Ketahui Panduan Lengkap untuk Menggunakan Pinterest for Business

pinterest for business

Banyak bisnis yang memanfaatkan potensi besar dari Pinterest for Business untuk pemasaran dan pertumbuhan. Karena brand-brand tersebut paham tentang cara menggaet audiens di Pinterest. 

Pinterest sendiri adalah platform media sosial visual tempat pengguna dapat membuat dan berbagi pin, membuat board, dan berbelanja. Pin adalah gambar yang dibagikan dan disimpan oleh pengguna Pinterest. Sedangkan board semacam markah visual atau papan bulletin digital untuk mengatur pin kamu.

Mulai dari membuat board yang berfokus pada komunitas hingga berbagi konten motivasi dan mengoptimalkan Pin untuk mendorong traffic dan penjualan. Namun, apa itu Pinterest for Business? Bagaimana cara menggunakannya?

Apa itu Pinterest for Business?

Pinterest for Business merupakan layanan yang berupa strategi yang mengintegrasikan Pinterest ke dalam rencana pemasaran media sosial brand kamu untuk menjangkau audiens.

Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran brand dan produk kamu.

Manfaat Pinterest for Business

Tahun 2021, Pinterest memiliki 459 juta pengguna aktif bulanan.

Oleh karena itu, menggunakan Pinterest untuk bisnis dapat meningkatkan eksposur brand dan kesuksesan finansial kamu.

Sebab, brand kamu dapat dengan mudah dilihat oleh banyak pengguna di Pinterest.

Berikut adalah manfaat Pinterest for Business yang bisa kamu dapatkan.

1. Mengetahui Tren Saat Ini

Benefits of Pinterest for Business adalah kamu dapat menemukan tren terbaru lebih cepat. Karena Pinterest adalah platform terbaik bagi pengguna untuk berbagi barang, desain, dan tren yang mereka sukai. Jadi, kamu dapat menilai apakah brand kamu mengikuti tren saat ini atau tidak.

Selain itu, kamu juga dapat mempelajari jenis konten apa yang populer dan paling cocok untuk audiens saat ini dengan melihat tren terbaru di Pinterest for Business. Sehingga, akan lebih mudah untuk menemukan ide promosi perihal barang atau jasa kamu.

2. Terdapat Fitur Analytics

Fitur analytics di akun Pinterest bagi bisnis dapat diakses untuk melihat aktivitas dan insight dari akun kamu. Kamu dapat melihat beberapa hal, seperti engagements, jumlah tayangan, keterlibatan, klik, dan lainnya.

Tidak hanya itu, kamu dapat membandingkan dan menilai perkembangan akun kamu dengan melihat laporan analitik berdasarkan jangka waktu tertentu. Selain itu, kamu dapat melihat pins mana yang mendapatkan pengunjung dan disukai, sehingga kamu dapat melakukan strategi untuk pins yang kamu posting selanjutnya

Oleh karena itu, dengan fitur analytics, kamu dapat membuat rencana yang tepat untuk akun dan brand kamu. Hal tersebut yang menjadi benefits of Pinterest for Business.

Baca Juga:   Tren Influencer Marketing di Tahun 2021 untuk Pebisnis dan Marketer

3. Menambah Traffic Website Kamu

Manfaat Pinterest bagi bisnis berikutnya adalah dapat membantu kamu meningkatkan traffic website. Untuk mempermudah dan mempercepat audiens mengakses situs web, kamu dapat menambahkan tautan situs web kamu ke setiap Pin Pinterest saat kamu membuatnya.

Cobalah untuk menyajikan konten visual yang menarik, sehingga audiens Pinterest ingin mengunjungi situs web penjualan kamu. Pastikan konten visual yang disajikan berkualitas tinggi. Karena Pinterest adalah situs media sosial yang mengedepankan visual.

4. Meningkatkan Brand Authority

Benefits of Pinterest for Business selanjutnya adalah meningkatkan brand authority. Brand authority adalah kemampuan perusahaan untuk mempengaruhi sektor ekonomi yang sedang berkembang.

Pinterest memberi kamu kebebasan untuk berkreasi dengan berbagai teknik pemasaran. Sehingga, akan lebih mudah untuk berinteraksi dengan audiens lain di media sosial, dengan cara menampilkan pin dari pelanggan dan berbagi konten blog.

