Tips Jitu Mencari Sponsor Giveaway Instagram dengan Brand

sponsor giveaway instagram

Bagaimana cara memperoleh sponsor giveaway Instagram? Istilah giveaway sendiri memang sangat populer dan biasanya berhubungan dengan event tertentu. Giveaway biasanya juga berkaitan dengan promosi yang menjadi salah satu cara efektif untuk mendapatkan konsumen atau pelanggan baru.

Hanya saja masih ada beberapa orang yang belum memahami cara memperoleh sponsor giveaway yang tepat. Karena itu, simak informasi berikut untuk mengetahui tips-tips menariknya!

Daftar Isi

Mengapa Harus Mengadakan Event Giveaway?

Sebelum menjelaskan tips memperoleh sponsor giveaway Instagram, kamu perlu tahu alasan pentingnya melakukan GA. Berikut penjelasannya:

1. Meningkatkan Jumlah Leads

Adanya GA ini mampu meningkatkan jumlah leads. Adapun leads sendiri merupakan calon konsumen potensial. Misalnya, kamu mengadakan GA dengan catatan peserta harus mengikuti media sosialmu terlebih dahulu.

Persyaratan tersebut berpotensi untuk meningkatkan jumlah konsumen potensial yang bergabung dan tertarik untuk mengikuti GA tersebut.

2. Meningkatkan Engagement

Selain meningkatkan leads, engagement juga akan meningkat. Engagement merupakan interaksi, hubungan, maupun komunikasi yang terjalin antara brand dengan konsumennya. Semakin tinggi engagement, semakin kamu akan lebih mudah ketika ingin membangun sebuah komunitas dengan para pelanggan setia.

3. Menaikkan Brand Awareness

Mengadakan giveaway juga mampu meningkatkan brand awareness. Karena secara otomatis brand kamu akan terkenal secara luas lewat GA yang kamu selenggarakan. Selain itu, akan banyak pelanggan yang kamu peroleh nanti.

Tips Mencari Sponsor Giveaway Instagram

Beberapa tips penting bagi yang ingin mencari sponsor giveaway secara tepat, yaitu:

1. Tentukan Tujuan

Sebagai langkah awal, kamu harus memikirkan tujuan dari GA yang akan kamu berikan nanti. Misalnya, giveaway tersebut bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Bisa juga karena GA tersebut memungkinkanmu untuk lebih dekat dengan pelanggan.

Penentuan tujuan ini sangat penting. Mengapa? Karena jika tujuan giveaway yang kamu buat jelas dan tepat, sponsor pun tidak akan ragu memberikan dana. Bahkan para sponsor tersebut tidak perlu berpikir dua kali untuk mengeluarkan dana agar giveaway yang kamu adakan bisa terlaksana dengan lancar.

2. Pastikan Giveaway Mempunyai Nilai Jual

Tips kedua, kamu harus memastikan bahwa giveaway memiliki nilai jual. Selain itu, giveaway tersebut juga harus sesuai dengan target market kamu. Sehingga kamu bisa lebih mudah untuk mendapatkan peserta.

Karena semakin banyak peserta yang kamu proyeksikan agar berpartisipasi di dalam giveaway, peluang sponsor untuk memberikan bantuan dana juga semakin besar.

3. Buat Proposal Kerja Sama

Agar memperoleh sponsor giveaway Instagram juga tidak bisa sembarangan dan harus melalui sebuah proposal. Karena itu, kamu harus membuat proposal kerja sama yang nantinya akan kamu kirimkan ke pihak sponsor. Dalam penyusunan proposal pun tidak boleh asal-asalan.

Kamu harus memahami bagaimana cara menyusun proposal yang baik. Ketika proposal yang kamu kirimkan bagus, maka peluang untuk memperoleh dana juga semakin tinggi. Melalui proposal ini sponsor akan menilai apakah giveaway yang kamu adakan layak untuk diberikan bantuan dana atau tidak.

4. Jangan Lupa Memperkenalkan Diri

Kamu harus memperkenalkan diri serta event terlebih dahulu secara benar dan lengkap. Tujuan dari perkenalan diri ini adalah agar pihak sponsor bisa memberikan pandangan terhadap acara dan pada akhirnya akan memberikan dukungan dana untuk acara GA yang kamu selenggarakan. 

Selain itu, kamu juga dapat memberikan informasi menarik lewat perkenalan diri tersebut. Sehingga pihak sponsor dapat menyadari kredibilitas yang kamu miliki. 

