Apa itu Pinterest? Pengertian, Keunggulan, dan Cara Menggunakannya

Apa itu Pinterest - Pengertian, Keunggulan, dan Cara Menggunakannya

Pinterest adalah layanan media sosial yang berfokus pada gambar dan video. Meski nampaknya memiliki fokus yang sama dengan Instagram, Pinterest sebenarnya memiliki kelebihan dan cara kerja yang berbeda dengan Instagram.

Pinterest diperkenalkan ke dunia pertama kali pada tahun 2009, oleh tiga sekawan asal Amerika Serikat yaitu Ben Silbermann, Paul Sciarra, dan Evan Sharp. 

Dua tahun setelah peluncurannya, atau pada tahun 2011, kelebihan – kelebihan Pinterest membuatnya berkembang sangat pesat hingga majalah Times terbitan 10 Agustus 2011 menyebutnya sebagai 1 dari 50 website paling baik di tahun tersebut.

Hingga saat ini, setelah lebih dari 10 tahun, media sosial ini masih sukses mempertahankan para pengguna setianya di seluruh penjuru dunia. Apakah kamu jadi makin penasaran dengan platform sosial media yang satu ini?

Apa itu Pinterest?

Seperti telah disebutkan sebelumnya, Pinterest adalah platform media sosial yang berfokus pada gambar atau foto dan video.

Berbeda dengan Instagram yang secara umum digunakan untuk kebutuhan personal agar terhubung dengan orang lain melalui gambar atau video yang diunggah, para pengguna Pinterest cenderung bertujuan untuk mencari informasi dan inspirasi. Inilah yang menjadi kelebihan Pinterest.

Pinterest adalah platform yang memiliki fitur pin dan board. Untuk kamu yang baru akan memulai petualanganmu di sini, dua fitur utama inilah yang wajib kami pahami pertama. Pin adalah ketika kamu mengunggah foto atau video.

Ketika melakukan pin, kamu dapat menambahkan judul, keterangan atau deskripsi, hingga tautan. Sedangkan board adalah semacam folder untuk mengkategorikan pin yang kamu unggah maupun pin pengguna lain yang ingin kamu simpan.

Kedua fitur utama ini menjadikan Pinterest adalah lebih sebagai platform penunjang hobi atau bisnis alih-alih sekedar bersosial media. Misalnya, jika kamu bekerja di bidang desain interior, kamu dapat membuat board yang berisi pin ide-ide yang mungkin akan kamu terapkan.

Baca Juga:   7 Perbedaan WA Bisnis dan WA Biasa yang Perlu Kamu Tahu

Jika kamu memiliki hobi fotografi di bidang tertentu, justru mungkin pin milikmu lah yang akan menjadi inspirasi bagi orang lain. Sampai disini, apakah kamu mulai terbayang memanfaatkannya  untuk berbisnis? Yuk, baca dulu berbagai kelebihan Pinterest berikut ini.

Kelebihan Pinterest

Penjelasan pada bagian sebelumnya telah menjelaskan secara tersirat bagaimana fitur-fitur yang tersedia adalah kelebihan Pinterest. Namun, mungkin kamu belum begitu paham bagaimana memanfaatkannya secara praktis. Berikut ini adalah petunjuk lengkap buatmu.

Ada Fitur Lens

Lens pada Pinterest adalah fitur yang digunakan untuk melakukan pencarian pin, berupa foto atau video, berdasarkan hasil foto dari kamera. Fitur tentunya akan sangat membantumu untuk menemukan pin – pin yang kamu butuhkan dengan hanya bermodal visual saja. Tanpa mengetik kata kunci, kamu dapat menemukan inspirasimu!

Bekerja Bersama dalam Group Boards

Seperti telah disebutkan sebelumnya, penggunaan media sosial ini cenderung bertujuan sebagai menunjang hobi atau bisnis. Salah satu kelebihan Pinterest yang sangat membantu untuk hal ini adalah Group Boards. Fitur ini memungkinkan kamu dan kolega atau keluarga untuk berinteraksi dalam boards yang dapat diakses bersama.

Melimpahnya Inspirasi yang Mudah di Filter

Sebagai platform yang telah berdiri lebih dari 10 tahun dengan jutaan pengguna di seluruh dunia, tentu Pinterest adalah penyedia inspirasi yang melimpah. Kamu dapat menemukan inspirasi bidang dan tema apapun di sini. Ada juga fitur pencarian dan penyaringan yang cukup mumpuni. Kamu dapat melakukan pencarian berdasar pin, board, bahkan nama pengguna.

Fitur Sharing Pinterest Mampu Menaikkan Traffic

Kita semua tentu mengakui bahwa manusia adalah makhluk yang mudah tertarik pada gambar atau visual. Menariknya, satu pin di media sosial ini seratus kali lebih mudah untuk pengguna bagikan ke platform lain membandingkannya dengan tweet.

Hingga mayoritas pin juga mampu menghasilkan setidaknya dua kunjungan website. Itu artinya, Pinterest adalah platform yang sangat ampuh untuk menaikkan traffic untuk karya-karya yang kamu unggah di sini.

