Tren Social Media Marketing 2023, Mana yang Jadi Pilihanmu?

tren social media 2023

Sepertinya, perkiraan tren social media 2023 tidak akan banyak berubah dari tahun ini. Meski begitu, terdapat beberapa area baru yang masih bisa kamu eksplor lebih jauh agar strategi social media untuk bisnismu jadi semakin efektif.

Lantas, apa saja tren social media marketing 2023 yang perlu diketahui oleh para pelaku bisnis? Yuk, simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini!

Daftar Isi

9 Daftar Tren Social Media 2023

Berikut adalah berbagai tren social media 2023 yang perlu kamu eksplorasi lagi agar strategi sosial media marketing bisnismu menjadi semakin optimal dan efektif.

1. TikTok

TikTok memang menjadi platform berbagi konten yang sangat populer beberapa tahun belakangan ini. Sepertinya, di tahun 2023, TikTok masih akan menjadi sosial media dengan popularitas tertinggi.

Walau sebenarnya pengguna aktif TikTok belum sebanyak sosial media lainnya, namun aplikasi berbasis video ini merupakan platform yang paling banyak didownload selama tahun 2022.

Mulai dari Gen Z, milenial, sampai dengan baby boomer, semuanya sudah mulai beralih ke TikTok untuk mencari sumber hiburan hingga edukasi. Bahkan kini ada banyak konten viral yang berasal dari platform tersebut.

Oleh karena itulah, kamu sebagai pebisnis perlu mempertimbangkan platform TikTok sebagai salah satu strategi marketing utama untuk menjangkau target audiens yang lebih luas.

2. Nano Influencer Marketing

Saat ini, peran influencer sudah melekat erat dengan pemasaran di media sosial. Maka tak heran jika strategi ini akan jadi tren social media marketing di tahun 2023

Bicara tentang influencer marketing, tentu tidak terlepas dari peran nano influencer marketing. Meskipun followers dan engagement mereka tak sebanyak influencer makro dan mikro, namun peran mereka dalam strategi marketing bisnis perlu kamu pertimbangkan juga, lho.

Memang, peran influencer tidak selalu bisa menjamin kesuksesan campaign marketing. Akan tetapi, nano influencer justru mempunyai komunitas yang lebih terhubung satu sama lain. Hal inilah yang dapat meningkatkan kemungkinan suksesnya kampanye bisnis yang kamu lakukan.

Umumnya, review yang mereka lakukan terasa jauh lebih natural bagi para followersnya. Tak jarang, nano influencer bersikap seolah-olah followers mereka adalah teman yang sedang memberi saran. Jadi wajar saja jika cara ini akan berpeluang menyukseskan kampanye pemasaran suatu bisnis.

3. Social Media Ads

Tren social media marketing 2023 yang selanjutnya adanya peningkatan pada penggunaan social media ads

Meski sebenarnya sebuah brand bisa mendapatkan pertumbuhan organik lewat strategi digital marketing yang mereka lakukan. Akan tetapi, algoritma media sosial lebih mengutamakan postingan akun yang banyak berinteraksi dengan user

Hal ini tentu saja berlaku pada setiap platform. Jadi, kamu perlu bersaing agar konten yang diunggah bisa menjangkau target audiens yang lebih luas.

Makanya, tak heran jika kini banyak bisnis yang rela mengeluarkan budget lebih untuk melakukan paid advertising demi meningkatkan engagement platform online mereka.

4. Augmented Reality

Teknologi augmented reality atau AR pada sosial media ternyata bukan hanya sekadar menambah keseruan bagi para penggunanya. Sebab, teknologi ini dapat menjadi alat bantu sebuah brand dalam menjalankan kampanye bisnis mereka.

Cara yang bisa kamu lakukan pun sangat beragam. Mulai dari memanfaatkan filter kuis, produk make up, atau bahkan game yang merupakan contoh dari hasil integrasi teknologi AR dengan media sosial.

Jika semua yang kamu lakukan tersebut menarik, maka nantinya akan ada banyak orang yang tertarik mengikutinya sehingga dengan sukarela membantu menaikkan eksposur brand atau kampanye yang sedang kamu jalankan.

5. Social Commerce

Social commerce (social media dan e-commerce) juga diprediksi akan menjadi tren di tahun 2023. Mungkin istilah ini terdengar tak familiar bagi beberapa orang. Namun, tentunya kamu sadar bahwa kini TikTok dan Instagram mulai menonjolkan fitur belanja online di platform mereka.

