Idealnya, Berapa Ukuran Foto Landscape Instagram?

ukuran foto landscape instagram

Berapa ukuran foto landscape Instagram yang ideal?

Mulanya, platform ini hanya bisa untuk mengunggah foto dalam bentuk persegi saja. Namun, sekarang kamu bisa posting ukuran foto landscape Instagram, sehingga tidak ada bagian yang terpotong lagi.

Berapa Ukuran Ideal Foto Landscape untuk Feed?

Sebelum ada fitur landscape, pengguna Instagram yang ingin mengunggah foto horizontal biasanya akan memotongnya terlebih dahulu.

Cara lain yang juga bisa dilakukan, yaitu dengan mengambil screenshot foto tersebut, kemudian mengunggahnya di feed. 

Meskipun cara kedua bisa menampilkan foto secara penuh, namun kualitas gambarnya menjadi kurang jelas.

Agar foto horizontal terlihat jernih dan jelas, maka gunakan ukuran foto landscape Instagram dengan rasio 1,91:1.

Selain itu, foto juga harus memiliki resolusi minimal 1080X608 piksel.

Postingan Apa yang Cocok untuk Foto Landscape?

Setiap ukuran foto untuk feed Instagram tentu memiliki fungsi masing-masing.

Kamu yang memiliki hobi fotografi akan lebih cocok menggunakan ukuran landscape saat mengunggah foto tersebut.

Hal ini memungkinkanmu untuk menampilkan obyek foto yang lengkap.

Namun, jika kamu menggunakan feed Instagram untuk promosi, tentu kurang cocok menggunakan ukuran horizontal.

Kamu bisa memilih foto rasio 1:1 dengan tampilan persegi, sehingga produk terlihat lebih jelas dan fokus.

Bagaimana Cara Post Foto Landscape?

Kamu yang belum pernah mencoba posting ukuran foto landscape di Instagram mungkin bingung cara melakukanya. Silahkan ikuti panduan ini agar bisa mencobanya sendiri:

1. Buka Aplikasi Instagram

Jika kamu sudah memiliki aplikasi Instagram, bisa langsung membukanya. Namun, jika kamu masih pengguna baru, bisa mengunduhnya terlebih dahulu. Selanjutnya, lakukan registrasi menggunakan alamat email untuk membuat akun baru.

2. Pilih Fitur Unggah Foto

Setelah masuk aplikasi Instagram, kamu mendapatkan beberapa pilihan menu pada bagian bawah. Untuk mengunggah foto di feed, kamu bisa menekan menu dengan tanda +. Selanjutnya, Instagram akan mengarahkanmu untuk memilih foto yang ada di galeri smartphone milikmu.

Klik atau tekan foto tersebut dan secara otomatis tampilan foto akan berubah menjadi persegi. Pastikan foto yang akan kamu unggah memiliki resolusi minimal yang disarankan. agar tidak pecah atau kurang jelas.

3. Gunakan Fitur Zoom

Untuk menghasilkan ukuran foto landscape Instagram kamu bisa menggunakan fitur zoom in atau zoom out. Caranya, yaitu dengan menekan layar smartphone pada foto yang akan kamu ungguh. Atur hingga mendapatkan tampilan landscape full image.

4. Pilih Next

Apabila kamu sudah mendapatkan tampilan foto horizontal, maka bisa memilih menu Nextyang berada di pojok kanan atas layar smartphone. Namun, jika ingin fotomu terlihat berbeda, kamu juga bisa menambahkan filter terlebih dahulu. 

Setelah klik Next, Instagram akan mengarahkanmu untuk mengisikan caption pada unggahan tersebut.

5. Share

Langkah terakhir untuk mengunggah ukuran foto landscape Instagram, yaitu tekan opsi “Share”. Sebelum membagikan foto tersebut di feed, kamu juga bisa memasukkan informasi, seperti lokasi foto. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tag people, jika ingin membagikan post tersebut dengan teman-temanmu.

Apa Kelebihan Menggunakan Ukuran Landscape?

Setiap ukuran foto memiliki keunggulannya masing-masing, berikut merupakan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh ukuran landscape:

1. Memberikan Efek Lebih Dramatis

Foto merupakan salah satu media komunikasi yang menggunakan tampilan visual. Jika kamu ingin menghadirkan tampilan yang lebih dramatis, tentu akan lebih mendukung jika menggunakan ukuran foto landscape Instagram untuk feed.

