Ukuran Feed Instagram: Foto, Video, Story Terbaru 2022

Ukuran Feed Instagram - Foto, Video, dan Story

Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digandrungi para milenial saat ini. Namun pernahkah kamu berpikir tentang ukuran feed Instagram seperti foto, video, story Instagram yang tepat?

Ternyata Instagram memiliki ketentuan ukuran foto dan video tertentu untuk di upload di postingan. Mengenai hal ini tentunya akan sangat berguna untuk membuat foto dan video yang kamu upload tampak bagus. Berapa ukuran foto dan video Instagram terbaru?

Ukuran Foto Instagram Terbaru

Ukuran foto feed Instagram terbagi menjadi 3 jenis yaitu Square, landscape, dan portrait. Apa perbedaannya? Berikut penjelasannya!

ukuran feed instagram terbaru

1. Landscape

Ukuran landscape atau biasanya disebut dengan ukuran horizontal merupakan ukuran yang memiliki rasio 1,91:1 atau 16:9 dan memiliki resolusi 1080×566 piksel. Ukuran feed Instagram landscape biasanya cocok untuk kamu para pebisnis yang ingin memposting produk mu. Hal ini dikarenakan ukuran landscape memungkinkan agar foto kamu tidak terpotong saat di posting.

2. Square

Ukuran untuk feed Instagram selanjutnya yaitu square atau persegi. Square memiliki rasio 1:1 dengan resolusi 1080×1080 untuk standar ukuran Instagram. Nah ukuran square ini cocok digunakan untuk kamu yang ingin upload foto selfie di Instagram karena hasilnya tidak akan pecah ketika diupload.

3. Portrait

Portrait atau memiliki arti gambar kotak panjang merupakan ukuran feed Instagram yang memiliki rasio 4:5 dan dengan resolusi 1080×1350 pixel atau 480×600 pixel. Nah ukuran ini sangat cocok untuk kamu para selebgram yang biasanya memposting foto OOTD karena biasanya hasilnya akan lebih jernih.

Ukuran Video Instagram

Sama seperti post foto, agar hasil post video di Instagram bagus dan menarik. Maka alangkah baiknya kamu menggunakan ukuran feed Instagram yang tepat saat memposting video tersebut. Ukurannya pun terbagi menjadi tiga jenis yaitu landscape, portrait, dan square. 

1. Landscape

Ukuran landscape atau sering disebut dengan ukuran persegi panjang biasanya memiliki rasio 1,91:1 atau 16:9 dengan resolusi 600×315 pixel dan durasi video yaitu 2-60 detik.

Namun ukuran video Instagram ini tidak jarang digunakan. Kelebihannya yaitu ukuran video ini bisa menyesuaikan diri dengan banyak kondisi.

2. Square

Ukuran video feed Instagram selanjutnya yaitu square atau yang biasanya disebut dengan bentuk persegi. Adapun ukuran rasionya yaitu 1:1 dengan resolusi 600 x 600 atau 1080 x 1080 pixel dan durasi video 2-60 detik.

Baca Juga:   Ide Konten Fashion Menarik untuk Online Shop di Instagram

3. Portrait

Untuk ukuran video terakhir yaitu menggunakan ukuran portrait atau persegi panjang tapi memanjang kebawah. Ukuran rasio dari bentuk portrait ini yaitu 4:5 dengan resolusi 600 x 750 pixel dan durasi video sekitar 2-60 detik.

Video dengan ukuran ini cukup banyak dipakai oleh para selebgram. Karena biasanya akan terlihat lebih menarik dan estetis. 

Ukuran Video untuk IGTV

IGTV atau sering disebut dengan Instagram TV merupakan salah satu bentuk video namun dengan durasi yang lebih panjang yaitu bisa  mencapai 10 menit. Jenis ukuran video feed Instagram untuk IGTV ini dibagi menjadi 4 jenis yaitu:

1. Jenis Vertikal

Jenis IGTV yang pertama yaitu IGTV dengan ukuran vertikal. IGTV jenis ini biasanya memiliki resolusi dengan ukuran 720 x 1280 dan dengan rasio 9:16. 

Namun tidak menutup kemungkinan ada juga IGTV jenis ini yang memiliki ukuran 1920 x 1080. Kebanyakan IGTV jenis ini dipakai untuk merekam video biasa seperti aktivitas sehari-hari.

2. Jenis Horizontal

Selanjutnya ada IGTV jenis horizontal yang biasanya memiliki ukuran 16:9 dan dengan resolusi 1920 x 1080 pixel. IGTV jenis ini cocok digunakan untuk merekam pemandangan, atau view yang luas. 

