15 Tools Instagram Gratis Cocok Untuk Influencer Dan Pebisnis

Tools Instagram Gratis Wajib dicoba

Tools Instagram Gratis – Memakai aplikasi instagram untuk berbisnis dan menjadi seorang influencer adalah satu hal yang mungkin kamu lakukan. Mengingat pada zaman serba teknologi ini, aplikasi media sosial ini adalah salah satu platform yang sangat mumpuni dalam digital marketing. Hal itu karena Instagram mempunyai hampir berjuta-juta pengguna dan pengguna baru setiap harinya. Dengan fitur-fitur yang mumpuni, aplikasi ini juga mempunya tools instagram gratis yang bisa kamu coba.

Fitur-fitur seperti tools instagram tersebut juga tidak hanya akan mempermudahkan dalam mengelola bisnis, namun juga dapat kamu jadikan acuan selanjutnya untuk strategi pemasaran brand mu. Dengan strategi marketing yang lebih dari sebelumnya, kamu mungkin akan dapat mencapai target pasar dan calon pembeli yang lebih luas lagi. Apalagi, penggunaan media sosial tidak pernah terbatas oleh waktu, yang artinya kamu bisa dengan bebas memakai Instagram kapanpun yang kamu mau.

Untuk memaksimalkan usaha bisnis dan kegiatan influencer, kamu bisa memanfaatkan tools yang telah tersedia secara gratis oleh Instagram.


Apa Itu Tools Instagram?

Tools Instagram adalah sebuah fitur-fitur atau aplikasi luar yang dapat kamu pakai untuk mengelola akun Instagram Mu. Baik itu untuk memantau aktivitas yang kamu lakukan selama menggunakan Instagram, atau memantau pergerakan aktivitas pengikutmu yang akan berdampak dengan akunmu (unfollow dan follow), dll.

Semua tools instagram gratis yang bisa kamu pakai dan tersedia di laman internet memanfaatkan laporan dan analisis data pada setiap pesan pribadi yang ada pada akunmu. Baik itu pesan yang kamu terima, pesan yang kamu kirim, atau pesan yang selesai menggunakan Instagram API. Semua laporan itu tentu saja berguna sebagai personal branding kamu agar bisa lebih memahami para pembeli dan agar bisa melihat hasil penjualan online yang ada pada tokomu.


Manfaat Menggunakan Tools Instagram Gratis

Selain mempunyai manfaat utama sebagai sistem yang kamu gunakan untuk memonitor segala aktivitas akunmu, Tools Instagram mempunyai beberapa manfaat lainnya. Berikut adalah manfaat menggunakan tools instagram gratis untuk kamu:

  1. Tools Instagram ini memberi kamu akses ke informasi yang bermanfaat untuk pengembangan akunmu. Contohnya seperti postingan apa yang paling banyak mempunyai tanggapan oleh para pengikutmu, atau kapan hari dan waktu yang terbaik yang bisa kamu pakai untuk mengunggah sesuatu, dan masih banyak lagi.
  2. Bot Instagram juga menggunakan kecerdasan buatan seperti AI yang mana berguna untuk membalas pesan pembeli atau pengikutmu secara otomatis. Hal ini tentunya sangat berguna untuk kamu yang tidak memiliki waktu luang yang banyak untuk membalas semua pesan masuk yang ada pada akunmu.
  3. Menggunakan Tools Instagram gratis juga dapat membuatmu mengetahui informasi demografi para pengikutmu. Dengan itu kamu bisa melihat data para pengikutmu seperti jenis kelamin mereka, rentang usia masyarakat yang mengikuti akun bisnis atau influencer milikmu, bahasa mereka, dll. Informasi ini tentunya dapat menguntungkan karena jika kamu semakin baik dalam mengenal mereka, kamu pun pasti akan semakin baik dalam memahami mereka.
  4. Memberikan informasi dan laporan mengenai penjualan tokomu dan komplain yang ada secara terperinci.
  5. Tools instagram juga memberikan laporan mengenai jumlah pesan yang masuk ke dalam DM akunmu, apa-apa saja pesan yang sudah teratasi oleh bot, pesan yang kamu kirimkan sampai performa akunmu.
  6. Kamu juga dapat mengintegrasikan akun Instagram milikmu ke media sosial lainnya.
  7. Kamu juga bisa meningkatkan pengalaman baik para pelangganmu terhadap toko bisnis milikmu dengan mengirimkan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan mereka menggunakan bot.
Baca Juga:   Cara Membuat Meme di Instagram dan Menjadi Viral

15 Tools Instagram Gratis Wajib dicoba 

Berikut ini adalah tools instagram gratis yang bisa kamu pakai untuk akun bisnis ataupun influence mu.

