TikTok Affiliate Program : Pengertian, Syarat, Dan Cara Ikutnya

Tiktok Affiliate Program

Media sosial sekarang ini menjadi kebutuhan setiap orang terutama para anak muda. Salah satunya media sosial TikTok yang banyak kaum milenial gunakan untuk berkreatifitas dan mengekspresikan diri. Untuk kamu yang belum tahu, bahwa sekarang dapat menghasilkan uang melalui TikTok Affiliate program dengan mudah. 

Namun banyak juga sekarang tidak hanya melalui TikTok Affiliate untuk mendapatkan uang. Dengan menonton video orang lain, bekerja sama dengan brand – brand lain, dan membagikan kode referral ke pengguna lain.


Apa Itu TikTok Affiliate? 

Untuk mempermudah kamu memahaminya, pertama kita akan mencari tahu pengertian dari program tersebut. TikTok Affiliate merupakan program yang berada pada platform TikTok yang dapat digunakan konten kreator atau pengguna menghasilkan uang. Dengan cara mempromosikan sebuah produk.

Produk yang dapat kamu tawarkan bisa dari milik sendiri atau produk orang lain. Tentunya kamu harus menjalin kerja sama dengan produsen atau brand – brand lain. Nantinya setiap orang yang membeli produk dari orang lain melalui link yang berikan maka akan mendapatkan komisi dari penjualan.  

Media sosial TikTok memang kebanyakan yang orang awam tahu hanya sebagai media hiburan dan berkreatifitas. Namun semakin bertambahnya tahun juga semakin berkembang untuk TikTok ini mendekatkan dengan penggunanya. Salah satunya sebagai media pencari uang atau berbisnis.


Syarat TikTok Affiliate Program?

Terdapat beberapa syarat yang harus kamu penuhi sebelum menggunakan TikTok Affiliate. Semua persyaratan ini nantinya menjadi hal yang perlu disiapkan untuk mengikuti TikTok Affiliate program, antara lain :

1. Memiliki Akun TikTok Shop

Syarat pertama untuk mengikuti TikTok Affiliate yaitu harus memiliki akun TikTok Shop. Kenapa begitu?, karena TikTok Affiliate ini menawarkan produk dari orang lain atau produk sendiri melalui TikTok Shop kamu. Maka dari itu kamu membuatnya dahulu jika tidak punya. 

Baca Juga:   Cara Download Gambar di Instagram PC, Gampang Banget!

TikTok Shop merupakan salah satu fitur yang ada di aplikasi TikTok sebagai media untuk jual beli produk. Banyak pengguna TikTok memanfaatkan fitur ini karena sangat menguntungkan dan tentunya mudah mencari pembeli. Cara daftarnya juga mudah, yaitu :

  • Pertama, daftarkan akun kamu ke TikTok Shop Seller dan isi data – data tentang informasi bisnis dan data pribadi. Data pribadi yang kamu isi seperti nomor telepon, alamat, email, dan lainnya.
  • Kedua, masukan data untuk informasi bisnis kamu seperti nama online shop kamu, alamat toko, informasi produk, dan lainnya. Pastikan sudah mengisi informasi bisnis dengan benar agar mudah untuk pelanggan memahaminya. 
  • Ketiga, masukan data – data atau informasi untuk melakukan registrasi bisnis dan data pribadi kamu untuk mendapatkan verifikasi. Jika sudah mendapatkan notif terverifikasi maka sudah bisa kamu gunakan TikTok Shop.

2. Memiliki Rekening Bank

Syarat selanjutnya yaitu harus memiliki rekening bank. Ketika kamu diminta untuk mengisi informasi dan data pribadi terdapat perintah untuk mencantumkan nomor rekening. Kamu perlu memperhatikan dengan cermat dan harus benar mencantumkannya karena untuk memudahkan dalam  bertransaksi.


Cara Ikut Program Affiliate TikTok

Kamu yang tertarik untuk menggunakan TikTok Affiliate sebagai media untuk mencari cuan dapat segera mendaftarkan. Cara mendaftar TikTok Affiliate program, antara lain :

  • Pertama, kamu sudah memiliki akun TikTok Shop. Jika belum mempunyainya bisa mengikuti penjelasan cara membuat TikTok Shop di atas. Dengan membuka profil TikTok kamu kemudian klik logo tas yang tertera di profil. Setelah itu memilih “Pusat Kreator E-commerce”.
  • Kedua, setelah membuka menu “Pusat Kreator E-commerce” pilihlah bagian “Info Kontak Anda”. Kamu nantinya bisa mengisi nomor WhatsApp dan email pribadi. 
  • Ketiga, jika sudah mengisi bagian “Info Kontak Anda” kemudian pilihlah atau klik “Komisi” yang ada di “Pusat Kreator E-commerce”. Setelah itu kamu akan diberi perintah untuk menambahkan produk yang akan kamu promosikan dengan mengklik “Tambah Produk”.
  • Keempat, selanjutnya kamu dapat mencari produk apa saja yang akan dipromosikan. Pilihlah produk yang kamu rasa sesuai dan cocok untuk dipromosikan. 
  • Kelima, jika kamu sudah selesai memilih produk maka bisa menunggu seller untuk mengkonfirmasi pengajuan kamu. Nantinya akan muncul notif “Monetisasi : pengajuan disetujui”. 
Baca Juga:   Deretan Beauty Vlogger Indonesia, Mana Inspirasimu?

