Karakteristik Produk yang Lebih Cocok Dipromosikan Melalui IG Story

Karakteristik Produk IG Story

Produk IG Story – Para pebisnis-pebisnis online maupun offline biasanya mempunyai satu akun untuk mempromosikan brand mereka. Tidak hanya pada akun marketplace sebagai tempat jual beli, mereka juga mempunyai akun khusus sebagai katalog online untuk meraup berbagai macam jenis pembeli. Nah, salah satu media sosial yang bisa kamu pakai untuk mempromosikan karakteristik produk kamu adalah Instagram. Banyak sekali fitur-fitur yang telah tersedia pada Instagram untuk menunjang performa mu, contohnya karakteristik produk ig story yang akan kamu unggah.


Penjelasan IG Story

Secara singkat, IG Story adalah fitur Instagram sebagai tempat kamu mengunggah sesuatu untuk dapat terlihat oleh pengikut mu secara cepat. Perbedaan mendasar antara mengunggah postingan pada IG Story dan IG Post adalah postingan pada IG Story akan terhapus secara otomatis selama 24 jam. Setelah terhapus, para pengikutmu tidak akan bisa melihat unggahan mu lagi. Itulah mengapa produk-produk yang akan kamu unggah pada IG Story haruslah yang kamu anggap penting untuk terlihat ke semua pengikutmu.


Tips Agar IG Story Kamu Bisa Teratur

Ada beberapa tips agar para pengikutmu bisa tertarik pada isi dari IG Story milikmu. Tips ini akan meminimalisir kesempatan para pengikutmu akan skip cerita yang akan kamu unggah. Berikut tipsnya:

  • Jangan bertele-tele.
  • Usahakan tidak mengunggah sesuatu yang out of topic alias yang tidak berhubungan pada konten yang kamu jual.
  • Jangan menjelekkan toko saingan.
  • Unggahlah produk yang benar-benar penting untuk para pengikutmu.
  • Tidak menggunakan kata-kata yang terlalu banyak pada satu produk.
  • Tetaplah mengunggah sesuai dengan tema. Pahami color grading.
  • Membuat postingan IG Story paling banyak hanya sekitar 15 story perhari.

Karakteristik Produk IG Story

Dari sifat IG Story yang tidak permanen tersebut, Kamu juga tidak boleh memakainya sembarangan. Guna utama dari sifat IG Story yang akan terhapus selama 24 jam adalah kamu harus benar-benar memilih apa produk yang kamu inginkan untuk terlihat para pengikutmu. Tentunya kamu tidak mungkin mengunggah produk yang “biasa-biasa” saja ke IG Story bukan?

Berikut beberapa karakteristik produk ig story yang bisa kamu unggah untuk meningkatkan performa tokomu, yaitu:

1. Diskon Khusus Pengikut

Unggahan yang kamu buat pada IG Story akan selalu menjangkau para pengikutmu. Walaupun masih bisa terlihat oleh orang lain, namun pada hakikatnya IG Story ada untuk menjadi informasi khusus. Kamu bisa memberikan informasi tentang diskon-diskon khusus yang dapat menguntungkan para pengikutmu. Entah itu diskon berbentuk kode pemotongan harga, maupun produk-produk yang sedang diskon dari harga sebelumnya.

Mengingat sifat IG Story seperti yang telah penulis sebutkan, performa tokomu akan naik karena ini. Kamu bisa juga hanya memberi info tulisan untuk merayu para pengikutmu agar mereka tertarik untuk mengklik profil mu.

2. Produk Baru

Karakteristik khusus dari produk IG Story yang bisa kamu unggah adalah produk-produk baru yang ada pada tokomu. Hal ini sebenarnya bisa kamu unggah pada feeds, namun akan lebih baik untuk kamu unggah juga pada IG Story yang akan membuat mereka melihat akunmu. Produk baru seperti ini penting untuk kamu beritahu karena terkadang para pengikut lama membutuhkan suatu konsep baru dari kamu.

3. Detail Lengkap Produk

Selain dari produk baru, kamu juga bisa membuat video ataupun keterangan lengkap terhadap detail suatu produk yang akan berpengaruh pada keinginan pengikutmu untuk membeli barang. Mau itu detail-detail produk baru yang ada, ataupun detail produk lama tokomu yang ingin kamu “ingatkan” kembali.

Contoh dari detail-detail produk yang bisa kamu unggah pada IG Story seperti detail harga, ataupun kelebihan-kelebihan yang produk kamu punyai. Khusus untuk kamu yang menjual barang bekas, kamu bisa mengungkap detail kekurangan yang produk kamu miliki dengan membumbui kalimat promosi lainnya.

4. Kuantitas Produk

Produk IG Story berikutnya yang cocok kamu unggah adalah mengenai produk-produk dengan jumlah barang yang tersedia. Ini adalah salah satu marketing yang mana kamu akan memamerkan suatu produk dengan informasi jumlah produk yang tersedia pada tokomu tinggal sedikit lagi. Hal ini akan mengundang minat para pembeli untuk menjadi salah satu orang yang bisa membeli stok terakhir pada tokomu.

Selain produk yang memiliki kuantitas atau jumlah barang yang hampir sold out, kamu juga bisa mengabari para pengikutmu tentang produk-produk yang jumlahnya masih banyak.

5. Produk Sold Out

Kamu sebagai toko yang baik juga harus memberi info kepada para pengikutmu tentang produk-produk yang mana saja yang sudah habis. Ini juga akan mengurangi kekecewaan konsumen kedepannya jika barang yang mereka inginkan tidak lagi bisa kamu jual.

Informasi produk yang telah habis ini juga bisa kamu gunakan untuk memberitahu para pengikutmu yang menonton IG Story bahwa produkmu banyak menjadi incaran.

6. Sneak Peak

Produk IG Story selanjutnya yang bisa kamu unggah adalah sneak peak dari suatu produk yang akan datang. Sneak peak atau spoiler akan membuat rasa penasaran pada para pengikutmu agar menciptakan arus baik saat produk tersebut launching.


Kira-kira, Produk IG Story Apa yang Akan Kamu Promosikan?

Seperti itulah beberapa karakteristik produk IG Story yang cocok untuk kamu promosikan dan kamu unggah. Banyak toko online yang tidak menggunakan fitur IG Storynya dengan baik yang mengakibatkan turunnya rasa penasaran para pengikut mereka. Semoga artikel ini dapat membantumu untuk membuat IG Story yang bisa meningkatkan performa jualanmu.


Dapatkan berbagai insight maupun tips seputar influencer, berita influencer, influencer marketing, hingga social media influencer tentunya hanya di influencer101.id.

Baca juga:

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password