Tips Sukses Menjalankan Influencer Marketing untuk Bisnis

Tips Sukses Influencer Marketing

Tips sukses influencer marketing yang perlu kamu terapkan jika ingin mencoba strategi ini. Influencer memang mempunyai daya pengaruh yang kuat terhadap penggemar dan pengikut. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan produkmu.

Tapi strategi ini tidaklah semudah yang kamu kira. Karena kamu melibatkan orang lain ke dalam brand, kamu harus mempertimbangkan dengan matang segala sesuatunya. Selain memilih orang yang tepat, eksekusi yang kamu ambil juga harus terarah.

Agar tidak salah langkah, ikuti beberapa tips di bawah ini.


Tips Sukses Influencer Marketing

Ada beberapa faktor penting yang harus kamu perhatikan sebelum memulai influencer marketing. 5 poin di bawah ini adalah bagian dari tips sukses menjalankan influencer marketing yang tidak boleh kamu lewatkan.

1. Tentukan Goal dan Target Audience

Goal dan target audience adalah 2 hal yang harus kamu putuskan sejak awal. Kedua hal ini akan mempengaruhi seluruh proses influencer marketing dari tahap planning sampai evaluasi. Mari kita jabarkan secara rinci.

Goal

Sebelum mengajak influencer untuk ikut berpromosi, tentukan dulu apa tujuan utamamu. Tanpa menentukan goal yang jelas, rencanamu akan melebar dan tidak punya garis finish yang pasti. Tips sukses influencer marketing yang satu ini adalah penentu langkah-langkah selanjutnya.

Beberapa tujuan influencer marketing kerap dirangkum dalam 5S berikut:

  • Sell: meningkatkan penjualan produk
  • Speak: menjalin dialog atau partisipasi untuk lebih dekat dengan konsumen
  • Serve: melayani konsumen seperti tanya-jawab dan komplain
  • Save: menghemat pengeluaran selama transisi dari offline ke online
  • Sizzle: membangun brand secara online untuk bisnis multichannel
Baca Juga:   Pengertian dan Cara Membuat Buyer Persona dalam Bisnis

Selain 5 goals di atas, kamu juga bisa menentukan goal lain sesuai kebutuhanmu.

Target Audience

Pada siapa kamu akan menjual produkmu? Ini adalah pertanyaan mendasar yang harus kamu cari jawabannya sejak tahap planning. Bahkan pertanyaan ini seharusnya diajukan sebelum mulai membangun bisnis. Tapi tenang, tidak ada kata terlambat dalam tips sukses influencer marketing.

Sekarang, coba petakan siapa saja yang berpotensi untuk tertarik pada produk yang kamu jual. Bisa dari segi usia, jenis kelamin, profesi, level ekonomi, dan sebagainya. Dari sini kamu mulai melihat target pasar yang harus dibidik oleh influencer.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Paid Promote Beseta Manfaatnya Bagi Pebisnis Online

2. Riset Influencer yang Cocok dan Relevan dengan Brand

Inti dari topik ini adalah niche. Istilah niche bisa kamu samakan dengan topik atau bidang. Brand yang kamu kembangkan pasti punya titik fokus di suatu bidang tertentu, inilah yang dinamakan dengan niche.

Dalam memilih influencer, penting untuk memastikan bahwa influencer tersebut juga menekuni atau punya ketertarikan terhadap bidang yang menjadi fokusmu. Poin ini juga masih berhubungan dengan target audience yang kita bahas di poin sebelumnya. Sebenarnya, tips sukses influencer marketing memang saling berhubungan satu sama lain.

Sesuaikan influencer dengan brand dan produk yang hendak kamu promosikan. Misalnya endorse Taufik Hidayat untuk mempopulerkan sepatu olah raga. Jangan coba-coba mengajak Deddy Corbuzier berjualan rok atau gaun. Ingat, relevansi itu penting.

