Strategi Digital Marketing Yang Perlu Kamu Coba Saat Ini

strategi digital marketing

Di era yang serba digital seperti sekarang, tentunya pemasaran digital atau digital marketing menjadi salah satu upaya pemasaran yang sangat efektif.

Dalam digital marketing sendiri ada beberapa strategi digital marketing yang tentunya akan ampuh untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bagi bisnis kamu. 

Apa Itu Digital Marketing

Sebelum mengetahui beberapa strategi digital marketing yang tepat untuk bisnis kamu, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu digital marketing.

Digital marketing adalah salah satu upaya untuk mempromosikan atau mengembangkan bisnis kamu secara online maupun digital.

Banyak orang yang menilai digital marketing di era saat ini lebih efektif jika membandingkannya dengan strategi pemasaran yang konvensional.

Dengan berubahnya pola hidup masyarakat terutama pada saat dan juga setelah pandemi, tentunya akan semakin banyak orang yang membutuhkan digital marketing.

Untuk menjalankan digital marketing ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi terlebih dahulu. Salah satu syarat tersebut adalah mempunyai website bisnis.

Website bisnis akan menjadi di seperti rumah bagi bisnis kamu di dunia online. Pastikan kamu sudah mempunyai website bisnis yang baik, benar, dan juga menarik. 

10 Strategi Digital marketing

Untuk memaksimalkan penjualan dan meningkatkan bisnis ada beberapa strategi digital marketing yang bisa kamu coba.

Berikut ini adalah 10 strategi digital marketing yang bisa meningkatkan bisnis kamu.

1. SEO

Strategi digital marketing yang pertama adalah SEO. SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu upaya digital marketing yang bertujuan meningkatkan posisi halaman website bisnis kamu agar bisa muncul di hasil pencarian teratas dengan menggunakan suatu keyboard atau kata kunci di Google.

Ketika semakin banyak halaman website bisnis kamu yang muncul di hasil teratas pencarian Google, tentunya akan semakin banyak pula orang yang mengunjungi website bisnis kamu.

Saat website bisnis kamu semakin banyak dikunjungi tentunya akan semakin besar peluang produk atau jasa bisnis kamu di dalam website bisnis tersebut bisa terjual. 

SEO sering disebut juga sebagai long term investment. Hal tersebut karena hasil dari SEO tidak bisa akan kamu rasakan langsung dalam hitungan hari.

Butuh waktu untuk melihat hasil performa SEO kamu. Namun apabila kamu secara konsisten menerapkan SEO, maka hasil positif dari penerapan SEO akan dapat bertahan lebih lama bagi website bisnis kamu.

2. Content Marketing

Strategi digital marketing yang kedua adalah content marketing. Content marketing yang dimaksud adalah membuat konten yang tentunya bertujuan meningkatkan bisnis kamu. Kamu dapat membuat konten seperti artikel informatif pada halaman blog, gambar, video dan bahkan intrografis lainnya.

Baca Juga:   Apa Itu ROI? Pengertian, Kelebihan, dan Cara Menghitungnya

Content marketing ini akan sangat erat dan juga akan sangat membantu apabila kamu menjalankan strategi SEO. Strategi SEO kamu akan semakin terasa manfaatnya apabila kamu menjalankan content marketing dalam bentuk artikel yang informatif dan juga banyak dicari oleh orang banyak.

Perlu kamu ketahui juga bahwa mayoritas pengguna internet akan mencari suatu informasi di Google. Berdasarkan hal tersebut kamu dapat memanfaatkannya untuk membuat artikel yang informatif dan sesuai dengan bisnis kamu.

Sebagai contoh apabila kamu menjalankan bisnis travel, maka kamu dapat membuat artikel yang informatif seputar travel seperti rekomendasi tempat wisata atau yang lain sebagainya. 

3. Google Ads

Strategi digital marketing yang selanjutnya adalah Google Ads atau Search engine Marketing. Bagi kamu yang baru memiliki sebuah website bisnis, Google Ads adalah pilihan yang tepat untuk meningkatkan penjualan di dalam website bisnis kamu.

Hal tersebut karena website bisnis kamu bisa langsung berada pada halaman atau bagian paling atas saat seseorang mencari sesuatu dengan menggunakan keyboard atau kata kunci di Google.

