Social Media Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Panduannya

Social Media Marketing - Pengertian, Manfaat, dan Panduannya

Memasarkan sebuah produk, baik itu barang maupun jasa, adalah sebuah keharusan yang perusahaan lakukan demi menjaga kelangsungan usaha. Berbagai macam strategi marketing dapat kamu kerjakan demi menjangkau calon konsumen sebanyak-banyaknya. Salah satu strategi tersebut yaitu social media marketing atau memasarkan produk lewat aplikasi media sosial. Mau tahu seperti apa? Silakan baca artikel berikut ini.

Apa Itu Social Media Marketing?

Pertama, kamu perlu mengetahui tentang definisi pemasaran via media sosial dan perbedaannya terhadap aktivitas pemasaran lewat teknologi lain.

Social media marketing adalah sebuah konsep pemasaran produk yang melibatkan penggunaan aplikasi media sosial (medsos) sebagai alat pemasarannya. Hal ini bertujuan agar produk-produk yang kamu jajakan kepada calon konsumen menjadi lebih tepat sasaran. 

Adapun tujuan lainnya dari konsep pemasaran ini ialah untuk meningkatkan efisiensi dalam kegiatan marketing. Dari sini, perusahaan dapat membangun komunitas yang mampu menyebarkan kesadaran merek dan interaksi melalui konten yang bermanfaat.

Analisis data dan kepekaan terhadap apa yang konsumen butuhkan menjadi fokus utama pemasaran via medsos. Keinginan calon pembeli saat bertransaksi dapat berubah-ubah setiap saat, jadi perusahaan membutuhkan alat yang dapat membantu mereka memahami keinginan pembeli. 

Komunikasi atau engagement antara penjual dan pembeli yang lebih akurat dapat menentukan keberhasilan atau kegagalan kegiatan pemasaran.

Jenis Media Sosial Terbaik untuk Pemasaran

Perlu kamu ingat bahwa tidak semua media sosial dapat kamu gunakan untuk memasarkan produk. Hanya beberapa jenis medsos yang sekiranya cocok untuk proses marketing perusahaan kamu. Perhatikan bagian berikut agar kamu tahu aplikasi apa yang paling baik untuk melakukan social media marketing.

1. Facebook / Meta

Salah satu aplikasi yang paling bagus untuk social media marketing yaitu Facebook / Meta. Aplikasi ini memiliki pengguna hingga puluhan juta jiwa di dunia, dengan kata lain calon-calon pembeli yang dapat kamu pikat. 

Dalam Facebook / Meta, ada fitur riwayat atau histori yang dapat kamu susun menjadi album. Dari album ini, kamu bisa menunjukkan produk-produk apa yang kamu jual kepada para calon pembeli. Komunikasi antara kamu sebagai penjual dan calon pembeli juga akan menjadi lebih cepat dan mudah.

Baca Juga:   Panduan Lengkap Cara Upload Foto di Instagram Melalui PC

2. Instagram

Bagi yang suka memasarkan produknya via foto, aplikasi Instagram adalah pilihan yang paling tepat. Instagram memungkinkan kamu untuk berbagi foto mengenai produk yang kamu tawarkan kepada calon konsumen dari dan ke aplikasi medsos lain. 

Jika kamu perlu, kamu bisa menambahkan video bersama penjelasan lisan tentang produk kamu. Adapun fitur album di Instagram yang dapat kamu pakai untuk menampilkan foto-foto produk dalam jumlah banyak.

3. YouTube

Apabila kamu menggunakan iklan berbentuk video, kamu bisa mempromosikan konten tersebut di YouTube. YouTube adalah sebuah aplikasi media sosial untuk berbagi video, baik pendek maupun panjang. 

Karena YouTube memiliki pengunjung yang jumlahnya mencapai jutaan orang setiap harinya, aplikasi ini cocok untuk social media marketing. Aplikasi ini beroperasi dengan sistem algoritma, yang berfungsi mengatur penempatan video berdasarkan judul dan kata kunci video. 

Oleh karena itu, berilah judul dan kata kunci yang benar pada video promosi kamu agar terlihat oleh calon pembeli.

4. WhatsApp

Selain chatting dengan orang lain, aplikasi WhatsApp juga cocok untuk aktivitas social media marketing. Terlebih lagi dengan fitur kontaknya yang bisa kamu kelompokkan menjadi beberapa chat-room yang memudahkan proses pemasaran produk kamu. 

