Inspirasi Studio Podcast Minimalis, Mudah untuk Dicoba!

inspirasi studio podcast minimalis

Sedang mencari bagaimana menghadirkan studio podcast minimalis dan keren? Podcast memang menjadi tren dan banyak orang ingin melakukannya. Di Indonesia, Deddy Corbuzier menjadi Youtuber dengan konten podcast terpopuler yang kemudian diikuti oleh artis-artis yang lain.

Dalam menghadirkan sebuah podcast yang keren, tentu saja pembawa acara dan topik yang dibahas menjadi faktor yang sangat penting. Akan tetapi, jangan lupa untuk mendesain ruangan tersebut sehingga narasumber pun merasa nyaman. 

Rekomendasi Studio Podcast Minimalis untuk Dicoba

Jika ingin menghadirkan konten podcast di channel Youtube kamu, tentunya kamu membutuhkan desain studio yang nyaman dan enak dipandang. Bagi kamu yang bingung menentukan seperti apa desain studio podcast minimalis, berikut ini beberapa pilihannya:

1. Modern Minimalis

Desain Podcast Modern Minimalis

Source: mycity 

Perpaduan antara desain modern dan minimalis memang merupakan gabungan yang sangat tepat. Mungkin kamu sering melihat banyak rumah yang menerapkan perpaduan kedua desain ini, sehingga membuatnya terlihat keren. Bukan hanya dari luar, melainkan dari dalam.

Hal yang serupa bisa kamu terapkan ketika mendesain podcast. Kamu bisa memadukan warna abu-abu, hitam, serta putih. Sehingga, menghadirkan kesan ruangan yang kalem. Kamu juga dapat menambahkan kesan minimalis dengan menambahkan neon sign, namun tidak terlalu ramai.

2. Gaya Japandi

Ruang Podcast dengan Gaya Japandi

Source: mycity 

Gaya Japanese Scandinavian atau Japandi tengah menjadi tren saat ini. Selain untuk hunian, kamu juga bisa mengaplikasikannya untuk menghadirkan sebuah desain studio podcast minimalis yang keren. 

Kamu dapat memperbanyak elemen kayu pada bagian interior. Namun, tidak perlu terlalu banyak ketika meletakkan perabotan serta dekorasi. Di sini, kamu cukup meletakkan beberapa peralatan penting. Kemudian, dukung dengan pemilihan material yang berwarna abu-abu dan hitam.

Memilih gaya Japandi membuat ruangan podcast milikmu terlihat simple. Namun, suasana di dalamnya tetap memberikan kesan kekinian. Sehingga, kenyamanan pun akan tetap kamu rasakan.

3. Minimalis dan Natural

Studio Podcast Minimalis dan Natural

Source: mycity 

Menghabiskan waktu terlalu lama di ruangan studio terkadang membuat bosan. Salah satu cara untuk menyiasatinya, yaitu dengan menghadirkan suasana alam ke interior podcast. Kamu bisa memberikan suasana natural tersebut, sehingga ruangan akan terasa sejuk, tenang, serta mampu meningkatkan fokus.

Kamu bisa mendesain ruanganmu dengan posisi yang dekat jendela. Tujuannya agar pencahayaan alami bisa masuk. Selain itu, pastikan ruangan tersebut jauh dari keramaian, sehingga aktivitas podcast berjalan lancar tanpa terganggu suara dari luar.

Kemudian, kamu juga bisa meletakkan beberapa tanaman dan peralatan berwarna beige atau coklat. Konsep natural minimalis yang kamu hadirkan mampu membuat siapa pun betah menghabiskan waktu di ruangan podcast cukup lama.

4. Ruangan Bergaya Industrial

Ruangan Bergaya Industrial

Source: unsplash 

Konsep industrial juga bukan hanya bisa kamu terapkan untuk hunian. Gaya industrial memang menjadi pilihan banyak orang. Kamu bisa menerapkan gaya yang sama untuk ruangan studio podcast minimalis milikmu. 

Salah satu ruangan podcast yang menerapkan gaya ini adalah “Close the Door”. Tentu saja kamu sudah sangat mengenal istilah tersebut. Podcast Deddy Corbuzier memang menggunakan gaya industrial untuk ruangan podcast-nya. 

Ini bisa kamu lihat di bagian dinding yang memakai batu bata. Pemilihan material tersebut mampu menghadirkan kesan seperti bangunan belum jadi. Namun, justru inilah letak keunikan dari  desain tersebut, karena memberikan suasana yang estetik. 

Untuk semakin mempercantik ruangan podcast, kamu juga dapat memakai tulisan-tulisan atau quotes pada dinding ruanganmu. Jadi, konsep industrial akan membuat ruangan podcast yang kamu miliki benar-benar nyaman.

