9 Skill yang Harus Dimiliki Content Creator agar Cepat Sukses

skill content creator

Skill content creator sangan dibutuhkan di masa kejayaan media sosial ini.

Terlebih dengan banyaknya minat sebagai content creator, hal ini menyebabkan persaingan meningkat dengan cukup tajam. 

Tentu saja tak hanya sekedar mampu merekam video dengan baik, berbicara dengan lancar di depan kamera, atau menulis dengan indah di blog.

Lantas, apa saja skill yang harus dimiliki content creator

Yuk, simak pembahasan lengkap berikut ini!

Skill yang Wajib Dimiliki oleh Content Creator

Beberapa skill berikut ini sangat wajib untuk kamu kuasai saat ingin menjadi seorang konten kreator.

Berikut ulasannya.

1. Melakukan Riset

Skill pertama yang wajib untuk seorang content creator kuasai adalah skill melakukan riset. Riset merupakan salah satu kegiatan untuk menggali informasi sebanyak mungkin terkait suatu topik. 

Pada hal ini, seorang content creator harus bisa melakukan riset tentang apa saja topik yang sedang hangat saat ini. Ini berkaitan dengan pembuatan konten yang selalu segar dan mengikuti perkembangan trend.

Tidak hanya riset sebatas topiknya saja. Seorang content creator juga harus melakukan riset terkait sasaran audience, kata kunci, dan juga hashtag yang nantinya akan tercantum dalam konten.

2. Copywriting

Seorang content creator juga wajib memiliki skill menulis. Baik menulis secara umum maupun hingga menguasai teknik copywriting. Skill menulis sendiri tidak hanya diperlukan oleh seorang penulis konten saja. Content creator yang aktif membuat konten berupa video juga wajib memiliki keahlian yang satu ini.

Baca Juga:   Mengenal Apa Itu Social Media Officer dan Tugasnya

Skill menulis sendiri biasanya akan sangat kamu butuhkan saat menuliskan script atau skenario yang akan menjadi dasar dari pembuatan konten video mu nantinya. Penulisan script yang baik tentunya akan menghasilkan konten video yang lebih berkualitas.

3. Fotografi atau Videografi

Orang-orang biasanya menganggap skill fotografi atau videografi sebagai hal yang wajib untuk seorang pembuat konten video atau foto saja. Nyatanya, skill yang satu ini merupakan skill wajib yang harus semua content creator miliki. 

Apabila memiliki skill fotografi dan videografi, seorang penulis artikel bisa mencantumkan gambar menarik di artikel mereka. Kemudian, seorang pembuat konten video atau foto juga bisa membagikan hal-hal menarik yang tentunya akan mengundang perhatian banyak orang untuk menikmati konten tersebut.

4. Desain atau Editing

Jika sebelumnya seorang content creator harus bisa memiliki skill dalam pengambilan gambar maupun video, maka tidak lengkap rasanya apabila ia tidak bisa melakukan kegiatan desain maupun editing. Oleh sebab itu, seorang content creator juga wajib memiliki keahlian desain dan editing.

Skill yang satu ini berfokus untuk meningkatkan nilai dari sebuah media gambar maupun video. Adanya teknik editing dan penataan desain yang baik, sebuah konten akan terlihat lebih menarik. Sehingga, jangkauan dari konten yang kamu hadirkan juga akan menjadi lebih luas.

5. Pemahaman Algoritma

Setiap platform media sosial apapun itu pasti menerapkan yang namanya algoritma. Algoritma sendiri merupakan sebuah sistem logika dari sebuah aplikasi untuk menampilkan konten sesuai dengan yang pengguna inginkan. 

Nah, dengan memahami algoritma sebuah aplikasi, kamu bisa membuat konten yang sekiranya akan terbaca oleh algoritma mereka. Ketika konten milik kamu cocok dengan algoritma sistem, maka konten mu akan menjadi lebih sering muncul pada saat pengguna lain membuka aplikasi tersebut.