3. Cover IGTV

Cover IGTV biasanya memiliki rasio 1:1,55 dan dengan resolusi 420 x 654. Jenis ini biasanya digunakan hanya sebagai bahan tambahan untuk postingan dan menjadi daya tarik tersendiri agar orang lain mengunjungi profil Instagram mu.

4. Preview IGTV

Selanjutnya ada preview IGTV yang biasanya muncul di beranda utama dan biasanya berdurasi 1 menit. Sama seperti cover IGTV, preview juga bertujuan untuk menarik perhatian penonton.

Untuk ukurannya sendiri sama dengan ukuran video untuk postingan lainnya. Kamu hanya tinggal sesuaikan saja ya.

Cara Mengatur Ukuran Foto Feed Instagram 

Mengubah ukuran feed Instagram agar sesuai dengan ketentuan bisa dikatakan gampang-gampang susah. Kamu hanya memerlukan beberapa  langkah dan tentunya bantuan aplikasi. 

Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengubah ukuran agar sesuai dengan ketentuan postingan Instagram. Beberapa diantara sudah saya rangkum sebagai berikut.

1. Photo Editor Square Quick

Aplikasi pertama yang bisa membantu kamu mengatur ukuran foto untuk feed Instagram yaitu photo editor square quick. Sudah di download oleh hampir 1 juta pengguna membuat aplikasi ini sudah sangat terpercaya untuk menemanimu mengedit foto. 

Tidak hanya dilengkapi dengan alat edit foto. Aplikasi ini juga menawarkan pemberian filter, efek serta emoji untuk fotomu. Tentu saja ini akan sangat cocok untuk kamu para selebgram.

Untuk menikmati aplikasi ini, kamu hanya perlu download di play store karena sudah tersedia disana. Namun untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan mengenai cara pemakaian aplikasi ini untuk edit ukuran foto posting Instagram mu.

Baca Juga:   Cara Mendapatkan Uang Dari Live TikTok dengan Mudah

Cara memakainya:

1. Download aplikasi square quick di Play Store

download photo editor

2. Buka aplikasi square Quick.

buka aplikasi photo editor

3. Kemudian pilih Edit, kemudian akan diarahkan untuk membuka foto di galeri HP mu.

upload foto

4. Pilih gambar yang ingin kamu gunakan, kemudian kamu akan diarahkan untuk mulai mengedit fotomu.

edit foto yang diupload

5. Untuk mengganti ukuran foto mu, kamu bisa pilih icon di bagian kiri bawah pada poin pertama.

6. Jika kamu ingin mengganti efek atau menambahkan emoji, kamu tinggal pilih beberapa icon di sana ya.

7. Jika sudah selesai mengedit foto. Kamu tinggal klik tombol save atau bagikan ke Instagram.

save done

2. InstaSize Photo Editor

Selanjutnya ada aplikasi instasize photo editor. Aplikasi ini juga sangat bagus untuk mengatur ukuran feed foto Instagram mu. 

Apalagi untuk mengatur rasionya, sangatlah mudah dan cepat. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan alat filter foto yang tentunya sangat cantik dan bisa menunjang kegiatan sebagai seorang pengguna Instagram.

Adapun cara mengatur ukuran foto dengan aplikasi ini antara lain:

1. Download aplikasi instasize di Play Store.

download instasize

2. Buka aplikasi tersebut, kemudian akan muncul tampilan seperti berikut.

mulai menyunting untuk mencari ukuran feed instagram

3. Klik icon plus warna biru untuk menambahkan foto, setelah muncul seperti tampilan berikut klik icon foto jika foto yang akan kamu edit berasal dari galeri.

pilih foto kamu

4. Jika sudah, maka akan ada tampilan seperti berikut. Kamu tinggal pilih icon ketiga dari kiri bawah yang berbentuk segiempat.

edit foto

5. Nah setelah muncul tampilan seperti ini. Kamu tinggal menentukan ukuran rasio dari gambar yang akan kamu upload di Instagram.

mengatur ukuran feed instagram

6. Setelah itu simpan atau bagikan ke Instagram dengan mengklik icon yang sesuai.

save foto yang telah diedit

3. InSquare Pic

Insquare merupakan salah satu aplikasi yang juga cocok untuk mengatur ukuran feed foto Instagram mu. Aplikasi ini sudah cukup terkenal bahkan sudah memiliki ulasan positif hampir dari ribuan pengguna.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur memberikan efek dan emoji yang unik. Ini tentunya akan sangat membantu untuk membuat foto kamu agar lebih menarik.