Melalui aplikasi ini, kamu dapat melakukan promosi yang sifatnya berantai; maksudnya, iklan dalam satu chat-room bisa dilanjutkan ke chat-room berikutnya. Jika kamu tahu cara mengiklankan produk via pesan berantai di WhatsApp, kamu tak perlu repot-repot mengetik iklan itu di chat-room lain.

5. Twitter

Ada pula aplikasi medsos untuk marketing bagi mereka yang suka iklan-iklan singkat dan padat, yaitu Twitter. Dalam aplikasi ini, kamu sebagai penjual dapat mengetikkan iklan promosi produk yang singkat, namun dapat kamu duplikasi dengan cepat. 

Twitter mempunyai fitur komunikasi berbentuk thread, yang artinya orang-orang dapat mengomentari iklan kamu secara langsung, juga membagikannya. Usahakan agar promosi kamu dapat memikat banyak calon pembeli agar banyak yang membagikan iklan tersebut.

Manfaat dari Social Media Marketing

Media sosial itu bukan hanya untuk komunikasi dan hiburan saja, lho. Pemasaran yang dapat para calon konsumen lihat secara mendetail akan lebih meyakinkan mereka untuk membeli produk kamu. 

Itulah sebabnya kamu perlu mengetahui tentang macam-macam manfaat melakukan social media marketing, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Dapat Pembeli Akses di Mana Saja, Kapan Saja

Dalam kegiatan marketing biasa, orang-orang belum tentu mempunyai banyak waktu untuk melihat pemasaran secara langsung. Agen-agen pemasarannya pun bisa jadi memasarkan produk mereka kepada calon pembeli yang salah. 

Oleh karena itu, daripada kamu sibuk kesana-kesini, akan lebih baik jika kamu mencari media yang tidak terikat oleh lokasi atau waktu. 

Baca Juga:   Apa Itu YouTube Go? Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Inilah manfaat memasarkan produk di media sosial; iklan produk kamu dapat konsumen lihat di manapun dan kapanpun mereka mau. Kegiatan ini tampak sederhana, tetapi yang penting konsumen tidak terganggu.

2. Menghemat Waktu, Tenaga, dan Uang

Adapun manfaat melakukan social media marketing yang berikutnya yaitu menghemat waktu, tenaga, dan uang. Ingat, aktivitas marketing membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit, sebagaimana kegiatan bisnis lainnya. Material dan informasi untuk disebarkan, lokasi dan jadwal pemasaran, serta siapa yang akan terjun ke lapangan, itu semua sangat penting. 

Aplikasi media sosial merupakan sebuah solusi yang dapat membantu kamu menghemat sumber daya perusahaan. Yang kamu perlukan dalam pemasaran ini cukup saja aplikasi medsos untuk menjajakan produk, calon target marketing, dan jaringan internet.

3. Meningkatkan Jumlah Pengunjung Situs Bisnis

Social media marketing bukan hanya untuk menjual produk-produk buatan perusahaan kamu, melainkan juga untuk menarik perhatian konsumen baru. Ini penting karena bisnis-bisnis pada zaman modern ini sudah memiliki laman-laman internet sebagai pusat informasi mengenai usaha mereka. 

Seorang calon pembeli tentunya ingin mengetahui dengan siapa mereka melakukan transaksi, dan dalam bidang apa. Memasarkan produk kamu via medsos dapat juga meningkatkan kunjungan calon pembeli ke situs usaha yang kamu kelola.

4. Membuat Konsumen Lebih Sadar Merek

Kesadaran terhadap merek yang konsumen beli adalah salah satu kunci keberhasilan marketing sebuah bisnis. Para pembeli yang suka pada produk kamu akan mencoba mencari tahu tentang merek produk itu, serta siapa penyedianya. 

Melalui media sosial, para calon pembeli akan lebih mudah mengakses informasi seputar barang dan jasa buatanmu. Mereka juga bisa bertanya ini-itu secara langsung tanpa harus bertemu secara langsung dengan penjualnya. 

Usahakan agar informasi produk yang kamu berikan pada konsumen adalah info-info terbaru / up-to-date.

