Rekomendasi Tools Social Media Marketing, Tingkatkan Performa!

tools social media marketing

Saat ini, social media marketing memiliki potensi yang sangat besar untuk meraih brand awareness produk. Selain itu, pemasaran digital lewat sosial media dengan bantuan tools social media marketing juga dinilai lebih efisien jika dibandingkan dengan pemasaran offline.

Hal ini bukan tanpa alasan, perkembangan teknologi dan antusias masyarakat dalam menggunakan sosial media saat ini menjadi faktor utama dari efektifitas kampanye marketing digital. Bahkan, ada beragam jenis tools pendukung yang berfungsi sebagai optimasi sebuah kampanye digital bagi sebuah produk.

Apa Saja Tools Social Media Marketing untuk Digunakan?

Tools pemasaran ini adalah sebuah alat atau fitur dalam platform sosial media dan internet yang berguna untuk mengoptimalkan sebuah konten guna keperluan kampanye digital. Biasanya, dalam setiap media sosial saat ini telah mempunyai tools tersendiri yang fungsinya untuk keperluan akun bisnis.

Dengan marketing tools for social media ini, konten kamu akan teroptimasi sesuai ketentuan kebijakan kampanye marketing yang terdapat dalam platform sosial media. Selain itu, tools ini juga memungkinkan kamu untuk mengetahui bagaimana performa konten kamu serta intensitas pemutaran konten. 

Berikut kami rekomendasikan beberapa tools social media marketing yang paling efektif untuk meningkatkan brand awareness.

1. Sprout Social 

Sprout Social merupakan sebuah tools promosi sosial media yang populer berkat fitur analisanya. Analisis data yang dibuat oleh Sprout Social ini sangat dinamis dan mudah untuk dipahami.

Berbagai kebutuhan yang berguna untuk memantau kinerja sosial media dapat terakses hanya dengan satu halaman utama saja. Para Influencer marketing juga telah mengakui jika Sprout Social terbukti sangat efektif untuk keperluan digital marketing karena penggunaannya yang simpel.

Fitur utama dari tools ini adalah Smart Inbox. Smart Inbox mempunyai keunikan yaitu mampu membalas pesan, me-repost sebuah konten, memberi like pada konten, dan lain sebagainya. Jadi, kamu tidak hanya mendapat manfaat dari monitoring sosial media saja ketika menggunakan tools ini.

2. Hootsuite

Rekomendasi tools social media marketing selanjutnya adalah Hootsuite. Tools ini memiliki banyak pengguna karena memiliki keunggulan fitur yang sangat lengkap. Dengan tools ini, kamu bisa memonitor berbagai platform sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Twitter, bahkan WordPress

Fitur utama dari Hootsuite adalah Week Report. Fitur ini akan memberikan kamu laporan mingguan secara otomatis yang berfungsi untuk mendelegasi pekerjaan sesuai dengan perintah Hootsuite. 

Selain itu, kamu juga memantau search engine terkait keyword apa yang biasa orang gunakan dalam mencari konten di sosial media. 

3. Buffer

Awalnya, Buffer adalah tools monitoring sosial media untuk platform Twitter saja. Namun saat ini, Buffer telah melakukan update dan support untuk semua platform media sosial utama, termasuk Facebook, Instagram, Pinterest, LinkedIn, dan Google.

Kamu akan mendapatkan keuntungan berikut ini jika menggunakan alat optimasi pemasaran digital Buffer, yakni:

  • Kamu bisa menambahkan Buffer ke ekstensi Google Chrome untuk menambahkan konten ke sosial media.
  • Secara otomatis Buffer akan mempersingkat tautan yang kamu bagikan. Bahkan, Jika kamu pengguna situs iklan Bitly, kamu bisa menghubungkan Bitly ke seluruh akun sosial media.
  • Unggah foto dan video khusus dengan sangat praktis.
  • Akses analitik yang kompleks untuk melacak kinerja konten promosi kamu.
  • Bisa untuk membuat jadwal posting sehingga konten kamu tersebar sepanjang hari.
  • Membalas posting dari dalam Buffer.

Jadi, Buffer ini nampak seperti Dasbor seluruh media sosial yang membantu kamu memposting feed dengan konten yang relevan dan menarik tanpa perlu login ke platform tersebut.

4. Buzzsumo

Riset adalah bagian penting dari sosial media marketing. Jika kamu ingin melakukannya dengan baik dan mengalahkan pesaing bisnis, kamu perlu memahami apa yang mereka lakukan dan apakah yang kamu lakukan akan berhasil atau tidak.

