15 Situs Gambar Gratis untuk Kebutuhan Kontenmu!

situs gambar gratis untuk konten

Membuat konten adalah salah satu hobi yang mengasikkan akhir-akhir ini. Hal ini karena dengan membuat konten yang bagus, kesempatan kamu untuk lebih terkenal dan populer di Internet juga semakin besar. 

Nah, untuk membuat sebuah konten yang menarik, kamu memerlukan gambar visual yang baik dan pastinya harus sesuai dengan topik konten yang akan kamu rilis. Untuk kamu yang ingin mendapatkan gambar referensi yang menarik dan gratis serta tidak memiliki copyright, inilah beberapa situs gambar gratis yang bisa kamu gunakan.


Situs Gambar Gratis untuk Kontenmu

Situs gambar berikut ini dapat kamu buka pada perangkat apapun, baik itu desktop, website atau ponsel.

1. Freepik

Situs gambar pertama yang dapat kamu gunakan untuk mencari gambar adalah freepik. Sebagai situs gambar yang mempunyai lebih dari 500.000 gambar gratis, kualitas freepik sudah tidak usah kamu ragukan lagi. Sudah banyak para pembuat konten, baik itu konten video, tulisan atau yang lain mengambil gambar yang ada pada freepik ini.

Caranya masuk ke dalam situs freepik juga cukup mudah, kamu hanya perlu membuka website freepik pada link yang telah tersedia. Setelah itu, masukkanlah keyword yang kamu inginkan pada halaman pertama freepik. Kamu sudah bisa memilih mana gambar yang paling cocok untukmu.

Untuk kamu yang ingin berlangganan, freepik juga menyediakan jasa berbayar untuk dapat mengunduh gambar premium yang ada pada website ini tanpa watermark.

2. Pixabay

Selanjutnya ada pada Pixabay. Sama halnya dengan freepik, pixabay juga menyediakan gambar gratis yang berjumlah dengan banyak. Situs gambar gratis ini juga cukup populer pada kalangan konten kreator karena jumlah gambar yang ada pada website ini juga cukup banyak. 

Pixabay sendiri mempunyai gambar gratis sebanyak lebih dari 1 juta gambar yang dapat kamu unduh dengan gratis. Selain itu, mencari gambar pada pixabay juga dikatakan cukup mudah karena sistemnya yang menyesuaikan dengan perangkat buka kamu.

Pada pixabay kamu juga dapat memasukkan filter untuk semakin mempermudah kamu mencari gambar yang sesuai dengan topik yang kamu angkat. Selain itu, pixabay juga mempunyai fitur safe search sehingga aman untuk penggunaan anak yang masih dibawah umur.

3. Pexels

Situs gambar ketiga yang bisa kamu pakai adalah dari pexels. Situs ini juga termasuk ke dalam situs populer selanjutnya pada kalangan pembuat konten. Selain mempunyai banyak sekali gambar yang berupa vektor, ilustrasi, mockup, dan sebagainya, pexels juga unggul pada fitur-fitur yang mereka beri untuk para penggunanya. 

Baca Juga:   Cara Download Video di TikTok Tanpa Watermark dengan Mudah

Pengguna pexels banyak mendapatkan kemudahan jika memakai website ini sebagai website untuk mencari gambar yang mereka inginkan. Ada fitur advanced search yang akan membantumu memilih gambar yang kamu butuhkan dari rekomendasi kata kunci yang mereka beri. 

Selain itu, pexels juga mempunyai menu navigasi dan menu discovery yang akan membuat kamu lebih cepat dalam mencari gambar terpopuler berdasarkan kategori yang ada. Ada juga fitur photographer leaderboard pada pexels untuk mencari gambar berdasarkan kontributor gambar terfavorit yang ada pada website ini.

4. Unsplash

Situs gambar gratis selanjutnya ada dari unsplash. Jika kamu sudah cukup lama berkutat pada bidang konten kreator, kamu tentunya tidak asing lagi dengan unsplash. 

Ya, website gambar gratis ini memang sering menjadi pilihan orang untuk mencari referensi gambar selain pexels. Unsplash sendiri mempunyai banyak sekali gambar gratis, dengan jumlah lebih dari 2 juta gambar dan tentunya akan terus bertambah.

