Rekomendasi Template Blog Gratis, Tampilan Clean dan Elegan!

template blog gratis

Memilih template blog gratis memang cukup tricky. Terlebih dengan banyaknya pilihan yang tersebar di internet, mengharuskan kita menentukan satu agaknya sulit.

Di sini kami akan membahas rekomendasi template blog gratis seperti apa yang cukup menarik untuk digunakan blogger pemula dan juga caranya.

Yuk, simak ulasannya!

Rekomendasi Template Blog Gratis agar Tampilan Lebih Kekinian

Untuk memilih template terbaik, pastinya kamu perlu menilai banyak pilihan sekaligus yang mana hal ini akan memakan banyak waktu.

Namun, agar dapat mempersingkat proses tersebut, kamu bisa mencoba beberapa rekomendasi berikut ini.

1. Folio, Template One Page yang Menawan

folio

Sora Template – Folio

Rekomendasi template blog gratis yang pertama adalah salah satu template tipe one page yang memiliki tampilan super keren. Keunikan dari web sejenis ini adalah menawarkan seluruh informasi pada satu page tampilan penuh. Web ini memang belakangan sedang naik daun, tak heran jika masuk deretan rekomendasi teratas.

Folio memiliki rancangan khusus untuk web portofolio, katalog, maupun profil perusahaan. Namun tidak perlu risau, walaupun hanya satu page, namun performanya cukup mutakhir. Mulai dari gambar layar yang penuh, responsibilitas tinggi, typing effect animation, icon sosmed, dan masih banyak lagi.

2. Rosemary, Multipurpose Template dengan Tampilan Elegan

rosemary

Themexpose – Rosemary

Walaupun sering terlihat menjadi template pada web beauty blogger, namun sebenarnya Rosemary bisa dan cocok untuk kamu gunakan pada berbagai jenis blog. Hal ini terlihat dari tampilannya yang clean, menawan, dan elegan. Tak heran template ini jadi andalan banyak orang.

Selain memiliki tampilan yang bikin nyaman, namun keunggulan Rosemary tidak berhenti sampai di sini saja. Hal ini terlihat dari berbagai fitur seperti widget socmed, recent post, serta responsibilitas yang cukup tinggi. Alhasil web yang menggunakan template ini akan lebih powerful dan bisa kamu akses dari mana saja.

3. Write Up, Template Blog Gratis Jagoan para Jurnalis

write up

Themexpose – Write Up

Jika kamu adalah seorang jurnalis atau hobi membaca portal berita, pastinya sudah tidak asing dengan tampilan template ini. Hanya sekali lihat saja, template ini memang sudah terlihat sangat jurnalisable. Apalagi ada bagian khas dengan satu gambar highlight serta icon media sosial pada bagian menu bar di bagian atas laman.

Selain itu, performa Write Up yang menunjukkan kecocokannya pada portal berita atau majalah makin terlihat dengan beberapa fitur unggulannya. Terutama pada ketersediaan pemasangan Youtube Thumbnail pada tiap kontennya. Maka tak heran, saat sekali lihat saja pasti kamu akan teringat pada web portal berita.

4. Backpack, Templates para Travelers

backpack

Themexpose – Backpack

Bagi kamu yang hobi travelling dan gemar menuliskan pengalaman berlibur dalam blog, wajib banget tahu template unik satu ini. 

Tampilan yang santai, clean, dan elegan ini  memang cocok untuk menggambarkan kesan santai dan liburan cantik. Terutama tampilan dashboard yang langsung menyajikan artikel dan background gambar portrait yang menarik saat kamu traveling

Apalagi Backpack punya banyak icon lucu dan menggemaskan yang pastinya bakalan asik banget jika blog travel kamu menggunakan template blog gratis yang satu ini.

5. Infinity, Web Portofolio Lebih Keren dengan Template Berkelas ini

infinity

Sora Template – Infinity

Baik pekerja profesional independen maupun perusahaan, pastinya membutuhkan portofolio yang menarik minat klien. Namun portofolio menggunakan dokumen maupun video sudah mulai ketinggalan jaman. Kini, kamu bisa menggunakan template ini untuk membuat portofolio website.

Layout Infinity template ini terbilang cukup elegan dan mewah, dengan jenis template one page yang memiliki banyak fitur menarik. Fitur yang tersedia mulai dari background animation, count animation, motion graphic, text animation dan masih banyak lagi. 

