Melihat Strategi Marketing Erigo oleh Muhammad Sadad

Strategi Marketing Erigo

Strategi marketing Erigo yang cukup baik membawa brand lokal ini meraih kesuksesan dan bahkan sudah go internasional. Erigo jadi satu-satunya brand Indonesia yang mengikuti salah satu acara fashion paling bergengsi di dunia yaitu New York Fashion Week (NYFW).

Nah, buat kamu yang penasaran dengan perjalanan Erigo hingga rahasia strategi marketing-nya, simak artikel ini sampai habis ya!


Perjalanan Erigo di Industri Fashion Indonesia

Erigo adalah brand fashion lokal yang muncul sejak tahun 2013. Sebelumnya, Erigo fokus menjual produk yang memiliki konsep unik seperti batik dan ikat. Sayangnya konsep tersebut sepi peminat dan tidak diteruskan.

Sebagai penggantinya, Muhammad Sadad selaku pemilik Erigo memutuskan untuk mengganti konsep jualannya. Sadad akhirnya tertarik menjajakan fashion kasual dan kekinian. Karena konsepnya sangat sesuai dengan anak-anak muda Indonesia, akhirnya koleksi Erigo mulai terkenal.

Strategi marketing Erigo yang tepat sasaran membuat brand lokal ini berhasil meraup keuntungan hingga miliaran rupiah pada tahun 2015 lalu. Bahkan tidak ada yang menyangka jika brand asli Depok ini bisa ikut berpartisipasi mengikuti acara fashion bergengsi dunia, New York Fashion Week (NYFW).

Baca juga: 5 Artis Indonesia yang Punya Banyak Bisnis, Cocok Jadi Panutan Kamu!


Profil Muhammad Sadad, Pemilik Brand Erigo yang Pantang Menyerah

Muhammad Sadad merupakan pengusaha asli asal Aceh yang menikah dengan Ocha Yusuf dan memiliki anak bernama Yasmin. Ketertarikan pria kelahiran 15 Juni 1990 terhadap dunia bisnis ini muncul sejak ia masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

Pria yang akrab dipanggil Sadad ini akhirnya bisa mewujudkan impiannya untuk menjadi seorang pebisnis di tahun 2010. Saat itu, Sadad sudah menjadi salah satu mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Indonesia.

Keseriusan Sadad dalam membangun bisnis ternyata tidak mudah. Ia harus rela meninggalkan bangku kuliah demi fokus membangun bisnisnya. Hanya dengan modal Rp50 juta, Sadad mendirikan bisnis bernama Selected & Co.

Baca Juga:   Pelajari Strategi Marketing Arief Muhammad yang Selalu Viral

Karena sepi peminat, akhirnya Sadad mengganti nama brand miliknya dengan nama Erigo. Belajar dari pengalaman, Sadad mengubah konsep bisnisnya agar cepat berkembang dengan menjajakan pakaian kasual dan trendi.

Konsep ini sangat sesuai dengan strategi marketing Erigo di mana target pasarnya adalah anak-anak muda Indonesia yang update dan menyukai fashion. Perlahan tapi pasti, akhirnya pada tahun 2015 Erigo sukses meraup omzet hingga miliaran rupiah.

Ternyata di balik kesuksesan Erigo ada sebuah perjuangan dari Sadad yang cukup besar. Selain meninggalkan bangku kuliah di Universitas Indonesia, Sadad juga rela melakukan pemotretan koleksinya di luar negeri. Agar semakin populer, Sadad menggandeng Febrian dan Lala Karmela untuk menjadi brand ambassador Erigo.

Sifat berani dan pantang menyerah Sadad inilah yang membawa Erigo bisa meraih kesuksesan. Bahkan strategi marketing Erigo yang sudah diterapkan pun sukses membawa brand asal Depok ini go internasional dengan mengikuti acara fashion tahunan bergengsi dunia, New York Fashion Week (NYFW) pada 9 September 2021 kemarin.

Baca juga: Influencer yang Memiliki Bisnis Sukses di Indonesia


Strategi Marketing Erigo yang Jadi Kunci Sukses

Berbicara soal kesuksesan bisnis pasti ada kaitannya dengan strategi marketing atau pemasaran. Begitu juga dengan Erigo, sebagai brand lokal yang sudah berdiri sejak lama, pastinya Sadad selaku CEO memiliki strategi marketing khusus agar brand-nya cepat berkembang.

Lantas, apa saja strategi marketing Erigo yang jadi kunci suksesnya selama ini? Daripada penasaran, berikut rangkumannya:

1. Aktif Mengikuti Bazar

Ketika Erigo baru merintis, Sadad memberanikan diri untuk mengikuti acara fashion yang cukup besar di Jakarta yaitu JakCloth. Demi memperkenalkan Erigo kepada masyarakat khususnya anak-anak muda, Sadad rela tidur di mushola bahkan mandi di toilet pom bensin.

Baginya, aktif mengikuti berbagai macam acara fashion adalah bentuk pendekatan sekaligus strategi marketing Erigo yang cukup efektif. Jadi, buat kamu yang ingin memulai bisnis fashion seperti Sadad, kamu bisa meniru strategi satu ini.

2. Membuat Website

Selain pendekatan langsung dengan target pasar, strategi pemasaran lainnya yang juga dilakukan oleh Erigo adalah membuat website. Tujuannya adalah untuk memudahkan calon pembeli mencari tahu informasi bahkan membeli produk Erigo secara online.

