10 Tips Supaya Postingan Masuk Explore Page Pada Aplikasi Instagram!

Tips Postingan Masuk Explore IG

Aplikasi Instagram memiliki banyak fitur-fitur unggul sebagai penunjang performa kamu dalam membagikan sesuatu postingan. Fitur-fitur tersebut seperti Instagram Story, Akun Bisnis, maupun Explore Page untuk dapat terhubung kepada postingan orang lain yang bukan dari mutual kamu. Kerena Instagram adalah suatu aplikasi yang memiliki banyak sekali pengguna, explore page sudah seperti batu loncatan yang dapat membantu akun milikmu mendapat banyak interaksi baru. Satu postingan masuk explore dapat membawa paling sedikit 1.000 likes baru untuk akun milikmu.


Cara Kerja Explore Page Instagram

Pernahkah kamu bertanya-tanya, jika explore page sangat berpengaruh pada performa suatu akun, lalu bagaimana cara Instagram dapat memilih postingan mana saja yang akan masuk ke dalam menu explore tersebut?

1. Algoritma Instagram

Cara kerja explore page Instagram yang pertama adalah sesuai dengan algoritma yang ada pada saat itu. Seperti yang kita tahu, algoritma Instagram kerap kali berubah seiring waktu. Namun, yang paling pasti adalah Instagram akan merekomendasikan satu video yang memiliki topik sesuai dengan ketertarikan kita. Instagram akan mengukur apa-apa saja kategori postingan (reels, video, post, IGTV, dll) yang pernah berinteraksi dengan kamu sebelumnya. Misalnya jika kamu pernah mengomentari sebuah postingan Instagram yang isinya sebuah trik kecantikan, maka instagram akan memilih postingan berkategori kecantikan untuk ada pada explore page mu.

2. Riwayat Pencarianmu

Riwayat pencarian juga berpengaruh besar pada pemilihan postingan yang akan ada pada explore page. Ketika kamu mencari sesuatu pada menu pencarian, maka otomatis kategori tersebut akan muncul pada explore page milikmu.

Misalnya kamu mencari seseorang, dan akun mutual kamu juga berinteraksi dengan akun itu, maka selanjutnya ketika kamu akan membuka explore page, maka kamu akan melihat postingan dari akun yang kamu cari tersebut.

3. Sistem Ranking Milik Instagram

Cara Instagram memilih postingan mana agar masuk ke dalam explore page juga dari sistem ranking mereka. Instagram akan mengumpulkan beberapa postingan akun yang sedang booming beberapa waktu terakhir dan mengakumulasikannya dengan pertumbuhan interaksi yang akun tersebut miliki.

Baca Juga:   Filter IG Paling Populer 2022: Buat Hasil Foto Semakin Aesthetic

Setelah itu, Instagram akan memilah-milah mana yang cocok dengan ketertarikanmu, setelah itu mereka akan membagikannya lagi dan yang paling teratas akan masuk ke dalam explore page.

4. Informasi yang Ada Pada Suatu Postingan

Informasi-informasi ini berupa kata-kata apa saja yang ada pada caption seseorang beserta pemakaian tags. Jika Instagram menilai tags yang kamu pakai atau yang dipakai oleh seseorang cocok dengan ketertarikanmu, maka mereka akan merekomendasikan postingan tersebut untuk masuk ke dalam explore.


Tips Postingan Masuk Explore

Setelah mengetahui bagaimana cara kerja explore page Instagram, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar postingan masuk explore page. Berikut ini tipsnya :

1. Pakai Tags atau Caption yang Menarik

Tips pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengatur caption yang kamu pakai dalam postingan. Buatlah caption dengan bahasa yang menarik dan hindari typo. Tidak lupa bubuhkan beberapa tags untuk dapat menjangkau lebih banyak orang.

Hashtag pada Instagram memiliki fitur pengikut, artinya jika ada suatu postingan yang menggunakan hashtag tersebut, maka semua orang yang mengikuti hashtag nya akan secara otomatis menerima postingan tersebut.

