5 Tips Instagram Story untuk Meningkatkan Reach dan Engagement

tips instagram story untuk meningkatkan reach dan engagement

Tips Instagram story untuk meningkatkan reach dan engagement sebenarnya tidak sulit. Sayangnya masih ada beberapa orang yang tidak tahu tentang pentingnya reach dan engagement untuk sebuah akun.

Jika kamu termasuk orang yang menjadikan Instagram sebagai wadah untuk bekerja, maka wajib hukumnya memaksimalkan platform media sosial satu ini salah satunya dengan memanfaatkan fitur Instagram story dengan baik.

Lantas, apa saja tips Instagram story yang bisa bantu meningkatkan reach dan engagement akun media sosial kamu? Let’s scroll down!

Perbedaan Reach dan Engagement

Sebelum membahas tips Instagram story, kamu perlu mengetahui pengertian reach dan engagement beserta perbedaannya. Ini akan membantu apakah tips Instagram story yang sudah kamu lakukan bekerja dengan optimal.

Reach adalah jumlah total audiens atau akun yang melihat konten yang kamu unggah pada Instagram story. Misalnya, akun Instagram kamu memiliki followers atau pengikut berjumlah 1.000. Ketika seluruh followers melihat konten yang kamu unggah, maka reach pada unggahan tersebut akan tertulis angka 1.000.

Lantas, bagaimana jika reach pada konten kamu kurang dari jumlah seluruh followers? Artinya konten yang kamu unggah belum maksimal. Inilah kenapa kamu perlu menerapkan tips Instagram story untuk meningkatkan jumlah reach sesuai dengan jumlah followers akun kamu.

Sebagai tambahan informasi, jumlah reach tidak akan bertambah meskipun ada followers yang melihat story kamu lebih dari satu kali.

Sedangkan pengertian engagement secara sederhana adalah jumlah interaksi followers terhadap konten yang kamu unggah. Misalnya likes, meninggalkan komentar, membagikan kembali konten milikmu, dan menyimpan konten yang kamu posting.

Tidak banyak yang tahu, ternyata engagement bisa menjadi unsur paling penting yang berhubungan dengan Return of Investment (ROI) dalam waktu jangka panjang lho.

Perbedaan reach dan engagement terletak pada target konten yang kamu unggah. Jika reach berbicara tentang seberapa banyak audiens yang melihat konten kamu, maka engagement lebih pada interaksi atau tindakan audiens terhadap konten kamu.

Baca Juga:   Ukuran Video YouTube Beserta Formatnya yang Ideal

Meskipun berbeda, reach dan engagement berperan penting untuk sebuah akun khususnya akun bisnis. Dari dua komponen ini kamu bisa mengukur strategi content marketing yang sudah kamu lakukan.

Jika hasilnya memuaskan, kamu bisa mengembangkan strategi content marketing agar lebih meningkat. Sebaliknya, jika ternyata hasilnya belum mencapai target, maka kamu harus segera melakukan evaluasi, salah satunya dengan menerapkan tips Instagram story yang akan kita bahas setelah ini.

Nah, itulah pengertian sekaligus perbedaan reach dan engagement pada Instagram. Jadi, jangan sampai bingung atau salah lagi menentukan mana yang termasuk reach dan mana yang termasuk engagement ya.

5 Tips Instagram Story untuk Bantu Meningkatkan Reach Beserta Engagement

Instagram story adalah fitur pada Instagram yang memiliki peran sangat penting. Yup, selain menjadi wadah untuk menumpahkan kreativitas, opini, dan lainnya, fitur ini juga bisa membantu kamu untuk meningkatkan reach dan engagement lho.

Karena reach dan engagement merupakan komponen penting untuk mengukur sejauh mana kesuksesan dari sebuah konten, maka kamu harus menjaga bahkan meningkatkan jumlah komponen tersebut. Lantas, bagaimana caranya? Berikut lima tips Instagram story yang bisa bantu meningkatkan reach serta engagement:

1. Rencanakan dan Tentukan Tujuan Bisnis

Tips pertama adalah merencanakan dan menentukan tujuan bisnis kamu. Cara ini akan membantu kamu membuat konten yang akan diunggah pada Instagram story. Jadi, konten yang kamu unggah nantinya relate atau berhubungan dengan tujuan bisnis kamu.

Ada beberapa cara menentukan tujuan konten yang kamu unggah nantinya, antara lain:

  • Membangun brand awareness atau kesadaran merek. Pastikan konten yang kamu unggah bisa membangun kesadaran merek para pengikut atau followers kamu.
  • Membuat pengikut atau audiens tertarik mengunjungi profil kamu.
  • Meningkatkan interaksi. Buatlah konten yang melibatkan followers untuk berinteraksi dengan cara reply, quick reaction, swipe up, share, klik stiker, dan lainnya.

Sebelum melakukan tips Instagram story satu ini, kamu perlu mengukur atau mencatat matrik terlebih dahulu. Ini bertujuan apakah ada perubahan pada matrik setelah mengunggah konten.

