Tips Membuat Artikel yang Menarik Cocok untuk Posting Blog!

tips membuat artikel yang menarik

Bagaimana tips membuat artikel yang menarik?

Pasalnya, banyak yang dapat menulis artikel tapi tidak semua bisa membuatnya menarik untuk dibaca.

Jika kamu ingin mulai menulis artikel, perlu diingat bahwa terdapat tips membuat artikel yang menarik yang dapat kamu gunakan untuk menggugah ketertarikan pembaca di blog kamu.

Artikel sendiri merupakan rangkaian kalimat yang ditulis oleh seseorang dengan tujuan tertentu. Setiap orang berhak atas kebebasan untuk menyatakan pendapatnya dalam sebuah artikel.

Namun, penulisan artikel harus menarik agar blog tempat kamu mempublikasikannya didatangi banyak visitor yang dapat menguntungkan kamu.

Tips Membuat Artikel yang Menarik

Untuk kamu yang masih kesulitan mendapatkan formula membuat artikel yang dapat meningkatkan traffic blog, maka kamu perlu mengetahui beberapa tips membuat artikel yang menarik.

Berikut ini adalah beberapa tipsnya yang wajib kamu ketahui.

1. Tetapkan Fokus Blog

Menentukan fokus dari blog kamu adalah tips membuat artikel yang menarik yang pertama. Kamu harus terlebih dahulu memutuskan fokus blog sebelum mulai menulis. Sebuah blog dapat memiliki berbagai topik, termasuk ulasan buku, ulasan film, ulasan teknologi, puisi, ulasan serial drama, traveling, dan lainnya.

Blog dengan fokus tertentu akan lebih mudah dikelola. Boleh saja menggunakan blog sebagai tempat untuk mendokumentasikan aktivitas sehari-hari kamu, tetapi blog jenis ini biasanya lebih menantang untuk kamu kembangkan.

2. Singkirkan Semua Gangguan

Banyak orang menyatakan bahwa multitasking membantu mereka bekerja lebih efektif. Namun hal ini jarang terjadi pada kebanyakan orang, terutama jika tujuannya adalah menulis artikel. Makanya, menyingkirkan seluruh gangguan ketika menulis adalah  tips membuat artikel yang menarik selanjutnya

Artikel yang baik dan menarik membutuhkan perhatian penuh dari kamu. Maka dari itu, matikan TV dan bisukan media sosial sebelum kamu membuat kalimat pertama, sehingga kamu dapat berkonsentrasi hanya pada menulis artikel.

3. Mencari Referensi Terpercaya

Menulis artikel tidak seperti menulis fiksi, yang bisa kamu tulis sesuka hati. Kamu memerlukan sumber referensi saat menulis artikel, baik itu buku, dokumenter, atau sumber terpercaya lainnya.

Saat berbicara bagaimana cara  menemukan referensi yang dapat diandalkan, kamu juga dapat membaca temuan penelitian atau buku yang berkaitan dengan topik yang akan kamu bahas. Selain itu, kamu dapat membaca dari di situs web terpercaya.

Referensi yang terpercaya juga adalah cara membangun kepercayaan pembaca selain menjadi tips membuat artikel yang menarik. Sebab, kejelasan sumber referensi yang dipakai dalam artikel kamu harus tidak boleh diragukan kebenarannya.

4. Menyusun Kerangka Artikel

Membuat kerangka artikel adalah tips selanjutnya dalam membuat artikel yang menarik. Membuat kerangka artikel sangat penting terutama bagi penulis pemula. Dikhawatirkan jika kamu tidak menulis kerangka terlebih dahulu, maka kamu akan pusing di tengah jalan dan kehilangan arah menulis.

Kerangka artikel akan memudahkan penulis untuk mengingat apa yang akan disampaikan dalam artikel. Kerangka artikel ini sangat bermanfaat, apalagi jika artikel yang dibahas panjang lebar.

Selain itu, kerangka artikel memiliki tujuan lebih dari sekadar membantu mengingat bahasan. Tetapi juga membantu untuk mengorganisir artikel agar lebih rapi dan teratur.

5. Simpan Ide yang Berguna untuk Artikel

Tips membuat artikel yang menarik selanjutnya adalah menyimpan ide kamu untuk artikel. Awal dari writer’s block (fenomena seretnya ide saat sedang menulis) tidak dapat kamu prediksi. Maka dari itu, sangat penting menyimpan daftar ide untuk artikel blog yang dapat menjadi referensi kamu dalam menulis artikel.

Tuliskan ide segera setelah kamu mendapatkannya di buku catatan atau Microsoft Word di komputer kamu. Jadi, ketika kamu akan menulis atau mengalami kebuntuan dalam menulis, kamu dapat melihat daftar ide tersebut.

6. Ciptakan Judul yang Catchy

Salah satu tips membuat artikel yang bagus adalah buat judul artikel yang catchy. Judul artikel kamu akan menjadi hal pertama yang dilihat pembaca, dan juga akan menjadi kesempatan pertama kamu untuk membujuk mereka agar mau membaca lebih lanjut.

Untuk menarik minat pembaca, kamu tidak harus menggunakan judul bergaya clickbait. Ada banyak metode untuk membuat judul yang kuat.

