Rekomendasi Tools Riset Keyword Gratis, Mudah Digunakan!

tools riset keyword gratis

Menulis artikel akan membutuhkan tema dan keyword atau kata kunci tertentu. Kamu bisa mencari dan melakukan riset terlebih dulu sebelum membuat kerangka tulisan. Sayangnya beberapa alat pencarian hanya bisa diakses setelah membayar. Namun, jangan khawatir ada beberapa tools riset keyword gratis untukmu. 

Kamu bisa mengakses beberapa rekomendasi di bawah ini, sehingga artikel yang kamu buat lebih berkualitas. Sebagai tambahan, artikel yang memiliki keyword tertentu bisa menaikkan kualitas SEO (search engine optimization) dan memiliki ranking tinggi di mesin pencarian. 

Rekomendasi Tools Riset Keyword Gratis

Untuk meningkatkan kualitas, lakukan riset kata kunci terlebih dahulu sebelum membuat artikel. Berikut adalah rekomendasi tools riset keyword gratis yang bisa kamu akses kapanpun dan dimanapun kamu berada:

1. Google Trends

Tools riset keyword gratis yang pertama adalah Google Trends. Alat pencari kata kunci buatan Google ini bisa kamu gunakan untuk mengetahui topik pencarian yang sedang hangat dibicarakan secara real time. Lebih baiknya lagi, kamu bisa memantau tren yang sedang naik ataupun mulai turun peringkatnya.

Pada saat menggunakan alat yang satu ini, kamu bisa tahu volume pencarian, kata kunci yang populer, area atau topik kata kunci sering pengguna cari. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui topik yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. 

2. Google Search

Alat yang kedua adalah Google Search. Tools pencari ini paling sering pengguna internet pakai di seluruh dunia. Sayangnya, banyak yang meremehkan alat riset pencarian satu ini. Padahal ada begitu banyak pilihan kata kunci yang terkait. 

Baca Juga:   12 Perbedaan Blog dan Website yang Harus Kamu Tahu

Selain itu, kamu juga bisa melihat kata kunci apa yang populer dan paling sering dicari oleh berbagai pengguna. Sebagai contoh, apabila kamu mencari artikel terkait alat musik tradisional, maka kamu bisa melihat kata kunci lain yang terkait dengan topik tersebut. 

Semakin banyak kata kunci yang berada di tingkat atas, maka itulah petunjuk bahwa kata kunci tersebut sering muncul dan menjadi penanda akan topik yang sedang kamu cari. 

3. Keywordtool.io

Di posisi ketiga ada tools riset keyword gratis yang bernama Keywordtool.io. Alat pencari ini mampu menemukan kata kunci yang sedang tren melalui ide dari topik yang ingin kamu bahas. Data yang muncul berasal dari Google Search Console, maka apa yang kamu dapat dari alat ini sudah pasti akurat.

Tools ini akan memberikan kamu informasi kata kunci. Namun, sayangnya kamu perlu mengganti keanggotaan menjadi berbayar apabila kamu ingin melihat lebih lanjut tentang volume, tren, dan tingkat kompetisi kata kunci. 

Kendati demikian, kamu bisa memilih negara mana yang memiliki tren atas kata kunci terkait. Cukup klik bagian negara di samping kata kunci, maka hasilnya akan muncul. Selain itu, alat ini juga menjadi penyedia kata kunci untuk berbagai media sosial, seperti Youtube, Instagram, dan Twitter. 

4. Ahrefs Keyword Generator

Di tempat keempat ada Ahrefs Keyword Generator. Tools riset keyword gratis ini siap memberikan kata kunci hingga 150 jumlahnya. Alat satu ini merupakan yang terlengkap dibanding alat-alat sebelumnya. Selain itu, kamu juga bisa tahu berbagai informasi yang ingin kamu ketahui tentang kata kunci terkait.

Seperti volume, tingkat kompetisi kata kunci, tanggal terbaru hasil pencarian kata kunci, hingga daftar pertanyaan yang muncul dari kata kunci terkait. Bagi kamu yang membutuhkan kata kunci turunan, Ahrefs Keyword Generator siap memberikan data yang kamu butuh.

Baca Juga:   Manfaat Blog dalam Kehidupan Sehari-hari yang Jarang Diketahui

Sebagai tambahan, alat ini menyiapkan pertanyaan terkait kata kunci, sehingga kamu bisa memakai pertanyaan tersebut untuk subjudul di artikel yang sedang kamu tulis. 

