Ukuran Foto Profil Instagram Ideal yang Perlu Kamu Perhatikan

ukuran foto profil instagram yang ideal

Tidak hanya sebagai media sosial, kini Instagram juga berperan sebagai salah satu cara untuk membuat branding. Hal ini juga yang membuat semua hal yang berkaitan dengan Instagram sangatlah diperhatikan dengan baik. Salah satunya adalah masalah ukuran foto profil Instagram. Lalu berapa sebenarnya ukuran foto profil Instagram yang ideal?


Ukuran Foto Profil Instagram yang Ideal

ukuran foto profil instagram

Sebagai salah satu alat untuk branding, maka foto profil Instagram merupakan salah satu elemen yang sangat perlu kamu perhatikan. Dengan memperhatikan ukuran foto profil Instagram ini maka kamu bisa memastikan foto yang kamu gunakan tidak pecah dan juga tidak terpotong saat kamu gunakan.

Lalu bagaimana menentukan ukuran foto profil Instagram yang ideal ini? Setidaknya ada tiga cara yang bisa kamu jadikan patokan untuk membuat foto profil Instagram kamu menjadi ideal.

1. Ratio

Jika menggunakan ratio, maka ukuran foto profil Instagram yang ideal adalah 1:1. itu artinya, baik tinggi maupun lebar foto harus memiliki ukuran yang sama. Ukuran berdasarkan ratio ini bisa menjadi patokan untuk foto yang ideal. Namun jika kamu bingung dengan ukuran ratio ini, maka kamu bisa menggunakan yang umum seperti pixel atau centimeter

2. Pixel

Ukuran yang lebih umum untuk melihat sebuah gambar atau foto adalah pixel. Biasanya, pixel ini akan berkaitan juga dengan masalah resolusi. Yang perlu kamu perhatikan, untuk ukuran foto profil Instagram yang ideal, maka ukuran pixel nya tidak terlalu besar. Jika menggunakan ukuran pixel, maka ukuran yang bisa kamu gunakan adalah 360 pixel berbanding 360 pixel.

Baca Juga:   6 Tools YouTube Gratis yang Harus Digunakan Para YouTuber

Ukuran 360 px : 360 px sudah cukup untuk foto profil Instagram. Hal ini karena foto profil tidak perlu di zoom untuk melihat dengan jelas. Sehingga ukuran seperti itu sudah cukup untuk kamu gunakan. Jika belum sesuai kamu bisa mengubah ukuran foto dengan bantuan tools online atau offline.

3. Centimeter

Sementara itu, jika kamu juga masih kesulitan untuk menentukan ukuran dengan menggunakan satuan pixel, maka kamu juga bisa menggunakan format centimeter atau cm. Mungkin ini merupakan format ukuran yang lebih sering kamu gunakan. 

Jika menggunakan format centimeter, maka ukuran foto profil Instagram ideal yang bisa kamu gunakan adalah 9,53 cm x 9,53 cm. Itu artinya baik tinggi maupun lebar foto kamu memiliki ukuran yang sama yaitu 9,53 cm.

Berdasarkan keterangan di atas, maka bisa kamu simpulkan jika sebenarnya untuk mendapatkan format ukuran foto profil Instagram yang ideal maka kamu bisa menggunakan ratio 1 banding 1 atau tinggi dan lebar foto memiliki ukuran yang sama. Jika dalam format ukuran pixel maka ukurannya adalah 360. Dan jika menggunakan format ukuran centimeter, maka ukuran yang bisa kamu gunakan adalah 9,53 cm.


Bagaimana Ukuran Foto Instagram Lainnya?

Selain Ukuran foto profil Instagram yang ideal, mungkin kamu juga akan memikirkan berapa ukuran ideal untuk kebutuhan foto Instagram lainnya seperti untuk kebutuhan feed atau Instagram story. Kedua bentuk postingan Instagram ini memiliki tujuan yang berbeda. sehingga jelas, ukuran standar foto yang kamu butuhkan pun akan berbeda.

Namun, meskipun standar ukurannya berbeda, yang perlu kamu perhatikan adalah baik untuk feed maupun Instagram story maka sebaiknya kamu menggunakan foto dengan format HD atau 1080 pixel. Ini merupakan format dan ukuran standar dari Instagram. 

