12 Theme WordPress Gratis Terbaik yang Cocok untuk Blog

theme wordpress gratis terbaik

Salah satu hal yang menjadi keunggulan dari WordPress adalah tersedia banyaknya template tema yang bisa Anda gunakan. Dengan menggunakan tema maka blog ataupun website yang Anda buat bisa menjadi lebih indah. Ada banyak sekali theme WordPress gratis terbaik yang bisa coba Anda gunakan.


Rekomendasi Theme WordPress Gratis Terbaik

Penggunaan theme ini biasanya berkaitan dengan tujuan dari pembuatan blog itu sendiri. Nantinya, theme ini juga akan berkaitan dengan berbagai fitur yang bisa Anda gunakan. Selain tentunya, theme juga akan berkaitan dengan desain yang akan Anda gunakan.

Penggunaan theme ini juga akan sangat membantu Anda yang kesulitan untuk menentukan desain seperti apa yang pas. Setidaknya, dengan penggunaan theme maka Anda akan mendapatkan template yang jelas.

Hal ini juga yang menjadi salah satu keunggulan dari WordPress. Platform ini sendiri menyediakan banyak sekali theme WordPress gratis terbaik yang bisa penggunaannya gunakan. Beberapa theme ini juga bahkan tersedia untuk kebutuhan yang spesifik.

Berikut adalah beberapa rekomendasi theme WordPress gratis terbaik yang bisa Anda gunakan.

1. Astra By Brainstorm Force

Rekomendasi penggunaan theme WordPress gratis terbaik yang pertama adalah Astra. Salah satu keunggulan dari tema ini adalah penggunaanya yang cocok untuk beberapa keperluan. Dari mulai web biasa sampai untuk kebutuhan toko online.

Jika dilihat dari segi teknis, maka keunggulan lain dari Astra adalah ukuran file yang sangat ringan. Hal ini akan sangat membantu ketika proses optimasi dan waktu yang Anda butuhkan ketika loading.

Secara desain, theme yang satu ini juga sudah tersedia dalam mode responsive. Artinya, penggunaanya tema ini akan lebih mudah menyesuaikan ketika user menggunakan perangkat mobile.

2. Hestia By Themeisle

Rekomendasi lainnya untuk theme WordPress gratis terbaik yang bisa Anda gunakan adalah Hestia. Jika dilihat dari segi tampilan, desain tema ini cocok untuk kebutuhan website atau blog yang sederhana.

Meski demikian, desain dari template theme ini juga cukup powerfull. Hal tersebut membuat, penggunaan theme ini cocok untuk web portfolio, website pernikahan, ataupun website untuk jualan. Desain dari theme yang satu ini sangat cocok untuk kebutuhan profesional.

Salah satu keunggulan dari theme yang satu ini adalah sudah dilengkapi dengan plugin bilingual. Hal ini membuat pengguna bisa menggunakan banyak bahasa ketika menggunakan template yang satu ini.

Baca Juga:   Cara Mendapatkan Uang dari Blog Pribadi dengan Mudah

3. Blossom Travel

Jika Anda memiliki blog dengan tema perjalanan, baik untuk travelling atau kebutuhan lainnya. Rekomendasi theme yang satu ini mungkin akan sangat cocok untuk Anda. Blossom Travel, cukup simple dan elegan untuk Anda gunakan.

JIka dilihat sekilas, desain dari tema yang satu ini memang agak feminim. Namun hal tersebut justru menjadi kelebihan tersendiri dari desain tema yang satu ini. Tema ini juga merupakan salah satu tema yang banyak digunakan saat ini.

Desain ini juga termasuk salah satu tema yang sering kali mengalami pengembangan. Hal ini juga membuat dari segi teknis, maka tema ini cukup update. Sisi optimasi tema ini juga sudah dikembangkan dengan sangat baik.

4. Customify By PressMaximum

Jika Anda membutuhkan tema untuk kebutuhan yang sangat teknis, maka Customify bisa menjadi salah satu tema yang Anda gunakan. Secara teknis, tema ini memang memberikan performa yang sangat baik.

