6 Platform Terbaik untuk Membuat Blog dengan Mudah 

Salah satu cara terbaik dalam menghasilkan uang adalah memanfaatkan hobi. Apabila kamu memiliki hobi menulis, menggunakan blog akan membantumu meraup lebih banyak uang. Namun sebelum menggunakannya, kamu harus memilih platform untuk blog mana yang akan kamu gunakan. 

6 Platform Terbaik Untuk Membuat Blog

Berikut adalah rekomendasi platform blog terbaik yang dapat kamu jadikan pilihan. 

1. WordPress.com

wordpress com

Pilihan platform untuk blog yang pertama adalah WordPress.com. Platform satu ini merupakan salah satu platform blog terbaik yang populer. Sebab ia menyediakan tempat untuk mempublikasikan konten milikmu dengan cara yang mudah dan tidak merepotkan.

Beberapa konten yang dapat kamu unggah di WordPress.com adalah teks, gambar, audio, dan video. Beberapa fitur dari wordpress yang menjadi keunggulan adalah website bisa langsung aktif tanpa harus berlangganan jasa hosting web. 

Kamu juga bisa menggunakan paket yang WordPress.com tawarkan untuk mengubah penampilan sekaligus menentukan paket bandwith mana yang akan kamu gunakan dalam blog. 

Beberapa kelebihan yang akan kamu dapatkan dalam menggunakan platform ini adalah paket yang beragam, seperti blog yang gratis hingga untuk penjualan. Kemudian adanya tema dan fitur serta tampilan yang dapat kamu atur menurut kesesuaian blog yang kamu gunakan.

Namun WordPress.com hanya akan memberikan fitur-fitur terbatas khusus untuk mereka yang menggunakan paket premium. Seperti tema, plugin, pengaturan tema CSS, pilihan font, hingga SEO dan Google Analytics.  

2. Blogspot

blogspot

Posisi platform untuk blog yang kedua adalah Blogger yang lebih populer dengan nama Blogspot. Sebenarnya, Blogger adalah nama utama platform ini. Sedangkan subdomainnya bernama www.blogspot.com

Penyedia layanan platform satu ini berasal dari Google. Fitur yang akan pelanggan pun cukup komplit, yaitu fitur Adsense, Adwords, dan Google Analytics. Google juga memberikan tambahan sertifikat Secure Socket Layer (SSL) yang berguna sebagai pengaman blog sekaligus menghindari peretasan dalam blog. 

Beberapa kemudahan yang akan kamu dapatkan dalam menggunakan Blogspot adalah penggunaan blog yang mudah, kemudahan pengaturan tampilan, menu yang user-friendly, dan pengubahan alamat web ke nama domain berekstensi .com. 

Baca Juga:   Content Placement: Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

Kendati demikian, platform satu ini juga memiliki kelemahan. Seperti template yang Google berikan secara gratis terkadang kurang responsif, adanya kesulitan dalam mengatasi masalah teknis, dan penggunaan platform blog terbaik satu ini terbatas untuk website bisnis dan institusi. 

Baca Juga: WordPress vs Blogspot, Mana yang Terbaik untuk Kamu?

3. WordPress.org

wordpress org, platform terbaik untuk blog

Platform yang pertama dan satu ini memang memiliki nama yang cukup mirip, namun apabila berpedoman pada Content Management System (CMS), WordPress.org merupakan platform blog terbaik dalam bidang tersebut. CMS berguna untuk mengatur konten yang akan kamu unggah dalam blog atau website.

WordPress.org akan memberikan penggunanya kuasa penuh dalam mengatur tampilan dan fitur yang ada dalam blog. 33% pengguna blog di dunia terpesona dengan kemudahan dan fleksibilitas yang platform ini berikan dan memutuskan untuk menggunakan WordPress.org yang sudah memiliki CMS terbaik di bidangnya.

Portal yang digunakan dalam WordPress.org pun bermacam-macam, ada yang menggunakannya untuk hobi, berita informasi, institusi, hingga website untuk bisnis. Namun jangan sampai terkecoh dengan WordPress.com karena dua platform ini memiliki sifat yang berbeda.

Pengguna WordPress.com wajib berlangganan web hosting atau self-hosting untuk menggunakannya. Sedangkan WordPress.org jauh lebih dinamis dan pengertian tanpa harus mewajibkan penggunanya untuk menggunakan jasa hosting. 

Salah satu fitur terbaik yang ditawarkan oleh platform untuk blog satu ini adalah instalasi plugin dan optimalisasi penggunaan Search Engine Optimization (SEO) bisa kamu dapatkan secara gratis. 

Namun saat menggunakan WordPress.org, ada beberapa istilah yang mungkin blogger pemula akan merasa kesulitan dan harus banyak belajar saat menggunakannya. 

Baca Juga: Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org yang Perlu Kamu Tahu

4. Tumblr 

tumblr

Rekomendasi yang keempat ada platform untuk blog bernama Tumblr yang memiliki kemiripan dengan sosial media Twitter. Disebut mirip dengan sosial media sebab Tumblr adalah microblogging yang memberikan apresiasi kepada penulis dengan cara memberikan love dan menyebarkan unggahan dengan cara reblog

Selain itu, postingan yang diunggah juga bisa disebarkan dengan cara membagikannya ke kanal sosial media lain seperti Twitter atau Facebook. Mudahnya lagi, ketika kamu ingin mengetahui unggahan terbaru dari penulis yang kamu suka, kamu dapat mengikuti blog Tumblr miliknya. 

