SEO Pinterest: 10 Tips untuk Meningkatkan Traffic

seo pinterest

Pinterest adalah sebuah platform yang menyediakan berbagai macam gambar untuk berbagai macam kebutuhan. Meskipun hanya berisi beragam jenis gambar, Pinterest ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan traffic, caranya adalah dengan melakukan SEO Pinterest.

Pinterest memang sering dikaitkan dengan beberapa hal, seperti resep, panduan DIY dan juga wisata. Tapi lebih daripada itu, Pinterest juga mencakup berbagai macam topik dan dapat meningkatkan traffic. Ingin mengetahui bagaimana cara memanfaatkan Pinterest? Simak 10 tipsnya berikut ini!

Apa Itu SEO Pinterest?

SEO Pinterest adalah suatu upaya optimasi untuk mengoptimalkan profil kamu di web Pinterest. Pinterest dapat menjadi wadah promosi dan juga meningkatkan kunjungan kamu serta sangat cocok untuk menjadi tempat melakukan backlink website milikmu.

Perbedaan SEO Pinterest dan SEO Google

Pada SEO Google, ada teknik bernama backlink atau tautan dari luar website yang akan mengarah ke website kamu dan bisa meningkatkan traffic website milikmu.

Pinterest tentunya berbeda dengan SEO Google yang menargetkan kata kunci untuk sebuah halaman website. Karena SEO Pinterest mengidentifikasi kata kunci yang kemudian digunakan untuk mengoptimalkan profil seseorang.

Tips SEO Pinterest

Setelah mengetahui bahwa SEO Pinterest adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan sebuah profil di website Pinterest. Berikut ini adalah tips SEO Pinterest yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan traffic.

Simak bersama, ya!

1. Membuat Akun Pinterest

Tips yang pertama tentunya membuat atau mempunyai akun Pinterest. Ketika membuat akun Pinterest, kamu harus memperhatikan beberapa hal yang cukup penting.

Beberapa hal tersebut, seperti membuat akun bisnis. Jika kamu sudah memiliki akun pribadi di website Pinterest, kamu dapat mengubahnya menjadi akun bisnis. Jika menggunakan akun bisnis Pinterest, kamu akan mendapatkan akses ke Pinterest Analytics dan juga Pinterest Ads Manager.

Baca Juga:   Cara Meningkatkan Traffic Website dari Instagram dengan Cepat

Langkah berikutnya adalah memilih nama pengguna atau nama akun yang ramah SEO. Ramah SEO yang dimaksud adalah sebuah nama yang umumnya akan dicari oleh banyak orang ketika mencari sesuatu di Pinterest dan sesuai dengan brand bisnis kamu. 

Lengkapi bagian deskripsi tentang diri kamu serta jangan lupa untuk menyertakan logo dengan resolusi tinggi. Lalu, hal terakhir adalah buat setidaknya satu board atau papan yang nantinya akan berisi berbagai macam konten yang sesuai dengan bidang bisnis, keahlian, atau minat kamu.

2. Miliki Website

Tips yang kedua tentunya adalah memiliki sebuah website. Agar dapat memanfaatkan SEO Pinterest secara maksimal, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan.

Pertama, yaitu menambahkan tag Pinterest yang akan ada di Pinterest Ads Manager kamu. Melalui tag Pinterest, kamu akan dapat mengetahui konversi, yakni gambaran karakteristik pengunjung yang kamu miliki sampai dengan laporan kinerja.

Kemudian, pasang tombol simpan. Agar memungkin orang lain dapat menyimpan gambar kamu. Lalu yang terakhir adalah verifikasi situs website kamu.

3. Menetapkan Target Pasar

Tips selanjutnya adalah menentukan apakah Pinterest merupakan tempat yang efektif untuk menjangkau pasar yang sesuai dengan target bisnis kamu? Selain itu, kamu juga harus memastikan apakah bahwa target pasar kamu akan dapat dengan mudah menemukan konten kamu melalui Pinterest?

Jika kamu sudah memastikan hal tersebut, maka Pinterest memiliki beberapa metrik atau pengukuran yang dapat membantu bisnis kamu. Contohnya, kamu dapat melihat beberapa metrik tersebut dan memastikan bahwa profil Pinterest kamu sudah berfungsi dengan baik.

4. Riset Kata Kunci

Melakukan riset kata kunci pada SEO Pinterest tentunya tidaklah sama dengan SEO Google. Namun, sebagaimana layaknya mesin pencari, Pinterest juga menggunakan kata kunci yang dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan intensitas konten kamu dapat ditemukan di Pinterest. 

Kamu dapat memanfaatkan kolom pencarian dengan cara melihat saran kata kunci yang muncul ketika kamu mencari sesuatu di kolom pencarian Pinterest. Kamu juga dapat menggunakan beberapa niche topik yang relevan dengan bisnis kamu yang telah disediakan oleh Pinterest. 

5. Mengoptimalkan Board

Setelah membuat akun bisnis Pinterest dan menemukan kata kunci yang tepat untuk kamu, tips yang berikutnya adalah mengoptimasi Pinterest board milikmu. Sebaiknya gunakanlah kata kunci yang telah kamu tentukan pada board Pinterest sebelumnya. 

