Ukuran Feed Instagram yang Baik agar Postingan Tidak Pecah

ukuran feed instagram yang baik

Ternyata masih banyak orang yang kebingungan dengan ukuran feed di Instagram, lho. Tapi jangan khawatir, artikel ini akan membantu kamu untuk memahami berbagai ukuran yang sesuai dengan jenis konten Instagram yang akan kamu unggah.

Ketahui Ketentuan Ukuran Unggahan Konten di Instagram!

Siapa sih yang tidak menggunakan sosial media Instagram saat ini? Tentu saja sudah banyak orang menggunakan aplikasi ini untuk aktivitas sosial mereka sehari-hari. Namun, tahukah kamu? Ada beberapa ketentuan untuk mengunggah foto dan video di Instagram. Hal ini untuk menyesuaikan ukuran file unggahan dengan kapasitas tertentu.

Mengingat bahwa Instagram bukan hanya untuk posting konten-konten saja, namun sudah merambah hingga aktivitas bisnis bagi perusahaan. Jadi kamu jangan kaget apabila banyak sekali akun-akun bisnis yang menawarkan produk atau jasanya di timeline kamu.

Mari kulik ketentuan ukuran Instagram feed yang baik dan tepat untuk konten Instagram kamu!

Ukuran Feed Instagram Terbaru 2022

Konten apa saja yang ada di Instagram? Tentu saja jawabannya adalah banyak sekali. Karena saat ini, konten Instagram yang bisa diunggah ialah feed, story, video, reels, dan Instagram TV. 

Dari setiap konten tersebut memiliki ukuran unggahannya tersendiri. Berikut adalah informasi ukuran Instagram Feed yang baik, yaitu:

1. Feed Instagram Foto

Untuk memahami ukuran feed di Instagram kamu perlu memahami istilah-istilah yang digunakan di sosial media tersebut yaitu aspect ratio dan resolusi pada konten. Pada dasarnya, aspect ratio merupakan rasio lebar dan tinggi dari sebuah objek empat sisi yang berhubungan satu sama lain.

Aspect ratio sendiri dapat dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat (seperti 3:2) atau dengan tempat desimal (seperti 1,5:1). Nah, rasio ini bertujuan untuk memberikan gambaran sebuah ukuran yang akan tampil dengan angka-angka standar tertentu, seperti 1:1, 4:5, 3:4, dan seterusnya.

Baca Juga:   Berapa Gaji YouTuber? Berikut Cara Mengetahuinya!

Cara membaca angka rasio pada ukuran foto yaitu, angka yang berada di depan menggambarkan lebar, sedangkan angka setelah titik dua ialah tinggi foto.

Dengan adanya aturan rasio untuk unggahan di Instagram, maka ukuran feed Instagram kamu tidak bisa sembarangan. Jika tidak, maka foto kamu berpotensi akan terpotong atau terkompres otomatis sesuai dengan aspect ratio yang optimal menurut Instagram. Hal ini membuat kualitas foto kontenmu jadi ikut berubah.

Sementara itu, resolusi adalah tingkat kedetailan gambar. Apabila resolusi gambar lebih tinggi, berarti lebih banyak detail gambarnya. Dalam pencitraan media digital, resolusi merupakan jumlah piksel yang menyusun lebar dan tinggi sebuah foto atau video.

Nah, contoh dari sebuah resolusi yang biasa kamu temukan ialah 1080×1080, 1920×1080, 600×600, dan seterusnya. Angka-angka tersebut merupakan contoh resolusi gambar. Semakin besar angkanya, maka kualitas foto semakin jelas. 

Jika kamu sudah paham dengan istilah aspect ratio dan resolusi gambar, berikut ini ukuran feed yang direkomendasikan untuk Instagram.

Untuk ukuran postingan foto di Instagram terbagi menjadi tiga jenis yaitu, Square, Landscape, dan Portrait. Kamu bisa perhatikan ilustrasi ini terlebih dahulu:

Designshifu.com

a. Square Post

Pada square post ini merupakan ukuran konten yang pertama ketika Instagram berhasil rilis secara perdana, yaitu ukuran foto yang berbentuk persegi. Namun sekarang kamu sudah bisa mengunggah foto secara horizontal maupun vertikal.

Nah, kamu harus menggunakan aspect ratio 1:1 dengan resolusi 1080×1080 pixel yang paling optimal untuk feed ukuran square post.

b. Landscape Post

Untuk konten ukuran landscape post atau horizontal, kamu disarankan untuk menggunakan aspect ratio 16:9. Resolusi yang digunakan untuk ukuran jenis foto landscape adalah 1080×608 piksel sebagai rekomendasi.

c. Portrait Post

Portrait post menggunakan ukuran feed Instagram secara vertikal dengan aspect ratio 4:5. Apabila kamu mempunyai ukuran yang berlebih seperti 4:7 atau 4:6, maka akan otomatis dipotong agar menyesuaikan rasio 4:5 Instagram.