Inspirasi yang Selalu Up to Date

Hingga saat ini Pinterest masih selalu up to date karena para pengguna masih terus saling membagikan  tren terkini. Mulai dari desain, inspirasi tata rumah, resep masakan, hobi, layanan, hingga produk. Apa pun minat kamu, kamu akan selalu bisa menemukan inspirasi di sini.

Baca Juga:   Apa Itu Konten Pilar? Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Cara Menggunakan Pinterest

Setelah kamu tahu apa saja kelebihan dari media sosial yang kaya pengguna ini, apakah kamu juga ingin menjadi bagian penggunaannya?

Tentu saja seperti sosial media lainnya, yaitu kamu harus memiliki akun Pinterest. Dengan memiliki akun, kamu akan dapat memanfaatkan berbagai kelebihannya. Simak berikut cara membuat hingga menggunakannya.

Membuat Akun Pinterest

Langkah-langkah dalam membuat akun Pinterest adalah sebagai berikut.

  1. Untuk membuat akun di Pinterest Indonesia, pertama kamu dapat membuka halaman id.pinterest.com di browser
  2. Kemudian pada sisi kanan atas kamu akan menemukan tombol daftar, klik tombol tersebut
  3. Setelah kamu klik tombol daftar, browser akan menampilkan pop up selamat dating dan memintamu mengisi beberapa data dasar seperti email, membuat kata sandi, dan usia. Di bagian bawah pinterest menyediakan pilihan yang lebih mudah, yaitu lanjutkan dengan facebook atau google. Kamu dapat memilih pilihan mana saja yang paling nyaman untukmu.
  4. Sekarang, akun pinterest kamu sudah jadi. Setelah itu kamu mungkin akan diminta untuk memasukkan beberapa data lainnya seperti memilih jenis kategori yang diminati. Pilihan kategori ini nantinya akan Pinterest gunakan untuk menampilkan foto dan video yang relevan denganmu.
  5. Selanjutnya, kamu siap untuk membuat pin pertama mu.

Membuat Pin

Membuat pin adalah langkah pertamamu setelah membuat akun. Cara membuat pin sangatlah mudah. Kamu cukup memilih logo ( + ) yang berada di sebelah kanan bawah.

Lalu kamu bisa memilih foto atau video yang akan diunggah hanya dengan drag and drop. Sebelum menyimpan, kamu dapat mengisi kolom nama dan deskripsi.

Membuat Board

Langkah selanjutnya setelah memiliki akun Pinterest adalah membuat board. Melalui board inilah kamu dapat memanfaatkan berbagai kelebihan Pinterest.

  1. Untuk membuat board, langkah pertama kamu perlu masuk ke bagian profil dengan cara klik pada foto profil atau nama akun kamu.
  2. Pada halaman profil ini kamu akan menemukan beberapa menu. Kamu dapat memilih menu membuat papan atau create a board jika jika mengatur Pintrest dalam Bahasa Inggris.
  3. Setelah itu akan muncul pop up berisi beberapa data tentang board yang akan kamu buat, seperti nama, deskripsi, kategori, peta, kerahasiaan, hingga kolaborator. Kamu dapat mengisi data tersebut sesuai kebutuhanmu.
  4. Langkah terakhir untuk membuat board adalah klik buat atau create di bagian bawah pop up untuk menjalankan perintah pembuatan board.
Baca Juga:   Tips Menggunakan Video Pinterest untuk Promosi, Ternyata Mudah!

Menyimpan Pin ke Dalam Board

Menyimpan pin ke dalam board tertentu sebenarnya dapat kamu lakukan saat mengunggah pin tersebut. Namun jika kamu terlanjur mengunggah pin tanpa kategori board, kamu tidak perlu kuatir.

Yang perlu kamu lakukan adalah menyunting pin tersebut. Caranya yaitu membuka pin tersebut lalu masuk ke menu pilihan melalui ikon tiga titik. Setelahnya, kamu akan menemukan beberapa opsi penyuntingan.

Menambah Followers

Seperti sosial media lainnya, pengguna Pinterest juga dapat saling mengikuti. Terdapat dua jenis followers atau pengikut pada media sosial ini. Pertama, followers profil yang mengikuti semua pin tanpa kecuali. Kedua, board followers yang hanya mengikuti board tertentu.

Cara menambah followers pada Pinterest adalah hal yang tidak terlalu sulit. Kamu cukup mengunggah foto atau video secara konsisten sesuai kategori board yang memang adalah bidangmu.

Kesimpulan

Pinterest adalah sosial media yang memanjakan para pengguna dengan berbagai kelebihan. Kelebihan Pinterest antara lain tidak hanya terbukti ramah bagi pemula tetapi juga sebagai media yang sangat cocok untuk menunjang hobi maupun bisnis. Tersedianya board, group board, kolaborator, lens, dan fitur lainnya adalah kelebihan yang membedakannya dengan sosial media lainnya.

Setelah membaca semua informasi di artikel ini, semoga kamu makin memahami seluk beluk dan yakin bahwa Pinterest adalah platform yang kamu butuhkan saat ini

Berbagi foto dan video, menyimpan dokumentasi hobi atau bisnis, bekerja bersama keluarga atau kolega, mencari ide inspirasi, terhubung dengan banyak orang di seluruh penjuru dunia, semuanya dapat kamu lakukan hanya melalui satu platform.

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, marketing influencer, social media influencer, dan lainnya hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password