Selain itu, memakai tags juga akan menambah kesempatanmu masuk ke dalam explore seseorang yang pernah atau setidaknya pernah berinteraksi dengan hashtag tersebut. Contohnya, jika ada seseorang yang pernah memberi likes atau comment pada sebuah akun yang memakai tags tersebut, maka selanjutnya postingan lain dengan tags yang sama akan masuk ke dalam explore nya.

2. Mengubah Akun Menjadi Akun Bisnis

Instagram memang banyak sekali menawarkan keuntungan untuk akun-akun bisnis yang mendaftar pada pada platform ini. Dari mulai fitur iklan, dll. Nah, tips kedua untuk membuat postingan masuk explore adalah dengan mengubah akun pribadi mu menjadi akun bisnis. Akun bisnis pada dasarnya bertujuan untuk dapat dikenal oleh banyak orang.

Akun bisnis juga memiliki banyak kategori pilihan yang bisa kamu sesuaikan dengan konten yang akan kamu posting selanjutnya.

Cara mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis juga lumayan gampang. Masuk ke menu pengaturan dan scroll ke bawah sampai kamu menemukan tombol “switch to business account”. Setelah itu, kamu bisa mengikuti langkah selanjutnya yang berisi apa-apa saja kategori akun bisnis yang akan kamu pakai.

3. Melengkapi Profil

Profil akun adalah bagian pertama kali yang akan terlihat oleh seseorang yang akan mengunjungi akunmu. Memiliki profil yang kosong tentunya akan membuat akunmu seperti akun “mati”, maka dari itu kamu wajib mengisinya dengan beberapa kata yang menarik.

Melengkapi profil artinya kamu harus mengisi hal-hal seperti berikut ini:

  • Username dan Nama yang tetap. Artinya, kamu tidak akan merubahnya kapanpun karena hal ini akan berefek pada pengenalan akunmu.
  • Menggunakan foto profil yang jelas dan unik namun tetap mencerminkan kamu sehingga para pengikutmu atau orang-orang yang berinteraksi dengan kamu tidak kebingunan.
  • Biodata yang berisi summary singkat tentang keseluruhan postinganmu. 
Baca Juga:   Mengenal Apa Itu Social Media Officer dan Tugasnya

4. Mengunggah Postingan Pada Waktu Prima

Waktu Prima atau Prime Time adalah beberapa waktu yang telah Instagram tetapkan sebagai puncak tertinggi dari diagram orang-orang membuka Instagram dalam waktu yang sama. Mengunggah postingan pada waktu prima ini juga berpotensi tinggi untuk membuat postingan masuk explore. Karena kemungkinan besar, banyak para pengikutmu akan berinteraksi dengan postingan milikmu tersebut. Semakin banyak orang yang berinteraksi, maka akan semakin besar pula kesempatan mu dalam hadir pada explore page orang lain yang bukan pengikutmu.

Nah, setiap Negara mempunyai Prime Time yang berbeda karena penyebab perbedaan waktu. Namun, Prime Time Indonesia sendiri adalah pada pukul 09.00 pagi, sore pukul 17.00 dan malam pada pukul 7 pas waktu Indonesia setempat (WIB, WIT, WITA).

5. Algoritma Interaksi 30 Menit

Salah satu algoritma Instagram adalah menghitung seberapa banyak interaksi yang kamu dapatkan selama 30 menit sejak kamu mengunggah sesuatu. Jika kamu mendapatkan banyak interaksi (Likes atau Comment), maka kesempatan postigan tersebut untuk masuk ke explore page akan semakin besar. jumlah interaksi tersebut juga harus lebih dari setengah jumlah pengikutmu.

Selain menunggu interaksi, kamu juga dapat membagikan atau berinteraksi sebanyak-banyaknya dengan postingan orang lain untuk mendapatkan engagement yang akan berpotensi membuat postingan masuk explore.

6. Membuat Konten yang Menarik

Tips yang satu ini memang harus wajib kamu lakukan dalam membuat akun Instagram. Siapa sih orang yang tidak akan tertarik dengan konten yang informatif dan menghibur. Nah, untuk itu, buatlah konten yang menarik namun informatif yang membuat para pengikutmu sukarela memberi interaksi mereka. Selain dari likes dan comment, buatlah agar banyak orang berbondong-bondong menyimpan postingan milikmu. Konten Instagram yang saveable akan semakin meningkatkan kesempatan postingan masuk explore.

