Perbedaan SEO dan SEM, dan Manakah yang Paling Terbaik

Perbedaan SEO dan SEM

Bagi kamu yang sudah menjalankan digital marketing untuk bisnis kamu, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan SEO dan SEM. Sementara bagi kamu yang baru mengetahui digital marketing, apakah kamu sudah mengetahui apa itu SEO atau Search Engine Optimization dan SEM atau Search Engine Marketing?

Dalam dunia digital marketing, SEO dan SEM haruslah kamu ketahui. Karena dengan mengetahui keduanya, kamu dapat menentukan metode pemasaran apa yang terbaik bagi kamu saat ini. Untuk lebih mengetahui SEO dan SEM, mari kita bahas bersama-sama mengenai SEO dan SEM ini


Perbedaan Pengertian SEO dan SEM

Pengertian SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu cara pemasaran digital dengan tujuan mendapatkan posisi teratas ketika seseorang mencari sesuatu di internet atau mesin pencari seperti Google dengan menggunakan suatu kata kunci atau keyword.

Dengan berada pada posisi teratas pencarian ini, maka akan semakin banyak orang yang mengetahui website kamu dan pada akhirnya juga akan semakin meningkatkan dan mengembangkan bisnis kamu.

Melakukan SEO bisa dikatakan tidaklah mudah, kamu perlu melakukan beberapa hal seperti analisa, menentukan strategi yang tepat, dan terus melihat perkembangan hasil pekerjaan SEO kamu.

Pengertian SEM

SEM atau Search Engine Marketing adalah cara pemasaran digital yang lainnya yang bisa kamu coba untuk bisnis kamu. SEM mirip seperti SEO, cara kerjanya adalah menempatkan halaman website kamu pada posisi teratas sebuah hasil pencarian dengan menggunakan suatu kata kunci atau keyword.

Berbeda dengan SEO, SEO bisa kamu lakukan tanpa biaya, sementara saat kamu menggunakan SEM, kamu harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk bisa mencapai posisi teratas hasil pencarian dengan suatu kata kunci atau keyword.

Karena menggunakan biaya, maka pada umumnya orang-orang yang menggunakan SEM ini akan menaikan halaman-halaman produk mereka saja karena akan lebih berpotensial berubah menjadi penjualan jika dibandingkan dengan halaman artikel yang hanya memuat informasi yang menarik saja.

Baca Juga:   12 Perbedaan Blog dan Website yang Harus Kamu Tahu

Perbedaan SEO dan SEM

Setelah sedikit mengetahui tentang SEO dan SEM, secara umum baik SEO dan SEM adalah sama-sama bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke dalam website kamu dan akhirnya meningkatkan jumlah penjualan dalam website kamu.

Namun tentunya kedua cara pemasaran digital ini memiliki perbedaan yang membuat salah satunya lebih baik daripada yang lainnya. Berikut ini adalah beberapa perbedaan SEO dan SEM yang perlu kamu ketahui

1. Penargetan Audiens

Perbedaan SEO dan SEM yang pertama adalah dari sisi penargetan audiens atau orang-orang yang berkunjung ke dalam website kamu. Sebenarnya baik SEO dan SEM sama-sama memiliki kemampuan untuk menargetkan audiens.

Perbedaanya adalah SEM memiliki kemampuan lebih baik dalam menargetkan audiens jika membandingkannya dengan SEO. Hal ini karena dalam SEM, kamu dapat membuat target lebih baik seperti umur, jenis kelamin, wilayah dan target lainnya dan bahkan kamu bisa mengukur seberapa besar target kamu ingin tercapai dari saat kamu mulai memasang SEM.

Sementara dalam SEO, kamu memang bisa menarget audiens melalui kata kunci yang kamu ingin optimasi dan tingkatkan, namun untuk penargetannya tidak sampai selengkap SEM dan bahkan hasil atau seberapa sukses penargetan kamu baru akan terlihat ketika optimasi SEO kamu berhasil kamu lakukan.

2. Biaya

Perbedaan SEO dan SEM yang kedua adalah dari segi biaya yang harus kamu keluarkan. Pada poin sebelumnya telah disampaikan bahwa SEO bisa kamu lakukan tanpa biaya, sementara untuk SEM kamu perlu mempersiapkan sejumlah biaya untuk mendapatkan posisi teratas ini.

Biaya yang harus kamu keluarkan untuk SEM ini berbeda-beda untuk setiap kata kunci atau keyword yang ingin kamu gunakan. Semakin tinggi jumlah pencarian rata-rata orang di internet dengan menggunakan keyword tersebut, maka biaya SEM untuk keyword tersebut juga akan semakin mahal.

Sementara berbeda dengan Search Engine Marketing, untuk pemasaran digital dengan menggunakan  SEO, maka kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mencapai posisi teratas pencarian terhadap suatu kata kunci. 

3. Kecepatan Proses

Perbedaan SEO dan SEM yang selanjutnya adalah dari segi kecepatan prosesnya. Keduanya sebenarnya sama-sama memiliki waktu untuk bisa mencapai posisi pertama atau teratas pencarian.

Baca Juga:   Apa itu CTR? Pengertian dan Cara Meningkatkannya!