Baca juga: Apa itu Influencer Marketing, Beserta Manfaat dan Contoh Strateginya

3. Utamakan Kualitas Dibanding Kuantitas

Kalau kamu perhatikan, brand-brand besar biasanya hanya menggunakan endorsement dari beberapa influencer ternama, Tak jarang mereka bekerja sama dengan satu influencer sebagai brand ambassador. Tidak perlu banyak, yang penting efektif.

Baca Juga:   Mengenal Apa itu Content Creator: Pengertian, Tugas, Gaji, Skill

Dari sini bisa kita simpulkan bahwa kualitas jauh lebih penting dibandingkan kuantitas. Daripada menyebar budget untuk membayar banyak influencer, lebih baik mengalokasikan jumlah yang lebih besar untuk beberapa influencer saja.

Baca juga: Apa Itu Impression dan Pentingnya Dalam Digital Marketing

4. Bangun Kerja Sama Jangka Panjang dengan Influencer

Jasa influencer kurang efektif kalau hanya sekali pajang. Harus ada chemistry antara brand dengan semua pihak yang terlibat di dalamnya, termasuk influencer. Kalau influencer sudah menjadi bagian dari brand, bersiaplah menyaksikan peningkatan grafik penjualan di laporan keuangan periode selanjutnya.

Ini adalah hasil akhir yang diharapkan semua pihak setelah menjalankan tips sukses influencer marketing.

Membangun chemistry, kedekatan, dan keterkaitan tidaklah mudah. Karena itulah akan lebih baik jika kamu menjalin kerja sama jangka panjang dengan influencer. Efeknya juga positif dari kacamata konsumen yang terkait erat dengan kepercayaan dan loyalitas terhadap produk.

Baca juga: Jenis-jenis Influencer Beserta Contohnya! Kamu Wajib Tahu!

5. Track Metric Anda

Untuk mengukur keberhasilan strategi, kamu harus melakukan evaluasi secara berkala. Evaluasi pun perlu menggunakan metric sebagai bukti valid tentang naik atau turunnya brand kamu. Beberapa metric tersebut antara lain:

  • Trafik web secara menyeluruh
  • Trafik web berdasarkan sumbernya
  • Tingkat konversi
  • Bounce rate
  • Jumlah pencarian
  • Pengunjung baru
  • Pengunjung lama yang kembali
  • Keyword
  • 10 page organik teratas
  • Data pengguna
  • Sentimen terhadap brand

Digital marketing terus berkembang, metric evaluasi pun selalu mengalami perubahan. Tips sukses influencer marketing juga terus beradaptasi dengan dinamika tren dan kebiasaan masyarakat. 

Beberapa metric di atas adalah yang masih berlaku sampai sekarang. Buat pelaporan dan dokumentasi pasca evaluasi sebagai bahan pengambilan keputusan.

Baca Juga:   Apa itu Affiliate dan Bagaimana Sistem Kerjanya?

Saat ini ada banyak tools yang bisa kamu pakai untuk mengukur tingkat keberhasilan digital marketing, termasuk dalam konteks influencer. Beberapa di antaranya adalah Google Analytics, SEMrush, dan MixPanel.

Dengan menggunakan tools khusus digital marketing, hasil analisis dan evaluasi pun menjadi lebih akurat. Ini dibutuhkan untuk membuat keputusan yang data-driven dan bisa dipertanggungjawabkan. Serta untuk merancang strategi influencer marketing yang tepat untuk periode selanjutnya.

Baca juga: Cara Mengukur Tingkat Keberhasilan Influencer Marketing


Kesimpulan

Influencer marketing terbukti efektif untuk menaikkan awareness, trust, engagement, dan konversi brand di ranah online. 

Di tangan influencer yang tepat, dengan strategi dan eksekusi yang tepat, brand kamu akan makin cepat dikenal audience. Hasilnya sudah terbukti dan bisa diukur secara kuantitatif, sehingga kamu bisa lebih mudah mengatur budget dan menentukan target return.

Tertarik untuk mencoba? Pastikan kamu mengikuti tips sukses influencer marketing di atas untuk mendapatkan hasil terbaik.


Dapatkan berbagai informasi terbaru seputar berita influencer dan influencer marketing hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password