6 Tools YouTube Gratis yang Harus Digunakan Para YouTuber

tools youtube gratis

Selain masalah konten, hal lain yang juga diperlukan jika kamu menjadi seorang Youtuber adalah berbagai macam tools.

Nantinya, tools ini akan sangat membantu, terutama untuk berkembangnya channel yang kamu buat. Sekarang ini sudah ada banyak tools Youtube gratis yang bisa kamu gunakan.

Berbagai macam tools tersebut bisa banyak membantumu, mulai dari menciptakan konten berkualitas sampai memantau apakah konten yang kamu buat disukai atau tidak.

Rekomendasi Tools YouTube Gratis

Ketika kamu menggunakan YouTube creator tools, kamu bisa menghasilkan kualitas konten sebanding dengan para profesional.

Berikut beberapa rekomendasi tools YouTube gratis yang bisa kamu gunakan.

Simak bersama, yuk!

1. TubeBuddy

Tools YouTube gratis pertama yang bisa kamu gunakan adalah TubeBuddy. Ini merupakan salah satu tools yang bisa membantu kamu untuk melakukan optimasi pada konten YouTube-mu. Tools ini merupakan ekstension dan bisa kamu dapatkan di semua search engine, mulai dari Firefox, Chrome, ataupun Safari.

Fungsi dari tools YouTube gratis ini mirip dengan plug in SEO. Nantinya ketika kamu sedang melakukan upload video, maka TubeBuddy akan memberikan opsi yang bisa kamu gunakan dalam upaya mengoptimalisasi video yang kamu buat.

TubeBuddy mampu memberikan daftar yang bisa kamu lihat tentang komponen apa saja yang kamu butuhkan dalam membuat konten. Sehingga, unggahan video kamu bisa mendapatkan ranking lebih tinggi atau jumlah penonton yang lebih banyak.

Bahkan, dengan menggunakan tools ini juga kamu bisa mendapatkan informasi tentang bagaimana performa dari kompetitor dan apa isu yang sedang ramai orang bicarakan. Nantinya, TubeBuddy juga akan memberikan kamu informasi tags apa yang sedang banyak digunakan.

Selain itu, dengan menggunakan tools ini kamu dapat melihat bagaimana performa dari tags yang akan kamu gunakan. Cara ini juga akan dibandingkan dengan channel lain yang menggunakan tags serupa. 

Jika kamu merasa tags tersebut potensial untuk kamu gunakan pada konten video milikmu. Maka kamu cukup copy dan paste tags tersebut di deskripsi box unggahan video Youtube kamu.

Youtube creator tools ini bisa kamu gunakan secara gratis alias bebas biaya. Caranya, kamu hanya tinggal menginstall ekstension yang ada dari browser. Apabila ingin mendapatkan banyak fitur tambahan, maka kamu harus menggunakan versi TubeBuddy berbayar.

2. Lightworks

Konten yang baik biasanya juga ditentukan dengan kualitas editing. Software untuk melakukan editing sendiri ada banyak yang bisa kamu gunakan. Mulai dari Adobe Premiere, Final Cut pro, ataupun Vegas. Ketiga tools tersebut adalah yang biasa digunakan oleh para profesional.

Lalu, adakah tools lain yang bisa kamu gunakan sebagai seorang pemula dan gratis? Jika kamu mencari rekomendasi tools YouTube gratis untuk menghasilkan kualitas editing yang baik, maka Lightworks merupakan salah satu YouTube creator tools yang bisa kamu coba.

Lightworks juga bisa kamu gunakan pada berbagai operating system, mulai dari Windows, Linux, bahkan Mac sekalipun. Tools ini juga bisa kamu gunakan ketika perangkat kamu tidak memiliki spesifikasi yang cukup tinggi.

Jika kamu bandingkan dengan tools editing lain, resource yang dibutuhkan oleh Lightworks memang jauh lebih rendah. Hal ini tentunya sangat menguntungkan untuk kamu yang memiliki perangkat dengan resources terbatas.

Meski demikian, hasil akhir dari tools ini masih bisa kamu andalkan. Jika kamu menggunakan versi gratis, maka kamu bisa membuat video dengan resolusi maksimal 720p. Namun, bila kamu membutuhkan resolusi video yang lebih  tinggi, maka kamu bisa menggunakan Lightworks versi berbayar.

3. Youtube Audio Library

Demi mendukung video yang berkualitas, maka biasanya banyak orang yang menggunakan audio sebagai latar. Audio ini bisa berfungsi sebagai penambah suasana ataupun penjelas.

Masalah yang muncul adalah kamu tentunya tidak bisa asal menggunakan audio yang ada. Beberapa audio yang mungkin ingin kamu gunakan akan tersangkut masalah lisensi. YouTube sendiri memiliki aturan tersendiri untuk masalah lisensi dan hak cipta ini.