Namun perbedaan keduanya akan sangat terlihat dari sisi ini. Jika kamu menggunakan SEO, maka butuh waktu yang tidak sebentar untuk bisa mencapai posisi teratas mesin pencarian. Butuh waktu bahkan sampai hitungan bulan untuk mencapai posisi ini.

Sementara jika kamu menggunakan SEM maka tidak butuh waktu lama bagi kamu untuk berada di hasil pencarian teratas untuk sebuah kata kunci atau keyword ini dan tentunya akan semakin meningkatkan kunjungan ke website kamu.

4. Jangka Waktu 

Untuk jangka waktu baik SEO dan SEM tentulah berbeda. Untuk SEM bisa dikatakan seperti short-term investment atau investasi jangka pendek. Kenapa demikian?

Hal ini karena jika kamu menggunakan SEM maka kamu akan langsung merasakan hasil dari investasi kamu ini, namun SEM memiliki kekurangan yaitu untuk dapat terus merasakan hasil dari investasi kamu ini, maka kamu harus terus mengeluarkan biaya untuk terus dapat merasakan hasilnya.

Sementara untuk SEO sering dikatakan sebagai long-term investment atau investasi jangka panjang, Hal ini karena hasil dari SEO tidak bisa langsung kamu rasakan, butuh waktu untuk merasakan hasilnya. Namun ketika hasil dari SEO ini sudah kamu rasakan, maka hasilnya bisa terus kamu rasakan bahkan tanpa perlu mengeluarkan biaya.

5. Potensi Kunjungan Website

Perbedaan SEO dan SEM yang terakhir adalah dari segi potensi kunjungan website diantara kedua cara pemasaran digital ini. Keduanya tentu bertujuan meningkatkan jumlah kunjungan website kamu, namun manakah yang lebih baik?

Secara umum bisa dikatakan jika kamu menggunakan kedua cara ini dan sudah terlihat hasilnya, maka SEO akan jauh lebih baik. Hal ini karena kebiasaan orang-orang pengguna internet yang kurang tertarik dengan sesuatu hal yang bersifat iklan atau berbayar. 

Karena hal itulah, jika halaman website kamu sudah mencapai posisi yang baik dengan menggunakan cara pemasaran SEO, maka ini akan jauh lebih baik jika membandingkannya dengan SEM.

Hal ini bukan berarti SEM tidak memiliki hasil positif bagi website kamu. Jika website kamu adalah website baru, maka tentunya akan butuh waktu, tenaga dan upaya lebih untuk mencapai posisi teratas ini. Disinilah peran SEM hadir untuk kamu dan banyak membantu website bisnis baru untuk lebih dikenal oleh banyak orang.

Baca Juga:   Apa itu Domain? Pengertian, Cara Kerja, dan Tips Memilihnya

Perbedaan Manfaat SEO dan SEM

Setelah mengetahui pengertian keduanya, serta perbedaanya, berikut ini adalah manfaat dari SEO dan SEM yang perlu juga kamu ketahui yang bisa menjadi pertimbangan kamu dalam memilih mana yang lebih baik.

  • Manfaat SEO

SEO atau Search Engine Optimization ini adalah suatu cara dalam digital marketing untuk mengembangkan website bisnis kamu. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari SEO yang perlu kamu ketahui

  1. Meningkatkan jumlah kunjungan organic ke dalam website kamu
  2. Meningkatkan jumlah konversi atau penjualan dalam website kamu seiring dengan semakin bertambahnya jumlah kunjungan website kamu
  3. Tanpa Biaya
  4. Bisa mendapatkan data konsumen secara gratis
  5. Meningkatkan brand awareness
  6. Dapat bertahan lebih lama
  7. Cocok untuk investasi jangka panjang
  • Manfaat SEM

Sama seperti SEO, SEM atau Search Engine Marketing ini juga memiliki beberapa manfaat yang akan mengembangkan website bisnis kamu. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari SEM ini

  1. Mudah mendapatkan konsumen baru
  2. Mudah untuk melakukan pengaturan target konsumen
  3. Dapat mencapai target dengan lebih mudah
  4. Hasil bisa langsung kamu rasakan
  5. Cocok untuk sebuah website bisnis baru
  6. Cocok untuk investasi jangka pendek

Kesimpulan

Itulah informasi lengkap mengenai keduanya yang perlu kamu ketahui, mulai dari pengertian keduanya, perbedaan SEO dan SEM, dan manfaat dari masing-masing cara pemasaran digital ini. 

Dengan memahami kedua cara pemasaran digital ini, akan membantu kamu menentukan manakah yang lebih baik untuk bisnis kamu. Untuk menentukannya kamu perlu menyesuaikannya dengan target bisnis kamu dan mengambil keputusan yang tepat.

Setelah mengetahui semuanya, manakah yang akan kamu gunakan untuk membantu kamu mengembangkan website bisnis kamu? Pilihlah ada ditangan kamu, dan pilihlah dengan bijak serta semoga bisnismu semakin berkembang.


Dapatkan berbagai informasi dan tips seputar influencer, marketing influencer, hingga blogger influencer hanya di influencer101.id.

Baca juga: 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password