Berbeda dengan situs gambar yang lain, unsplash memilah gambar-gambarnya dengan kategori yang lebih baik. Website ini tentunya tidak hanya menyediakan kategori-kategori umum seperti alam, gunung, bangungan, dan lain-lain. Namun juga menyediakan kategori yang tidak biasa seperti spiritual, tekstur dan pola.

Maka dari itu, jika kamu ingin mencari referensi tentang struktur dan pola yang gratis, kamu bisa membuka website unsplash.

5. PicJumbo

Selanjutnya ada dari PicJumbo. Jika kamu ingin mencari banyak gambar yang mempunyai kategori-kategori minimalistic, kamu bisa menggunakan website ini. Sama seperti yang lain, picjumbo juga menawarkan berbagai macam gambar premium yang kamu bisa download dengan membayar. Harga yang website ini tawarkan juga tidak terlalu mahal dan tentunya banyak sekali kategorinya.

Yang membedakan picjumbo dengan website-website lainnya adalah gambarnya yang cenderung unik karena website ini adalah website pribadi. Selain itu, picjumbo juga menawarkan ratusan icon, mockups, template dan lainnya untuk menjadi referensi yang dapat kamu pakai.

Fitur selanjutnya yang picjumbo miliki adalah mode dark night. Mode ini tentunya jarang sekali ada pada situs-situs gambar yang lain. Dengan mode gelap, mata kamu tidak akan sakit ketika memilih gambar pada ruangan yang minim cahaya.

6. Stokpic

Situs gambar gratis yang bisa kamu pakai pada urutan keenam adalah stokpic. Untuk kamu yang membutuhkan gambar gratis dengan kualitas hd, kamu bisa mencarinya pada website stokpic.

Cara penggunaan website ini juga cukup mudah, sama seperti ketika kamu menggunakan website gambar lainnya. Yang perlu kamu lakukan adalah mencatat atau mencari keyword yang kamu inginkan. 

Baca Juga:   Cara Download Gambar di Instagram PC, Gampang Banget!

Pastikan keyword tersebut sesuai dengan konten yang sedang kamu lakukan sekarang sehingga gambarnya tidak aneh. Setelah itu, pada website stokpic ini, kamu dapat menyalin gambar tanpa mendownloadnya.

7. Flaticon

Selanjutnya ada flaticon. Situs yang satu ini adalah sebuah pilihan tepat jika kamu ingin mencari ikon-ikon yang kamu butuhkan untuk website yang ada. Biasanya, ikon yang ada pada flaticon ini beragam bentuknya dan terdiri dari banyak sekali kategori. Ikon ini juga bisa kamu buat sebagai penunjuk tombol untuk para pengguna aplikasi atau website yang kamu miliki.

Kamu dapat mendownload ikon yang ada secara gratis dan tidak perlu memberikan kredit.

8. Freeimage

Situs kedelapan yang bisa kamu pakai adalah freeimage. Dari nama situsnya, kamu tentunya tahu bahwa website ini terdiri dari banyak sekali gambar-gambar gratis yang bisa kamu pakai untuk kontenmu. Dengan tampilan home dan beranda awal yang cukup menarik, situs freeimage akan menyediakan beratus ribu gambar untukmu. Gambar yang ada pada situs freeimage ini juga tidak kalah dengan kualitas gambar yang ada pada situs-situs gambar yang lain.

Kategori gambar paling populer yang biasanya pengguna freeimage cari adalah gambar-gambar dengan kategori arsitektur, makanan, minuman, seni ataupun bisnis. Selain itu, website freeimage juga menyediakan gambar yang tidak perlu kamu download melainkan hanya menyalinnya saja ke layar kerjamu.

9. Stoksnap.io

Situs gambar gratis ke sembilan adalah stoksnap.io. Stoksnap ini juga hampir sama dengan freeimage. Unggul dalam kategori-kategori seperti bisnis, banyak penyedia konten yang menjadikan stoksnap.io menjadi website kedua untuk mencari gambar-gambar yang beda dari yang lain. Untuk kamu yang ingin menggunakan gambar yang jarang terpakai, kamu bisa mencarinya pada website stoksnap.io.