Baca Juga:   8 Cara Menjadi Content Creator Sukses, Cocok Untuk Pemula!

Pinterest board menjadi tempat yang berpeluang besar untuk dapat memberitahu mesin pencari Pinterest tentang isi konten Pinterest kamu. Selain kata kunci yang berada pada sebuah konten, kamu tentunya juga harus memanfaatkan Pinterest board dengan maksimal.

6. Perhatikan Kualitas Konten

Konten adalah hal yang sangat penting dalam Pinterest. Karena hal tersebut, tips SEO Pinterest yang cukup penting berikutnya adalah memperhatikan kualitas konten yang ada pada akun Pinterest kamu. 

Selain resolusi gambar yang baik, kamu juga harus memperhatikan penggunaan warna yang ada pada konten kamu. Kamu dapat menggunakan warna-warna yang memiliki kontras tinggi agar mendapatkan perhatian lebih dari para pengguna Pinterest dan lebih menonjol jika membandingkannya dengan konten pesaing kamu.

Kemudian, kamu juga bisa membuat layout gambar yang lebih besar pada bagian kata kunci yang kamu targetkan. Misalnya, kamu dapat melihat pada beberapa contoh seperti apabila kamu mencari kata “SEO” di Pinterest. Maka pada umumnya Pinterest akan memunculkan gambar dengan tulisan “SEO” yang cukup besar. 

Jangan lupakan juga untuk membuat judul yang menarik dan tentunya mengandung kata kunci yang kamu targetkan. Selain judul yang menarik, pastikan juga kamu membuat judul yang tidak umum dan berbeda dari para pesaing kamu.

7. Deskripsi yang Menarik

Sama seperti SEO Google, SEO Pinterest juga membutuhkan deskripsi pada sebuah konten. Ketika membuat deskripsi yang tepat, maka konten Pinterest kamu akan semakin mudah untuk ditemukan.

Selain menarik, pastikan juga deskripsi kamu mengandung kata kunci yang telah kamu tentukan. Deskripsi bertujuan untuk memberitahu kepada para pengguna Pinterest atau orang-orang yang melihat konten kamu tentang apa isi dari konten tersebut. 

Buatlah deskripsi yang dapat menjelaskan bahwa konten kamu menarik dan dapat memberikan bermanfaat bagi mereka. Misalnya, apa yang akan dapat mereka pelajari atau fakta menarik apa yang akan mereka ketahui dari konten kamu?

Hal terakhir yang perlu kamu ketahui tentang deskripsi pada Pinterest adalah jumlah ideal untuk deskripsi tersebut, yakni sekitar 100 karakter. Kamu juga bisa menambahkan tagar untuk meningkatkan jumlah pengguna Pinterest yang melihat konten kamu.

Baca Juga:   Seberapa Penting Centang Biru pada Akun Instagram Influencer?

8. Gunakan Media Lainnya

Selain beberapa hal yang dapat kamu lakukan langsung di dalam akun bisnis Pinterest kamu. Kamu juga dapat memanfaatkan media lainnya untuk meningkatkan jumlah orang-orang yang melihat konten kamu di Pinterest.

Cara ini bertujuan agar semakin banyak orang yang mengetahui dan mengunjungi konten kamu di Pinterest. Kamu juga dapat memanfaatkan jasa influencer Pinterest yang relevan atau sesuai dengan konten kamu untuk meningkatkan jumlah kunjungan konten milikmu.

9. Bergabunglah dengan Group Board

Group board adalah sebuah board yang dimiliki oleh pengguna lainnya yang memungkinkan kamu untuk bergabung ke dalamnya. Konsep group board ini kurang lebih seperti saling berbagi gambar atau konten antara satu pengguna dengan pengguna lainnya.

Biasanya, setiap group board akan memiliki aturan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Namun tujuannya tetap sama, yaitu untuk saling berbagi konten yang sesuai dengan masing-masing topik group board tersebut. 

Jika kamu bergabung dalam sebuah group board, peluang agar konten kamu dilihat oleh banyak orang tentunya akan semakin besar. Alasannya, dalam sebuah group board biasanya sudah ada beberapa orang yang tergabung didalamnya. 

10. Optimalkan Pencarian Visual

Pencarian visual adalah teknologi yang memungkinkan seseorang dapat mengetahui tentang sesuatu hanya dengan mengarahkan kamera ponsel mereka pada sebuah barang atau hal lainnya. 

Perlu kamu ketahui, bahwa Pinterest memiliki teknologi lensa Pinterest yang merupakan pemimpin pasar dalam pencarian visual. Teknologi ini dapat kamu manfaatkan dengan menggunakan kata kunci yang tepat pada setiap konten dan juga papan yang kamu miliki di akun bisnis Pinterest kamu.

Tertarik Menjalankan SEO Pinterest?

Itulah beberapa tips SEO Pinterest yang perlu kamu ketahui dan kamu manfaatkan untuk meningkatkan traffic profile kamu.

Perlu kamu ketahui juga, menjalankan langkah-langkah di atas tidaklah berlangsung singkat, kamu perlu sabar dan tekun untuk mencapai hasil yang maksimal.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, blogger influencer dan lainnya hanya di influencer101.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password