Twitter Advertising Adalah: Ini Jenis Iklan dan Cara Membuatnya!

twitter advertising adalah

Bagi dunia bisnis online, Twitter Advertising adalah sebuah tools iklan yang mungkin masih sangat awam untuk digunakan. Padahal, mengunggah iklan di Twitter terbilang cukup efektif, terutama untuk menjangkau target audiens dari kalangan usia muda hingga dewasa.

Selain itu, tools periklanan ini juga mempunyai sebuah fitur yang sangat unik dan berbeda dengan tools iklan di media sosial pada umumnya. Karena melalui Twitter Ads, kamu bisa memaksimalkan iklan dengan teknik copywriting. Lantas, apa itu Twitter Ads serta manfaatnya bagi bisnis? Mari simak artikel ini selengkapnya!

Apa itu Twitter Advertising?

Twitter Advertising adalah salah satu tools iklan yang berfungsi sebagai wadah periklanan media sosial dalam bentuk tulisan di media sosial Twitter, sehingga mampu menjangkau audiens yang tidak mengikuti akun pengiklan.

Dalam pengelolaannya, situs resmi Twitter menjelaskan bahwa, Twitter akan menayangkan iklan pada timeline pengguna dengan ikon atau tanda “promoted” yang berarti konten promosi. Kemudian, iklan ini akan tampil pada timeline pengguna sesuai dengan target audiens yang telah ditentukan dalam iklan tersebut.

Jenis-Jenis Iklan Twitter

Pada dasarnya, iklan dalam Twitter terbagi menjadi beberapa kategori inti. Penjelasan kategori tersebut adalah sebagai berikut:

1. Promoted Account

Jenis iklan Twitter yang pertama adalah promoted account. Promoted account dalam Twitter Advertising adalah kategori iklan yang fungsinya menambah pengikut secara organik. Agar dapat mengetahui jenis iklan ini, biasanya akan terdapat tanda atau label promoted di bagian bawah sebelah kiri akun.

Namun, jenis iklan promoted account ini akan menambahkan setiap akun bisnis atau periklanan dengan tombol follow pada saat muncul di halaman depan pengguna lain.

Tidak hanya itu, apabila kamu memanfaatkan iklan promoted accounts, akun tersebut akan masuk dalam rekomendasi akun dalam timeline pengguna lain. Jadi, akun yang kamu kelola dapat tampil sebagai akun yang disarankan Twitter untuk diikuti oleh pengguna sesuai dengan target audiens yang telah kamu tentukan.

2. Promoted Tweets

Jenis iklan Twitter Ads kedua adalah promoted tweets atau tweets promosi. Pada dasarnya, format dalam promoted tweets hampir mirip dengan tweet biasa. 

Perbedaannya, terletak pada jenis akun periklanan yang harus membayar royalti kepada Twitter. Sehingga tweet yang dia buat terselip ikon “promoted” di bagian sudut kiri bawah postingan tersebut. 

Seperti halnya tweet pada umumnya, tweet promosi ini juga bisa mendapatkan likes, retweet, dan komentar. Bahkan, jenis iklan ini juga dapat tampil di timeline pengguna lain yang bukan termasuk dalam akun followers kamu.

Selain itu, jenis iklan ini juga tidak hanya tersedia dalam bentuk tulisan saja. Akan tetapi, tweet promosi dapat kamu kreasikan juga dalam format video dengan panjang durasi sekitar 30 sampai 60 detik. Seperti iklan di media sosial lain, tweet promosi menyediakan fitur target audiens untuk memaksimalkan iklan.

3. Promoted Trend

Twitter Advertising selanjutnya adalah promoted trend. Bagi pengguna Twitter, pasti kamu sudah sering menjumpai fitur trending topic Twitter. Isi fitur tersebut adalah konten-konten atau postingan paling populer atau yang sedang menjadi pembicaraan hangat di dunia. 

Nah, jenis iklan  promoted trend ini berfungsi untuk mempromosikan tweet trending pada akun Twitter agar jangkauannya semakin luas. Selain itu, pengguna juga dapat langsung melakukan interaksi dengan jenis iklan lain ketika membuka fitur trending topic agar bisa menuju ke produk atau marketplace tertentu dari suatu produk.