5. Tentukan Sponsor Sesuai Hadiah yang Diharapkan

Tips mendapatkan sponsor giveaway Instagram berikutnya, yaitu kamu perlu mendefinisikan produk GA pada sponsor. Tujuannya adalah agar mereka dapat memberikan hadiah giveaway yang tepat sesuai dengan tema yang kamu selenggarakan.

Misalnya, kamu ingin mencari sponsor di bidang penyedia alat-alat masak. Maka sudah tentu GA yang kamu selenggarakan memiliki peserta dari kalangan ibu-ibu. Berarti kamu bisa memilih sponsor yang menjual produk serupa.

6. Beri Alasan Logis dan Jelas

Kamu juga harus memberikan alasan ke pihak sponsor secara jelas dan logis. Jelaskan kenapa kamu memilih sponsor tersebut untuk memberi sumbangan dana kepada perusahaan yang menyelenggarakan hadiah giveaway.

Ingat, kamu tidak dianjurkan untuk memakai alasan yang berbentuk rayuan dan juga tidak objektif. Karena hal tersebut hanya akan membuat peluangmu untuk memperoleh bantuan dana menjadi lebih kecil. Bahkan, kamu bisa saja gagal untuk mendapatkan sponsor karena terlihat tidak profesional dan meyakinkan.

Kamu perlu memberikan alasan yang argumentatif dan persuasif. Tujuannya untuk bisa menjaga poin-poin penting dalam penawaran kerja sama ke pihak sponsor. Tidak kalah penting, pastikan bahwa alasan yang kamu berikan nanti bisa memberikan keuntungan untuk acara giveaway dan juga pihak sponsor.

7. Klasifikasi Sponsor

Agar dapat memperoleh sponsor giveaway Instagram, tidak ada salahnya untuk mengklasifikasi dulu sponsor yang akan kamu pilih. Mungkin kamu sudah mengantongi beberapa nama sponsor yang sama-sama berniat untuk memberikan bantuan dana padamu.

Biasanya untuk klasifikasi yang kamu lakukan ini bisa menyesuaikan dengan budget yang kamu terima dari masing-masing sponsor tersebut. Setelah itu, kamu dapat memberikan balasan atau insentif berbeda pada para sponsor tersebut sesuai klasifikasinya.

Misalnya, kamu membuat klasifikasi yang terdiri Gold, Platinum, maupun Silver. Sponsor yang memberikan dana Rp500.000,00 masuk kategori Platinum. Kemudian sponsor yang memberikan dana Rp300.000,00 masuk kategori Gold, lalu sponsor dengan Rp150.000,00 masuk kategori Silver. 

Lalu, kamu bisa memutuskan insentif apa saja yang akan kamu berikan sesuai dengan klasifikasi sponsor tersebut. Bentuk insentifnya sendiri dapat berupa hadiah, pemasangan logo di banner, pencantuman tautan ke website sponsor, dan sebagainya.

8. Tawarkan Sponsor Giveaway ke Audiens

Kamu juga perlu menawarkan sponsor tersebut ke para audiens yang kemungkinan mengunjungi website atau media sosial milikmu. Tujuan melakukan upaya tersebut, yaitu agar kamu bisa berinteraksi dengan audiens. Hal tersebut juga bisa menjadi cara untuk memperoleh tambahan dana.

Karena etika ada audiens yang berkeinginan menjadi donatur, kamu bisa menawarkan insentif khusus kepada mereka. Ini akan semakin membuat mereka tertarik untuk ikut memberikan dana terhadap giveaway yang kamu adakan.

9. Beri Laporan Pertanggungjawaban

Tips memperoleh sponsor giveaway Instagram terakhir, yaitu memberikan laporan pertanggungjawaban ke sponsor. Kamu perlu memberikan informasi terkait penggunaan dana agar sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat. Terutama pada saat giveaway sudah kamu selenggarakan.

Pemberian laporan tersebut dapat meningkatkan integrasi dan kepercayaan pihak sponsor. Bukan tidak mungkin jika nanti kamu menyelenggarakan giveaway lagi, sponsor tersebut akan kembali tertarik untuk memberikan bantuan.

Sudah Tahu Cara Mencari Sponsor Giveaway Instagram?

Sekian informasi seputar tips dalam mencari sponsor giveaway Instagram. Kesimpulannya, menemukan sponsor GA tidak bisa kamu lakukan secara instan.

Kamu perlu memperhatikan beberapa aspek agar menarik minat sponsor untuk memberikan bantuan dana.

Jadi, sudahkan kamu menarapkan tips-tips di atas?

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password