Selain itu, pelanggan akan melihat perusahaan kamu lebih relevan dengan cara ini, karena adanya keterlibatan atau interaksi di sosial media.

5. Dapat Beriklan

Benefits of Pinterest for Business terakhir adalah kamu dapat memasang iklan dan mempromosikan pin. Nantinya, kamu akan memiliki akses ke Pinterest advertising untuk membantu akun kamu berkembang.

Selain itu, kamu dapat memutuskan untuk meningkatkan traffic, brand awareness, serta tujuan marketing yang spesifik. Jadi, gunakan media iklan melalui Pinterest, jika kamu memiliki produk atau barang yang dapat didokumentasikan secara visual dan memiliki bentuk fisik.

Kamu juga tidak perlu khawatir dengan harganya, karena Pinterest advertising cukup terjangkau. Sebab, Pinterest memiliki fitur yang sangat user-friendly untuk pengaturan anggaran iklan.

Cara Menggunakan Pinterest for Business

Setelah kamu tahu apa manfaat dari Pinterest for Business, selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah cara menggunakannya.

1. Bagikan Pin yang Kreatif dan Menarik

Buat dan bagikan pin yang menarik dan kreatif ketika menggunakan Pinterest for Business. Karena pin yang kreatif lebih mudah menarik perhatian orang dan membuat mereka ingin mengetahui lebih banyak. Namun, apa yang membuat pin menjadi menarik?

Menurut Hootsuite, data menunjukkan 82 persen pengguna menggunakan Pinterest lewat smartphone. Oleh karena itu, gunakan aspek rasio 2:3 agar gambar tidak terpotong. Selanjutnya, gunakan gambar dengan kualitas terbaik.

Berikan deskripsi yang baik dengan cara mendorong pengguna untuk mengklik tautan atau menambahkan konteks gambar kamu, karena hal tersebut dapat membantu kamu meningkatkan SEO.

2. Lihat Trending Topic dan Kata Kunci

Kamu dapat menggunakan tren Pinterest for Business untuk memandu keputusan kamu tentang apa yang akan disematkan dan produk apa yang harus kamu keluarkan. 

Untuk meningkatkan visibilitas perusahaan kamu di Pinterest, misalnya, kamu harus membagikan konten DIY terkait dengan industri kamu, jika melihat bahwa proyek DIY sedang tren.

Kamu juga harus menggunakan kata kunci yang sedang menjadi tren untuk menentukan jenis konten yang nantinya kamu buat. Temukan kata kunci yang relevan dan jangan lupa periksa saran kata kunci yang berada di bawah bilah pencarian Pinterest. Selanjutnya, masukkan kata kunci tersebut ke dalam judul deskripsi kamu.

Baca Juga:   Apa itu Guest Post dan Manfaatnya untuk Blog Kamu?

3. Promosikan Profil Pinterest Kamu

Selain mendapatkan pelanggan baru, pastikan pelanggan kamu di platform lain mengetahui bahwa kamu juga aktif di Pinterest. Caranya dengan menyertakan tautan ke profil Pinterest kamu di situs web bisnis kamu. Lakukan cross-promotion atau promosi silang akun media sosial kamu yang lain ke akun Pinterest for Business kamu.

4. Pelajari Pinterest Analytics

Kamu dapat mempelajari siapa yang melihat halaman dan pin kamu menggunakan Pinterest Analytics di Pinterest for Business. Kamu dapat mengetahui informasi tentang perangkat pengunjung, demografi audiens, dan pin teratas.

Selain itu, kamu dapat melihat informasi tentang tayangan dan viewers harian rata-rata profil kamu, serta rata-rata viewers bulanan, dan rata-rata engagements bulanan.

5. Optimasi Pin Kamu

Karena Pinterest adalah mesin pencari visual, penting untuk mempertimbangkan kata kunci saat mengatur profil kamu dan menyimpan pin. Oleh karena itu, sertakan beberapa kata kunci yang menonjol yang digunakan orang untuk mencari brand kamu di dalam beberapa area di Pinterest kamu. 