Penggunaan tema ini juga sudah didukung dengan berbagai plugin yang sudah terintegrasi. Tema yang satu ini memang sudah terintegrasi dengan berbagai macam plugin seperti Elementor, Beaver Builder, SiteOrigin, Divi, Thrive Architect sampai Visual Composer.

Selain itu, kelebihan dari tema ini juga adalah kemudahan ketika melakukan custom pada tampilan website. Untuk melakukan custom hanya perlu melakukan drag and drop, tanpa perlu melakukan penulisan coding.

5. Zerif Lite By Themeisle

Jika Anda ingin membuat website atau blog dengan tampilan yang minimalis maka Zerif Lite merupakan salah satu pilihan yang tepat. Meskipun tampilan minimalis, namun fitur yang ada pada tema ini cukup lengkap.

Selain itu, salah satu keunggulan lain dari tema ini kemudahan untuk melakukan kustomisasi. Penggunaan desain ini juga cukup mudah tanpa perlu penggunaan coding dan lainnya. Biasanya penggunaan ini juga didesain untuk kebutuhan website lain.

Salah satunya adalah untuk kebutuhan toko online. Theme ini juga memiliki kompatibilitas untuk dengan berbagai fitur untuk e-commerce. Dari mulai proses penempatan barang, proses jual beli, proses transaksi, dan pengiriman.

6. Ocean WP

Salah satu theme WordPress gratis terbaik dengan jumlah pengguna yang cukup banyak adalah Ocean WP. Sebenarnya, theme ini sendiri tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Untuk versi berbayar maka Anda akan mendapatkan lisensi seumur hidup.

Sementara itu, untuk versi gratis sendiri, setidaknya Anda akan mendapatkan 13 versi dari tema yang satu ini untuk Anda Pilih. Meskipun gratis, namun fitur yang akan Anda dapatkan cukup powerfull. Dari mulai tema yang full responsive sampai penggunaan desain yang cocok untuk banyak hal.

Penggunaan tema ini cocok untuk berbagai kebutuhan, dari mulai blog pribadi sampai toko online. Fitur yang ada pada tema ini memang memungkinkan untuk menjadi toko online, adri mulai pop up keranjang, tampilan barang, beberapa opsi checkout, dan lainnya.

Baca Juga:   Ini Dia Tips Menjadi Travel Blogger Yang Populer

Selain itu, dari segi fungsionalitas tema ini juga cukup optimal. Dari mulai slider postingan, ikon social media share, dan juga sidebar.

7. Storefront

Jika Anda membutuhkan tema yang cukup baik untuk membangun web dengan kebutuhan toko online maka salah satu pilihan yang cocok untuk Anda  adalah Storefront. Penggunaan tema ini cukup kompatibel untuk kebutuhan toko online.

Keunggulan lainnya dari penggunaan tema ini juga adalah pada desainnya yang sudah cukup responsive. Hal ini tentunya akan menjadi kemudahan untuk tampilan blog pada versi mobile.

Bahkan, jika Anda membutuhkan lebih banyak opsi lainnya maka Anda juga bisa mengunjungi storefront Extensions. Dalam extensions ini Anda juga bisa mencari customizer blog ataupun komponen lainnya yang Anda butuhkan.

8. Zakra

Theme WordPress gratis terbaik lainnya yang bisa Anda gunakan adalah Zakra. Ini juga merupakan salah satu tema yang cukup banyak penggunaannya. Salah satu keunggulan dari tema ini adalah desain yang sudah responsive.

Selain itu, tema ini juga sudah mendukung fitur AMP. hal ini akan memberikan waktu loading yang lebih baik ketika web dibuka pada perangkat mobile. Hal ini tentu saja akan menjadi cara optimasi yang baik.

Pada penggunaanya juga template ini menyediakan 10 versi gratis. Pada prosesnya, tema ini juga menggunakan fitur one click untuk kemudahan dan mempercepat proses. Selain itu, penggunaan tema ini juga bisa menyesuaikan dengan mudah, hal ini karena tema ini sendiri kompatibel dengan plugin seperti builder Elementor.