Manfaat TikTok Affiliate

Pengguna TikTok yang mendaftarkan TikTok Affiliate program pastinya ingin mencari penghasilan atau uang jajan sendiri. Manfaat yang TikTok Affiliate berikan memang membuat orang lain untung. Namun sebelum ke manfaatnya, kita akan mencari tahu apa kelebihan TikTok Affiliate ini, yaitu :

1. Tidak Perlu Mengeluarkan Modal

Siapa yang tidak ingin mendapatkan uang tanpa harus mengeluarkan biaya?. Kamu yang ingin memiliki usaha kecil – kecilan tanpa modal bisa mencoba TikTok Affiliate. TikTok selalu memberikan program yang bisa membuka interaksi dengan penggunanya dan dapat menjadi peluang bisnis. 

2. Bisa Kamu Lakukan Dimana dan Kapan Saja

Pada dasarnya aplikasi TikTok ini mereka buat untuk pengguna smartphone sehingga dapat mudah mengaksesnya. Dengan begitu program TikTok Affiliate ini juga bisa kamu lakukan tanpa ada batasan tempat dan waktu. Maka dari itu bisa mencari cuan kapan pun dan tentunya mudah.

3. Banyaknya Produk yang Bisa Kamu Tawarkan

Selain kemudahan yang bisa kamu rasakan juga banyak pilihan produk yang bisa kamu promosikan  Produk – produk tersebut seperti kecantikan, fashion, barang elektronik, dan lainnya. Setiap produk yang kamu promosikan memiliki jumlah komisi yang berbeda. Kamu bisa memilih produk yang cocok dan lebih menguntungkan.

4. Berkesempatan Mendapat Keuntungan Besar

Dari adanya kemudahan dan banyaknya pilihan produk yang dapat kamu tawarkan bisa menjadi ladang penghasilan yang besar. Bagaimana tidak?, lebih banyak produk yang kamu promosikan maka lebih banyak keuntungan yang kamu dapat. Namun kamu harus melakukannya dengan sabar dan tekun agar hasilnya maksimal.

5. Berkesempatan Menjadi Terkenal

Menjadi seorang yang terkenal pastinya akan menjadi suatu hal yang membanggakan dalam diri. Terkenal di media sosial TikTok juga bisa dengan mengikuti TikTok Affiliate. Dengan begitu banyak orang dari puluhan hingga ratusan ribu yang akan melihat kamu ketika menawarkan produk.


Manfaat TikTok Affiliate

Berikut manfaat mengikuti Tiktok Affiliate Program:

1. Mendapatkan Penghasilan Pasif

Untuk mendapatkan penghasilan biasanya orang – orang pergi ke tempat kerja. Mereka bekerja dengan mencurahkan segala pikiran dan tenaga. Berbeda ketika kamu menggunakan TikTok Affiliate untuk mendapatkan uang. Dengan memposting produk pada TikTok Shop kamu bisa mendapatkan uang yang mengalir.

Baca Juga:   Ingin Jadi Social Media Manager? Berikut Cara Dan Skill Yang Dibutuhkan!

Namun produk yang kamu posting atau promosikan harus memiliki peluang untuk banyak orang mencarinya. Orang – orang akan melirik produk yang bisa memenuhi kebutuhannya dan gaya hidupnya serta harga yang terjangkau. Dengan begitu kamu harus bisa memilih apa yang konsumen inginkan. 

2. Menjalin Relasi yang Luas

Manfaat berikutnya yang bisa kamu peroleh dari TikTok Affiliate yaitu dapat menjalin relasi yang luas. Pada saat menawarkan produk orang lain contohnya, maka kamu harus bisa menjalin komunikasi baik dengan penjual. Dalam satu produk yang hampir sama bisa terdapat banyak penjual yang berbeda. 

Tidak hanya menjalin komunikasi yang baik dengan penjual namun juga kepada konsumen. Kamu harus bisa mempromosikan produk tersebut dengan menarik dan dapatkan kepercayaan konsumen terhadap produk. Gunakan kalimat dan bahasa yang baik agar konsumen nyaman dengan promosi kamu. 

3. Mengumpulkan Modal

Selanjutnya yaitu bisa sebagai tempat untuk mengumpulkan modal. Mengikuti program TikTok Affiliate ini setiap orang pasti memiliki tujuan yang ingin tercapai. Salah satu tujuannya bisa mengumpulkan modal untuk membuka bisnis lain yang lebih besar. Kemudian penghasilan dari TikTok Affiliate bisa kamu tabung juga. 


Kamu Tertarik Mengikuti TikTok Affiliate Program?

Dengan demikian, perkembangan dunia digital saat ini memudahkan para anak muda khususnya untuk memiliki usaha sampingan. Salah satunya bisa mengikuti TikTok Affiliate yang tidak membutuhkan modal tapi memiliki peluang bisnis yang besar. Kamu bisa mendaftarkannya dengan beberapa persyaratan yang ada.

Terdapat juga manfaat yang bisa kamu dapatkan saat mendaftar dan setelah itu mempromosikan sebuah produk kepada pengguna TikTok. Aplikasi TikTok ini memang memberikan kemudahan dan keuntungan kepada penggunanya dalam setiap fitur – fitur yang mereka berikan.


Dapatkan berbagai informasi seputar influencer, marketing influencer, hingga social media influencer tentunya hanya di influencer101.id.

Baca juga:

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password