1. Instagram Insight

Tools instagram gratis yang pertama adalah instagram insight. Tools ini dapat kamu pakai jika kamu mengubah akun pribadi milikmu menjadi akun bisnis. Dengan begitu, insight akan otomatis tampil pada profil akunmu. Tools instagram ini berguna untuk menunjukkan jangkauan akun kamu, tayangan postingan yang kamu miliki, kapan pengikutmu atau penonton postingan yang kamu miliki online.

Kekurangan dari tools instagram gratis satu ini adalah kamu tidak dapat menggunakan tools ini jika kamu sedang menggunakan desktop. Artinya instagram insight ini hanya ada pada aplikasi ponsel Instagram. Kelebihan dari Instagram insight ini adalah tools gratis dari Instagram ini menyediakan gambaran dasar yang memiliki performa bagus dari keseluruhan akun kamu.

2. Squarelovin

Tools Instagram satu ini berguna untuk melihat informasi akunmu dengan menganalisis kemajuan yang kamu buat sepanjang tahun. Seperti analisis yang lengkap terhadap postingan akunmu berdasarkan bulan, hari ataupun jam. Squarelovin juga menyediakan fitur yang akan bisa membuatmu tahu kapan waktu yang tepat untuk mengunggah sesuatu.

3. Pixlie

Pixlie merupakan tools instagram gratis yang sangat populer untuk tujuan pemasaran. Tools ini membantumu untuk membuat laporan yang akan kamu bagi ke seluruh tim kamu. Tentunya, alat ini juga bisa menganalisis cara untuk menarik pengikut baru untuk akun bisnis milikmu.

4. SocialBakers

Jika kita nilai secara visual, socialbakers memang tidak mempunyai desain yang cukup bagus jika kita bandingkan dengan tools Instagram gratis lainnya. Namun, Socialbakers dapat berguna untuk kamu yang ingin mengetahui performa terbaikmu. Tools ini juga bisa membandingkan akun milikmu dengan akun bisnis pesaing sehingga kamu bisa tahu apa-apa saja yang kurang terhadap pemasaranmu.

Baca Juga:   Mengenal Apa itu Content Creator: Pengertian, Tugas, Gaji, Skill

5. Iconosquare

Fitur unggul yang ada pada Iconosquare ini adalah fitur tab promosi akun. Fitur ini akan memberi saran tentang bagaimana cara-cara unggul dalam usaha menaikkan jangkauan yang akunmu miliki agar lebih menjangkau banyak pembeli baru. Untuk kamu yang mempunyai bisnis kecil, tools instagram gratis satu ini juga dapat membuat pencarian user dan hastag ataupun menanggapi komentar user lain pada akunmu.

6. Gratis Picdeck

Tools Instagram gratis selanjutnya adalah dari picdeck. Tools ini hampir mirip dengan TweetDeck untuk Twitter. Kegunaannya adalah kamu bisa menambah beberapa akun instagram sekaligus dalam satu dashboard. Kekurangan dari tools ini adalah dia tidak menyajikan informasi yang cukup lengkap namun tata letak picdeck menjadi kelebihan unggul dari aplikasi ini. Kamu bisa menambah kolom untuk feed akun orang lain yang kamu ikuti dengan tujuan memfollow user dan hashtag tertentu agar dapat memudahkan kamu melakukan monitoring.

7. Latergramme

Kali ini, tools instagram gratis ini berfungsi sebagai pembuat jadwal post kamu ke Instagram. Hal ini bertujuan agar kamu tidak melewatkan waktu emas untuk kamu dalam menjangkau lebih banyak orang. Kelebihan pada tools ini adalah dia dapat kamu gunakan pada aplikasi mobile ataupun desktop. Latergramme juga menyediakan data analisis mendasar yang dapat kamu lihat seperti memberikan informasi tentang postingan mana yang menarik untuk para penonton kamu.