TIPS : Buatlah konten yang mempunyai thumbnail yang menarik dan memiliki banyak informasi sehingga orang berlama-lama pada postingan kamu. Hal ini dinilai akan terhitung dalam algoritma Instagram.

7. Unggah Konten Secara Berkala

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengunggah konten secara berkala. Selain memastikan konten yang kamu unggah masuk ke dalam prime time, kamu juga harus sering mengunggah konten pada hari yang sama. 

Menurut analisis tim Instagram, algoritma Instagram akan menghitung postingan yang berkala sebagai tanda bahwa sebuah akun pantas untuk dipromosikan. Pastikan kamu mengunggah konten sekali dalam dua hari dan berkala selama satu bulan.

Baca Juga:   Cara Live di TikTok Dengan Mudah Untuk Menarik Banyak Penonton

8. Menggunakan Kata Yang Termasuk dalam CTA

CTA atau call to action adalah suatu teknik marketing yang akan membuat para pengunjung melakukan sesuatu terhadap postingan kita. Bentuk-bentuk dari CTA bisa jadi mengisi suatu form yang kamu bagikan, suatu event yang menarik, dan semacamnya.

Tips ini ternilai ampuh dalam membuat postingan masuk explore karena berpotensi besar mendapat banyak interaksi dari beberapa pengguna terhadap postingan milik kamu. 

Posisi paling baik dalam menempatkan CTA pada postingan kamu adalah pada tahap pertengahan sampai akhir dari caption maupun konten. Hal ini memungkinkan para audiens akan membaca dan memahami konten mu terlebih dahulu sebelum tertarik untuk memberikan interaksi lebih.

Contoh-contoh dari kalimat CTA adalah sebagai berikut:

  • Find More
  • Learn More
  • Watch Now
  • Please Watch
  • Visit here
  • Click here
  • Start Here
  • Check it out
  • Get Details
  • More Info
  • Continue Reading
  • Dll.

9. Konten Sesuai Dengan Target Kamu

Mempunyai satu target adalah hal yang harus kamu siapkan sebelum membuat sebuah akun maupun mengunggah sesuatu. Dengan mempunyai target yang baik, kamu dapat meningkatkan kesempatan postingan masuk explore page. 

Misalnya, kamu ingin memberi informasi tentang penjualan suatu mainan, maka usahakan konten yang kamu buat penuh warna dan gambar yang pastinya akan menarik perhatian anak kecil. 

Sebaliknya, jika kamu ingin menjual baju kemeja, pastinya target kamu adalah remaja ke dewasa, maka buatlah postingan yang penuh dengan kata-kata yang booming namun tetap menjual.

Memilih target yang akan kamu capai juga adalah salah satu cara dalam meningkatkan branding dan menentukan citra akun kamu. Tentunya, kamu tidak ingin terus-terusan berganti tema hanya karena ingin menyesuaikan minat para audiens kan? Ingatlah bahwa konsistensi adalah bagian utama dalam membuat akun bisnis.

10. Pastikan Interaksi Akunmu Tidak Memakai Bot atau Pengikut Palsu

Tips postingan masuk explore selanjutnya adalah kamu harus memastikan kamu tidak pernah memakai interaksi-interaksi illegal seperti menggunakan bot ataupun membeli followers. 

Instagram sudah memiliki fitur yang bisa membedakan bot dan akun aktif yang asli. Selain tidak akan terhitung pada algoritma instagram dan menguntungkanmu, Instagram juga bisa menangguhkan akun kamu.

Akun yang ditangguhkan tidak akan bisa mengirim postingan apapun sehingga performa akun kamu akan menurun drastis. Belum lagi ada kemungkinan akunmu diblokir karena melanggar peraturan yang Instagram terapkan


Explore Page Sangat Penting Untuk Menambah Engagement

Seperti itulah 10 tips agar postingan masuk explore yang bisa kamu lakukan. Semoga artikel berikut dapat membantumu!

Dapatkan berbagai insight maupun tips seputar influencer, berita influencer, influencer marketing, hingga social media influencer tentunya hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password