10 Tools TikTok Gratis untuk Influencer dan Pebisnis

Saat ini, TikTok sudah dikenal sebagai salah satu ‘jalan mudah’ untuk meraih sebuah popularitas dan kesuksesan dalam berbisnis. Meski kelihatannya mudah, para kreator tetap perlu suatu trik khusus untuk mencapai tujuan tertentu. Nah, salah satu trik tersebut yaitu menggunakan tools TikTok gratis tapi tetap strategis.

Bagi beberapa orang, TikTok mungkin masih dianggap sebagai suatu platform video singkat yang hanya berisi konten-konten ‘murahan’. 

Namun sekarang, TikTok sudah menjadi platform sharing video singkat yang memuat banyak konten edukatif. Selain itu, TikTok juga telah menjadi ‘tool marketing’ yang ampuh dan dapat menjangkau banyak target audiens dengan lebih mudah. 

Dan hingga saat ini, TikTok sudah memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif yang tersebar dari segala penjuru dunia. Dari sini, sudah bisa kamu bayangkan seberapa besar potensi platform TikTok ini dalam menunjang aktivitas branding maupun marketing. 

Tetap saja, para kreator juga perlu memanfaatkan tools TikTok tertentu untuk mengoptimalkan potensi tersebut.

Tools TikTok Gratis Agar Konten Makin Eksis

Untuk meningkatkan performa akun TikTok, para kreator dapat memanfaatkan beberapa tools pendukung potensial baik yang gratis maupun berbayar. Namun pada pembahasan kali ini, kamu hanya akan diberitahu tentang sederet tools TikTok terbaik dan 100% gratis.

Agar konten edukatif maupun konten bisnismu dapat tampil eksis di banyak pengguna TikTok, silakan pelajari dan manfaatkan layanan dari tools TikTok gratis berikut ini.

1. TikRank

tools tiktok gratis - tikrank

Tools yang pertama dan dapat kamu gunakan secara gratis adalah TikRank. TikRank merupakan tool berbasis web gratis yang digunakan untuk menganalisis akun-akun influencer top yang ada di TikTok.

Dengan TikRank, kamu akan mendapat fasilitas atau wadah untuk menganalisis dan mempelajari data-data analitik penting dari influencer top TikTok seperti jumlah likes, views, videos, dan followers.

Selain itu, tools TikTok ini memiliki basis data online yang dapat menampilkan data analitik dari 1 juta akun TikTok top milik para pebisnis maupun influencer. Antarmuka web TikRank juga sangat lugas, simpel, dan mudah dipahami.

Kamu dapat menganalisis profil TikTok influencer berdasarkan username, asal negara, atau dengan melihat data pada bagian “Top Chart”, “Top Most Videos”, “Top Most Viewed”, “Top Most Followed”, dan sebagainya yang ada di TikRank.

Baca Juga:   7 Media Sosial Terpopuler untuk Meningkatkan Popularitasmu

2. TikBuddy

tikbuddy

TikBuddy merupakan tools TikTok gratis yang menawarkan layanan analisis, marketing, dan manajemen TikTok secara online dalam bentuk ekstensi Chrome. 

Dengan ekstensi tersebut, pengguna dapat melihat video real-time, data statistik di TikTok, melakukan analisis performa, melacak kinerja akun lain, hingga membandingkan akun TikTok pribadi dengan akun milik kompetitor.

Tak hanya itu, TikBuddy juga memiliki beragam fitur toolkit yang bisa kamu jadikan sebagai acuan dalam melakukan analisis ataupun untuk meningkatkan kinerja akun profil. Adapun, fitur-fitur tersebut terdiri dari:

  • Skor kreator secara global
  • Peringkat TikTok kreator berdasarkan negara maupun dunia
  • Tren TikTok dalam 30 hari
  • Data analitik kreator (jumlah followers, video, dan total likes)
  • Data analitik video (jumlah likes, penayangan, dan komentar)
  • Analisis tagar
  • Dan lain-lain

3. Exolyt

exolyt

Exolyt merupakan tools TikTok yang mampu mendukung para content creator, influencer, marketer, hingga pemilik bisnis dalam meningkat performa akun TikTok masing-masing.