Efek dramatis pada sebuah foto ini biasanya didukung oleh space yang ada di sebelah kanan dan kiri gambar. Misalkan, kamu menangkap gambar pesawat jatuh. Jika menggunakan rasio 1:1, kamu hanya bisa menampilkan bagian pesawat yang jatuh saja. Namun, jika menggunakan landscape, bisa memperlihatkan puing-puing atau debu yang beberbangan.

2. Menampilkan Komposisi yang Bagus

Ukuran foto landscape Instagram mengungkinkan kamu menampilkan objek yang lengkap, karena ukurannya cukup luas. Saat mengambil gambar, kamu tentu tidak asal jepret saja, kan? Supaya bisa mendapatkan tangkapan yang bagus, kamu juga harus memperhatikan komposisi foto tersebut.

Misalnya, kamu mengambil foto pemandangan dari puncak gunung Bromo dengan fokus kawah dan background gunung batok. Dengan mempertimbangkan komposisi ini saat mengambil gambar, maka akan sangat mempengaruhi sudut pandang orang yang melihat foto tersebut.

3. Membuat Lebih Close Up dengan Background

Kelebihan lain menggunakan ukuran foto landscape Instagram, yaitu bisa membuat foto close up dengan background, sehingga terlihat lebih menarik. Meskipun tujuan utama membuat foto close up untuk menonjolkan objek yang berada di depan, namun kehadiran background bisa memberikan kesan lebih berseni dan estetik.

Misalkan, kamu memilih objek foto ladybug yang sedang hinggap di daun atau bunga. Jika kamu hanya mengambil gambar fokus pada ladybug saja dan tanpa background, tentu hasilnya terlihat kurang menarik.

Namun, jika kamu mengikutkan background rerumputan, justru akan membuat foto terlihat lebih nyata dan hidup. Supaya background juga tidak mengganggu fokus foto, kamu bisa membuatnya sedikit blur.

4. Memuat Objek Lebih Banyak

Foto horizontal memang lebih banyak digunakan untuk menangkap pemandangan alam. Karena ukuran landscape bisa memuat banyak objek foto. Kemampuannya dalam memuat objek dapat menghasilkan foto spektakuler.

Saat mengambil foto senja atau matahari terbenam, ukuran foto landscape Instagram ini dapat memperlihatkan objek atau jalur menuju matahari tersebut terbenam. Sedangkan jika mengunggah menggunakan ukuran square 1:1, kamu tidak bisa menampilkan objek lainnya.

5. Menghasilkan Kualitas yang Baik

Kualitas foto juga akan sangat mempengaruhi tampilan yang dihasilkan. Agar foto bisa memberikan kepuasan kepada orang yang memandangnya, pastikan foto tersebut memiliki resolusi yang tinggi. Mengunggah foto landscape di Instagram tidak akan membuat ukurannya menjadi berkurang.

Kondisi ini karena kamu bisa langsung mengunggah ukuran foto asli. Apabila foto landscape tersebut kamu unggah dengan rasio 1:1, tentu akan mengurangi kualitasnya, karena foto yang terpotong memiliki ukuran yang lebih kecil.

6. Foto Lebih Proporsional

Dalam dunia fotografi, penting untuk mengambil foto secara proporsional. Tampilan proporsional ini akan membuat foto terlihat lebih profesional dan estetik. Untuk bisa menghasilkan proporsi yang pas, tentu memerlukan space yang cukup luas.

Sudah Tahu Ukuran Foto Landscape Instagram yang Tepat?

Itulah tadi pembahasan lengkap mengenai ukuran foto landscape untuk unggahan di Instagram.

Untuk mengunggah foto horizontal ini ternyata cukup mudah dan kamu bisa mengikuti seperti panduan yang sudah diberikan di atas.

Pastikan kamu sudah membuatnya sesuai rasio agar tampilan foto terlihat menarik dan jelas.

Dengan ukuran resolusi minimal yang disarankan, kamu juga tidak perlu khawatir obyek foto penting akan terpotong.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, Instagram influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password