Baca Juga:   Instagram Ads: Kelebihan dan Cara Beriklan di IG Ads

2. Membuat Konten yang Menarik

Keterbatasan durasi waktu pada Instagram story menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi kamu yang ingin meningkatkan reach dan engagement. Dalam keterbatasan waktu ini, kamu harus membuat konten yang menarik.

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba lakukan agar konten yang kamu unggah menarik para followers, antara lain:

  • Membuat konten yang mengikuti tren yang sedang terjadi. Ini adalah cara paling disarankan agar engagement rate kamu meningkat. Sebagai catatan, pastikan tren tersebut relate dengan bisnis kamu ya.
  • Memanfaatkan fitur-fitur Instagram story seperti question stickers, emoji slider stickers, poll stickers, quiz stickers, chat stickers, product stickers, add yours, dan fitur lainnya.
  • Buat konten dengan bantuan aplikasi pendukung seperti Unfold, Canva, Over, Storyluxe, StoryBoost, dan aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi ini akan bantu kamu membuat story yang menarik dan memanjakan mata.

3. Memasarkan Produk atau Bisnis

Melalui Instagram story kamu bisa memasarkan produk atau bisnis yang kamu rintis. Agar tidak terlalu kaku, kamu harus mengemasnya dengan konsep yang matang. Produk atau bisnis yang kamu pasarkan ini bisa mengarahkan para followers untuk mengunjungi profil kamu.

Oleh sebab itu, kemaslah strategi digital marketing dengan menarik dan unik. Agar jumlah reach dan engagement akun kamu meningkat. Jadi, jangan mengabaikan tips Instagram story satu ini ya.

4. Mengadakan Giveaway

Salah satu cara agar reach dan engagement meningkat adalah dengan mengadakan giveaway. Jika dilakukan dengan benar, giveaway yang kamu adakan melalui Instagram story ini akan berjalan efektif.

Buatlah persyaratan dan ketentuan untuk para followers yang akan mengikuti giveaway. Salah satunya adalah melakukan re-post pada Instagram story mereka dan menandai akun kamu.

Persiapkanlah hadiah yang menarik dan tentu saja masih berkaitan dengan produk atau bisnis kamu. Semakin menarik hadiah yang kamu berikan, maka jumlah pengikut giveaway akan semakin banyak. Otomatis ini bisa membantu menaikkan reach dan engagement akun Instagram kamu.

Perlu kamu ketahui, rata-rata akun bisnis akan mengadakan giveaway melalui Instagram story. Interaksi antara akun kamu dengan para followers bisa memperbesar peluang meningkatnya reach serta engagement.

Baca Juga:   Tingkatan Influencer Berdasarkan Subscriber YouTube

Adakan giveaway secara konsisten. Sebelumnya, kamu harus membuat jadwal terlebih dahulu. Supaya tidak bertabrakan dengan jadwal konten lainnya yang akan kamu unggah.

5. Menggunakan Jasa Influencer

Belakangan ini banyak pebisnis menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan produk atau bisnis. Kamu juga bisa menggunakan jasa influencer yang sesuai dengan produk atau bisnis kamu.

Selain itu, ada beberapa hal penting lain yang perlu kamu ketahui sebelum memilih influencer yang tepat, antara lain:

    • Jumlah followers dan cari tahu apakah seluruh followers tersebut masuk dalam target pasar produk atau bisnis kamu.
    • Lihat seberapa antusias followers mereka menanggapi konten yang diunggah.
    • Cari tahu apakah influencer tersebut pernah atau sedang bekerja sama dengan brand atau produk yang sama seperti milik kamu.
    • Bagaimana kedekatan influencer dengan followers-nya.
  • Mencari tahu rate card influencer yang akan diajak bekerja sama.
  • Seberapa kreatif influencer tersebut dalam mempromosikan produk pada Instagram story yang menarik untuk followers.

Jadi, menentukan siapa influencer yang cocok untuk membantu kamu meningkatkan reach dan engagement tidaklah mudah. Apalagi setiap influencer memiliki patokan harga yang berbeda-beda. Maka pilihlah influencer yang kompeten sehingga kamu tidak akan mengalami kerugian.

Nah, itulah lima tips Instagram story yang bisa membantu kamu meningkatkan reach serta engagement. Tidak perlu menerapkan semuanya, kamu bisa memulainya satu per satu.

Ingat, sebelum menerapkan tips-tips di atas, kamu harus mencatat matrik reach dan engagement. Ini bertujuan sebagai pembanding sekaligus menjadi evaluasi untuk kamu dalam memproduksi konten melalui Instagram story.

Tunggu Apalagi? Yuk, Segera Terapkan Lima Tips Instagram Story Tersebut!

Karena reach dan engagement memiliki peran penting untuk mengukur efektif atau tidaknya strategi content marketing, maka kamu perlu meningkatkan matrik dari komponen tersebut dengan menerapkan lima tips Instagram story di atas.

Demikianlah pembahasan seputar pengertian serta perbedaan reach dan engagement hingga cara meningkatkan dua komponen tersebut lewat Instagram story. Selamat mencoba ya.

Dapatkan berbagai insight maupun tips seputar influencer, berita influencer, influencer marketing, hingga social media influencer tentunya hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password