Baca Juga:   Bisnis Arief Muhammad: Sumber Kekayaan Tidak Hanya dari Youtube

Website resmi milik Erigo ini menerapkan UI atau UX yang menarik dan membuat pengunjung nyaman mengakses website-nya. Selain tampilan, informasi yang ditampilkan juga terbilang lengkap. Soal foto produk, Erigo mengutamakan kualitas terbaik.

3. Memanfaatkan Instagram

Salah satu kunci kesuksesan Erigo pada tahun 2015 adalah brand lokal ini memanfaatkan Instagram sebagai media promosi. Memiliki bakat pebisnis, Sadad melihat sebuah peluang dari Instagram hingga akhirnya ia membuat akun dengan tema traveling.

Berawal dari 500 pengikut, kini Erigo sudah memiliki jutaan pengikut di Instagram. Erigo juga cukup konsisten membuat feeds Instagram yang bagus dan menarik. Bahkan konsep tersebut sangat simpel tapi cukup relate dengan anak-anak muda. Jadi, konsep feeds Erigo ini sesuai dengan target pasar untuk menaikkan popularitas mereka.

Keputusan Sadad untuk memanfaatkan media sosial Instagram sebagai salah satu wadah untuk pemasaran adalah hal yang tepat. Strategi marketing Erigo ini bisa kamu jadikan sebagai panutan apalagi saat ini sudah serba digital.

Dengan memanfaatkan Instagram, kamu sudah bisa menjangkau target pasar lebih banyak. Bangunlah interaksi yang hangat dengan para pengikut agar mereka menjadi pelanggan yang loyal. Caranya dengan membalas komentar, mengunggah konten yang menimbulkan pertanyaan, dan pendekatan lainnya.

4. Konsep Produk yang Menarik

Belajar dari kegagalan, Sadad akhirnya merubah seluruh konsep brand miliknya. Karena target pasarnya adalah anak-anak muda, maka Erigo berkomitmen untuk memproduksi pakaian yang kasual, trendi, dan disukai oleh anak-anak muda.

Salah satu koleksi yang menarik dari Erigo adalah country series. Seperti namanya, koleksi ini menggunakan nama-nama negara antara lain Jepang, USA, dan UK. bahkan pemotretannya pun dilakukan di negara-negara tersebut.

Kembali pada poin utama, definisi dari kata “menarik” ini sebenarnya cukup luas. Nah, agar konsep bisnis sesuai dengan target pasar, kamu harus melakukan riset pasar terlebih dahulu agar mengetahui kebutuhan dari target pasar nantinya.

Aplikasikan konsep menarik tersebut pada bisnis yang akan kamu kelola. Jangan lupa untuk mengutamakan kualitas produk agar tidak mengecewakan calon pelanggan. Kualitas inilah yang juga membuat koleksi Erigo menjadi favorit banyak anak muda selain faktor trendi dan kenyamanan.

Baca Juga:   Influencer Bisnis Indonesia yang Cocok untuk Diikuti Anak Muda

5. Bekerja Sama dengan Influencer

Strategi marketing Erigo yang paling menonjol adalah keberadaan para influencer yang turut mempromosikan koleksi mereka. Di era sekarang, menjalin kerja sama dengan influencer merupakan sebuah keharusan agar bisnis cepat dikenal dan berkembang.

Karena setiap influencer memiliki jumlah pengikut yang berbeda-beda, kamu harus jeli apakah pengikut dari influencer tersebut masuk dalam target pasar kamu. Selain itu, pilihlah influencer yang benar-benar bisa meyakinkan para pengikut mereka untuk menggunakan produk dari brand milikmu.

Hal ini juga dilakukan oleh Erigo. Sebagai brand ternama, Erigo tidak asal pilih influencer untuk memasarkan koleksi mereka. Tidak hanya memilih influencer dari kalangan model, Erigo juga memilih dari background beragam selain fashion dengan catatan influencer tersebut bisa mendongkrak penjualan koleksi Erigo.

Untuk strategi satu ini kamu harus menyiapkan budget khusus. Sebab, setiap influencer memiliki rate card-nya masing-masing. Semakin terkenal dan memiliki jumlah pengikut yang banyak, maka semakin besar pula tarif harganya. Jadi, pilihlah influencer yang benar-benar bisa mendongkrak nama brand agar tidak rugi.

Baca juga: Pelajari Strategi Marketing Arief Muhammad yang Selalu Viral


Strategi Marketing Erigo Sangat Menarik untuk Dicoba

Melihat perjalanan Erigo dapat disimpulkan bahwa strategi marketing yang diterapkan oleh Muhammad Sadad selaku CEO sangatlah tepat sasaran dan menarik untuk dicoba.

Tapi ingat, setiap bisnis pasti ada dua kemungkinan yaitu berhasil dan gagal. Sebagai pemilik bisnis, kamu juga harus mencontoh sifat Muhammad Sadad yang berani, tidak mudah menyerah, dan jeli melihat peluang.

Memang tidak mudah untuk menjadi seorang pebisnis, tetapi ini bukanlah masalah besar yang menghalangi kamu untuk mencoba peruntungan di industri bisnis. Ketakutan hanya akan membuat kamu berjalan di tempat, jadilah seperti Muhammad Sadad yang berani mengambil segala risiko.

Demikianlah pembahasan seputar perjalanan Erigo dari brand lokal asal Depok yang go internasional hingga apa saja strategi marketing Erigo yang bisa kamu coba. Selamat mencoba dan jangan mudah menyerah ya!

Baca juga: Influencer Bisnis Indonesia yang Cocok untuk Diikuti Anak Muda


Dapatkan berbagai tips influencer, berita influencer, blogger influencer dan social media influencer hanya di Influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password