Tips Menggunakan Video Pinterest untuk Promosi, Ternyata Mudah!

tips menggunakan video pinterest untuk promosi

Media sosial memang salah satu tempat yang menarik untuk melakukan promosi. Salah satu media sosial yang bisa kamu gunakan adalah Pinterest. Selain identik dengan gambar, Pinterest juga memiliki fitur video yang cukup bisa kamu andalkan. Lalu, bagaimana tips menggunakan video Pinterest untuk promosi bisnis?

Pinterest sendiri sebenarnya bentuk media sosial yang cukup unik. Bagi penggunanya, ini merupakan sebuah pinboard online yang bisa kamu gunakan untuk mengumpulkan gambar atau video yang kamu suka. Sehingga, membantu kamu untuk mengorganisasi semua konten multimedia yang kamu sukai.

Alasan Video Pinterest Cocok untuk Promosi

Jika dilihat sekilas maka interaksi yang terjadi pada platform media sosial ini memang hanya likes, comment, dan re-pin konten antara pengguna yang satu dengan yang lainnya. Lalu bagaimana Pinterest bisa menjadi salah satu media sosial yang penting untuk kebutuhan promosi?

Sebenarnya ada 2 alasan yang membuat media sosial ini bisa kamu andalkan. Alasan pertama, sebuah pin pada Pinterest bisa menjangkau lebih banyak orang dibanding dengan tweet pada tweeter. Selain itu, konten yang di-pin juga mampu meningkatkan page visits dan pageviews.

Kedua alasan tersebut membuktikan bahwa Pinterest merupakan platform yang efektif saat melakukan promosi bisnis. 

Tips Menggunakan Video Pinterest untuk Promosi

Demi mendapatkan manfaat dari platform Pinterest, maka kamu perlu mengikuti tips menggunakan video Pinterest untuk promosi berikut ini:

1. Menggunakan Pinterest for Business

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan sebagai tips menggunakan video Pinterest untuk promosi adalah dengan menggunakan akun Pinterest for business. Cara ini dinilai lebih efektif daripada menggunakan akun personal.

Jika menggunakan cara ini, maka kamu bisa menghubungkan akun Pinterest dengan blog atau website yang kamu punya. Sehingga, akan mempermudah kam untuk melakukan repins, melihat jumlah klik yang kamu dapat, dan juga melihat jumlah saves pada setiap konten milikmu. 

Baca Juga:   Ide Konten TikTok Bisnis yang Wajib Kamu Coba Sebagai Pebisnis

Cara ini juga merupakan langkah yang bisa kamu lakukan untuk melakukan branding pada website milikmu. Jangan lupa untuk menaruh informasi tentang link website pada kolom bio Pinterest untuk memaksimalkan cara ini!

2. Memanfaatkan Tools dari Pinterest

Salah satu keunggulan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan akun business adalah dapat memanfaatkan berbagai macam tools yang menguntungkan dari Pinterest. Pada dasarnya, tools ini akan berfungsi mirip dengan analytics tools.

Jika dikaitkan dengan tips menggunakan video Pinterest untuk promosi, maka cara ini cukup efektif untuk mendatangkan traffic, terutama untuk website. Cara ini juga bisa kamu optimasi lebih jauh dengan menggunakan optimasi SEO pada website.

Beberapa tools Pinterest lainnya yang juga cukup menarik untuk kamu gunakan, antara lain:

  • Marketing Blog: Fitur ini akan membantu kamu dengan cara memberikan berbagai macam tips marketing menggunakan Pinterest.
  • Video Library: Fitur ini dapat membantu kamu untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan banyak klik, mengoptimasi campaign, dan lainnya.

3. Jangan Lupakan Deskripsi Video

Ketika membuat sebuah video promosi, maka mungkin kamu akan fokus pada konten yang ada di dalamnya. Ketika di post, kebanyakan orang hanya menuliskan sedikit penjelasan pada deskripsi. Hal ini merupakan cara yang salah.

Sebagai tips menggunakan video Pinterest untuk promosi, maka memaksimalkan kolom deskripsi merupakan hal yang sangat penting. Ini merupakan cara mudah untuk menjelaskan kepada audiens tentang video yang kamu buat.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengisi kolom deskripsi agar bisa meningkatkan interaksi dan memaksimalkan konten. Cara tersebut antara lain:

  • Buatlah sebuah deskripsi yang akan membantu audiens untuk memahami video tersebut dengan cepat.
  • Berikan informasi sedetail mungkin, meskipun menggunakan kalimat yang singkat. Pastikan informasi tersebut bisa memberi tahu audiens tentang isi video tersebut. Selain itu, pastikan juga informasi tersebut cukup menarik perhatian audiens.
  • Gunakan kata-kata yang berkaitan dan penggunaan kalimat-kalimat positif untuk menarik audiens. Hal ini mirip dengan penggunaan kaidah SEO.
  • Jika memungkinkan, jangan lupa untuk menggunakan CTA (Call to Action).
Baca Juga:   Mengenal Apa itu Content Creator: Pengertian, Tugas, Gaji, Skill

Ketika menulis deskripsi, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan menuliskan meta description pada kaidah SEO. Kamu memiliki jumlah karakter terbatas yang bisa kamu maksimalkan untuk bisa membuat tulisan yang cukup menarik.