Baca Juga:   Cara Membuat Instagram Music dengan Mudah untuk Story

Sehingga jika kamu memposting foto untuk feed dengan ukuran kurang dari 1080 pixel, maka foto tersebut akan diperbesar sampai 1080 px. Jika hal ini terjadi maka foto kamu berisiko untuk pecah saat kamu posting. Begitu juga jika kamu menggunakan ukuran lebih dari 1080 px, maka ukuran foto kamu akan diperkecil sampai 1080 px

1. Ukuran Foto untuk Feed

Berbeda dengan ukuran foto profil instagram yang hanya memiliki satu format, untuk kebutuhan feed ada tiga format yang bisa kamu gunakan. Masing-masing format tentunya akan memiliki ukuran standar yang berbeda. Format foto yang bisa kamu gunakan tersebut adalah persegi, landscape, dan juga portrait.

  • Format Persegi

Ini merupakan format standar yang bisa kamu gunakan untuk foto feed di Instagram. Dari segi ratio, ukuran foto nya hampir sama dengan yang akan kamu gunakan untuk foto profil yaitu menggunakan skala 1 banding 1. Namun yang membedakan adalah ukuran untuk feed jauh lebih besar daripada untuk foto profil.

Untuk kebutuhan feed, maka ukuran yang kamu gunakan adalah 1080 px : 1080 px atau 28,5 cm : 28,5 cm. Ini adalah ukuran untuk foto dengan resolusi HD. Dengan resolusi ini maka foto akan terlihat jauh lebih jelas, meskipun saat kamu zoom.

  • Format Portrait

Format lainnya yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan feed adalah portrait. Jika kamu menggunakan format ini, maka ratio foto yang akan kamu gunakan adalah 4 : 5. Jika menggunakan ukuran pixel standar maka ukuran yang kamu butuhkan adalah 1080 px : 1350 px. Dan jika kamu menggunakan format ukuran cm, maka ukuran yang kamu butuhkan adalah 28,5 cm : 35,7 cm.

  • Format Landscape

Selain format portrait dan standar, kamu juga bisa menggunakan format landscape. Untuk kamu yang menggunakan format ini, maka ukuran ratio yang bisa kamu gunakan adalah 1,9 : 1. Jika kamu menggunakan ukuran pixel, maka ukuran yang kamu butuhkan adalah 1080 px : 608 px. Dan jika kamu menggunakan ukuran centimeter, maka yang kamu butuhkan adalah 28,5 cm : 16,1 cm.

Baca Juga:   Cara Menambahkan Link di Instagram Story Menggunakan Sticker Link

2. Ukuran Foto untuk Instagram Story

Selain untuk kebutuhan feed, ataupun ukuran foto profil Instagram hal lain yang juga akan kamu perhatikan adalah ukuran foto untuk kebutuhan Instagram story. Pada dasarnya, ukuran foto untuk Instagram story ini sama dengan feed. Namun yang paling disarankan adalah menggunakan format portrait dengan resolusi full HD.

Artinya, jika kamu membuat foto untuk kebutuhan Instagram story maka ratio yang bisa kamu gunakan adalah 9 : 16. Atau, jika kamu menggunakan ukuran pixel, maka kamu bisa menggunakan ukuran 1080 px : 1920 px. Jika ukuran yang kamu gunakan adalah centimeter, maka kamu bisa menggunakan ukuran 28,5 cm : 50,8 cm


Seberapa Penting Memperhatikan Ukuran Foto?

Ukuran foto profil Instagram, ataupun untuk feed dan Instagram story perlu kamu perhatikan standarnya. Hal ini untuk menghindari foto yang akan kamu posting terpotong atau pecah saat kamu posting. 

Jika kamu malas untuk melakukan pengaturan, maka sebaiknya kamu membuat foto dengan ratio 1 : 1 sejak awal. Ini merupakan ratio standar yang Instagram gunakan.

Jika kamu menggunakan format foto dengan ratio lain, maka biasanya sebelum posting harus melakukan pengaturan dan penyesuaian terlebih dahulu. Bahkan, jika terlalu besar bukan tidak mungkin kamu harus memotong sebagian foto agar bisa kamu posting. Inilah salah satu alasan mengapa memperhatikan ukuran standar foto di Instagram sangatlah penting. Semoga bermanfaat!


Dapatkan berbagai informasi seputar influencer, marketing influencer, hingga social media influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password