Baca Juga:   15 Rekomendasi Situs Download Icon Gratis dan Terbaik

Setiap unggahan orang yang telah kamu ikuti akan otomatis muncul di beranda milikmu. Tumblr cukup efektif dengan memberikan penulis kebebasan mengisi blognya dengan tujuh konten berbeda. Sedangkan bentuk kontennya dapat berupa teks, foto, gambar, audio, dan video. 

Banyak pengguna blog yang kecanduan dengan fitur yang Tumblr berikan. Beragam konten kreasi yang dapat kamu berikan bisa berupa story, foto, list lagu dari Spotify, video, artikel, dll. Bagi pengguna blog muda, Tumblr bisa menjadi pilihan platform blog terbaik yang dapat memahami apa yang penulis inginkan. 

5. Medium

medium, platform untuk blog yang sangat mudah digunakan

Platform untuk blog kelima yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Medium. Ia adalah platform blogging alternatif yang bisa digunakan oleh penulis, ahli, dan jurnalis. Medium menganggap iklan yang terlihat dalam sebuah platform untuk blog adalah ladang untuk penjualan belaka.

Maka dari itu Medium menolak segala macam iklan yang diunggah dalam blog sebab mereka berpikir bahwa konten yang terunggah bukan hanya ladang untuk berjualan. 

Khusus untuk platform satu ini, kamu harus membuat artikel dalam bentuk listicles atau daftar list. Biasanya bentuk artikel yang Medium unggah adalah esai atau opini dari para penulis, jurnalis, dan ahli. 

Namun jangan khawatir, kamu tetap bisa menghasilkan uang dari platform ini. Medium akan memberikan insentif kepada para penulis untuk tulisan mereka yang bertahan lama, banyak dibaca oleh para pembaca, dan banyak clap atau tepuk tangan dari para pembaca. 

Medium akan membagi keuntungan tersebut kepada para penulis dengan tulisan yang baik dan banyak terbaca berdasarkan paket langganan. Kelebihan yang akan kamu dapatkan adalah kemudahan dalam menggunakan platform, karena Medium termasuk platform yang ramah bagi para pengguna.

Kamu juga bisa menghasilkan uang dari tulisan yang kamu unggah. Namun, salah satu kekurangannya adalah kamu tidak bisa menggunakan platform satu ini sebagai tempat untuk mengiklankan produk tertentu. Kamu harus cukup bermurah hati dengan dapat mengunggah tulisan berisi opini atau esai. 

Baca Juga:   Apa itu SEO? Pentingnya SEO untuk Para Blogger dan Pemilik Website

6. Drupal

drupal

Kelima rekomendasi sebelumnya akan mudah digunakan oleh para pengguna pemula. Namun, platform untuk blog yang terakhir adalah Drupal yang akan lebih sering terdengar oleh pengguna yang sudah ahli dalam menggunakan blog. Tak kalah dengan platform lain, Drupal memiliki sistem CMS yang berkualitas.

Kemudian ada fitur lain yang dapat mengoptimalkan kinerja blog, seperti SEO dan SSL yang kuat dan konsisten. Drupal lebih banyak digunakan oleh organisasi ternama atau bisnis yang sudah besar, seperti Amazon Pay, Tesla, PayPal, dan beberapa universitas ternama di dunia. 

Selain memastikan SEO dan SSL yang kuat dan berkualitas, Drupal juga memberikan kelebihan lain bagi para penggunanya. Seperti dukungan untuk mengunggah berbagai macam konten, pengaturan data yang kompleks, dan menyediakan layanan plugin yang bervariasi untuk penambahan fitur di website. 

Meskipun demikian, bagi kamu yang masih pemula mungkin akan kesulitan saat menggunakan Drupal. Kamu akan membutuhkan banyak pengetahuan tentang Hypertext Markup Language (HTML), Cascading Style Sheet (CSS), dan Hypertext Preprocessor (PHP). 

Walaupun dinilai kurang efektif bagi para pengguna blog pemula, namun banyak organisasi ternama yang menggunakan Drupal. Hal ini karena penggunaan platform untuk Drupal tidak dikenakan biaya dan fitur-fiturnya yang hebat dan berkualitas. Platform untuk blog satu ini memang lebih cocok digunakan oleh para ahli handal. 

Platform Mana yang Akan Kamu Gunakan?

Menggunakan blog tidak hanya memerlukan usaha, namun juga memerlukan pertimbangan atas platform mana yang akan kamu gunakan. Setiap penyedia platform untuk blog telah mengusahakan yang terbaik dalam fitur dan penggunaannya bagi para pengguna.

Jangan lupa untuk memastikan tulisanmu sudah berkualitas, aplikasikan juga SEO dengan cara melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Sebab tulisan yang berkualitas akan lebih banyak dibaca pembaca. Tulisan berisi, pesan pun tersampaikan. 

Sekarang adalah tugasmu sebagai blogger pemula menentukan platform yang akan kamu gunakan. Pilihlah platform yang tidak memberi banyak kesulitan, sesuaikan dengan tema yang akan kamu unggah, dan memaksimalkan penggunaan blog sehingga kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Semoga berhasil!

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar blogger influencer tentunya hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password