Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org yang Perlu Kamu Tahu

perbedaan wordpress com dan wordpress org

Untuk membuat website kini bukanlah hal sulit, karena saat ini sudah ada WordPress yang dapat membantu kamu. Saat ini terdapat dua jenis layanan WordPress yang perlu kamu ketahui. Kedua layanan WordPress tersebut adalah WordPress.com dan WordPress.org. Lalu apakah perbedaan WordPress.com dan WordPress.org?

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Kali ini kita akan membahas perbedaan WordPress.com dan WordPress.org sehinnga dapat menentukan mana yang terbaik untuk kamu. Berikut ini adalah perbedaan WordPress.com dan WordPress.og yang perlu kamu ketahui

1. Harga

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org yang pertama adalah dari segi harga. Sebenarnya dari kedua layanan ini sama-sama disediakan gratis oleh WordPress. Perbedaan harga dari kedua layanan ini adalah terletak dari segi hosting domain yang kamu gunakan.

Jika kamu menggunakan WordPress.com maka kamu bisa menggunakan hosting domain gratis yang WordPress berikan. Namun karena menggunakan layanan gratis dari WordPress, maka ada beberapa fitur layanan yang tidak bisa kamu gunakan.

Sementara jika kamu menggunakan WordPress.org, maka kamu harus membayar hosting domain yang akan kamu gunakan. Dengan menggunakan WordPress.org, kamu juga akan diberikan lebih banyak kebebasan terhadap website kamu dan juga tambahan fitur-fitur layanan yang tidak terbuka pada WordPress.org.

2. Nama Domain

Perbedaan berikutnya dari kedua layanan ini yang berikutnya adalah dari segi penggunaan nama domain. Dari poin sebelumnya sudah dikatakan bahwa untuk menggunakan WordPress.org kamu harus menggeluarkan sejumlah biaya untuk hosting domain website kamu, sementara untuk WordPress.com kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk hosting domain website kamu.

Dari penjelasan soal harga dari kedua layanan inilah maka untuk penggunaan nama domain pun ikut berbeda. Jika kamu menggunakan WordPress.com dan layanan hosting domain gratis dari WordPress, maka ada ketentuan dimana untuk nama domain pada bagian akhirnya akan tercantum “wordpress.com”.

Baca Juga:   Apa itu SEO? Pentingnya SEO untuk Para Blogger dan Pemilik Website

Sementara jika kamu menggunakan WordPress.org kamu akan mendapatkan kebebasan untuk membuat nama domain website tanpa menggunakan akhiran “wordpress” dan membuat nama domain terlihat lebih baik jika dibandingkan menggunakan hosting gratis yang WordPress berikan.

3. Kapasitas Hosting

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org yang berikutnya adalah segi kapasitas hosting yang diberikan. Jika kamu menggunakan WordPress.com dan menggunakan hosting gratis dari WordPress, maka kamu hanya akan diberikan kapasitas sampai dengan 3 GB untuk website kamu.

Dengan kapasitas 3 GB itu, pada awal pembuatan website mungkin masih akan terasa cukup, namun seiring berjalannya waktu, maka kamu nantinya akan memiliki keterbatasan dalam memasukan konten-konten dalam website kamu.

Berbeda dengan WordPress.com, layanan WordPress.org yang menggunakan hosting yang berbayar akan memberikan kamu kebebasan dalam segi kapasitas hosting yang akan kamu gunakan. Besar kapasitas hosting dari WordPress.org ini bergantung dari penyedia layanan hosting yang kamu gunakan dan pilihan paket yang pilih.

4. Penggunaan Tema

Perbedaan berikutnya dari kedua layanan WordPress ini adalah dari segi penggunaan tema yang kamu terapkan untuk website kamu. Jika kamu menggunakan WordPress.com, maka kamu hanya bisa menggunakan tema-tema yang tersedia dan pilihannya juga tidak cukuplah banyak.

Berbeda dengan WordPress.com, jika kamu menggunakan WordPress.org, maka akan tersedia jauh lebih banyak pilihan tema yang dapat kamu gunakan. Selain itu juga, kamu juga bisa mencari tema-tema lainnya yang bisa kamu terapkan untuk website kamu.

Baca Juga: 12 Theme WordPress Gratis Terbaik untuk Website Kamu

5. Penggunaan Plugin

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org yang harus kamu sangat perhatikan adalah dari segi penggunaan plugin pada website kamu. Plugin adalah alat bantu yang WordPress berikan yang berguna untuk meningkatkan performa dan juga tampilan website kamu.

