar Tapi Tetap Buram?

Apakah kamu sudah mengikuti persyaratan ukuran dalam mengunggah foto profil TikTok, tapi masih kecewa dengan hasil? Menghasilkan foto dengan kualitas bagus memang cukup menantang dan terkadang membutuhkan keahlian khusus.

Namun, kamu bisa mempelajari tentang foto dan platform TikTok secara perlahan. Masalah diatas mungkin disebabkan karena foto yang dipilih masih harus dipotong untuk sesuai dengan rasio yang ditentukan.

Umumnya, kualitas gambar dengan piksel yang tinggi akan kita pilih. Kenapa? Piksel yang tinggi memberikan gambar yang lebih jernih dan enak dilihat. Rasionya pun cenderung akan lebih besar. Namun, TikTok akan memaksa foto untuk menyesuaikan.

Bagaimana mengatasi hal ini? Kamu hanya perlu mempersiapkan foto dengan rasio yang ditentukan dari awal. Banyak platform gratis yang tersedia dan menawarkan fitur mengganti ukuran rasio foto. 

Kamu hanya perlu mengikuti panduan platform tersebut dan mengganti rasio dengan ukuran yang diinginkan TikTok, yaitu 200:200. Atau, kamu juga bisa mengganti pikselnya menjadi 20 x 20.

Mengapa setelah diganti gambarnya menjadi buram? Kamu tidak perlu cemas. Banyak platform online dan aplikasi yang juga memberikan layanan memperbaiki resolusi tanpa mengganti ukuran, seperti Canva dan Photoshop Express.


Ide Menarik Untuk Foto Profil TikTok Lebih Menarik

Sekarang kamu pasti sudah mengerti bagaimana mengunggah ukuran foto profil TikTok yang ideal. Namun, seluruh pengguna TikTok pasti sudah mengetahui rahasia ini. 

Bagaimana cara untuk menarik perhatian orang banyak hanya dengan foto profil yang menarik? Ada beberapa cara yang kamu bisa ikuti. Namun, ini adalah salah satu ide yang bisa kamu jadikan inspirasi. 

Foto Profil yang Invisible 

Foto profil invisible bukan tidak kelihatan sama sekali, melainkan foto yang mempunyai background tembus pandang. Bagi kamu yang berkecimpung dalam dunia desain grafis akan mengetahui bagaimana caranya. Cara ini cukup mudah. 

Baca Juga:   Ukuran Video Tiktok Ideal dan Cara Agar Video Banyak Penonton

Kamu hanya perlu menetapkan foto yang akan kamu gunakan dan menghapus latar belakang dari gambar tersebut. Bagaimanakah caranya? Apakah dihapus menggunakan dengan menggunakan crop?

Jika kamu ingin menantang diri, kamu bisa menggunakan aplikasi penyedia lasso tool. Apa itu? Fitur ini memberikan kamu kesempatan untuk memotong element dari sebuah foto sesuai dengan yang kamu mau, atau sesuai dengan bentuk dari elemen tersebut. 

Jadi, potongan kamu akan rapi. Namun, ini semua tergantung dari bagaimana kamu memotongnya dengan sabar dan teliti. Jika tidak, bentuk akhir mungkin bisa sedikit kacau.

Kalau kamu hanya ingin yang cepat dan praktis, kamu bisa mencari platform yang menawarkan fitur penghapusan latar belakang foto di mesin pencarian. Umumnya, kamu harus mengunggah foto yang terpilih dan menunggu situs itu bekerja. 

Proses penghapusan biasanya tidak memakan waktu lama. Hasilnya bisa kamu dapatkan langsung kurang dari semenit. Setelah itu, kamu bisa menggunakan foto invisible itu pada profil TikTok kamu.


Sudah Tahu Ukuran Foto Profil TikTok? 

Para pengguna TikTok tentu menginginkan tampilan profil yang sempurna dan menarik. Demi mencapai impian itu, kamu perlu mengetahui ukuran yang tepat. Ukuran rasio, piksel, dan sentimeter foto adalah tiga hal penting. Usahakan untuk tidak melupakan ketiga hal tersebut sebelum mengunggah.

Kamu bisa menggunakan aplikasi edit foto yang tersedia dan bahkan memperindah foto dengan kreativitas kamu. Jika terlalu sulit, kamu bisa mempelajari melalui tutorial orang-orang yang sudah berpengalaman. Banyak artikel dan video tersedia untuk kamu. TikTok pun menyediakan layanan tanya jawab.

Jangan menyerah! Perlahan pasti akun TikTok kamu akan mendapatkan banyak pujian dan pengikut. Selamat mencoba!


Dapatkan berbagai informasi seputar influencer, marketing influencer, hingga social media influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password