Tools ini akan menyediakan fasilitas gratis bagi para pengguna untuk memantau dan menganalisis data analitik TikTok secara mendalam. 

Melalui Exolyt, pengguna akan dapat menyelami tren konten terbaru, menerima laporan analitik secara lengkap, hingga memantau hasil marketing campaign milik akun sendiri maupun milik kompetitor.

Pada dasarnya, manfaat Exolyt tidak jauh berbeda dengan tools TikTok gratis pada umumnya. Seperti melacak jumlah followers, engagement rates, progres harian, jumlah penayangan, dan sebagainya.

Untuk versi gratis, Exolyt hanya menyediakan jenis pelayanan dasar seperti penyediaan data pertumbuhan followers dan engagement. Selebihnya, pengguna dapat meng-upgrade Exolyt ke versi berbayar jika ingin mendapatkan fitur layanan secara menyeluruh.

4. Brainans

brainans

Jika kamu belum memiliki akun TikTok dan tertarik untuk menonton konten-konten di kanal tersebut tanpa melakukan login, cobalah untuk menggunakan tools TikTok khusus bernama Brainans.

Brainans merupakan sebuah tools gratis bagi penikmat konten di TikTok yang bahkan juga menawarkan layanan pencarian profil, video, followers, dan lain-lain layaknya menggunakan aplikasi TikTok aslinya.

Selain itu, Brainans juga memungkinkan pengguna untuk mengunduh konten-konten video di TikTok dengan mudah dan gratis. Dengan kata lain, Brainans akan menjadi sebuah browser khusus yang dapat kamu gunakan untuk mencari dan menelusuri konten video menggunakan query username, tagar, dan judul sound.

Baca Juga:   Ukuran Ideal Postingan di LinkedIn yang Wajib Diketahui

Tak hanya itu, Brainans juga merupakan tools TikTok gratis yang menyediakan informasi penting untuk keperluan analisis.

5. Urlebird

urlebird

Bagi kamu yang tertarik menonton dan menganalisis performa akun TikTok secara gratis, Urlebird juga bisa jadi opsi tools yang berguna untuk menjalankan fungsi-fungsi tersebut.

Urlebird merupakan situs web publik yang memungkinkan penggunanya untuk mengeksplor dan menganalisis akun TikTok dengan mudah tanpa perlu registrasi.

Tools TikTok ini juga dapat pengguna manfaatkan untuk menelusuri konten video trending, video terbaru, akun terpopuler, tagar terbaru dan terpopuler, hingga judul sound TikTok yang sedang naik daun.

Urlebird merupakan layanan pihak ketiga berbasis web dengan sistem akses terbuka untuk publik. Itulah sebabnya, Urlebird menjadi salah satu tools analyzer dan viewer TikTok terpopuler karena sudah sering dipakai oleh banyak pengguna.

6. VidNice

vidnice - tools tiktok gratis berisi konten

Awalnya, VidNice hanyalah sebuah situs yang berisikan kumpulan konten-konten video dari TikTok. Saat ini, VidNice sudah berkembang menjadi tools TikTok gratis yang memungkinkan pengguna untuk menonton dan mengunduh konten-konten di TikTok tanpa watermark.

Melalui dasbor VidNice, pengguna dapat mengakses daftar pengguna, video, hingga tagar terpopuler pada saat itu. 

Tak hanya itu saja, VidNice juga menyediakan layanan pembuatan daftar pengguna pada laman dasbor sehingga kamu dapat menelusuri feed dari pemilik akun tersebut tanpa perlu mem-follownya.

7. All Hashtag

all hashtag - tools tiktok gratis

All Hashtag merupakan layanan generator tagar yang akan membantu pengguna dalam menentukan jenis tagar tertentu untuk menunjang tingkat popularitas suatu konten yang akan di-post nanti.

