7 Skill Penting yang Harus Dimiliki Blogger Profesional Selain Menulis

Skill yang harus dimiliki blogger

Sebagian besar orang tentu telah memahami bahwa seorang blogger tentulah datang dari seseorang yang suka, gemar, atau pandai menulis. Sebab, menulis merupakan salah satu skill yang harus dimiliki blogger dan tergolong sebagai jenis kemampuan basic seorang penulis blog.

Seringnya, beberapa orang kerap melayangkan sebuah pendapat dan berujar bahwa kegiatan menulis merupakan jenis kemampuan yang sangat mudah. Memang benar, menulis adalah hal mudah bagi yang bisa menulis dan sulit bagi yang kurang mampu menulis. 

Selain itu, pemilik blog juga perlu menguasai skill blogger penting lainnya agar dapat menghasilkan kualitas blog yang berbobot dan mudah diterima oleh para pengunjung situs blog.


Skill yang Harus Dimiliki Blogger 

Salah satu kriteria blog yang baik adalah mampu menyajikan sebuah konten atau tulisan yang bermanfaat, mudah dipahami, dan dapat memenuhi ekspektasi pembaca blog.

Untuk bisa menjadi seorang blogger profesional, setiap pemilik atau pengelola blog perlu menguasai skill – skill blogger berikut ini:

1. Keterampilan Mengolah Gambar

Biasanya, para pembaca situs blog cenderung lebih suka dengan jenis konten tulisan yang memiliki komponen visual pendukung seperti gambar, ilustrasi, gif, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, para blogger perlu bisa menguasai keterampilan tersebut demi menciptakan pengalaman menyenangkan bagi para pembaca blog. Kamu tentu tidak mau kan membuat para pembaca merasa bosan?

Agar pembaca tidak bosan dalam membaca kumpulan huruf maupun angka, setidaknya kamu bisa sisipkan minimal 1-2 buah gambar pada setiap artikel blog.

Untuk itu pula, kamu perlu menguasai cara edit atau mengolah gambar dengan benar seperti mengkompres gambar, membuat infografis, mengolah foto jepretan sendiri, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa menggunakan beberapa jenis aplikasi atau tool editing gambar gratis seperti Canva, Photoscape, Powerpoint, dan lain-lain.

2. Memahami Dasar-Dasar Bahasa Pemrograman Web

Salah satu skill yang harus dimiliki blogger selanjutnya adalah mampu memahami seluk beluk website beserta bahasa pemrogramannya. 

Baca Juga:   WordPress VS Blogspot, Manakah yang Lebih Baik untuk Kamu?

Meski nampak sulit, keterampilan ini tak bisa kamu abaikan begitu saja mengingat kamu menjadikan sebuah situs web sebagai wadah untuk berkonten. Namun, para blogger hanya perlu memahami dasar-dasar bahasa pemrograman web tanpa perlu menjadi mahir.

Adapun fungsi dari memahami bahasa pemrograman web adalah untuk menentukan tata letak (layout) web, menyunting template blog, dan masih banyak jenis pengaturan lainnya agar blog kamu memiliki kualitas UI (user interface) yang baik.

Biasanya, jenis bahasa pemrograman yang perlu kamu ketahui yakni HTML (HyperText Markup Language) dan CSS (Cascading Style Sheet).

HTML merupakan jenis bahasa pemrograman standar dalam sebuah halaman web. Umumnya, fungsi HTML lebih terfokus pada pembangunan web seperti menampilkan berbagai informasi di dalam situs web dan untuk membuat tautan menuju halaman web lain dengan kode hypertext.

Sementara itu, CSS merupakan jenis bahasa pemrograman yang berfungsi untuk mendesain sebuah situs web seperti pemilihan background, tata letak, dan lain sebagainya.

3. Memahami SEO

Apa itu SEO? SEO (Search Engine Optimization) atau upaya mengoptimasi sebuah website agar mendapat posisi yang bagus di mesin pencarian.

Aspek SEO merupakan salah satu skill yang harus dimiliki blogger jika ingin memperoleh jumlah kunjungan yang banyak dan bisa berkompetisi dengan para blogger kompetitor.

Di dalam SEO, ada beberapa hal yang perlu kamu pelajari untuk bisa menduduki peringkat teratas dalam halaman pencarian yakni aspek SEO on page dan SEO off page.

SEO on page merupakan kegiatan mengoptimasi halaman web dalam sebuah website. Beberapa contoh implementasi SEO on page adalah penggunaan kata kunci, pembuatan judul yang menarik, penulisan artikel yang SEO friendly, dan lain sebagainya. 

Sementara itu, SEO off page merupakan upaya optimasi yang menyasar pada aspek pencarian web yang berada di luar situs milik pribadi. Adapun contoh implementasi dari upaya SEO off page adalah membangun backlink atau tautan website pribadi yang disematkan dalam konten di website lain.

Sebenarnya, masih ada banyak aspek SEO yang perlu kamu pelajari agar situs blog kamu bisa lebih terkenal. Untuk itu, kamu perlu keterampilan SEO secara mendalam dari beberapa sumber yang tersedia seperti artikel, online course, mentor, Youtube, dan sumber belajar lainnya.