Sama hal nya dengan jenis iklan Twitter lain, promoted trend juga mempunyai ikon promoted pada bagian kiri postingan. Sebagai tanda bahwa postingan tersebut merupakan konten iklan.

4. Automated Ads

Jenis periklanan Twitter Ads terakhir adalah automated ads. Jenis iklan ini merupakan iklan terbaik yang dapat meningkatkan brand awareness di Twitter. Ketika menggunakan automated ads, kamu bisa mempromosikan akun, brand, serta unggahan konten agar dapat tampil maksimal sesuai dengan target iklan.

Namun, iklan automated ads ini mempunyai biaya langganan yang relatif mahal. Karena metode serta fitur yang tersedia dalam automated ads memang sangat praktis dan lengkap.

Jadi, pengguna hanya perlu mengunggah dan menargetkan target audiens saja. Setelah itu, iklan tersebut akan teroptimasi sendiri sesuai dengan target audiens dan jangkauan iklan yang telah ditentukan.

Cara Membuat Ikan Twitter

Nah, setelah mengetahui apa itu Twitter Advertising dan jenis-jenisnya, berikut adalah cara membuat iklan Twitter. Ikuti langkah berikut ini:

1. Masuk ke Dalam Fitur Twitter Ads Manager

Pertama, kamu harus memiliki akun Twitter terlebih dahulu. Setelah itu, kamu dapat masuk ke halaman fitur Twitter Ads Manager. Kemudian, pada fitur tersebut silahkan atur lokasi negara serta zona waktu regional sesuai lokasi bisnis yang kamu kelola.

2. Sesuaikan Budget

Hal kedua yang perlu kamu perhatikan dalam membuat iklan di Twitter Advertising adalah menyesuaikan budget sesuai dengan layanan iklan yang akan kamu pilih. 

Jika kamu seorang pemula yang baru saja memiliki akun baru, ada baiknya kamu memilih jenis iklan promoted account. Sehingga akun kamu lebih mudah dijangkau oleh audiens.

Namun, jika kamu mempunyai budget lebih dan ingin menjalankan iklan dengan cara yang praktis, silahkan pilih jenis iklan automated ads. Karena ketika memilih jenis iklan ini, seluruh manajemen pengelolaan iklan dapat kamu kontrol dengan mudah dan praktis.

3. Setting Iklan

Langkah kedua dalam pembuatan iklan Twitter Ads adalah dengan melakukan setting pada iklan yang akan kamu tayangkan. Pada bagian ini, kamu perlu mengatur nama bisnis, jenis iklan, serta biaya langganan iklan yang akan kamu pilih sebagai fasilitator dari Twitter.

Selain itu, pada tahap ini kamu juga perlu mengatur target audiens untuk menentukan siapa saja yang dapat melihat iklan yang akan kamu pasang tersebut. Kemudian, tentukan jangkauan iklan yang mencakup wilayah tertentu sebagai area jangkauan iklan dapat tampil. 

Usahakan tampilkan jangkauan area yang mencakup seluruh wilayah Indonesia. Sehingga produk yang kamu iklankan dapat terjangkau oleh audiens yang jauh lebih luas.

4. Buat Copywriting Menarik

Pada dasarnya, Twitter merupakan media sosial yang mengedepankan konten tulisan untuk menarik hati audiensnya. Oleh karena itu, untuk membuat sebuah iklan Twitter Advertising yang optimal, kamu harus memaksimalkan konten tersebut dengan teknik copywriting yang menarik.

Masukan unsur promosi dengan teknik ajakan iklan yang sifatnya persuasif. Selain itu, pastikan juga kamu menggunakan gaya bahasa serta tulisan yang sesuai dengan target audiens yang telah kamu pilih sebelumnya. 

Misalnya, jika target audiens kamu adalah anak muda. Maka, kamu bisa menggunakan bahasa gaul yang informal. Jangan sampai gaya bahasa tersebut tidak sesuai dengan jenis audiens yang kamu targetkan. Karena akan berpengaruh terhadap kinerja iklan yang akan tampil.

Sudah Paham Tentang Apa itu Twitter Advertising?

Sekian pembahasan kali ini tentang apa itu Twitter Ads beserta jenis iklan dan cara pembuatannya. Intinya, Twitter Advertising adalah sebuah tools iklan yang sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness dengan mengedepankan teknik copywriting produk pada proses eksekusi konten iklan. Selamat bermanfaat!

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password