5. Tak Perlu Ribet Terjun ke Lapangan

Manfaat Terakhir dari social media marketing ialah hilangnya keharusan menerjunkan tim pemasaran ke lapangan. Kamu pasti sering melihat agen-agen pemasaran yang biasa beroperasi menggunakan truk atau minibus dengan logo perusahaan di kendaraan mereka, kan? Dalam pemasaran produk via medsos, kamu tinggal duduk manis di depan layar komputer dan menjual produk kamu lewat bantuan internet. Selama kamu tahu medsos apa yang baik dalam kegiatan pemasaranmu, kamu tidak perlu repot berkeliling dengan cara konvensional seperti itu.

Tips Melakukan Social Media Marketing

Sekarang kamu sudah tahu mengenai pemasaran lewat media sosial, beserta kegunaannya dan jenis-jenis media sosial yang bagus untuk marketing. Namun, kamu tidak bisa langsung melakukan pemasaran begitu saja tanpa mengetahui ilmunya. Pada bagian ini, kamu akan belajar tentang tips-tips dalam pemasaran via medsos.

1. Tentukan Tujuan Kamu Menggunakan Medsos

Tips pemasaran lewat media sosial yang pertama ialah menentukan tujuan dari penggunaan aplikasi tersebut. Apakah kamu mau mempromosikan produk, atau berkomunikasi dengan calon konsumen, atau mengundang mereka ke situs bisnis kamu? 

Baca Juga:   Mengenal Apa Itu Social Media Officer dan Tugasnya

Kamu bisa membagi dan mengarahkan tim pemasaran kamu agar satu bagian melakukan promosi, sementara bagian lainnya berinteraksi dengan calon pembeli. Dengan cara begini, proses marketing dapat berjalan dengan lebih cepat.

2. Ketahui Siapa Calon Pembeli Produk Kamu

Setelah kamu mempunyai alasan untuk melakukan social media marketing, kamu juga perlu mengetahui target kamu, yaitu para calon pembeli. Ingat, konsumen kamu mempunyai latar belakang yang beraneka ragam, sehingga keinginan mereka pun berbeda-beda. 

Siapa mereka, dan dari mana mereka berasal? Apa minat utama mereka? Dimana dan kapan mereka mengakses situs pemasaran kamu? Mengapa mereka tertarik untuk membeli produk kamu? Semua pertanyaan ini harus menjadi fokus utama saat memasarkan produk.

3. Pilih Aplikasi Media Sosial yang Kamu Perlukan

Adapun tips berikutnya dalam social media marketing adalah memilih medsos yang sekiranya efektif dalam menjangkau calon pembeli. Jika kamu membutuhkan bentuk pemasaran yang lebih menonjolkan gambar atau video tentang produk, maka gunakan Instagram atau Pinterest. 

Apabila kamu mengutamakan komunikasi yang intensif dengan para pembeli tersebut, kamu bisa memilih aplikasi WhatsApp dan Facebook / Meta. Andaikata iklan-iklan produk kamu sifatnya singkat dan tanpa basa-basi, Twitter adalah media sosial yang cocok untuk pemasaran kamu.

4. Buat Konten Pemasaran Sesuai Kebutuhan

Tips pemasaran nomor empat ialah membuat konten marketing yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Apakah kamu lebih suka iklan berupa infografis atau iklan berbentuk video pendek? Berapa banyak aplikasi medsos yang kamu gunakan untuk mengiklankan produk kamu? 

Usahakan agar penjelasan tentang produk dalam promosi tersebut tidak terlalu panjang atau terlalu singkat. Jangan lupa untuk menghias konten pemasaran kamu agar hasilnya dapat memikat hati calon pembeli sebanyak-banyaknya.

5. Pantau dan Optimalkan Kegiatan Pemasaran

Pada bagian terakhir, tips social media marketing nomor lima ialah memantau dan menganalisis kegiatan pemasaran yang telah kamu lakukan. Berapa banyak calon konsumen yang melihat iklan kamu? Berapa banyak pengunjung yang tertarik dan menyukai promosi tersebut? Apa yang dapat kamu kerjakan berikutnya untuk meningkatkan penjualan produk? 

Dari analisis hasil pemasaran itu, kamu diharapkan dapat memberikan inovasi lanjutan dalam proses pemasaran di masa depan.

Tingkatkan Reputasi Bisnismu dengan Social Media Marketing!

Dan itulah artikel yang membahas mengenai apa itu social media marketing, beserta manfaat dan tips-tips dalam melaksanakannya. Setelah membaca artikel ini, apakah kamu sebagai pengusaha siap memasarkan produk lewat media sosial? Terima kasih atas perhatiannya!

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, social media influencer, blogger influencer, dan lainnya hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password