Adapun cara menggunakan aplikasi ini yaitu:

1. Download terlebih dahulu aplikasi InSquare Pic di PlayStore

download insquare pic

2. Klik edit untuk menambahkan foto yang akan kamu perbaiki ukurannya.

masuk ke insquare untuk mengatur ukuran feed instagram

3. Setelah itu akan muncul gambar seperti berikut, lalu klik izinkan.

izin untuk mengakses galeri

4. Pilih pangkas atau perbaiki ukuran untuk mengatur ukuran foto Instagram.

edit foto untuk mendapatkan ukuran feed yang pas di instagram

5. Jika sudah muncul tampilan seperti berikut, kamu tinggal menentukan sendiri ukuran yang ingin kamu buat.

Baca Juga:   5 Cara Menentukan Metrics Social Media Untuk Marketing

edit crop dan pilih ukuran yang sesuai

6. Selanjutnya simpan atau bagikan dengan klik salah satu icon yang ada.

simpan gambar

4. PicsArt

Aplikasi untuk mengatur ukuran foto  feed Instagram selanjutnya yang wajib kamu coba yaitu PicsArt. Mengapa picsArt?

PicsArt termasuk aplikasi yang sangat baik dalam edit video. Memiliki fitur yang cukup banyak dan sangat lengkap pastinya cocok untuk menemani kegiatan edit foto kamu.

Adapun cara menggunakan aplikasi PicsArt untuk mengatur ukuran foto yaitu:

1. Download dan install dulu aplikasi PicsArt Photo Editor di Playstore

download picsart photo di playstore

2. Setelah proses install berhasil, kemudian buka foto atau video yang akan kamu edit.

mulai mengedit

3. Jika kamu ingin mengedit video, maka kamu akan menemukan tampilan seperti berikut. Kamu tinggal edit ukuran video dengan fitur crop atau pangkas.

edit video dan foto

4. Untuk foto, kamu bisa atur ukurannya dengan klik icon bagian kedua dari kiri bawah.

crop foto

5. Ada beberapa fitur yang akan kamu temukan di bagian alat, seperti tampilan tersebut. Selanjutnya kamu tinggal atur sesuai dengan keinginanmu.

memilih berbagai tools

6. Jika foto yang kamu edit sudah tepat. Selanjutnya kamu tinggal save dengan menekan tanda panah di pojok kanan atas. Setelah tampilannya seperti di bawah, kamu tinggal menentukan untuk menyimpannya di galeri atau bagikan ke akun Instagram.

memilih berbagai tools

5. Photo Editor

Aplikasi terakhir yang wajib kamu coba untuk mengatur ukuran feed Instagram yaitu Photo editor. Mengapa photo editor?

Photo editor merupakan aplikasi yang memiliki banyak fitur untuk edit video. Bahkan fitur tersebut sangat lengkap untuk menemani kamu yang hobi foto. 

Ditambah dengan fitur mengatur ukuran foto mulai dari resolusi hingga rasionya membuat aplikasi ini sangat disayangkan jika kamu lewatkan. Adapun cara menggunakan aplikasi ini yaitu:

1. Download dulu aplikasi Photo Editor di perangkat kamu, kemudian buka aplikasi tersebut.

download aplikasi photo editor

2. Jika tampilan sudah seperti ini, kemudian buka foto yang akan kamu atur ukurannya dengan klik galeri.

memilih foto

3. Setelah tampilan seperti ini, geser terus ke kanan sampai kamu menemukan icon potong atau ubah ukuran.

edit foto untuk dapat ukuran feed instagram

4. Klik ubah ukuran untuk mengganti resolusi foto atau klik potong untuk mengganti rasio foto.

ubah resolusi dan rasio

5. Setelah selesai edit, simpan foto kamu dengan klik icon panah di kanan atas. Selanjutnya klik Galeri untuk menyimpan foto kamu di perangkat.

download file

Sudah Tahu Mengenai Ukuran Feed Instagram?

Nah, setelah mengetahui ukuran feed Instagram dan bagaimana cara mengatur ukuran foto untuk feed Instagram mu. Selanjutnya Kamu langsung bisa upload foto atau video kamu di Instagram dengan lebih menarik. Semoga artikel ini membantu ya!

Dapatkan informasi maupun tips seputar influencer, marketing influencer, instagram influencer, dan lain-lain hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password