5. Ubersuggest

Ubersuggest adalah alat pencari kata kunci yang dikembangkan oleh Neil Patel. Alat pencari ini adalah pendatang baru yang siap menjadi pesaing kompetitornya. Kelebihan yang tools riset keyword gratis ini tawarkan adalah berbagai fitur menarik untuk mencari kata kunci khusus artikel.

Beberapa fitur tersebut meliputi volume pencarian, tren popularitas, cost per click yang berguna untuk iklan, tingkat kompetisi berbayar dan organik, serta rekomendasi judul artikel atau konten. Karena tools ini gratis, maka batas untuk mengakses kata kunci dari alat ini sebanyak tiga kali dalam sehari.

Mengingat tidak adanya harga, alat ini sangat bermanfaat terutama bagi para penulis artikel. Karena dapat memberikan fitur lengkap berupa kata kunci, kata kunci turunan, hingga artikel referensi dengan kata kunci terkait. 

6. MOZ Keyword Explorer

Di posisi keenam ada MOZ Keyword Explorer, yaitu tools user friendly yang bisa digunakan bahkan oleh pemula sekalipun. Kelebihan yang alat ini tawarkan, yakni kemudahan mengakses volume pencarian dalam satu bulan, kesulitan kompetisi organik, hingga skor prioritas dari setiap kata kunci yang kamu cari. 

Selain itu, tampilannya juga menarik dan tidak membosankan. Walaupun kata kunci yang alat ini tawarkan di Indonesia cukup terbatas, namun kamu bisa melakukan pencarian hingga 10 kali dalam sehari. 

Selain itu, skor prioritas sangat membantu para penulis untuk menentukan kata kunci yang bisa membuat artikel lebih berkualitas.  

7. SEMrush Keyword Magic Tool

Tools riset keyword gratis selanjutnya bernama SEMrush Keyword Magic Tool. Alat pencari kata kunci ini hanya bisa kamu akses setelah memiliki akun di SEMrush. 

Baca Juga:   Cara Menjadi Blogger Sukses, Profesional dan Berpenghasilan

Kelebihan yang alat ini tawarkan, antara lain volume pencarian bulanan, tingkat kepadatan kompetisi kata kunci untuk iklan, serta tingkat kepadatan kata kunci untuk pencarian organik. 

Salah satu fiturnya adalah Keyword Magic Tool yang bisa kamu manfaatkan untuk menyaring kata kunci rekomendasi berdasarkan metrik yang berlaku. Apabila kamu ingin tahu analisa yang lebih dalam, maka klik bagian variasi kata kunci yang muncul. Kamu akan punya berbagai pilihan untuk membuat konten lebih berkualitas. 

8. Soovle

Apabila kamu merasa alat lain agak kompleks, maka kamu bisa menggunakan rekomendasi yang terakhir, yaitu Soovle. Sebuah tools riset keyword gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk melihat kata kunci sesuai kebutuhan. 

Alat pencari kata kunci ini terkenal paling sederhana tanpa ada tambahan fitur, seperti kompetitornya. Kendati demikian, Soovle menyiapkan berbagai pilihan kata kunci dari berbagai mesin pencarian di internet. 

Kelebihannya yang paling unggul adalah kamu tidak perlu mencari kata kunci di setiap mesin pencarian. Sederhana, gratis, dan bisa berguna bagi para penggunanya. 

Apa Tools Riset Keyword Gratis Pilihanmu?

Setiap artikel yang akan terbit di website harus melalui pemeriksaan, apakah SEO telah teroptimisasi dengan baik atau belum? Karena artikel yang kurang berkualitas dan minim SEO tidak akan memiliki kesempatan untuk berada di peringkat atas di mesin pencarian. 

Menentukan kata kunci terkait akan membantu penulis untuk memaksimalkan SEO pada artikel. Kamu bisa melakukan pencarian melalui berbagai tools riset keyword gratis yang ada di internet. 

Setelah mendapatkan kata kunci yang dibutuhkan, tingkatkan kualitas artikel dengan ketentuan SEO yang berlaku.

Jadi, apa alat pencarian kata kunci pilihan yang akan jadi favoritmu?


Temukan inspirasi seputar blogger influencer, influencer marketing dan lain-lain hanya di influencer101.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password