Baca Juga:   Perbedaan SEO dan SEM, dan Manakah yang Paling Terbaik

4. Keterampilan Networking

Untuk bisa menciptakan sebuah blog yang besar, kamu perlu menguasai salah satu skill blogger yang esensial yakni keterampilan networking. Saat menjadi blogger nanti, kamu perlu bisa menjalin hubungan pertemanan antar sesama blogger melalui koneksi maupun komunitas.

Mengapa keterampilan networking menjadi skill yang harus dimiliki blogger? Salah satu alasan pentingnya adalah untuk membangun backlink yang dapat meningkatkan performa SEO situs blog kamu.

Jika kamu memiliki teman sesama blogger, kamu bisa mengajak mereka untuk melakukan kolaborasi bersama atau sekedar sharing ilmu-ilmu bermanfaat. Secara tidak langsung, kemampuan networking akan memberikan dampak yang besar terhadap situs blog milikmu.

Semakin bagus keterampilan networking-nya, maka akan semakin besar pula kesempatanmu untuk berkolaborasi bersama dan menemukan beragam ide-ide konten yang segar dan kreatif.

5. Keterampilan Pemasaran

Salah satu skill blogger penting yang tidak boleh kamu abaikan adalah keterampilan pemasaran atau marketing. Sejatinya, upaya membangun situs blog itu tak jauh berbeda dengan usaha berdagang pada umumnya. 

Agar bisa jadi blog yang ‘laris’, setiap pengelola blog perlu melakukan upaya pemasaran atau langkah-langkah promosi yang tepat. Dengan begitu, kamu dapat memperkenalkan dan mengajak para audiens untuk mampir ke situs blog milikmu.

Sebelum itu, tentukan dahulu target audiens yang ingin kamu tuju dan sesuaikan dengan niche blog milikmu. Jika kamu merupakan seorang blogger travel, maka fokuslah untuk membuat dan memasarkan konten-konten kamu untuk audiens yang menyukai aktivitas travel.

6. Keterampilan Riset

Artikel yang baik biasanya memuat berbagai informasi bermanfaat dan terdiri dari kumpulan fakta-fakta nyata. Untuk bisa memenuhi semua kriteria di atas, setiap penulis perlu melakukan kegiatan riset secara mendalam agar bisa menciptakan konten yang berbobot. 

Maka dari itu, keterampilan riset merupakan salah satu jenis skill yang harus dimiliki blogger baik itu riset topik maupun riset kata kunci.

Riset kata kunci bertujuan untuk mendapatkan kata kunci yang pas demi bisa menduduki peringkat web teratas dalam halaman pencarian. Dalam proses riset kata kunci, kamu perlu menyesuaikannya dengan niche blog, target audiens, dan performa situs blog agar strategi SEO-mu dapat berjalan sesuai rencana.

Baca Juga:   Apa itu Guest Post dan Manfaatnya untuk Blog Kamu?

Untuk melakukan riset kata kunci, kamu bisa menggunakan tool-tool keyword research seperti Google Trends, Google Keyword Planner, Ahrefs, Ubersuggest, SEMrush, dan masih banyak lagi.

Di sisi lain, riset topik merupakan kegiatan mencari data untuk mendukung isi artikel terkait. Untuk dapat menghasilkan sebuah artikel yang berkualitas, setiap penulis blog perlu melakukan riset topik secara cermat, mendalam, dan mengacu pada sumber informasi kredibel. 

Sejatinya,  riset merupakan salah satu kegiatan yang cukup menyulitkan. Meski sulit, kamu juga akan mendapat banyak pengetahuan tambahan serta inspirasi ide konten yang baru.

7. Kemampuan Berpikir Kreatif

Umumnya, jenis tulisan blog perlu kamu kemas dalam susunan kalimat yang menarik agar tidak monoton. Maka dari itu, setiap penulis blog perlu menguasai kemampuan berpikir kreatif sebagai salah satu skill yang harus dimiliki blogger.

Bagi beberapa kalangan pembaca blog, mereka cenderung lebih suka dengan isi artikel yang santai, menghibur, dan mudah di pahami. Untuk bisa menghasilkan konten artikel tersebut, penulis memerlukan wawasan yang cukup serta kemampuan untuk berpikir out of the box.

Kemampuan berpikir kreatif sangat kamu butuhkan untuk bisa menemukan topik konten dari berbagai sudut pandang, menciptakan topik/judul artikel yang unik, dan untuk menyusun isi konten yang menarik.

Untuk bisa menguasai skill blogger ini, kamu perlu mengasah kemampuan berpikir kreatif secara berkala dengan cara perbanyak latihan dan membaca.


Skill Blogger Manakah yang Sudah Kamu Kuasai?

Untuk bisa menjadi seorang penulis blog profesional, kamu perlu menguasai berbagai jenis skill yang harus dimiliki blogger seperti yang telah tertulis dalam penjelasan di atas.

Sejatinya, blogger merupakan sebuah profesi yang lebih dari sekedar seorang penulis. Selain itu, setiap penulis blog juga harus memiliki sifat haus akan ilmu dan kemauan untuk mempelajari hal-hal baru secara terus menerus.

Dapatkan berbagai macam tips menarik seputar influencer marketing, strategi influencer, blogger influencer, social media influencer dan berita influencer lainnya hanya di influencer101.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password