Ketika memakai ukuran ini, kamu harus memastikan tampilannya bisa merepresentasikan konten tersebut dengan baik secara profile page maupun secara post. Mengapa? Karena Instagram menampilkan ukuran persegi (1:1) pada profile page sebelum orang meng-klik postingan foto yang kamu unggah. 

Baca Juga:   7 Food Vlogger Terkenal dan Banyak Cuan di Indonesia

Resolusi untuk ukuran ini adalah 1080×1350 piksel sebagai rekomendasi terbaik untuk unggahan kamu. Nah, dengan mengetahui aspect ratio dan resolusi yang baik, kamu bisa membuat unggahan konten foto ukuran feed Instagram untuk 3 kotak atau lebih.

2. Video Instagram

Ukuran untuk video hampir sama seperti feed foto Instagram, yaitu juga mempunyai 3 jenis ukuran yakni square, landscape, dan portrait. Namun ada beberapa fitur yang berbeda seperti, Instagram Reels, Instagram Story, dan Instagram Live.

Ukuran video Instagram yang pas untuk jenis square adalah memiliki resolusi 1080×1080 piksel dan rasio 1:1. Sementara itu, untuk rasio landscape 16:9 resolusi ukuran 1080×608 piksel minimalnya.

Jenis ukuran portrait pada video menggunakan rasio 4:5 dengan resolusi 1080×1350 piksel. Namun, jika mengunggah video dengan resolusi di bawah ini akan berisiko blur atau pecah.

Kamu bisa cek aspect ratio untuk video Instagram di bawah ini:

Influencermarketinghub.com

Adapun, konten video di Instagram sendiri terdiri dari:

a. Instagram Story & Live

Selain upload video untuk di feed Instagram, sekarang kamu bisa mengunggah konten Instagram Story dan Live dalam dua jenis ukuran yaitu portrait dan landscape. Fitur dari konten ini akan menampilkan konten unggahan kamu secara full di layar smartphone pengguna Instagram lain.

Ada dua orientasi yang bisa penonton lihat dari konten video tersebut. Pertama orientasi portrait, di mana penonton akan menonton dalam posisi normal ketika melihat HP. Sedangkan orientasi kedua yaitu landscape memungkinkan followers kamu menonton dalam posisi HP secara vertikal saat main game atau streaming.

Ukuran feed Instagram untuk konten video Story dan Live jenis portrait memiliki rasio 9:16. Resolusi rekomendasi berada di ukuran 1080×1920 piksel. Sedangkan untuk portrait rasio gambar 4:5 disarankan memiliki resolusi 1080×608 piksel.

Instagram Story tidak hanya menampilkan video saja. Kamu bisa memuat foto dengan ukuran yang tak terikat dengan ketentuan aspect ratio dan resolusi seperti di feed Instagram. Tetapi disarankan mengunggah story yang baik dengan rasio 9:16, ya!

Baca Juga:   Instagram Bisnis: Pengertian, Kelebihan, dan Fitur Unggulannya

b. Instagram Reels

Instagram Reels merupakan fitur terbaru yang dibuat oleh Instagram. Kamu bisa membuat video singkat dengan durasi 15 detik hingga 60 detik dengan menambahkan audio, efek, dan tools kreatif pada fitur ini.  

Kamu bisa menggabung beberapa klip video dan foto menjadi satu konten video utuh. Fitur ini hampir menyerupai tampilan konten kompetitor yaitu TikTok.

YouTube juga melakukan hal yang sama dengan membuat YouTube Shorts. Sebagai salah satu sosial media dengan pengguna terbesar, pasti Instagram tidak ingin disaingi oleh TikTok. Maka tidak heran fitur seperti Instagram Reels dibuat oleh mereka. Padahal Instagram sendiri sudah punya Instagram Story. 

Namun yang membedakan Instagram story hanya tampil selama 1×24 jam, sedangkan Instagram Reels akan selalu ada layaknya unggahan video pada feed Instagram kamu.

Sudah Tahu Ukuran Instagram Feed dan Video?

Nah, Itulah ukuran-ukuran yang direkomendasikan untuk feed Instagram sesuai dengan ketentuannya. Selalu ingat dengan ketentuan ukuran-ukuran ini agar unggahan konten Instagram kamu makin keren dan tidak pecah lagi.


Temukan inspirasi lainnya seputar tips social media influencer, Instagram influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password