7 Perbedaan WA Bisnis dan WA Biasa yang Perlu Kamu Tahu

7 Perbedaan WA Bisnis dan WA Biasa

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang cukup populer di Indonesia. Selain untuk bertukar pesan dengan kerabat, WhatsApp juga kerap digunakan untuk kebutuhan bisnis. Meskipun demikian, terdapat dua jenis WhatsApp, yakni WA Bisnis dan WA biasa. Lantas apa saja perbedaan dari WA Bisnis dan WA biasa?

7 Perbedaan WA Bisnis dan WA Biasa

Jika kamu seorang pelaku bisnis, sebaiknya gunakan WhatsApp Bisnis khusus untuk usahamu. Simak perbedaan dari kedua jenis WhatsApp yang perlu kamu ketahui di bawah ini!

1. Logo Aplikasi

Perbedaan pertama terletak pada visual kedua jenis aplikasi WhatsApp tersebut. WhatsApp Bisnis atau WhatsApp business memiliki bentuk yang cukup mirip dengan logo WhatsApp biasa, namun pada bagian tengah logo terdapat huruf ‘B’ kapital. Berbeda dengan logo WhatsApp biasa yang bagian tengah logo terdapat gambar telepon.

2. Profil Pengguna

Perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp biasa juga terletak pada tampilan profil pengguna. Profil pengguna WhatsApp biasa terdapat nama, tentang, dan nomor telepon saja. Alasannya karena WhatsApp biasa memang bertujuan untuk kebutuhan personal atau pribadi. Nama profil pada WA biasa dapat kamu ubah-ubah sesuai keinginan, namun pada WhatsApp Bisnis kamu tidak dapat mengubah nama profil akun bisnis.

WhatsApp Bisnis memiliki tampilan profil yang memang dikhususkan untuk para pelaku bisnis, terutama dalam skala kecil. Profilnya sendiri terdapat alamat email, deskripsi bisnis, situs web, dan alamat tempat usaha. Selain itu juga terdapat kategori bisnis, katalog, serta jam operasional. Dengan begitu konsumen akan lebih mudah untuk menemukan informasi penting dari usaha bisnis kamu.

Baca Juga:   Ini Ukuran Postingan di Facebook yang Perlu Kamu Perhatikan

3. Dapat Menambahkan Nomor Telepon Lain

Ketika kamu menggunakan WA biasa, kamu hanya dapat menggunakan nomor yang kamu daftarkan untuk membuat akun WA. Jadi, untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain, nomor yang kamu gunakan adalah nomor yang terdaftar. Singkatnya, satu akun WA mu hanya bisa menggunakan satu nomor saja.

Berbeda dengan WA Bisnis, kamu dapat menambahkan nomor telepon rumah atau khusus perusahaan untuk berkomunikasi dengan konsumen. Jadi, kamu bisa menambahkan nomor lain di samping nomor yang sudah kamu daftarkan untuk membuat akun. Namun, sebaiknya kamu tidak mengganti-ganti nomor seluler yang kamu daftarkan dan menentukan satu nomor yang permanen.

4. Terdapat Label Kategori untuk Pesan Masuk

Perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp biasa yang cukup menarik perhatian adalah adanya label kategori pada pesan masuk. Label tersebut memudahkan kamu dalam mengatur pesan masuk tertentu. Berbeda dengan WA biasa, semua pesan masuk muncul pada halaman pesan tanpa kategori tertentu atau tidak terorganisasi.

Fitur “Labels” sendiri termasuk fitur baru agar pesan yang masuk lebih terorganisasi. Kamu bisa membuat label yang berbeda pada setiap obrolan dalam berbagai warna. Jadi, kamu akan lebih mudah melacak pesan dan menjaga akun WA Bisnis tetap rapi dan terkendali.

5. Fitur Balas Cepat dan Otomatis

WhatsApp Bisnis memiliki fitur pesan yang jauh lebih efektif dalam mengelola bisnis seperti balas cepat dan balas otomatis. Biasanya, pelaku bisnis kerap menerima banyak pesan dalam satu waktu sehingga tidak dapat langsung membalas semua pesan pada waktu yang bersamaan. Solusi untuk hal tersebut adalah dengan menggunakan fitur balas cepat yang mana fitur tersebut akan membalas pesan-pesan dari konsumen.

Baca Juga:   Strategi Digital Marketing Yang Perlu Kamu Coba Saat Ini

Untuk mulai menggunakan fitur ini, kamu bisa langsung memasuki menu Settings dan klik Quick Replies. Kamu bisa mengatur pesan seperti apa yang dapat dikirimkan langsung pada pesan yang belum terjawab. Kamu juga dapat mengatur balasan otomatis ketika sedang tersedia pada WhatsApp Bisnis agar konsumen langsung mendapatkan informasi mengenai ketersediaanmu.

6. Centang Hijau

Perbedaan WA Bisnis dan WA biasa selanjutnya adalah adanya centang hijau. Pada WhatsApp biasa, nama profilmu tidak akan mendapatkan centang hijau. Berbeda dengan WhatsApp Bisnis yang memang melakukan verifikasi pada akun pelaku bisnis. Fungsi dari lencana centang hijau sendiri adalah bentuk WhatsApp memverifikasi bahwa nomor tersebut adalah nomor perusahaan yang benar. Konsepnya hampir serupa dengan lencana centang biru pada akun di Instagram dan Twitter.

7. Statistik Pesan

Perbedaan terakhir adalah adanya statistik pesan. Fitur statistik pesan tidak terdapat pada WhatsApp biasa. Fitur ini dapat melihat data statistik pesan terkirim, pesan tersampaikan, pesan yang diterima, juga pesan yang dibaca. Data interaksi pesan dengan konsumen ini cukup penting bagi para pelaku bisnis sebagai salah satu acuan atau dasar dalam menganalisis jalannya bisnis yang kamu miliki. 

Kesimpulan

Itu dia 7 perbedaan WA Bisnis dan WA biasa yang perlu kamu ketahui. Sebagai salah satu alat yang dapat menunjang jalannya bisnis online, WhatsApp Bisnis memiliki cukup banyak fitur yang sangat bermanfaat di dalamnya seperti profil bisnis, statistik pesan, fitur label, hingga fitur balas cepat.

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, marketing influencer, dan lain-lain hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password