Tren TikTok 2022, Efektif untuk Media Promosi Digital!

tren tiktok 2022

Apa saja tren TikTok 2022?

Sama seperti gaya fashion, tren TikTok selalu berganti waktu ke waktu menyesuaikan tahunnya.

Hal ini karena para pengguna media sosial TikTok cenderung mudah bosan terhadap sebuah tren dan selalu haus akan konten-konten baru yang lebih fresh dan bergairah. 

Apa itu Tren TikTok Marketing?

Fenomena semakin banyaknya pengguna TikTok tentu sangat berpengaruh terutama bagi kamu pebisnis online yang menggunakan media TikTok sebagai wadah promosi. 

Kamu harus mengetahui jenis konten apa yang efektif untuk berpromosi dan membangun brand awareness. Jangan bingung, adanya tren TikTok 2022 mungkin bisa jadi pendukung usahamu dalam mencapai tujuan tersebut.

Pada dasarnya, tren TikTok marketing sendiri merupakan sebuah mode pembuatan konten yang menyesuaikan kebutuhan para audiens guna keperluan promosi produk dan brand awareness

Sebagai sebuah platform media sosial yang cukup besar, TikTok selalu memiliki variasi konten dengan berbagai jenis dan berubah-ubah setiap waktunya.

Bahkan, perubahan mode konten ini juga bisa terjadi satu kali dalam sebulan atau mungkin satu kali dalam seminggu mengikuti viral terbaru. Jadi perubahan mode ini sifatnya tidak menentu. Tentunya jika kamu seorang creator yang menjadikan TikTok sebagai wadah promosi, kamu harus peka terhadap perubahan tersebut.

Manfaat Tren TikTok 2022 untuk Brand Awareness Produk

Pada pemanfaatan dan cara kerjanya, terdapat beberapa fungsi dari tren TikTok yang wajib kamu ketahui. Berikut penjelasannya:

1. Menjadi Wadah Promosi Produk yang Efektif

Tak hanya dalam satu platform media sosial saja, tren TikTok merupakan sebuah wadah promosi digital yang bisa kamu salurkan untuk semua platform media sosial. Kamu bisa membagikan konten TikTok kamu ke Instagram, Facebook, dan Twitter agar promosi digital kamu menjangkau semua platform media sosial.

2. Membangun Brand Awareness

Setelah produk yang kamu promosikan telah mendapat banyak respon dari audiens, sudah pasti brand awareness dari merek yang kamu kelola pun akan berkembang. Bahkan, tak sedikit merek-merek lokal yang saat ini meroket tinggi berkat promosi digital dengan memanfaatkan tren TikTok 2022 marketing.

Baca Juga:   9 Cara Mengoptimasi LinkedIn Business Page Agar Makin Populer

3. Mempermudah Analisis Pasar

Manfaat terakhir dari perkembangan mode konten pada platform ini adalah untuk mempermudah kamu menganalisa pasar. Analisa ini mencakup target audiens, jangkauan pasar, hingga harga pasar yang paling efektif agar produk yang kamu tawarkan laku keras.

Tren TikTok 2022 Paling Efektif untuk Promosi Digital

Setelah membahas tentang pengertian dan manfaatnya, pasti kamu penasaran apa saja sih tren yang sedang viral untuk promosi digital di TikTok.

Yuk simak!

1. Before, After 

Before, After merupakan sebuah gaya konten yang awalnya viral di tahun 2021. Namun, ternyata sejak awal kemunculannya gaya konten yang satu ini sangat ampuh untuk kampanye marketing di platform media sosial sampai tahun ini.

Banyak dari berbagai produk yang menggunakan tren ini dalam konten promosinya dan terbukti sangat ampuh. Cara pembuatannya pun sangat mudah, lho. 

Kamu hanya menampilkan gambaran visual sebelum menggunakan produk, dan sesudah menggunakan produk. Tentunya, pada bagian After atau sesudah, kamu harus memberikan gambaran yang menarik sebagai inti promosi dengan tren ini.

2. Dance Challenge 

Tren TikTok 2022 selanjutnya adalah dance challenge. Jenis konten ini merupakan konten sejuta umat dan paling banyak mendapat respon dari para audiens. Sejak dulu, mode konten dengan mengandalkan dance sebagai isi konten utamanya terbukti sangat efektif untuk brand awareness produk.

Proses pengerjaannya pun mudah, dan banyak jenis dance yang bisa kamu gunakan sebagai bentuk challenge. Namun, mungkin kamu perlu menampilkan visual tambahan seperti model yang good looking agar produk kamu bisa mendapat respon audiens.

3. Konten Aesthetic Produk

Inti dari promosi digital adalah visual yang menarik. Dengan penggambaran visual yang menarik, para audiens pastinya akan penasaran dan tertarik untuk menggunakan produk yang kamu tawarkan. 

Konten aesthetic produk adalah sebuah tren TikTok yang menampilkan penggambaran menarik dari produk yang kamu tawarkan secara visual. Kamu hanya perlu menggabungkan beberapa pose terbaik dari produk kamu menjadi sebuah konten video.