Baca Juga:   Apa Itu Copywriting? Pengertian, Jenis, dan Cara Pembuatannya

Hal ini tentu akan menguntungkan kamu, karena jumlah view akan meningkat drastis. Oleh karena itu, skill yang satu ini sangat wajib untuk seorang content creator miliki.

6. Marketing

Skill marketing merupakan keahlian yang berfokus pada analisa pasar. Pada hal ini, pasar yang dimaksud adalah pengguna atau target audience dari konten yang akan kamu hadirkan. Pastikan kamu memahami apa yang saat ini sedang dibutuhkan oleh pengguna aplikasi dari platform yang kamu gunakan.

Misalnya, kamu ingin membuat konten tentang mainan anak kecil. Nah, karena target audience nantinya adalah anak kecil yang tertarik untuk membeli mainan, maka gunakanlah gambar yang menarik dan bahasa yang ringan. 

Sehingga, pesan akan tersampaikan dengan baik dan penikmat konten akan nyaman saat mengonsumsi konten yang kamu sajikan.

7. Time Management

Skill time management memang terlihat sebuah skill yang sangat mudah untuk kamu lakukan. Nyatanya, skill yang satu ini tidak bisa kamu kuasai semudah perkiraanmu itu.

Demi bisa menguasai skill yang satu ini, kamu perlu menerapkan kebiasaan baik. Contohnya seperti mulai dari tidak menunda-nunda pekerjaan.

Jika menerapkan skill yang satu ini, kamu bisa menjalankan aktivitas dengan lebih baik, karena segalanya akan berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah kamu rancang. 

Karena seorang content creator dituntut dengan deadline konten yang tidak pernah ada hentinya. Oleh karena itu, skill yang satu ini menjadi skill wajib yang harus dimiliki seorang content creator agar semua pekerjaan bisa selesai tepat waktu.

8. Skill Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Seorang content creator wajib memiliki skill rasa ingin tahu yang tinggi. Rasa ingin tahu sendiri berkaitan erat dengan seberapa kompleks konten yang akan disajikan nantinya. 

Semakin tinggi rasa ingin tahu kamu, maka konten kamu akan menghadirkan isi yang berbobot dan berkualitas dan menjadi lebih menarik di kalangan para penikmat konten.

Baca Juga:   Ini Ukuran Postingan di Facebook yang Perlu Kamu Perhatikan

Selain itu, rasa ingin tahu yang tinggi juga berperan besar dalam mempengaruhi kualitas pembaruan konten. Adanya rasa ingin tahu yang tinggi, seorang content creator akan selalu menemukan hal baru terkait topik yang sedang mereka angkat. Nah, hal ini akan menjadi keunggulan tersendiri pada konten yang dihadirkan.

Ketika seorang content creator tidak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi lagi, maka bisa dikatakan bahwa content creator tersebut sudah tumpul. Kurangnya rasa ingin tahu akan membuat popularitas seorang content creator akan menurun dengan drastis. Hal ini tentunya akan merusak kualitas dari konten yang dihadirkan.

9. Public Speaking

Sekarang ini sudah banyak orang yang menjadi content creator. Hal ini menjadikan persaingan antara content creator satu dengan yang lainnya menjadi sangat ketat. 

Nah, apabila seorang content creator tidak mampu menghadirkan konten dan mampu menyuarakannya dengan baik, maka akan kalah dengan konten lain yang mampu bersuara lebih baik.

Oleh sebab itu, public speaking menjadi salah satu skill yang tidak boleh terlewatkan oleh para content creator miliki.

Denga skill ini, content creator akan mampu menghadirkan sebuah konten yang bisa meningkatkan ketertarikan audiens pada sebuah topik.

Yuk, Menjadi Skillful Content Creator!

Itu dia beberapa skill content creator yang perlu kamu miliki.

Apabila tertarik untuk menjadi seorang content creator, pastikan kamu siap berkembang untuk menguasai skill di atas.

Pastikan untuk terus belajar agar kamu bisa menjadi seorang content creator yang selalu menghadirkan konten menarik.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, marketing influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password