Google Ads sering juga disebut dengan short term investment. Hal tersebut karena ketika kamu menggunakan Google Ads maka hasil dari Google Ads akan bisa langsung kamu rasakan bahkan dalam hitungan hari.

Namun untuk dapat menggunakan layanan ini kamu harus mempersiapkan sejumlah biaya yang nantinya harus kamu keluarkan untuk membuat website bisnis kamu berada di posisi atau bagian paling atas dari suatu hasil pencarian kata kunci atau keyword di Google.

Kelemahan lainnya dari Google Ads adalah ketika biaya atau iklan Google Ads kamu berhentikan, maka efek dari Google Ads sendiri tentunya akan ikut berhenti.

Karena Google Ads sangat tergantung dari biaya yang kamu keluarkan, maka sebaiknya kamu memanfaatkan layanan ini dengan semaksimal mungkin agar lebih efisien dari sisi biaya yang kamu keluarkan terhadap layanan ini. 

4. Sosial Media Marketing

Strategi digital marketing yang selanjutnya adalah sosial media marketing.

Sosial media tentunya adalah salah satu wadah atau tempat yang sangat efektif untuk mengembangkan bisnis kamu.

Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari intensitas penggunaan sosial media saat ini.

Saat ini hampir semua orang tentunya menggunakan sosial media mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, TikTok bahkan sampai LinkedIn.

Kamu dapat memanfaatkan beberapa apa sosial media tersebut untuk meningkatkan bisnis kamu. 

Beberapa sosial media tersebut juga kamu dapat sesuaikan dengan target pasar kamu.

Sebagai contoh apabila kamu menargetkan target pasar antara usia 25 sampai 34 tahun, maka sosial media Instagram adalah salah satu pilihan yang tepat.

Baca Juga:   Mengenal Apa Itu Social Media Officer dan Tugasnya

Kamu dapat menjalankan sosial media marketing di Instagram dengan membuat konten-konten visual yang menarik dan dapat meningkatkan bisnis kamu. 

5. Menggunakan Influencer

Strategi digital marketing yang satu ini akan sangat erat dan bisa sangat membantu sosial media marketing kamu. Strategi tersebut adalah menggunakan influencer.

Influencer sendiri adalah orang-orang yang memiliki pengaruh besar kepada orang banyak dan juga memiliki pengaruh terhadap lingkungan yang lebih luas.

Secara umum juga seorang influencer dapat mempengaruhi atau mengarahkan orang lain untuk mengikuti saran yang diberikan oleh influencer tersebut.

Hal tersebut dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan bisnis kamu.

Caranya adalah dengan meminta kepada seorang influencer untuk mempromosikan produk atau jasa dari bisnis kamu agar semakin banyak orang yang mengetahui bisnis kamu.

Untuk menggunakan jasa influencer, tentunya kamu harus menyiapkan sejumlah biaya tergantung dari kesepakatan kamu dengan influencer tersebut.

6. Program Affiliate

Selain menggunakan influencer ada juga strategi yang sangat erat dengan sosial media marketing dan juga bisa membantu bisnis kamu. Strategi tersebut adalah menggunakan program affiliate.

Secara umum affiliate dapat kamu katakan sebagai cara yang paling ampuh untuk memperluas pasar bisnis kamu. Affiliate juga bisa kamu katakan sebagai membuka cabang dari bisnis kamu.

Kamu dapat melakukan kerjasama dengan beberapa orang menggunakan program affiliate ini.

Orang-orang tersebut nantinya akan membantu bisnis kamu dengan cara menjual produk atau jasa dari bisnis kamu.

Orang-orang tersebut tentunya juga mengharapkan keuntungan ketika menjual produk atau jasa dari bisnis kamu, karena hal tersebut kamu perlu mempertimbangkan hal ini. 

7. Email Marketing

Strategi digital marketing ini mungkin bagi sebagian orang kurang efektif, strategi tersebut adalah email marketing.

Hal tersebut mungkin karena untuk intensitas orang-orang yang membuka email saat ini tidak sebanyak sosial media.

Namun perlu kamu ketahui juga bahwa tidak sedikit juga orang yang masih lebih sering membuka email jika membandingkannya dengan sosial media.