8. Ink361

Tools Instagram gratis ini mempunyai fungsi utama sebagai penyedia statistic dasar yang berguna untuk menilai hasil marketing kamu. Ink361 juga menyediakan banyak data yang berbeda yang bisa menjadi bahan perbandingan kamu. Data-data ini diambil dari aktivitas-aktivitas para pengikutmu terhadap akun milikmu.

9. Twtrland

Tak hanya twitter, tools gratis ini bisa juga kamu pakai untuk mengelola Instagram. Tujuan utama dari aplikasi ini adalah memberitahu kamu hasil perbandingan tentang kinerja pemasaran akun kamu dengan competitor yang ada.

10. Hootsuite

Tools instagram gratis satu ini adalah tools paling populer yang Instagram miliki. Pada dasarnya, Hootsuite adalah sebuah dashboard yang bisa memuat banyak platform yang kamu punya. Tools ini juga bisa kamu pakai sampai 3 akun sekaligus, selain itu Hootsuite juga banyak memberi fitur-fitur menarik lainnya seperti analisis.

Baca Juga:   Aplikasi Edit Video TikTok Tanpa Watermark Gratis!

11. CrowdFire

Untuk kamu yang sering melihat daftar para pengikut dan akun yang kamu ikuti, kamu pasti tidak akan bisa mencegah orang-orang untuk unfollow akunmu. Itu adalah hak semua orang, namun yang membuat kesal jika kamu mendapati orang yang kamu follow tidak follow back terhadap akunmu padahal dia bukanlah orang terkenal.

Pada Instagram sendiri, mereka tidak akan memberitahu siapa yang meng-unfollow akunmu, maka dari itu kamu bisa menggunakan CrowdFire. Tools ini akan memberimu informasi lengkap terhadap akun yang tidak mengikuti dirimu balik.

12. Sked

Tools Instagram gratis ini bertujuan untuk aplikasi penjadwalan kapan kamu bisa mengunggah kontenmu. Namun tidak hanya itu, Sked juga mempunyai fitur editing foto yang juga bagus sehingga kamu tidak perlu lagi mengedit fotomu pada aplikasi lain.

13. Boomerang

Tools instagram gratis ini adalah sebuah aplikasi yang Instagram keluarkan dan cukup populer beberapa tahun sebelumnya. Singkatnya, aplikasi ini dapat mengubah video pendek berulang-ulang sampai menghasilkan gerakan patah-patah yang lumayan aesthetic. Jika sudah selesai, kamu bisa memilih untuk mengupload nya saat itu juga atau menyimpan video nya ke galeri mu.

14. Life Lapse

Aplikasi ini bisa kamu pakai pada android maupun IOS. Jika boomerang membuat sebuah video pendek, maka life lapse dapat kamu gunakan untuk membuat video panjang. Kamu bahkan bisa membuat suatu time lapse dari tools ini. Fitur unggulan dari Life Lapse adalah aplikasi ini mempunyai banyak sekali fitur berlimpah dan stop motion yang cocok untuk pemasaran. Namun, tools instagram gratis satu ini mempunyai beberapa fitur berbayar yang harganya bervariasi.

15. Hypetype

Untuk tools satu ini sangat berguna untuk mendesain sesuatu. Hal itu karena Hypetype mempunyai banyak sekali koleksi font dan animasi yang bisa kamu gunakan untuk memperindah video bisnismu. Selain itu, Hypetype mempermudahkan kamu memposting video yang telah kamu edit langsung ke Instagram tanpa keluar dari aplikasi ini.

Tools Instagram gratis ini memang dapat kamu pakai secara gratis sampai kapanpun, namun pada setiap video yang kamu unggah yang sebelumnya kamu edit dari Hypetype, videomu akan mempunyai watermark.


Yuk, Gunakan Tools Instagram Gratis Untuk Kemajuan Bisnismu!

Itulah beberapa tools Instagram gratis yang bisa kamu pakai untuk meningkatkan kualitas akun bisnismu sebagai influencer. Nah, tools mana yang membuatmu tertarik untuk memakainya? Semoga artikel ini bermanfaat!


Dapatkan berbagai informasi dan tips seputar influencer, berita influencer, maupun social media influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password