Baca Juga:   Apa itu Guest Post dan Manfaatnya untuk Blog Kamu?

Jika kamu menggunakan WordPress.com maka kamu tidak bisa menambahkan banyak plugin yang akan bermanfaat untuk website kamu. Sementara jika kamu menggunakan WordPress.org, kamu memiliki kebebasan menambahkan banyak sekali plugin ke dalam website sesuai dengan kebutuhan kamu.

Dengan kebebasan yang WordPress.org miliki, kamu bisa menambahkan banyak plugin penting untuk website kamu seperti plugin untuk SEO, plugin untuk meningkatkan kecepatan time loading website kamu, plugin untuk keamanan website kamu dan masih banyak lagi plugin lainnya yang harus ada dalam sebuah website.

6. Optimasi SEO

Hal berikutnya yang menjadi perbedaan WordPress.com dan WordPress.org adalah dari segi optimasi SEO atau Search Engine Optimization. SEO adalah hal penting yang harus kamu terapkan pada website kamu, karena dengan melakukan optimasi SEO, maka akan bisa menambah traffic atau jumlah kunjungan ke dalam website kamu dan juga bisa meningkatkan posisi website kamu di hasil pencarian Google.

Dengan terbatas penggunaan plugin dan juga tema seperti dari WordPress.com maka untuk melakukan optimasi SEO akan sangat sulit jika kamu menggunakan layanan ini karena keterbatasannya.

Berbeda dengan WordPress.com, jika kamu menggunakan WordPress.org, maka kamu bisa menggunakan tema-tema yang lebih SEO friendly, dan juga plugin-plugin yang dapat membantu optimasi SEO website kamu seperti Yoast SEO, All In One SEO, dan masih banyak lagi plugin lainnya yang akan membantu optimasi SEO website kamu.

7. Menganalisa Performa Website

Sebagai pemilik website, sudah menjadi suatu kewajiban untuk menganalisa performa website kamu. Dengan melakukan analisa performa website, maka kamu dapat melakukan evaluasi terhadap website kamu dan mendapatkan gambaran tentang apa saja hal-hal perlu kamu lakukan kedepannya untuk website kamu.

Jika kamu menggunakan WordPress.com yang memiliki beberapa keterbatasan, maka kamu tidak dapat melakukan analisa mendalam terhadap website kamu. Berbeda dengan WordPress.org, dengan menggunakan layanan ini maka kamu bisa melakukan analisa mendalam terhadap website kamu.

Baca Juga:   7 Skill Penting yang Harus Dimiliki Blogger Profesional Selain Menulis

Hal ini karena jika kamu menggunakan WordPress.org, maka kamu bisa mengintegrasikan website kamu dengan tools analisa dari Google seperti Google Analytics dan juga Google Search Console yang akan membantu kamu menganalisa performa website kamu.

8. Pendapatan Dari Website Dari WordPress.com dan WordPress.org

Hal terakhir yang perlu kamu pertimbangkan dari perbedaan keduanya adalah dari segi pendapatan dari website yang bisa kamu terima. Mempunyai sebuah website ternyata juga bisa menghasilkan pendapatan tambahan bagi kamu.

Hal ini bisa terjadi jika kamu membuka toko online dan memiliki barang-barang atau jasa yang ingin kamu tawarkan di dalam website kamu. Kamu juga bisa menambah pendapatan dari pemasangan iklan yang kamu lakukan di dalam website kamu.

Jika kamu menggunakan WordPress.com maka hal ini tidak dapat kamu lakukan karena keterbatasan yang WordPress berikan. Berbeda dengan WordPress.org yang tidak memilki keterbatasan, maka kamu bisa menggunakan plugin untuk membuka toko online seperti WooCommerce dan juga bisa memasang iklan di dalam website kamu.

Kesimpulan Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Itulah perbedaan WordPress.com dan juga WordPress.org yang perlu kamu ketahui. Jika kamu adalah seorang pemula dan tidak ingin mengeluarkan biaya untuk website kamu, maka kamu dapat menggunakan WordPress.com, namun tentunya akan ada banyak keterbatasan dari layanan ini.

Namun jika kamu ingin langsung belajar banyak hal dan juga sudah terbiasa membuat website, maka pastinya layanan WordPress.org adalah pilihan yang tepat.

Setelah mengetahui detail perbedaan kedua layanan tersebut manakah yang menjadi pilihan kamu?


Dapatkan berbagai macam tips menarik seputar influencer marketing, strategi influencer, blogger influencer, social media influencer dan berita influencer lainnya hanya di influencer101.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password