Tren Content Marketing Mana yang Cocok untuk Bisnismu?

tren content marketing

Mencoba tren content marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang sangat menarik.

Hal ini melibatkan, dan mempertahankan audiens melalui konten yang relevan dengan produk bisnis. 

Selain itu, jika kamu menerapkan strategi ini secara konsisten, maka bisa menjaga hubungan antara brand dengan konsumen baru maupun lama.

Apa Saja Tren Content Marketing Saat ini?

Berikut kami rangkum rekomendasi tren content marketing yang bisa kamu terapkan pada bisnis.

Yuk, simak ulasannya!

Hadirkan Konten Berkualitas Baik

Tren content marketing yang harus kamu perhatikan pertama kali adalah kualitas konten yang baik untuk mempertahankan pelanggan. Kamu bisa memulai dengan membuat platform sesuai kebutuhan dari audiens, kemudian selalu memperbarui UI dan UX dalam konten maupun situs website

Memanfaatkan AR/VR dan Audio

Selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan teknik visual storytelling melalui AR, VR, dan audio. Pengguna AR semakin berkembang dari tahun ke tahun dan sudah 93,3 juta orang yang menggunakannya pada tahun 2021. 

Teknologi canggih ini mampu membuat audiens terhubung melalui cerita menarik dan konten yang menyenangkan. Karena pada saat audiens membaca, mendengar, dan melihat, maka akan muncul reaksi emosional terhadap konten tersebut. Selain itu, ada beberapa manfaat AR yang perlu kamu tahu, seperti:

  • Fitur AR membuat konten lebih menyenangkan untuk para audiens.
  • Memberi kemudahan bagi perusahaan untuk terhubung dengan emosi audiens.
  • Mendorong adanya partisipasi audiens dalam konten, mulai dari pembuatan hingga proses menikmati.

Membuat Podcast untuk Media Pemasaran

Podcast merupakan salah satu tren content marketing yang semakin populer saat ini dengan berbagai konten yang mendidik dan menarik. Selain menarik bagi konsumen, biaya produksi podcast tergolong cukup mudah, sehingga hal ini akan menguntungkan pihak perusahaan.

Pada umumnya, audiens menyukai konten yang bersifat edukatif. Oleh karena itu, kamu juga sebaiknya memberikan topik konten yang informatif dan sesuai dengan tren dalam niche. Pastikan sebelum membuat konten, kamu terlebih dahulu melakukan riset tentang tren terkini.

Mengoptimalkan SEO

Konsistensi dalam SEO adalah hal penting dalam dunia marketing. Oleh sebab itu, kamu harus membuat konten unik, kreatif, dan orisinal. Agar berhasil mengindeks lebih cepat dan peringkat yang dihasilkan juga lebih tinggi.

Mengoptimalkan kualitas konten bisa kamu mulai dengan menciptakan konten menarik, informatif, dan tentunya bermanfaat. Kemudian, gunakan keyword atau kata kunci untuk mengoptimalkan konten agar tetap menjadi peringkat atas dalam pencarian Google. Selain itu, pelajari setiap update SEO yang diluncurkan oleh Google.

Personalized Content

Tren content marketing selanjutnya adalah personalisasi sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Strategi ini perlu kamu lakukan untuk membangun kepercayaan dari pelanggan dan meningkatkan brand recognition perusahaan. Hal ini akan membuat pelanggan merasakan keistimewaan dari brand produk kamu.

Penerapan Kemampuan Voice Search

Voice search merupakan tren dalam strategi marketing yang berasal dari Amazon. Dengan strategi ini, pelanggan akan lebih menikmati proses pencarian konten melalui voice search, sehingga lebih menyenangkan. Tren ini bisa kamu lihat dari keberagaman Google Assistant dan teknologi Google Home Mini Speakers.

Menerapkan ABM (Account Based Marketing)

Tren content marketing yang wajib kamu coba pada tahun 2022 ini adalah account based marketing. ABM adalah strategi pemasaran B2B yang sudah populer saat ini dengan metode yang fokus pada akun tertentu. Sehingga, lebih efektif daripada iklan umum ke banyak situs untuk menarik lebih banyak audiens.

Program ABM berhasil memenangkan akun bisnis melalui konten menarik, membangun hubungan dengan audiens, penjangkauan kualitas, serta penyesuaian terhadap pengalaman audiens. 

Meningkatkan User Generated Content

UGC bukanlah strategi baru, namun masih perlu kamu terapkan hingga saat ini, karena keuntungannya sangat banyak. Tidak hanya memberikan bisnis jeda untuk melakukan produksi konten, tetapi perusahaan bisa menampilkan produk dan layanan lebih autentik. 

Selain itu, UGC juga bisa memberikan kesan perusahaan lebih menghargai kontribusi dari penggunanya.

Memprioritaskan Live Streaming

Strategi pemasaran yang tidak kalah penting, yaitu live streaming yang bertujuan untuk membantu perusahaan melakukan jangkauan terhadap audiens dengan keterlibatan secara real time

Live streaming bertujuan untuk membantu perusahaan membangun kepercayaan, tidak hanya kepada pelanggan, tetapi juga para audiens. Kamu juga perlu memahami bahwa orisinalitas sangat penting pada media sosial, terutama pada segmen live stream.

Konten Berbentuk Video

Tren content marketing selanjutnya adalah berbagai konten visual yang berbentuk video. Karena pada umumnya, video memudahkan pelanggan untuk memahami isi konten serta perusahaan bisa menunjukkan sisi kemanusiaan. Jika kamu merancang ide konten dengan baik, pasti akan berpeluang menjadi konten yang viral.

Mendaur Ulang Konten di Berbagai Platform

Memanfaatkan sumber daya yang tersedia untuk membuat konten baru menjadi kunci kesuksesan marketing. Mendaur ulang konten merupakan proses pengambilan salah satu aset bisnis atau brand, kemudian menggunakannya kembali pada platform lain. 

Contohnya, saat kamu menulis artikel pada blog, kamu pasti menulis sesuai target blog. Tetapi, seiring berjalannya waktu, target audiens bisa saja berubah, sehingga kebutuhan konten juga berubah. Kamu bisa menargetkan audiens yang lebih luas dari sebelumnya. Dengan revisi konten, maka akan menjadi nilai tambah dari para audiens. 

Beberapa caranya, yaitu dengan mengubah tujuan konten pada blog menjadi webinar, animasi, podcast, live streaming, atau konten video lainnya. Namun, kamu harus tetap memperhatikan optimasi SEO saat melakukan proses daur ulang konten.

SEO memungkinkan kamu untuk menginvestasikan sumber daya secara bijak dan menjangkau khalayak yang lebih luas. Kemudian, konten yang kamu perbarui tetap sesuai dengan tren marketing dan kondisi terkini dalam dunia bisnis, sehingga tetap menjadi daya tarik bagi pelanggan lama maupun pelanggan baru.

Yuk, Terapkan Tren Content Marketing yang Tepat pada Bisnis Kamu!

Dalam dunia bisnis, kamu perlu memahami tentang strategi pemasaran. Artikel ini sudah menjelaskan beberapa tren content marketing yang bisa kamu terapkan pada bisnis kamu. 

Pastikan untuk selalu update perkembangan digital, teknologi, dan algoritma Google agar konten tetap teroptimasi SEO dan memiliki peringkat pertama dari Google.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media marketing, influencer marketing dan yang lainnya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password