Area profil Pinterest for Business yang harus kamu optimalkan meliputi:

  • Bio Pinterest: Jelaskan apa yang kamu lakukan, di bio kamu dengan menggunakan beberapa kata kunci, seperti industri atau lini produk kamu.
  • Judul board Pinterest: Jangan gunakan judul yang ambigu untuk board Pinterest kamu. Buat judul board singkat yang menjelaskan kepada pengguna dan algoritma Pinterest tentang apa board Pinterest tersebut.
  • Deskripsi board Pinterest: Saat membuat board pin di Pinterest for Business, masukkan beberapa kata kunci ke dalam deskripsi board.
  • Judul pin: Sertakan judul sederhana di pin kamu agar lebih mudah dibaca. Ini dapat berupa nama postingan blog atau produk baru.
  • Deskripsi pin: Tulis deskripsi singkat untuk pin kamu yang menggabungkan istilah pencarian populer untuk memudahkan orang menemukannya.

Contoh Brand yang Menggunakan Pinterest for Business

Di bawah ini ada 4 contoh brand yang menggunakan Pinterest untuk bisnis.

Berikut ulasannya.

1. Chick-fil-A

Produk makanan brand ini tidak hanya disukai oleh pelanggan Chick-fil-A saja, tetapi juga dicintai oleh pemiliknya. Oleh karena itu, Chick-fil-A membuat keputusan untuk memasukkan menu yang paling disukai ke Pinterest for Business menggunakan grafik dan video yang menarik.

Sehingga, brand ini berhasil membuat pelanggannya di Pinterest tetap tertarik dengan membagikan hal-hal spesifik tentang hidangan produk sambil mendapatkan pengikut baru.

Pin grafik yang digunakan Chick-fil-A untuk meningkatkan eksposur merek, cocok jika kamu dan perusahaan kamu memiliki resep, proses, atau tutorial yang dapat kamu bagikan.

2. Airbnb

Salah satu strategi Airbnb adalah mengoptimalkan deskripsi dan profil mereka. Airbnb memasukkan alamat website mereka setelah mengkonversi akun mereka ke akun Pinterest for Business yang terdapat di sebelah kiri bio.

Baca Juga:   Apa Itu Copywriting? Pengertian, Jenis, dan Cara Pembuatannya

Selain itu, Airbnb menggunakan kata kunci yang paling pengguna cari untuk menjelaskan siapa mereka dan jenis konten yang mereka posting di kalimat pertama bio mereka.

3. Benefit Cosmetics

Benefit Cosmetics terkenal tidak hanya karena produk kecantikannya yang luar biasa, tetapi juga karena estetikanya yang sempurna di media sosial, khususnya Pinterest for Business.

Brand ini melakukan strategi yang tepat dalam menyajikan brand mereka di konten yang mereka pin. Termasuk kampanye produk, kutipan motivasi, dan tutorial kecantikan. Itulah alasan mengapa mereka memiliki 2,5 juta viewers bulanan di profil Pinterest mereka.

Benefit Cosmetics selalu menggunakan palet warna merah muda dan menambahkan logo ke hampir semua pin mereka. Sebab, cara tersebut sangat penting untuk meningkatkan popularitas merek kamu, terutama ketika pengguna lain menyimpan pin kamu.

Jadi, jika kamu ingin target pasar mengetahui brand kamu ketika melihatnya, ikuti cara Benefit Cosmetics ini. Caranya, dengan menggunakan font, warna, dan logo kamu secara konsisten sebagai strategi pemasaran dengan Pinterest untuk brand kamu.

4. Mejuri

Brand perhiasan asal Kanada, Mejuri, menjaga pin mereka tetap fresh dan menakjubkan dengan menerapkan user-generated content (UGC). Mejuri telah menciptakan komunitas online yang kuat untuk produk mereka dengan feed Pinterest.  

Mejuri bahkan memiliki board Pinterest khusus untuk komunitas mereka. Selain itu, mereka benar-benar menyertakan konten yang dibuat pengguna (UGC) di hampir semua board mereka.

Ini berarti, sangat mudah untuk meng kurasi konten buatan pengguna (UGC) di profil Pinterest for Business kamu. Karena platform ini dirancang untuk membangun komunitas dan berbagi konten berkualitas tinggi dari pembuat konten.

Tertarik untuk Segera Mencoba Pinterest for Business?

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu Pinterest untuk bisnis, manfaat, contoh, dan cara menggunakannya.

Pinterest untuk bisnis menawarkan fitur yang sangat bermanfaat.

Karena dengan Pinterest for Business, kamu dapat meningkatkan penjualan dan membangun brand secara efektif.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, marketing ingluencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password