Buzzsumo adalah tools social media marketing yang berfungsi memberitahu bagaimana kinerja konten dan siapa yang menyebarkan konten tersebut. Salah satu tools promosi di media sosial paling kuat ini memiliki keunggulan meliputi:

  • Analisa influencer yang terkait dengan topik tertentu.
  • Optimasi konten berdasarkan kata kunci, nama merek, tautan, nama penulis, atau domain.
  • Melacak pesaing dan melakukan analisis berdasarkan konten mereka.
  • Meneliti kata kunci dan topik tren yang diminati audiens. Kamu dapat menggunakannya untuk menemukan postingan baru yang menarik untuk dibagikan atau untuk mencari ide konten berdasarkan trend yang sedang viral.

5. Sendible

Sendible adalah tool pengelola media sosial yang dibuat khusus untuk agensi. Sebagian besar fitur yang disediakan alat optimasi pemasaran digital ini memungkinkan kamu untuk menyesuaikan dasbor sosial media dengan brand produk agar bisa menarik audiens baru.

Selain itu, Sendible memiliki beberapa integrasi yang mengesankan seperti editor grafis Canva, pencarian gambar gratis, dan pencarian YouTube. Bahkan, Sendible juga menyediakan beberapa otomatisasi bagi kamu yang ingin menghemat waktu ketika jadwal memposting konten sedang padat.

Dengan kata lain, optimasi Sendible ini memungkinkan akun sosial media kamu untuk melakukan promosi digital secara otomatis. Jadi, konten kamu lebih mudah dijangkau oleh banyak audiens.

6. Post Planner

Dengan menggunakan tools social media marketing Post Planner, promosi media sosial kamu akan lebih optimal dengan tiga fitur utama yaitu: 

  • Menemukan konten berkualitas tinggi. 
  • Merencanakan kalender penerbitan konten dengan sempurna.
  • Memposting konten marketing secara konsisten. 

Jadi, Post Planner ini akan mengkurasi dan menilai saran konten serta mempermudah kamu membuat schedule post berbasis tipe konten. 

Dengan fitur pencarian, Post Planner akan dengan mudah memberikan kamu saran konten yang tepat untuk promosi digital. Selain itu, Post Planner juga memiliki fitur yang dapat membuat jadwal posting berdasarkan jenis konten.

7. AgoraPulse

AgoraPulse adalah alat optimasi marketing digital yang ampuh untuk mengelola semua pesan media sosial, menjadwalkan, dan mempublikasikan konten. Alat optimasi pemasaran digital ini juga dikenal luas dan digunakan oleh agensi, bisnis, sampai influencer marketing.

Selain fungsi publikasi, AgoraPulse juga dapat membuat laporan yang menakjubkan dan terperinci dalam satu dasbor yang mudah pengguna pahami. Selain itu, dengan  AgoraPulse, pengguna juga dapat dengan mudah memantau dan mengelola jejaring seluruh sosial media.

Keunggulan fitur-fitur dalam AgoraPulse yaitu:

  • Terintegrasi baik dengan semua jaringan yang luas, termasuk Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram dan YouTube.
  • Memberikan laporan data mendalam dengan format PDF dan CSV.
  • Opsi penerbitan fleksibel untuk posting terjadwal.
  • Bisa menemukan, memfilter, dan mengelola komentar, sebutan (mention), dan pesan penting lainnya dengan mudah.

8. LastPass

Bagi seluruh pegiat digital marketing, bukan suatu hal baru untuk mengelola sosial media lebih dari satu akun. Bahkan, tak jarang para marketer online ini menggunakan sandi yang sama untuk seluruh akun sosial media yang ia kelola. Hal ini tentu memiliki risiko keamanan yang sangat riskan dan berbahaya.

Dengan tools social media marketing LastPass, akan memungkinkan pengguna untuk memiliki keamanan tertinggi di semua situs jejaring sosial. Keunggulan menggunakan LastPass adalah kamu hanya perlu mengikuti satu kata sandi untuk seluruh jejaring sosial. Jadi, kamu tidak perlu lagi menghafal seluruh sandi sosmed.

Selain itu, fitur lain yang bisa kamu dapatkan dari LastPass antara lain:

  • Secara otomatis, LastPass akan terintegrasi dengan ekstensi browser setelah kamu unduh.
  • Akun pengguna LastPass dicadangkan dan disinkronkan di semua perangkat untuk izin akses.
  • Tingkat keamanan tinggi.

Pilih Tools Social Media Marketing yang Sesuai Kebutuhan!

Sekian pembahasan mengenai rekomendasi tools social media marketing terbaik untuk meraih brand awareness.

Perlu kamu garis bawahi, penggunaan alat optimasi pemasaran digital mempunyai keunggulan fitur masing-masing.

Jadi, pilihlah tools yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, blogger influencer dan influencer marketing hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password