Studio Podcast Sederhana, Bagaimana Membuatnya di Rumah?

studio podcast sederhana

Jika saat ini kamu sedang mencari ide konsep untuk membuat studio podcast sederhana di rumah, maka kamu sedang membaca artikel yang tepat.

Pada dasarnya, untuk membuat sebuah konsep studio di rumah sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mempersiapkan sebuah ruangan yang didukung dengan perlengkapan podcast.

Namun, dalam tahap pengerjaannya, tentu saja ada banyak hal lain yang harus kamu pertimbangkan.

Selain itu, faktor lain, seperti budget dan penyesuaian dengan kondisi serta ukuran ruangan dalam rumah tersebut juga tak kalah penting.

Agar bisa maksimal, menyesuaikan dengan kemampuanmu, ikuti langkahnya di dalam artikel ini, ya!

Cara Membuat Studio Podcast Sederhana di Rumah

Tidak perlu berlama-lama, sekarang kita akan membahas langkah dan tips untuk membuat sebuah studio keren dan minimalis di rumah.

Simak ulasannya, yuk!

1. Siapkan Ruangan atau Sudut Khusus

Ada berbagai langkah serta cara dalam proses pembuatan studio di rumah. Salah satunya, yaitu penentuan setting serta tata letak ruangan yang akan kamu gunakan. Selain itu, hal ini bertujuan sebagai penentu konsep dan juga penyesuaian tata letak studio yang nantinya akan kamu gunakan, agar sesuai dengan desain rumah. 

Jika ruangan tersebut tidak tertata dengan baik, maka kamu tidak bisa fokus dan akan berdampak pastinya pada hasil podcast YouTube yang akan kamu buat. Selain itu, penentuan tata letak ruangan ini juga berfungsi untuk mempersiapkan peralatan lain yang nantinya akan kamu gunakan sebagai alat pendukung.

Jadi, pastikan kamu memilih ruangan terbaik di rumah kamu dengan luas yang cukup dan dapat menampung banyak properti serta alat, guna keperluan podcast

Namun, jika kamu tidak punya cukup ruangan di rumah, kamu bisa menggunakan bagian sudut rumah yang mempunyai tata letak dengan intensitas cahaya yang bagus.

2. Tentukan Konsep Studio

Hal kedua yang perlu kamu lakukan sebagai cara membuat sebuah studio podcast sederhana di rumah adalah menentukan konsep studio tersebut. Setelah kamu mendapatkan dan menentukan posisi ruangan atau sudut rumah yang akan kamu jadikan setting, maka kamu harus menentukan konsepnya.

Penentuan konsep ini bisa kamu gunakan dalam dua metode yang berbeda. Metode pertama, kamu bisa menggunakan konsep permanen. Artinya, desain dari studio tersebut tidak dapat diubah dan sifatnya permanen. Namun, kamu juga bisa merubahnya dengan cara 100% melakukan perombakan setting.

Selain itu, konsep kedua adalah konsep temporary. Artinya, studio yang kamu buat guna keperluan podcast Youtube ini sifatnya sementara. Jadi, kamu bisa melakukan perombakan dengan mudah jika bosan dengan konsep tersebut.

Setelah menentukan konsep permanen atau temporer, maka kamu tinggal menyesuaikan studio tersebut dengan desain dan properti yang akan kamu gunakan.

3. Persiapkan Alat & Properti

Langkah selanjutnya dalam cara membuat studio podcast adalah mempersiapkan alat serta keperluan properti tambahan dalam studio. Pada tahapan ini, kamu tentunya harus sudah mempersiapkan keperluan tersebut sebelumnya. Jadi, kamu nantinya hanya tinggal memasang alat-alat tersebut dalam studio.

Alat-alat yang biasanya diperlukan dalam sebuah studio, antara lain camera, lampu latar, kursi, meja, tripod, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan properti tambahan sesuai dengan kebutuhan podcast yang akan kamu buat.

Namun, jika budget yang kamu miliki relatif minim, ada baiknya untuk keperluan alat dan properti studio ini kamu menggunakan alat yang sederhana. Kamu bisa menggunakan kamera ponsel, pencahayaan lampu sederhana, dan juga properti yang minimalis. Jadi, kamu tinggal sesuaikan saja dengan budget yang kamu miliki.

4. Periksa dan Cek Kendala yang Ada

Setelah kamu melewati tiga tahapan di atas, tahapan selanjutnya dalam proses pembuatan studio podcast sederhana adalah tahapan pemeriksaan kendala di rumah dan studio tersebut. Pengecekan kendala perlu kamu lakukan untuk mencegah terjadinya hal yang tidak kamu inginkan saat sudah memulai podcast.

Kamu perlu memeriksa seluruh aspek pendukung studio tersebut, seperti kendala listrik, tingkat kebisingan di sekitar rumah, dan faktor lain yang menjadi faktor eksternal dari studio tersebut. Selain itu, lakukan juga pengecekan terhadap alat podcast yang sebelumnya sudah kamu pasang di setting studio yang kamu buat.

Tujuan dari pengecekan dan pemeriksaan perlengkapan studio ini adalah untuk memastikan bahwa seluruh aspek pendukung yang ada di studio tersebut sudah berjalan dengan benar. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk mencegah dan mengetahui letak kekurangan yang terdapat dari studio tersebut.

5. Studio Podcast Siap digunakan!

Pada tahapan akhir ini, setelah kamu melakukan tahapan sebelumnya dengan benar, maka studio podcast tersebut sudah bisa kamu gunakan untuk membuat konten podcast Youtube.

Namun, sebelum membuat konten Youtube, ada baiknya kamu melakukan uji coba dengan cara membuat sebuah konten sederhana terlebih dahulu. Setelah dirasa semua berjalan dengan baik, dari segi alat dan kualitas konten. Maka, kamu sudah bisa memulai membuat konten podcast Youtube sesuai konsep yang kamu buat.

Tertarik Membuat Studio Podcast Sederhana di Rumah?

Nah, itu dia pembahasan tentang cara membuat studio podcast sederhana di rumah.

Pada dasarnya, seluruh studio untuk keperluan podcast harus mempunyai konsep yang jelas.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan menggunakan perlengkapan berkualitas.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya tentang social media influencer, YouTube influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password