Apalagi web ini juga sudah bersifat responsif, jadi bisa kamu akses dari berbagai jenis perangkat tanpa merusak tampilannya.

Cara Memilih Template Blog Gratis Berkualitas

Memilih template blog gratis dengan tepat memang sangat efektif untuk mengubah tampilan web menjadi lebih baik. Hal ini tentunya juga akan meningkatkan minat baca dari audiens, dengan tampilan blog yang lebih clean, minimalis, dan juga elegan. Namun tahukah kamu bagaimana cara memilih template terbaik dari banyak pilihan?

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat memilih template website untuk blog yang kamu kelola. Dengan melakukan beberapa langkah ini, tampilan blog yang kamu urus pastinya akan terlihat lebih kekinian.

1. Selaraskan Pilihan Template dengan Artikel yang Kamu Buat

Jika kamu seorang blogger, pastinya kamu punya gaya menulis dan tempat artikel yang kamu publish. Agar lebih mendukung artikel yang ingin kamu tunjukkan, kamu bisa mencari template yang mendukung nuansa membaca yang lebih kondusif. 

Dengan menyelaraskan template dengan tema artikel, pastinya akan membuat audiens lebih betah untuk berlama-lama di blog yang kamu kelola.

2. Perhatikan Kecepatan Load Data dari Template Tersebut

Pada dasarnya, kecepatan load data pada sebuah website tergantung pada provider internet yang kamu gunakan. Namun, pemilihan rute coding dan bahasa pemrograman juga dapat memengaruhi load data pada sebuah template blog gratis.

Apalagi kecepatan load data pada sebuah blog juga dapat memengaruhi kenyamanan audiens saat mengunjungi situs baca yang kamu kelola. Jadi penting untuk memeriksa kecepatan load data sebelum memilih menggunakan sebuah template.

3. Pilih Template yang User Friendly

Setidaknya, template yang akan kamu pilih harus memiliki desain kekinian yang bisa kamu akses dari segala perangkat (responsif). Pastikan layout desain yang tersaji bersifat simpel dan mudah untuk menyampaikan artikel yang ingin kamu tonjolkan. Pilih warna soft untuk melindungi kenyamanan audiens saat mampir ke blog kamu.

4. Perhatikan Struktur dari Template Blog Gratis Pilihanmu

Pastikan kamu memilih template yang memiliki struktur data yang rapi dan tervalidasi pada tool validasi dan skema org. Setidaknya template tersebut harus kompatibel dengan HTML5 maupun CSS3. 

Saat memilih template, pastikan juga kamu menghindari memilih struktur data error. Pilihlah template dengan kode yang bersih dari script aneh dan mudah kamu pahami karena merupakan langkah paling aman. Hal ini pastinya bertujuan untuk memudahkan sistem crawler yang memengaruhi indexing Google dari blog yang kamu kelola.

5. Jangan Pilih Desain Template yang Pasaran 

Walaupun kamu suka mengikuti trend dari blog yang serupa, namun kamu tidak disarankan mengikuti tren tersebut. Sebab, dengan mengikuti trend nanti kamu bisa terkenal akibat tindakan duplikasi ide atau plagiarism.

Jadi kamu bisa memilih template blog gratis yang bagus dan jarang digunakan. Jika memang harus menggunakan template tersebut, pastikan melakukan perubahan untuk menunjukkan perbedaan dan keunikan tersendiri. Jadi, audiens tidak akan menyangka jika blog yang kamu kelola menggunakan template yang sama.

6. Kelengkapan Fitur Sesuai Kebutuhan

Selain 5 point sebelumnya, ada hal penting lain yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih template, yaitu mempertimbangkan faktor kelengkapan fitur. Pastikan seluruh fitur pendukung yang kamu inginkan ada dalam template tersebut. Hal ini pastinya akan sangat membantu karena kamu tak perlu repot pasang plugin fitur yang belum tersedia.

Sudah Tahu Template Blog Gratis Mana yang Paling Cocok untuk Kamu?

Nah itu dia beberapa rekomendasi template blog gratis dan juga bagaimana cara memilihnya yang tepat untuk blogmu.

Walaupun gratis, dengan sedikit kreativitas dan penyesuaian, pastinya akan membuat tampilan blogmu semakin menarik.

Dengan begitu, pengunjung blog yang kamu kelola pun akan semakin betah.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar blogger influencer, marketing influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password