Jenis tools TikTok gratis ini sudah lama menawarkan empat macam layanan penentuan tagar yang terdiri dari:

  • Hashtag Generator, untuk menghasilkan beragam jenis tagar yang disarankan (suggested hashtags)
  • Tool Hashtag Creator, untuk membuat tagar konten sesuai keinginan pengguna
  • Hashtag Analytics, untuk menganalisis data analitik tagar dalam bentuk bagan
  • Hashtag Counter, untuk menentukan jumlah tagar yang optimal pada postingan atau konten

8. Viamaker

viamaker

Jika tool-tool sebelumnya membahas tentang layanan analisis, menonton, dan mengunduh konten TikTok secara gratis, Viamaker akan menawarkan jenis layanan yang berbeda tetapi masih sangat relevan dalam proses pengembangan TikTok.

Apa itu Viamaker? Viamaker merupakan layanan video editor TikTok gratis dengan kelengkapan fitur yang sangat unik dan variatif. Tools TikTok gratis ini juga tetap menyediakan fitur edit video dasar seperti mengatur saturasi warna, kontras, tingkat exposure, dan lain-lain.

Baca Juga:   Ide Konten TikTok Bisnis yang Wajib Kamu Coba Sebagai Pebisnis

Nah, salah satu fitur yang jadi andalan bagi para pengguna Viamaker adalah atribut efek-efek video keren dan kekinian seperti:

  • VHS
  • Retro
  • Glitch
  • Lo-fi
  • Aesthetic
  • Mirror
  • Neon
  • Sparkling
  • Split
  • Dan lain-lain

Selain efek-efek di atas, Viamaker juga menyediakan fitur live filter dengan ragam opsi variatif dan akan selalu ter-update secara real-time.

9. Linktree

linktree

Platform TikTok juga dapat menjadi tempat pemasaran yang ideal kepada target audiens tertentu. 

Maka tak jarang, kalangan influencer maupun pebisnis perlu menyematkan beberapa jenis tautan seperti website bisnis, halaman produk, media sosial, portofolio, hingga tautan marketplace ke dalam profil mereka.

Namun sayangnya, platform TikTok hanya memperbolehkan pengguna untuk menyematkan satu jenis link saja pada bagian bio profil akun. Untuk menyiasati hal tersebut, kamu bisa menggunakan tools TikTok gratis bernama Linktree.

Secara umum, Linktree merupakan layanan link tool gratis untuk menghimpun banyak jenis tautan secara sekaligus. Nantinya, Linktree akan menampilkan landing page sederhana yang berisikan kumpulan berbagai jenis tautan dalam satu tempat.

10. Rytr

rytr - tools tiktok gratis untuk influencer

Rytr merupakan layanan AI digital dan writing assistant yang dapat membantu kamu dalam menciptakan ide dan konsep konten berkualitas baik untuk TikTok maupun platform media sosial lainnya.

Secara umum, Rytr tidak memiliki suatu layanan spesifik untuk menciptakan konten TikTok. Namun, beberapa layanan dalam Ryte dapat kamu aplikasikan dalam proses pembuatan konten TikTok yang menarik, yakni:

  • Creative writing
  • Copywriting
  • Video script writing
  • Text editing
  • Dan lain-lain

Setiap pengguna dapat menikmati layanan Rytr secara gratis dengan batasan penggunaan 5.000 kata per satu bulan.

Kesimpulan

TikTok memang bisa menciptakan kemudahan dalam melakukan urusan branding maupun marketing baik bagi para pebisnis maupun influencer. Agar urusan tersebut dapat tercapai dengan cepat dan mudah, kamu perlu memanfaatkan berbagai tools TikTok pendukung seperti pada penjelasan di atas.

Fungsi-fungsi dari tools tersebut juga beragam, yaitu membantu penyusunan  konsep konten, riset tren, analisis performa akun, mengunduh video tanpa watermark, edit video, dan lain sebagainya. Kira-kira, dari semua jenis-jenis tools TikTok gratis di atas, kamu sudah pernah pakai yang mana nih?

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, tiktok influencer, influencer marketing, dan masih banyak lagi hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password