Lalu, bagaimana solusi untuk masalah ini? Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan audio free license. Jenis audio tersebut cukup banyak dan mudah untuk kamu temukan serta bisa kamu gunakan secara gratis.

Salah satu tools YouTube gratis yang menyediakan audio free license adalah YouTube Audio Library. Tools ini menyediakan berbagai jenis audio yang bisa digunakan secara bebas dan bisa kamu sesuaikan dengan topik konten video milikmu. 

Namun, ada beberapa audio yang mengharuskan kamu menaruh link tertentu ketika kamu menggunakannya. Maka kamu, wajib menaruh link tersebut agar konten kamu tidak bermasalah di kemudian hari.

4. VidIQ

Tools YouTube gratis lainnya yang juga bisa kamu gunakan adalah VidIQ. Penggunaan tools ini juga serupa dengan plug in SEO. Selain itu, saat menggunakan tools ini, maka kamu dapat menerima informasi dan posisi dari performa konten yang telah kamu unggah sebelumnya.

Kemampuan lain yang juga bisa kamu dapatkan dari tools ini adalah statistik yang bisa memperlihatkan jumlah subscribers, jumlah views, dan lainnya. Jika menggunakan tools ini, kamu bisa melihat bagaimana pertumbuhan dari semua data tersebut setiap harinya.

Lebih lanjut, YouTube creator tools ini juga bisa memberi kamu informasi tentang isu yang sedang ramai, video seperti apa yang sedang diminati, dan lainnya. Hal ini nantinya bisa menjadi ide untuk kamu membuat konten selanjutnya.

Bahkan, jika kamu cukup teliti dalam membaca datanya, kamu bisa melihat mana ide video yang sebenarnya cukup baik, namun belum mendapat eksekusi yang baik. Sehingga, kamu bisa membuat konten yang lebih baik dan unik mengenai ide tersebut daripada konten yang sudah kamu atau kompetitor unggah sebelumnya. 

5. Canva

YouTube creator tools lain yang juga bisa kamu andalkan adalah Canva. Mungkin kamu juga sudah cukup familiar dengan software editing yang satu ini. Sekarang ini, Canva merupakan salah satu aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat graphic design

Khusus konten YouTube, maka kamu bisa menggunakan Canva untuk membuat thumbnail. Seperti judul, thumbnail juga merupakan salah satu cara untuk menarik minat banyak penonton. 

Semakin menarik dan membuat penasaran thumbnail yang kamu gunakan, maka akan semakin baik. Selain itu, semakin banyak juga potensi viewers yang akan klik dan menonton konten video Youtube milikmu.

Canva sendiri merupakan alat yang bisa kamu gunakan dalam versi aplikasi maupun web. Aplikasi ini juga termasuk tools YouTube gratis yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan dan bebas biaya. 

Meski demikian, jika kamu ingin mengakses desain lebih banyak dan tanpa batas, maka kamu bisa menggunakan versi berbayar yang ada.

6. Streamlabs OBS

Selain konten video, saat ini juga yang sedang populer di YouTube adalah live video. Banyak channel yang bisa mendapatkan banyak keuntungan dari jenis konten ini. Tentunya, tidak seperti konten biasa, mempersiapkan konten untuk live perlu perhatian teknis yang lebih khusus.

Salah satu tools YouTube gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten ini adalah Streamlabs OBS. Jika menggunakan tools ini, maka kamu bisa membuat live streaming dengan cepat dan mudah.

Set up dari Streamlabs OBS juga cukup mudah. Setelah melakukan instalasi, maka kamu dapat langsung menggunakan tools ini. Nantinya, kamu bisa memilih layout yang akan kamu gunakan ketika melakukan live streaming

Tetapi, pastikan sebelum melakukan live streaming koneksi internet kamu dalam kondisi prima. Supaya tidak membuat subscribers dan viewers kamu kecewa.

Kamu Tertarik Menggunakan Tools YouTube Gratis?

Itu dia rekomendasi tools Youtube gratis yang bisa kamu gunakan.

Di dalam banyak hal, tidak semua orang memiliki kapabilitas untuk menciptakan konten yang sesuai dan berkualitas.

Namun, hal ini bisa diantisipasi ketika kamu bisa menggunakan tools yang tepat. Apalagi saat ini, mempelajari sebuah tools baru sangatlah mudah.

Untuk para Youtuber pemula, penggunaan tools YouTube gratis memang cukup menguntungkan karena tidak perlu mengeluarkan uang ketika menggunakannya.

Dengan begitu, tools Youtube gratis ini akan membantu kamu yang memiliki perangkat dengan spesifikasi terbatas.

Sehingga, semua bisa sama-sama berkreasi dan berkembang.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, marketing influencer dan lain-lain hanya di influencer101

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password