Dari fitur tersebut, pengguna bisa melihat berbagai produk secara langsung hingga melakukan transaksi pembelian. Kegiatan itulah yang kemudian disebut dengan social commerce.

Kamu pun bisa mengartikan social commerce sebagai penyatuan aktivitas belanja dengan platform media sosial. Hal inilah yang kemudian membuat fungsi sosial media tidak hanya sekadar untuk berinteraksi dan mencari relasi, tetapi juga menjadi tempat jual beli.

Sebagai marketer, kamu bisa memanfaatkan tren yang satu ini untuk memaksimalkan branding bisnismu. Dengan begitu, nantinya orang-orang akan lebih mengingat brand milikmu ketika membuka platform tersebut.

6. Live Streaming

Beberapa waktu terakhir, live streaming memang menjadi kegiatan daring yang banyak dilakukan oleh para pebisnis. Memang tak menampik jika live streaming bisa menjadi ajang untuk kegiatan promosi yang terbukti efektif.

Apalagi berbagai platform seperti TikTok, Instagram, dan juga Facebook sudah menyediakan fitur live streaming tersebut. Tentu saja ada banyak sekali kelebihan yang bisa kamu rasakan dengan memanfaatkan fitur ini. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Bisa memperlihatkan kondisi, fungsi, dan kualitas produk secara nyata kepada calon pembeli.
  • Dapat berinteraksi langsung dan melakukan sesi tanya jawab dengan calon pembeli.
  • Bisa memperagakan cara penggunaan produk secara detail.

Umumnya, brand juga akan bekerja sama dengan beberapa influencer untuk menarik lebih banyak viewers dan pembelian. Tak jarang, strategi ini juga dimanfaatkan untuk memberikan flash sale kepada para calon pembeli selama live streaming berlangsung.

7. Social Awareness

Social awareness juga menjadi bagian yang tak kalah penting dalam tren social media 2023 mendatang. Dengan adanya peningkatan pada cancel culture, tentunya brand harus berhati-hati dalam setiap hal yang kamu lakukan. 

Jangan sampai nantinya kampanye yang kamu buat untuk brand justru menyinggung suatu kelompok atau mengarah pada isu tertentu yang sensitif di masyarakat. 

Jika dulu orang-orang tidak peduli dengan perlakuan perusahaan kepada karyawannya, kini hal sebaliknya justru terjadi. Sekarang ini, kepekaan sosial masyarakat semakin meningkat sehingga kamu perlu benar-benar memperhatikan hal tersebut.

8. Customer Service

Tanpa kamu sadari, sekarang ini sudah semakin banyak perusahaan yang menyediakan akun resmi mereka di platform sosial media. Tujuannya sudah pasti sebagai sumber informasi yang valid dan juga sarana layanan konsumen.

Sebagai contoh, sekarang ini banyak pengguna Twitter yang langsung menyampaikan keluhan mereka dengan mention akun perusahaan atau brand bisnis tersebut.

Hal inilah yang membuat pelayanan customer service suatu bisnis menjadi hal yang sangat penting. Makanya, kamu perlu bersiap diri untuk membentuk tim customer service yang mampu melayani keluhan dan masukan pelanggan dengan baik.

Sebaiknya hindari jawaban template yang sama sekali tidak membantu karena hal tersebut justru akan membuat brand bisnismu mendapatkan kritikan pedas dari pelanggan.

9. Personalized Marketing

Tren social media 2023 yang selanjutnya adalah personalized marketing. Secara umum, tren ini merupakan strategi marketing yang dilakukan oleh marketer dengan cara menyesuaikan brand message ataupun marketing communication kepada seluruh calon pelanggan sesuai dengan data yang tersedia.

Meski istilah ini relatif cukup asing, namun personalized marketing adalah era baru yang cenderung akan mengalami peningkatan di tahun 2023. Menariknya, sebanyak 56% orang mengalami peningkatan keterlibatan lewat pemasaran yang telah dipersonalisasi.

Siap Menerapkan Tren Social Media Marketing 2023?

Itu dia berbagai tren social media marketing 2023 yang akan berpeluang untuk booming. Mulai sekarang, kamu sudah bisa mulai menyusun strategi marketing di tahun mendatang secara matang. Jadi nantinya, hasil eksekusi kampanye bisnis yang kamu laku bisa lebih maksimal.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password