4. Gunakan Keyword

Keyword memang memegang peranan yang cukup penting untuk memahami apa yang audiens inginkan dan bagaimana kreator menyediakan hal yang diinginkan tersebut.

Termasuk dalam video pinterest yang ingin kamu optimasi untuk kebutuhan promosi, maka menggunakan keyword yang sesuai juga merupakan sebuah keharusan. Pada kondisi ini, penggunaan keyword merupakan sebuah cara supaya konten kamu menjadi lebih mudah untuk ditemukan pengguna Pinterest lainnya.

Penggunaan keyword sendiri bisa kamu sisipkan pada kolom deskripsi. Cara ini juga berguna untuk menjelaskan dengan lebih cepat tentang video yang kamu unggah.

5. Perhatikan Kualitas Video

Agar bisa memaksimalkan video promosi yang kamu buat, maka jangan lupakan kualitas videonya. Karena semakin baik kualitasnya, tentunya akan semakin menarik perhatian banyak orang.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk membuat konten video Pinterest yang berkualitas sebagai alat promosi, seperti berikut ini:

  • Size dari video pinterest yang kamu gunakan.
  • Pilih format video yang sesuai untuk konten tersebut, vertikal atau horizontal.
  • Pencahayaan dan tone warna.
  • Kualitas konten.

6. Sesuaikan dengan Audiens

Hal penting dari setiap konten promosi tentu saja adalah menyesuaikan dengan audiens. Bagaimanapun, audiens akan menjadi sasaran utama dari semua konten promosi yang akan kamu buat. Jika audiens tertarik, maka konten yang kamu buat tentu berhasil.

Oleh sebab itu, tips menggunakan video Pinterest untuk promosi yang paling utama adalah mendapatkan interaksi. Bagaimanapun juga interaksi ini akan menghasilkan exposure yang kamu butuhkan. Semakin besar exposure yang kamu dapatkan, maka akan semakin tinggi juga kemungkinan konten tersebut berhasil.

Agar bisa menyesuaikan dengan audiens, maka ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Mulai dari melakukan survei konten sampai melihat bagaimana reaksi atas konten yang kamu buat.

Cara lainnya, yaitu melihat konten yang sudah ada dari brand lain dengan niche yang hampir sama denganmu atau target audiens yang serupa. Sehingga, kamu bisa melihat konten apa yang sedang digemari dan mana yang tidak.

Baca Juga:   Karakter Pengguna Instagram Beserta Minatnya!

7. Menerapkan Strategi Konten yang Tepat

Tips menggunakan video Pinterest untuk promosi lainnya yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan strategi konten yang tepat untuk menentukan konten yang akan kamu buat.

Penggunaan strategi konten memang akan sangat berkaitan dengan bagaimana audiens yang akan kamu hadapi. Selain itu, strategi ini juga berhubungan dengan bagaimana citra bisnis yang kamu miliki dapat diterima baik dan tepat oleh audiens.

Karena kompleksnya strategi ini, maka sangat memungkinkan jika penggunaan strategi yang sama belum tentu mendapatkan hasil yang sama. Meskipun kamu gunakan pada dua jenis bisnis dengan target pasar yang sama.

Manfaat Menggunakan Pinterest untuk Promosi

Dari sekian banyak tips menggunakan video Pinterest untuk promosi di atas, terlihat cukup banyak cara yang bisa kamu lakukan.

Lalu sebenarnya seberapa efektif melakukan promosi lewat platform Pinterest?

Setidaknya, untuk kebutuhan marketing maka ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukannya di Pinterest, yaitu:

  • Meningkatkan traffic website: Hal ini berkaitan dengan konten video pinterest yang menarik, maka akan membuat audiens mencari sumber website-nya juga.
  • Menaikan jumlah penjualan: Semakin tinggi jumlah traffic website, maka semakin tinggi juga kemungkinan untuk meningkatnya angka penjualan bisnis kamu.
  • Menciptakan komunitas: Pada dunia bisnis, komunitas merupakan hal yang menguntungkan. Cara ini juga bisa kamu dapatkan dengan mudah ketika melakukan promosi di Pinterest. Karena Pinterest merupakan platform yang cukup mudah untuk membangun komunikasi antara brand dengan audiens

Tertarik Menggunakan Video Pinterest untuk Promosi?

Nah, itu dia tips menggunakan video Pinterest untuk promosi. Pinterest memang menawarkan banyak kemudahan.

Selain itu, menggunakan video pinterest untuk promosi juga cukup menguntungkan karena interaksi yang bisa mudah kamu dapatkan dengan audiens.

Pastinya, platform Pinterest sangat cocok untuk kamu jadikan wadah promosi bisnis yang efektif.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?


Temukan inspirasi lainnya tentang social media influencer, blogger influencer dan marketing influencer hanya di influencer101.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password