Untuk urusan desain, tema ini juga menawarkan kemungkinan kustomisasi dengan menggunakan CSS custom. Tema ini juga mendukung fitur penerjemahan berbagai bahasa dengan menggunakan plugin Polylang dan WPML.

9. ColorMag

Tema lainnya yang juga cocok untuk Anda gunakan adalah ColorMag. Sebenarnya, tema ini akan cocok untuk website atau blog yang memiliki tujuan untuk membuat majalan online. Tampilan tema ini akan lumayan menarik untuk para pembaca.

Satu hal penting dari penggunaan tema ini adalah masalah kecepatan. Secara ukuran, tema ini memang cukup ringan, hal ini menjadi keuntungan karena waktu loading dari tema ini akan menjadi cepat.

Secara default, tampilan dari tema ini memang sudah sangat mendukung untuk kebutuhan majalah. Bagian header bisa Anda fungsikan untuk menampilkan beberapa berita utama. Sementara itu, di bagian lain Anda juga bisa memasukan beberapa berita tambahan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur slide untuk kebutuhan menampilkan berita. Pada penggunaanya juga, tema ini memberikan template yang cukup rapi untuk kebutuhan tampilan berita dan informasi.

Baca Juga:   Perbedaan SEO dan SEM, dan Manakah yang Paling Terbaik

10. Sydney

Jika Anda ingin membuat website untuk kebutuhan profesional, maka pemilihan tema Sydney bisa menjadi salah satu pilihan. Saat ini, penggunaan tema ini banyak digunakan untuk kebutuhan bisnis, agensi, ataupun freelancer untuk menawarkan jasa yang mereka punya.

Untuk masalah kustomisasi, maka tema ini juga sudah terinstall fitur Elementor, yang mana dengan menggunakan fitur ini maka Anda bisa mengatur tampilan website dengan lebih mudah menggunakan page builder.

Masalah desain mungkin menjadi perhatian utama dari tema ini. Salah satu keunggulan lainnya adalah tema ini juga memiliki fungsionalitas background parallax. Dengan menggunakan hal ini, maka blog Anda akan memiliki efek 3D saat pengunjung menggeser ke arah bawah.

Masih berkaitan dengan sisi desain, pada tema ini juga sudah terintegrasi dengan lebih dari 600 font Google yang bisa Anda gunakan. Penggunaan font ini juga bisa menambah profesionalitas dan keindahan tampilan dari website yang Anda bangun.

11. Customizr

Theme WordPress gratis terbaik lainnya dengan banyak pengguna adalah Customizr. Salah satu alasan mengapa tema ini cukup banyak penggunanya adalah desain yang responsif dan sangat baik.

Dari segi user experience, tema ini juga bisa memberikan pengalaman yang menarik saat dibuka menggunakan smartphone. Selain itu, tema ini juga memberikan kecepatan loading yang cukup baik.

Jika dilihat dari segi desain, maka tema ini memiliki layout grid dengan full slider. Slider ini juga memiliki effect yang cukup stylish. Selain itu, tema ini juga bisa Anda gunakan jika ingin membuat toko online.

12. Vantage

Tema lain yang juga bisa Anda gunakan adalah Vantage. Ini merupakan tema yang cukup fleksibel dan jua memiliki tool cukup lengkap untuk masalah pengeditan dan kustomisasi. Untuk penggunaan, tema ini juga mendukung lebih dari 50 widget kustom.

Selain itu, tema ini juga mendukung dengan fitur CSS Editor SiteOrigin. Dengan adanya fitur ini maka Anda bisa melihat secara langsung tampilan dari blog yang sedang Anda edit. Tema ini juga bisa NAda gunakan untuk kebutuhan toko online.


Theme WordPress Mana yang Terbaik?

Tentunya masih banyak tema wordpress lain yang bisa Anda gunakan. Yang terpenting ketika memilih Theme WordPress gratis terbaik adalah sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan blog Anda.

Pemilihan tema, karena akan berkaitan juga dengan masalah desain tentunya akan memberikan dampak yang cukup besar. Terutama untuk sisi UX, pemilihan tema dengan tepat juga bisa meningkatkan jumlah kunjungan ke website tersebut.

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, Blogger influencer, influencer marketing, dan lain-lain hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password