5. Wallpaper dari Foto

Desain Podcast dengan Wallpaper dari Foto

Source: lamudi 

Inspirasi studio podcast minimalis berikutnya adalah menggunakan wallpaper dari foto. Akan tetapi, perhatikan juga foto yang akan kamu pasang. Umumnya, warna yang cocok adalah hitam putih untuk menghadirkan kesan estetik pada ruangan tersebut.

Untuk memperoleh foto-foto sebagai wallpaper, kamu bisa mencetaknya sendiri. Jika kamu tidak memiliki koleksi foto yang kamu inginkan, kamu tinggal mencari referensi di internet. 

Pastikan juga bahwa foto yang kamu pilih adalah yang berwarna hitam putih, sehingga kesan estetik tetap kamu dapatkan yang akan membuat ruangan tidak terlihat membosankan.

Ketika menambahkan foto tersebut sebagai wallpaper, kamu sudah tidak perlu menambahkan banyak pajangan atau dekorasi. Untuk semakin menambah nilai estetik studio milikmu, kamu bisa menambahkan beberapa barang seperti tumpukan buku di sudut atau rak.

6. Tanaman Sebagai Wallpaper

tanaman sebagai background

Source: unsplash 

Dalam menghadirkan sebuah desain terbaik pada studio podcast memang terlihat gampang-gampang susah. Salah satu rekomendasi desain studio podcast minimalis yang menarik adalah dengan menjadikan tanaman sebagai wallpaper.

Inspirasi ini didapatkan dari podcast milik Denny Sumargo. Jika kamu perhatikan, Denny mendesain podcast-nya dengan menambahkan vertical garden sebagai ornamen dan latar belakang. 

Desain tersebut mampu menghadirkan nuansa yang tampak asri dan membuat siapa pun nyaman ketika mengobrol atau membahas sebuah topik di podcast tersebut.

Jika kamu tertarik menerapkan konsep seperti ini, kamu dapat menambahkan hiasan tanaman, baik pada sudut ruangan atau langit-langit. Selain itu, usahakan juga ruangan studio milikmu tersebut tidak terkesan sempit setelah menambahkan banyak tanaman. 

7. Minimalis dan Fungsional

Desain Podcast Minimalis dan Fungsional

Source: rukita 

Jika kamu ingin menghadirkan ruangan yang bukan sekadar untuk podcast, sepertinya ide ruangan ini bisa menjadi inspirasimu. Konsep fungsional memang kerap menjadi solusi bagi ruangan yang ingin digunakan untuk beberapa kebutuhan.

Mungkin kamu ingin menghadirkan ruangan yang nantinya juga akan kamu gunakan untuk live streaming. Biasanya, referensi ruangan fungsional dipakai untuk ruangan yang posisinya menjadi satu dengan tempat istirahat. 

Secara sederhana, kamu dapat memanfaatkan satu sudut pada ruangan, seperti meja belajar atau ruangan kamar untuk meletakkan peralatan podcast. Kamu bisa meletakkan barang-barang, seperti laptop, microphone, dan lampu.

Agar tidak memberikan kesan ruangan yang sempit, kamu bisa memperlebar meja yang nantinya kamu gunakan sebagai tempat podcast tersebut. Buatlah space berbeda, agar tempat kamu bekerja tidak terganggu.

8. Vintage Minimalis

Desain Podcast Bernuansa Vintage Minimalis

Source: rukita

Rekomendasi studio podcast minimalis yang terakhir bisa kamu padukan dengan gaya vintage. Memang terlihat mainstream, akan tetapi ketika ini pertama kalinya kamu membuat konten podcast, maka tidak ada salahnya menghadirkan desain tersebut. 

Apalagi desain vintage memang terkenal mempunyai ciri khas tersendiri, seperti memakai peralatan dan dekorasi yang jadul. Lalu, bagaimana ketika kamu tidak  mempunyai perabotan vintage? Kamu dapat mencoba menggunakan warna-warna lembut maupun pastel sebagai desain ruangan.

Warna-warna tersebut dapat kamu terapkan di dinding, dekorasi, lemari TV, sampai sofa tempat kamu melakukan podcast. Pemilihan dekorasi juga harus kamu perhatikan. Untuk dekorasi yang wajib, yaitu vas bunga yang ukurannya sedang serta lengkap dengan tangkai bunganya.

Mana Desain Studio Podcast Minimalis Favoritmu?

Sekian rekomendasi desain studio podcast minimalis.

Sekarang, kamu bisa memilih mana desain yang menurutmu paling tepat. Tentu saja budget juga menjadi faktor yang mesti kamu pertimbangkan.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya tentang social media influencer, YouTube influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password