10. Burst

Website selanjutnya adalah burst. Sebagai situs gambar yang menjadi bagian atau anak dari website shopify, burst adalah website gambar yang menolong para developer untuk mengambil gambar yang mereka butuhkan untuk membangun website mereka. 

Keunggulan yang akan kamu dapat ketika memilih burst sebagai website gambar gratis adalah kamu akan mendapat kemudahan dalam memilih kualitas gambar yang kamu inginkan. 

Kualitas gambar yang ada pada Burst juga beragam seperti low resolution dan high resolution. Selain itu, jika kamu menjadi member dengan mendaftarkan dirimu pada website Burst ini, kamu akan mendapat banyak sekali promo dan update terbaru.

11. Gratisography

Dari namanya, kamu tentunya tahu bahwa situs gambar gratis kali ini adalah buatan dari indonesia. Sebagai website yang mempunyai klaim sebagai website gambar terunik, gratisography berhasil mencari muka sampai jenjang internasional. Ada banyak koleksi gambar yang sangat unik serta eksentrik ada pada website gratisography ini.

Baca Juga:   Ketahui Ukuran Foto Profil Linkedin dan Cara Memilih Yang Ideal

Untuk kamu yang ingin menampilkan vibes yang unik dan retro, kamu bisa mencari pilihan gambar dari gratisography. Selain itu, kombinasi warna gambar yang ada pada website ini juga tak kalah mencoloknya. Dari font dan ilustrasi gambar yang ada pada website ini benar-benar mencerminkan nuansa yang berbeda dengan website gambar lain.

12.  Reshot

Selanjutnya ada dari reshot. Website ini berisi banyak sekali ikon-ikon yang dapat kamu gunakan sebagai navigasi website yang kamu miliki. Ada sekitar 40 ribu ikon svg dan sekitar 1500 gambar vektor gratis yang dapat kamu unduh. 

Koleksi yang ada pada website reshot ini juga cukup unik karena sangat kekinian dengan warna-warna yang soft namun tetap mengikuti zaman. Desain yang reshot miliki cukup minimalis sehingga mudah untuk kamu gunakan sehari-hari. Selain itu, gambar yang ada pada website reshot sangat cocok untuk para kaum muda.

13. Stockvault

Situs gambar gratis selanjutnya adalah dari stockvault. Website yang sudah ada sejak tahun 2004 ini tentunya sangat legend dan memiliki koleksi gambar yang mencapai 138 ribu. Selain itu, setiap gambar yang ada pada stockvault selain beragam juga cukup lengkap. 

Kamu dapat memilih gambar berdasarkan ukuran, dimensi, distributor dan lisensi yang mereka miliki. Stockvault juga sama seperti website gambar gratis sebelumnya memiliki akses yang cukup mudah dengan fitur-fitur yang bersahabat dengan pengguna.

14. Kaboompics

Untuk kamu yang sedang ingin mencari gambar unik yang tidak ada pada website yang lain namun tetap ingin mencarinya sesuai dan berdasarkan kategori, kamu bisa memakai website Kaboompics. Sebagai website gambar personal, koleksi kaboompics juga tak kalah banyaknya dengan website gambar sebelumnya.

Selain itu, yang membedakan kaboompics dengan situs gambar yang lain adalah jenis koleksi gambar mereka yang memiliki 2 jenis, yaitu Photo dan Photoshoot (khusus pemotretan).

15.  LibreStock

Situs gambar terakhir yang dapat kamu gunakan adalah Librestock. Keunggulan website ini ada pada halamannya yang hampir mirip atau design yang sama dengan mesin pencarian. Tentunya ini akan membuatmu familiar ketika masuk ke dalam halaman situs Librestock sehingga dapat kamu gunakan dengan mudah.

Kekurangan dari Librestock ini adalah karena website yang memiliki sistem yang sama seperti mesin pencari, kamu juga harus beralih ke website lain saat sedang mencari gambar.

Itulah 15 situs gambar gratis yang bisa kamu coba untuk mengoptimalkan kontenmu, semoga membantu!


Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar social media influencer dan blogger influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password