Pertama, pancing mereka dengan menjanjikan jawaban atas masalah yang mereka hadapi, misalnya menggunakan frasa seperti “bagaimana” dan “tips untuk…”. Kedua, singkat. Artinya, artikel blog dengan judul yang mengandung 6 hingga 13 kata lebih mudah mendapatkan banyak traffic.

7. Tertarik pada Artikel yang Kamu Tulis

Ketertarikan kamu pada apa yang kamu tulis dapat menjadi salah satu tips membuat artikel yang menarik.

Ketertarikan dalam topik atau subjek yang kamu tulis akan membuat tulisan kamu menarik secara alami. Selain itu, jika kamu sendiri tertarik dengan apa yang kamu tulis, artikel yang kamu buat akan lebih hidup dan menularkan antusiasme kepada pembaca melalui kata-kata.

8. Gunakan Poin-Poin Saat Menulis

Tips membuat artikel yang menarik lainnya adalah menggunakan format listicle. Menulis dalam poin-poin atau listicle akan memudahkan kamu menata ide dalam tulisan dan menyelesaikan artikel lebih cepat. Akhirnya, artikel akan terlihat terstruktur dan lebih menarik.

Selain itu, artikel dengan poin-poin sering menerima lebih banyak traffic karena algoritma mesin pencari menyukai konten dengan poin-poin dan subjudul. Selain menghemat waktu, menulis poin-poin dapat meningkatkan kemungkinan artikel kamu dibaca oleh audiens target kamu.

9. Isi Artikel yang Berkualitas

Tips membuat artikel yang menarik adalah mengisi artikel tersebut dengan konten yang berkualitas. Tulisan yang berkualitas tinggi tidak akan keluar dari pokok bahasan terlalu jauh dan selalu fokus  pada tujuan. Tulis artikel secara relevan dan akurat. Saat menulis artikel, berikan informasi dan fakta yang tepat.

Artikel tidak harus panjang; yang penting semua informasi disajikan dengan jelas dan akurat. Gunakan kata ganti “Anda”, “kamu”, atau “kita” untuk membuatnya tampak akrab bagi pembaca.

10. Hindari Menggunakan Pengulangan Kata

Menghindari struktur kalimat yang sama secara berulang-ulang merupakan tips membuat artikel yang enak audiens baca.

Sebaliknya, gunakan variasi kata untuk membuat tulisan kamu lebih menarik dan untuk memamerkan keterampilan menulis kamu. Agar tulisan kamu tidak monoton, gunakan berbagai kalimat sederhana, majemuk, dan kompleks.

11. Perhatikan Visual

Visual dalam tips membuat artikel yang menarik di sini terbagi menjadi dua, yakni variasi kata dan gambar

Artikel dengan visual menarik dibangun dengan memvariasikan ukuran teks, jenis teks, panjang kalimat, dan panjang paragraf. Visual ini juga dapat mengarahkan pembaca ke bagian terpenting dari artikel kamu.

Selain itu, gambar adalah alat lain untuk menarik pembaca dan dapat digunakan untuk membagi teks. Gambar dapat menarik minat pembaca, sama halnya seperti judul artikel yang menarik. Ingatlah untuk mempertimbangkan gambar terbaik dalam artikel kamu.

12. Edit Artikel Kamu

Tips membuat artikel yang menarik  berikutnya adalah mengedit tulisan kamu. Adalah umum untuk merasa bahwa setiap kata yang kamu tulis dalam artikel adalah penting, sehingga sulit untuk menghilangkan beberapa kata. Namun, mengedit sama pentingnya dengan menulis itu sendiri.

Setelah kamu selesai menulis draft pertama kamu, tinjaulah secara kritis dan singkirkan materi yang dianggap tidak perlu.

Potonglah jika sebuah kalimat tidak relevan dan tidak mendukung kalimat dalam paragraf kamu meski sudah kamu ubah berulang kali. Setelah fase pertama melakukan editing, baca kembali artikel kamu untuk memastikan setiap kalimat mengalir ke kalimat sebelumnya.

13. Blogwalking

Blogwalking pada dasarnya adalah praktik mengunjungi blog lain dengan tujuan tertentu. Biasanya, blogwalking dilakukan ketika seorang blogger sedang mencari ide posting blog. Tapi blogwalking sering digunakan sebagai cara untuk berinteraksi dengan blogger lain.

Tips membuat artikel yang bagus selanjutnya adalah kamu perlu rajin-rajin melakukan blogwalking agar konsisten menulis blog yang menarik dan berkualitas. Hal ini perlu kamu lakukan agar kamu dapat meneliti ide dan menambah perspektif tentang topik yang akan kamu tulis di blog kamu.

Terapkan Tips Membuat Artikel yang Menarik di Blog Kamu!

Demikian tips membuat artikel yang menarik untuk meningkatkan traffic di blog kamu. Tips tersebut dapat kamu praktikkan secara langsung ke blog kamu. Selain tips di atas, latihan dan membaca adalah dua tips tambahan yang akan sangat memengaruhi cara kamu menulis artikel.

Menulis akan menjadi lebih baik jika kamu sering berlatih. Selain itu, tingkatkan diri sebagai penulis dengan berpikir kritis ketika membaca artikel orang lain.

Selamat menulis dan semoga membantu!


Temukan inspirasi lainnya seputar blogger influencer, social media influencer dan marketing influencer hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password