7 Tips Menang Lomba Blog yang Perlu Kamu Tahu

7 Tips Lomba Blog Supaya Menang

Selain sebagai tempat berbagi informasi dan juga media untuk menulis, salah satu yang menarik dari blogging adalah ketika mengikuti lomba. Ini merupakan kegiatan yang mungkin banyak para blogger tunggu-tunggu. Untuk kamu yang juga suka mengikuti lomba ini, ada banyak tips lomba blog yang bisa kamu lakukan. Berikut adalah beberapa tips menang lomba blog.

Tips Menang Lomba Blog

Bagi sebagian blogger, mengikuti lomba blog bisa menjadi ajang pertunjukan seberapa hebat blog yang mereka punya. Tentunya, ada banyak faktor yang menjadi penilaian dalam lomba ini. Dari mulai kualitas konten sampai desain blog yang kamu buat.

Berikut adalah beberapa tips lomba blog yang bisa kamu lakukan.

1. Perhatikan Persyaratan Perlombaan

Tips lomba blog pertama yang perlu kamu lakukan adalah memperhatikan dengan baik apa saja persyaratan pada lomba tersebut. Tentu saja setiap lomba akan memiliki syarat tertentu, yang mungkin saja akan berbeda satu sama lain. Persyaratan ini juga ada bentuknya. Dari mulai persyaratan umum sampai khusus.

Misalkan persyaratan tentang tata cara penulisan, seperti jenis huruf, ukuran huruf, jumlah kata, dan tata cara lainnya. Selain itu, aturan tersebut bisa saja mengatur tentang tema dari tiap tulisan

2. Buat Tulisan yang Sistematis

Hal lain yang juga perlu kamu lakukan sebagai salah satu tips menang lomba blog adalah membuat tulisan dengan sistematis. Tujuannya adalah membuat tulisan kamu menjadi lebih mudah untuk pembaca mengerti.

Baca Juga:   Inilah Perbedaan Blogger, Vlogger dan YouTuber yang Perlu Kamu Tahu

Salah satu cara untuk membuat tulisan dengan sistematis dan runut ini adalah dengan membuat outline terlebih dahulu. Dengan membuat outline, selain akan membantu kamu membuat tulisan menjadi lebih sistematis, hal ini juga akan membantu kamu untuk menciptakan batasan. Nantinya, kamu akan paham apa saja yang perlu kamu bahas dan tidak.

3. Buat Tulisan Selengkap Mungkin

Biasanya, dalam beberapa lomba blog maka salah satu tujuannya adalah masalah jumlah kata. Di sinilah kamu harus bisa memaksimalkan jumlah kata tersebut untuk bisa menciptakan tulisan dengan sejelas dan selengkap mungkin. 

Kelengkapan tulisan ini sebenarnya akan berkaitan juga dengan keutuhan informasi yang ingin kamu sampaikan. Jangan sampai karena tulisan kamu tidak lengkap maka terjadi penyebaran informasi yang salah.

Selain lengkap dan juga jelas, hal lain yang juga perlu kamu perhatikan sebagai tips menang lomba blog adalah menciptakan tulisan yang menarik dan enak ketika dibaca. Dalam hal ini, maka pemilihan tiap kata, dan juga jumlah kata tiap kalimat perlu kamu perhatikan.

4. Menciptakan Tulisan yang Unik

Hal lain yang juga menjadi tips lomba blog adalah kamu perlu menciptakan tulisan yang unik. Salah satu caranya, kamu bisa saja mengambil tema yang sangat spesifik atau mungkin belum banyak orang yang mengambil. Pemilihan tema ini akan sangat berpengaruh terhadap kualitas tulisan yang akan kamu hasilkan nantinya.

Pada dasarnya, tulisan yang unik ini bisa kamu dapatkan ketika kamu paham dengan apa yang akan kamu tulis. Oleh sebab itu, sebelum kamu memutuskan akan menulis tentang apa maka ada baiknya kamu menambah sumber dan referensi yang kamu punya.

5. Pemilihan Sudut Pandang

Masih berkaitan dengan pembuatan tulisan yang unik. Hal lain yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan memilih sudut pandang. Mungkin ada banyak orang yang akan menuliskan tema yang sama, tapi tentu saja tidak akan semua orang memiliki sudut pandang yang sama. Ini merupakan salah satu tips lomba blog yang tidak boleh kamu lewatkan.

Baca Juga:   Apa itu Guest Post dan Manfaatnya untuk Blog Kamu?

Ada banyak sudut pandang yang bisa kamu coba. Mungkin kamu bisa mencoba sudut pandang orang pertama, atau kamu bisa mencoba sudut pandang personal. Selain itu, mungkin juga kamu bisa mencoba menulis dengan sudut pandang orang lain atau point o view.

Baca Juga: 7 Tips dan Cara Mendapatkan Job Content Placement

6. Buat Konten yang Original

Selain masalah kualitas, hal penting lainnya adalah orisinalitas. Jangan sampai hanya karena mengejar kualitas, maka kamu menggunakan konten miliki orang lain. Dalam banyak lomba blog, masalah ini merupakan hal yang sangat serius. Menggunakan konten milik orang lain merupakan hal yang sangat dilarang pada semua lomba.

7. Periksa Kembali Tulisan yang Kamu Buat

Setelah semua tulisan selesai, maka hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah jangan lupa untuk memeriksa ulang. Ini juga merupakan tips lomba blog yang tidak bisa kamu lewatkan. 

Pemeriksaan ulang bertujuan untuk melihat apakah kamu sudah menggunakan kata yang tepat, apakah penggunaan tanda baca sudah tepat, dan lainnya.

Sudah Siap Mengikuti Lomba Blog?

Itulah beberapa tips lomba blog yang bisa kamu lakukan. Dalam banyak kasus, beberapa lomba juga memiliki kriteria tersendiri untuk memilih siapa yang menang. Seperti misalnya, jumlah view atau share. 

Tentu saja hal tersebut juga perlu kamu perhatikan. Karena selain masalah kualitas tulisan, kamu juga perlu memikirkan bagaimana tulisan kamu mendapatkan banyak pengunjung. Selamat mencoba!

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, blogging influencer, marketing influencer, dan lain-lain hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password