Dengan tambahan efek visual dan proses editing yang pas, tren TikTok 2022 ini pasti bakalan bikin produk kamu laku keras di pasaran.

4. Tips & Trik 

Kalau tren konten yang satu ini, dari tahun ke tahun selalu terbukti efektif menjadi mode konten promosi digital. Tips & Trik adalah mode konten yang berisi pemecahan suatu masalah tertentu yang sedang dialami oleh audiens. 

Baca Juga:   Ide Konten TikTok Bisnis yang Wajib Kamu Coba Sebagai Pebisnis

Kamu bisa mengusung konsep Tips & Trik ini, dan menambahkan tema tentang produk yang kamu jual. Namun, kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui keresahan apa yang dialami oleh para audiens dan berkaitan dengan produk kamu. Hasilnya, dijamin produk kamu akan kebanjiran orderan. 

5. Tutorial

Tutorial merupakan tren TikTok 2022 yang juga sudah viral menjadi tren konten untuk keperluan promosi marketing sejak tahun 2021. Mode konten jenis tutorial ini banyak diminati oleh audiens karena sangat membantu khususnya untuk melakukan suatu hal yang belum diketahui oleh orang banyak.

Untuk proses pembuatan mode konten tutorial sendiri sangatlah mudah. Kamu hanya perlu membuat sebuah video yang berisi informasi mengenai cara melakukan sesuatu.

Namun, karena tujuan kamu membuat tren konten ini untuk keperluan marketing produk, jangan lupa masukan unsur produk kamu dalam isi kontennya. Tren konten ini sudah terbukti sangat efektif untuk keperluan promosi karena telah digunakan oleh berbagai jenis merek dan brand produk.

6. Konten Komedi

Konten-konten yang mengandung unsur komedi juga sangat ampuh untuk menarik para audiens karena sifatnya yang menghibur. Pada proses pembuatannya, kamu bisa menggunakan konsep komedi dengan candaan ringan sehari-hari agar mudah bagi para audiens memahami isi konten tersebut.

Selain itu, jangan lupa masukkan unsur produk atau brand kamu sebagai pemanis konten dan bentuk promosi terselubung pada konten tersebut.

Namun, unsur produk yang terdapat pada isi konten harus bersifat pemanis saja, ya. Tujuan utama konten harus tetap komedi yang mengedepankan nuanca canda dan tawa.

7. Manfaatkan Fitur Live Streaming TikTok

TikTok mempunyai sebuah fitur siaran langsung yang saat ini menjadi wadah promosi bahkan jualan daring yang digunakan oleh pebisnis online. Fitur siaran langsung ini, menjadi sebuah tren TikTok 2022 setelah terbukti mampu mendatangkan audiens baru dengan jumlah yang cukup banyak.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa untuk bisa mendapat respon yang banyak dari para audiens ketika kamu melakukan siaran langsung, konsep live streaming haruslah unik dan berbau promosi.

Hal ini bertujuan agar audiens tidak bosan dan tertarik untuk membeli produk langsung ketika kamu sedang melakukan siaran langsung. 

8. Jawab Pertanyaan pada Kolom Komentar

Tentunya sebagai sebuah brand, kamu perlu melakukan interaksi dengan para audiens agar terjalin sebuah ikatan di dalamnya. Selain itu, kamu juga perlu mengusung sebuah konsep konten lewat menjawab pertanyaan audiens yang terdapat pada kolom komentar.

Baca Juga:   Pengertian Social Media Management dan Tips Melakukannya

Pertanyaan tersebut beragam, dan pastinya harus yang menyangkut produk yang kamu tawarkan. Setelah memilih pertanyaan terbaik dari para audiens, kamu tinggal eksekusi jawaban pertanyaan tersebut menjadi sebuah konten.

Namun, konten yang kamu sajikan harus dalam bentuk video, ya. Hal ini agar para audiens merasa mendapat perhatian lebih dari brand yang mereka ikuti. Selain itu, balasan pertanyaan yang menyangkut produk juga bisa menjadi promosi tersendiri yang terselip dari sebuah konten sederhana.

9. Konten Penjelasan Manfaat Produk

Konsep terakhir yang menjadi tren TikTok 2022 adalah konten yang berisi penjelasan manfaat atau keunggulan produk. Pada umumnya, konsep tren yang satu ini adalah sebuah iklan namun dikemas dalam bentuk video pendek.

Proses pembuatan konten ini pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menampilkan visual produk kamu dari sudut terbaik, dengan penjelasan tentang manfaat serta keunggulan produk.

Hal ini tentu akan memiliki daya tarik tersendiri bagi para audiens karena konsep tren yang langsung pada inti promosi. Namun, kamu perlu membuat skrip narasi video yang singkat dan sesuai dengan durasi konten.

Buatlah Konten Tren TikTok Berkualitas!

Sekian pembahasan tentang deretan tren TikTok 2022 yang paling efektif untuk berpromosi dan membangun brand awareness.

Pada intinya, tren-tren yang viral tersebut adalah konten yang berkualitas dan kreatif.

Jadi, maksimalkan kreativitas kamu agar bisa membentuk tren sendiri yang lebih inovatif.


Temukan inpsirasi lainnya seputar social media influencer, TikTok influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password