Email marketing sendiri tentunya memiliki kelebihannya tersendiri.

Kelebihan email marketing salah satunya adalah sangat bermanfaat untuk memanjakan pelanggan setia kamu dan juga membangun kedekatan yang lebih terhadap pelanggan lainnya.

Hal tersebut dapat terjadi dengan cara membuat promosi-promosi atau informasi yang menarik di email marketing yang kamu jalankan.

8. Google My Business

Saat ini Google sebagai salah satu penyedia layanan informasi dan juga berbagai hal di internet memberikan kemudahan dalam bentuk layanan bagi orang-orang yang menjalankan sebuah bisnis.

Layanan tersebut adalah Google My Business atau Google Bisnisku.

Google My Business adalah sebuah layanan yang bisa memberikan informasi secara lengkap mengenai sebuah bisnis.

Informasi tersebut mulai dari nama perusahaan, jam kerja, alamat, lokasi kantor, jenis perusahaan sampai dengan rating atau penilaian terhadap bisnis kamu.

Baca Juga:   Mengenal Nano Influencer Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Dengan menggunakan Google My Business tentunya kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan.

Beberapa keuntungan tersebut mulai dari kemudahan untuk menjangkau target pasar yang lebih spesifik, sampai dengan meningkatkan kepercayaan orang-orang terhadap bisnis kamu.

Untuk mendapatkan layanan ini juga cukup mudah, kamu dapat menemukannya di internet dan menerapkannya kepada bisnis kamu. 

9. AR Marketing

Strategi digital marketing yang saat ini cukup menarik, strategi tersebut adalah AR marketing. AR atau Augmented Reality adalah salah satu inovasi teknologi yang saat ini sedang dikembangkan.

Dengan memanfaatkan AR marketing, kamu akan memberikan pengalaman kepada orang-orang yang akan membeli atau menggunakan jasa kamu.

Hal tersebut dapat terjadi karena orang-orang tersebut akan dapat melihat tampilan langsung secara nyata hanya dengan bantuan kamera.

Contoh yang paling sering kita lihat dari pemanfaatan AR marketing ini adalah saat kita ingin membeli sebuah properti melalui sebuah website yang menjual properti.

Tidak sedikit dari website tersebut akan bisa memberikan kamu pengalaman seolah-olah kamu sedang berada dalam sebuah ruangan dan dapat melihat kondisi ruangan tersebut dengan hanya menggerakkan kursor dari sebuah website.

10. Close Range Marketing

Strategi digital marketing ini akan sangat memanfaatkan orang-orang yang sudah tertarik pada sebuah bisnis atau layanan dan juga memanfaatkan perangkat yang mampu menjalankan bluetooth dan WiFi seperti smartphone ataupun laptop.

Close range marketing adalah strategi yang menjalankan promosi kepada orang-orang yang menggunakan bluetooth atau WiFi dari sebuah bisnis.

Contoh dari close range marketing ini sangat mudah untuk kamu temukan.

Contoh yang paling mudah dari strategi digital marketing yang satu ini adalah ketika kamu berada disebuah tempat makan.

Ketika kamu ingin menggunakan layanan WiFi dari tempat makan tersebut, maka setelah kamu memasukkan username dan password yang biasa dibutuhkan untuk WiFi, setelahnya akan muncul promosi banner yang menarik dan tentunya dapat meningkatkan sebuah bisnis.

Tertarik Menjalankan Strategi Digital Marketing yang Mana?

Itulah 10 strategi digital marketing yang dapat kamu jalankan untuk bisnis kamu.

Dari beberapa strategi yang ada di atas manakah yang paling tepat untuk kamu?

Sebagai saran apabila kamu mempunyai sebuah website bisnis yang masih baru maka kamu dapat menggunakan layanan Google Ads dan juga mulai menjalankan SEO, sosial media marketing dan juga layanan Google My Business. 

Setelah bisnis kamu udah cukup berkembang maka kamu dapat mengembangkan strategi yang lainnya seperti email marketing, menggunakan jasa seorang influencer, menjalankan program affiliate bahkan sampai menjalankan AR marketing dan juga close range marketing.

Selamat mencoba dan semoga bisnismu akan semakin berkembang!


Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, influencer marketing, dan lain-lain hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password